Perkembangan Gigi Sang Buah Hati Yang Perlu Diperhatikan


By Fery Irawan

Melihat senyuman manis sang buah hati tentu menjadi hal yang paling menyenangkan bagi orang tua. Seringkali ini mengundang gelak tawa dan tak jarang pula yang senang untuk mengabadikannya dalam sebuah potret. Namun, adakalanya senyuman itu berubah menjadi tangisan yang tak henti–hentinya. Hal ini bisa menunjukkan adanya perkembangan gigi pada sang buah hati

Situasi demikian tentu membuat panik para orang tua, khususnya jika ini adalah pengalaman pertama mereka dalam merawat sang buah hati. Apa sebab tangisan yang tiada henti ini?

Perkembangan Gigi

Ada berbagai variasi munculnya perkembangan gigi pertama sang buah hati — beberapa bayi mungkin tidak memiliki gigi saat ulang tahun pertama mereka. Sedangkan sekitar usia 3 bulan, bayi akan mencoba memasukan apapun  kedalam mulut mereka. Sang buah hati juga mengalami peningkatan kadar air liur.

Banyak orang tua mempertanyakan alasan tersebut dan berasumsi bahwa bayi mereka sedang mengalami perkembangan gigi, tetapi gigi pertama umumnya muncul di usia 6 bulan. Biasanya, gigi pertama yang datang muncul berawal di depan bagian bawah (disebut juga gigi seri bagian bawah). Umumnya pada usia 3, gigi sang buah hati sudah mencapai puncak perkembangannya.

Salah satu ciri-ciri pertumbuhan gigi sang buah hati! Apa ciri lainnya, sehingga Anda tidak keliru dalam memenuhi kebutuhan sang buah hati ini?

  • Selain rewel atau menangis, sang buah hati juga sering meneteskan air liur, ia juga senang mengepalkan tangan dan menggunyah–nya.
  • Jika diperhatikan Anda akan melihat gusinya yang mulai membengkak dan ia juga kehilangan nafsu makan. Memang terlihat menderita namun tak perlu khawatir, karena masa-masa seperti ini akan berakhir setelah usianya mencapai 3 tahun.

Bila di jumlah sejak masa awal perkembangan gigi sang buah hati, ia kini memiliki 20 gigi susu. Menakjubkan bukan? Dan, Tahukah Anda kapan proses ini benar-benar bermula?

Pertumbuhan Gigi

Orang tua perlu mengingat, bahwa perkembangan gigi anak tidak selalu sama. Terkadang itu tumbuh cepat atau lambat, namun jika Anda khawatir sebaiknya konsultasikan dengan pakar kesehatan anak yang dapat dipercaya.

  • Beberapa pakar kesehatan anak seringkali mengatakan bahwa ini terjadi pada usia 6 hingga 8 bulan. Gigi pertama yang akan muncul ialah 2 gigi seri tengah pada bagian bawah rahang sang buah hati.
  • Lalu, tahap apalagi yang akan dilalui sang buah hati? Masih dibulan ke–8 hingga ke–12 gigi seri akan terus bermunculan mulai dari bagian atas rahang, lalu mengapit dua gigi seri tengah atas dan bawah.
  • Pada bulan ke–14 dan ke–20 akan tumbuh 4 gigi geraham pertama di bagian kiri-kanan rahang atas dan bawah.
  • Saat sang buah hati memasuki bulan ke–18 hingga ke–24 maka 4 gigi taring pertama–pun akan timbul.
  • Kemudian, di usianya yang berkisar antara 2 hingga 3 tahun buah hati Anda akan memiliki 4 gigi geraham kedua.

Oleh karena itu, seringkali dokter menyarankan agar Bunda mengonsumsi makanan yang mengandung Fosfor, Kalsium, Protein dan Vitamin—bukan hanya untuk kesehatan calon ibu, melainkan juga guna mendukung perkembangan janin dalam kandungan.

Fakta yang mengejutkan!

Beberapa sumber terpercaya menjelaskan bahwa perkembangan gigi sebenarnya sudah mulai terbentuk saat sang buah hati masih berada di dalam kandungan—tepatnya pada saat kehamilan memasuki bulan keempat.

Karena itu perawatan gigi anak sangat penting dalam perkembangannya, tanpa perawatan yang baik Anda tak dapat melihat senyum manis sang buah hati.

Demikianlah info mengenai perkembangan gigi dan pertumbuhan gigi pada sang buah hati. Momen ini bisa sangat menyenangkan bagi orangtua. Sekaligus momen yang menyebalkan, mengingat sang buah hati cenderung tak bisa diam saat ini terjadi.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}