Nyeri Pergelangan Tangan Tanda Penyakit Apa?

DITULIS OLEH:
Cindy Wijaya 


Nyeri pergelangan tangan bisa disebabkan oleh banyak hal, misalnya karena keseleoi, tendonitis, artritis, dan retak atau patah tulang. Nyeri itu mungkin bisa sembuh sendiri, tapi kadang juga harus diobati. Masalah penyebabnya juga mungkin tergolong kronis sehingga menimbulkan nyeri yang berkepanjangan.

Rasa nyeri itu mungkin terasa tajam, ngilu, hilang-timbul, atau terasa seperti kesemutan. Rasa sakitnya bisa semakin parah di bagian atas pergelangan, ketika menekuknya, ketika menggunakannya untuk mengangkat beban, atau ketika harus memegang sesuatu.

Artikel ini akan membahas mengenai nyeri pergelangan tanda penyakit apa dan bagaimana cara mengatasi pergelangan tangan sakit.

Nyeri Pergelangan Tangan Tanda Penyakit Apa?

Penyebab paling sering dari nyeri pergelangan tangan adalah karena kelebihan penggunaan, misalnya karena terlalu lama mengetik sepanjang hari dan dari hari ke hari. Tapi ada juga banyak hal lain yang bisa memicu nyeri pergelangan tangan.

Ada beberapa hal yang secara khusus dan langsung dapat memengaruhi pergelangan tangan, misalnya: keseleo pergelangan tangan, tendonitis pergelangan tangan, tenosynovitis pergelangan tangan, sindrom lorong karpal, retak/patah tulang pergelangan tangan, dan artritis atau radang sendi.

Keseleo Pergelangan Tangan

Keseleo adalah cedera pada ligamen. Ligamen adalah jaringan ikat yang kuat yang mengontrol pergerakan sendi.

Ligamen di sekitar sendi pergelangan tangan membantu menstabilkan posisi tangan kita, juga memungkinkan kita untuk membuat gerakan yang terkontrol.

Keseleo terjadi jika ligamen pergelangan tangan meregang melewati batasnya. Penyebab umumnya adalah karena terjatuh dan menahan dengan tangan.

Gejala-gejala akibat keseleo seperti ini antara lain: rasa nyeri saat menggerakkan pergelangan tangan, bengkak di area sekitarnya, memar atau berubah warna, dan rasa panas atau kesemutan.

Tendonitis Pergelangan Tangan

Tendon adalah jaringan kuat yang melintang di pergelangan tangan. Tendon menghubungkan otot-otot di lengan bawah ke tulang tangan dan jari.

Tendon fleksor di sisi telapak tangan memungkinkan jari-jari kita untuk menggenggam dan mencengkeram benda. Tendon ekstensor di sisi atas tangan membantu jari-jari kita meluruskan dan melepaskan benda.

Tendonitis pergelangan tangan terjadi jika satu atau beberapa tendon ini meradang. Hal ini menimbulkan gejala-gejala: nyeri, kaku di pagi hari, bengkak ringan, rasa hangat, dan kadang bunyi letupan saat menggerakkan pergelangan tangan.

Penyebab paling sering dari tendonitis yaitu: gerakan berulang di pergelangan tangan (misalnya saat mengetik atau menggunakan alat tertentu), dan olahraga yang berulang kali membebani pergelangan tangan (contohnya golf dan tenis). (Sumber: Journal of the AAOS)

Tenosynovitis Pergelangan Tangan

Tenosynovitis serupa dengan tendonitis, tapi memengaruhi selubung tendon (lapisan berisi cairan yang melapisi tendon). Tenosynovitis menyebabkan gejala yang sama juga dengan tendonitis.

Ada jenis cedera yang disebut tenosynovitis de Quervain menyebabkan nyeri pergelangan tangan di sisi ibu jari yang dapat menjalar ke lengan. De Quervain paling sering terjadi pada wanita berusia antara 30 – 50 tahun. Kondisi ini sering disebabkan oleh gerakan berulang, misalnya karena mengangkat dan menggendong anak. (Sumber: BMJ Journals Vol. 2016)

Sindrom Lorong Karpal

Nyeri pergelangan tangan tanda penyakit apa lagi? Bisa jadi nyerinya akibat berlebihan menggunakan pergelangan tangan, terutama dengan gerakan berulang. Ini bisa memicu peradangan dan jaringan parut.

Akibatnya saraf yang melewati sendi pergelangan tangan bisa tertekan atau terjepit. Saraf ini disebut saraf median. Kondisi yang disebut sindrom lorong karpal ini menyebabkan nyeri yang cenderung memburuk di malam hari, ditambah mati rasa dan kesemutan di: telapak tangan, ibu jari, jari telunjuk, atau jari tengah. (Sumber: Journal of Orthopaedic & Sports Physical Therapy Vol. 49 No. 5)

Ilustrasi Nyeri Pergelangan Tangan Tanda Penyakit Apa
Sindrom lorong karpal sering dialami pekerja kantor. (Photo by shisuka via Canva)

Retak/Patah Tulang

Retak/patah tulang pergelangan tangan juga cukup umum dialami, terutama pada orang-orang yang memiliki tulang lemah, misalnya penderita osteoporosis.

Jenis retak/patah tulang yang umum ialah fraktur skafoid. Tulang skafoid berada di sisi ibu jari pergelangan tangan. Tulang ini sering patah saat kita jatuh dan menahan dengan tangan yang terentang.

Ahli Herbal

Cari produk herbal untuk penyakit Anda? Ayo konsultasi gratis dengan ahli herbal DEHERBA.COM!

WHATSAPP SEKARANG

Fraktur skafoid menyebabkan pembengkakan dan nyeri di bawah pangkal ibu jari. Nyerinya bisa bertambah parah saat kita mencoba menggenggam atau menjepit sesuatu. (Sumber: OrthoInfo)

Artritis

Selain itu, nyeri pergelangan tangan tanda penyakit apa yang disebut artritis atau radang sendi. Ada beberapa jenis artritis yang dapat memengaruhi pergelangan tangan, antara lain:

  • Artritis rheumatoid: Artritis peradangan yang menyebabkan kerusakan dan penurunan fungsi sendi.
  • Osteoartritis (pengapuran): Artritis yang diakibatkan oleh keausan yang terkait usia atau cedera.
  • Penyakit asam urat: Kristal tajam terbentuk dalam cairan sendi.

Ada juga jenis artritis lain, yaitu artritis bakteri septik pada pergelangan tangan, tapi ini jarang terjadi. Jenis artritis ini terjadi jika sendi pergelangan tangan mengalami infeksi.

Kapan Sebaiknya Periksa ke Dokter?

Ada beberapa tanda yang menunjukkan bahwa nyeri pergelangan tangan tanda penyakit apa yang serius dan harus ditangani dokter. Berikut tanda-tandanya: (Sumber: Verywell Health)

  • Rasa nyerinya tetap ada selama lebih dari beberapa hari
  • Tidak mampu untuk meluruskan atau menekuk sendi pergelangan tangan
  • Tidak mampu mengangkat benda atau menggunakan lengan
  • Rasa nyeri di malam hari atau saat tidur malam
  • Sendi pergelangan tangan berubah bentuk
  • Bengkak atau memar parah di sekitar sendi atau lengan bawah
  • Tanda-tanda infeksi (demam, kemerahan, rasa hangat)
  • Mati rasa atau kesemutan pada tangan dan/atau pergelangan tangan

Anda juga sebaiknya segera mendapat perawatan dokter jika tidak bisa menggerakkan pergelangan tangan dan mengalami: rasa nyeri parah, kelainan bentuk, mati rasa, tangan atau jari menjadi kebiruan.

Bagaimana Cara Mengatasi Pergelangan Tangan Sakit?

Cara mengatasi pergelangan tangan sakit dapat berbeda-beda tergantung pada penyebabnya. Karena itu rasa nyeri yang cukup serius sebaiknya diperiksakan ke dokter agar diketahui penyebabnya yang jelas.

Namun ada penanganan yang bisa Anda lakukan untuk meringankan rasa nyerinya, setidaknya untuk sementara dan sebagai penanganan pertama. Langkah-langkah penanganan ini khususnya berguna pada kasus nyeri pergelangan tangan akibat keseleo atau tendonitis.

  • Istirahat: Jangan gunakan sendi pergelangan tangan agar peradangannya berkurang. Tapi jangan istirahat terlalu lama, karena ini bisa membuatnya jadi kaku dan memperlambat pemulihan.
  • Kompres es: Tempelkan kompres es selama 20 menit setiap 3 – 4 jam sekali untuk 2 hari pertama. Jangan tempelkan lebih dari 20 menit karena bisa merusak jaringan. Dan jangan langsung tempelkan es batu, bungkus dulu dengan plastik dan handuk/kain bersih.
  • Perban: Bungkus pergelangan tangan dengan perban elastis. Mulailah dari pangkal ibu jari dan naik hingga tepat di bawah siku. Tumpang tindih perbannya dengan stengah lebarnya setiap kali. Jangan terlalu kencang, buatlah senyama mungkin tanpa mengganggu peredaran darah. Jika jari Anda terasa gatal, kendurkan perban.
  • Imobilisasi: Gunakan belat penyangga untuk membantu mengatasi cedera, sindrom lorong karpal, atau artritis pergelangan tangan. Retak/patah tulang mungkin membutuhkan gips. Saraf tertekan pada pergelangan tangan mungkin harus diimobilisasi untuk mengurangi tekanan.
Ilustrasi Cara Mengatasi Pergelangan Tangan Sakit
Menggunakan sarung tangan penyangga khusus untuk membantu mengurangi sindrom lorong karpal. (Photo by grandbrothers’s Images)

Di samping langkah-langkah penanganan sendiri seperti di atas, Anda juga mungkin perlu mendapat penanganan secara medis oleh dokter. Berikut adalah beberapa hal yang mungkin akan diberikan dokter sebagai cara mengatasi pergelangan tangan sakit:

Konsumsi Obat

Obat anti-inflamasi non steroid (OAINS) dan injeksi kortison (kortikosteroid) umum digunakan untuk mengatasi nyeri pergelangan tangan akibat keseleo, artritis, atau artritis. (Sumber: Medline Plus) OAINS biasanya tidak digunakan untuk mengatasi sindrom lorong karpal.

Sebagian orang yang mengalami artritis pergelangan tangan atau sindrom lorong karpal mungkin akan membaik gejalanya dengan menerima injeksi kortison.

Terapi Fisik

Dokter mungkin menyarankan terapi fisik sebagai cara mengatasi pergelangan sakit akibat osteoartritis. Latihan gerakan secara perlahan dapat memperbaiki kekakuan sendi dan latihan kekuatan bisa menstabilkan area yang terpengaruh serta mengurangi nyeri. (Sumber: OrthoInfo)

Terapi fisik juga umum dilakukan pada kasus sindrom lorong karpal untuk mengajarkan beberapa gerakan peregangan dan peluncuran saraf tertentu yang menjaga saraf median tetap bergerak di lorong karpal.

Operasi

Kadang dibutuhkan operasi untuk cara mengatasi pergelangan sakit, antara lain untuk kasus: retak/patah tulang, kista ganglion (jika kistanya harus diangkat), dan saraf tertekan/terjepit pada pergelangan tangan.

Jika Anda harus menjalani operasi, dokter akan membantu mencarikan dokter bedah tangan yang ahli. Dokter bedah ortopedi atau dokter bedah plastik punya keahlian khusus di bagian tangan, pergelangan tangan, dan lengan bawah.

Kesimpulan

Nyeri pergelangan tangan tanda penyakit apa? Beberapa penyebab umumnya yaitu: keseleo, tendonitis (misalnya karena gerakan berulang seperti saat mengetik atau olahraga tenis), tenosynovitis (mirip dengan tendonitis), sindrom lorong karpal, retak/patah tulang, dan artritis (radang sendi).

Kapan nyeri pergelangan tangan harus diperiksa ke dokter? Sebaiknya segera ke dokter jika tidak bisa menggerakkan pergelangan tangan dan mengalami nyeri yang parah, kelainan bentuk, mati rasa, tangan atau jari jadi kebiruan.

Bagaimana cara mengatasi pergelangan tangan sakit? Sebagai penanganan pertama, istirahatkan pergelangan tangan, gunakan kompres es, dan perban area pergelangan tangan. Selain itu dokter juga mungkin akan menggunakan obat, terapi fisik, dan operasi jika dibutuhkan.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang nyeri pergelangan tangan tanda penyakit apa dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}