Perawatan Kebersihan Gigi: Sikat atau Benang


By Fery Irawan

Perawatan Kebersihan Gigi — Sudahkah Anda merawat gigi dan mengapa ini penting? Gigi merupakan mesin penggiling, pengoyak, dan penghancur paling kuat—maka dari itu perawatan sangat dibutuhkan.

Gigi dapat diumpamakan dengan mesin blender yang biasa digunakan untuk membuat jus, tentu saja Anda selalu mencuci seluruh bagian mesin tersebut setelah menggunakannya bukan?

Bagaimana Cara Perawatan Kebersihan Gigi yang Tepat?

Begitu pula dengan gigi Anda, seorang dosen Fakultas Kesehaan Mulut dari University Of Montreal bernama Dr. Daniel Kandelman, menyatakan bahwa, ”Saat ini, gigi sehat bukanlah tujuan yang tidak mungkin dicapai”—Apakah ini mungkin?

Tentu saja, gigi yang telah berkembang sepenuhnya seringkali dikaitkan dengan pola makan ibu selama masa kehamilan. Mengapa? Karena, menurut survei perkembangan gigi anak sebenarnya telah berkembang sejak dalam masa kandungan dan selama masih kecil. Ingatlah bahwa gigi tidak akan tumbuh lagi setelah seorang remaja menginjak akhir usia belasan atau awal usia 20-an.

Maka dari itu perawatan kebersihan gigi merupakan aktivitas yang ekslusif atau tiada duanya dan para ahli memberikan tips menarik bagi Anda yang ingin merawat gigi. Apakah itu? Ya, ternyata kandungan xylitol atau gula alami terbukti berguna dalam mengendalikan bakteri plak berbahaya yang menyebabkan pembusukan.

Di mana gula alami ini dapat di temukan? Beberapa permen karet mengandung xylitol, jika Anda penggemar permen karet pastikan agar memeriksa kembali kandungan didalamnya. Sekarang mari kita perhatikan 2 metode melakukan perawatan gigi.

Cara Menggunakan Sikat Gigi

Anda tentu tahu bahwa menggunakan pasta gigi sewaktu menyikat gigi akan membantu dalam mengikis plak. Namun, jika digunakan dengan berlebihan tindakan perawatan kebersihan gigi ini justru dapat mengikis enamel gigi.

Mengapa? Pasta gigi seringkali mengandung bahan yang dapat mengikis ”ratusan kali lebih keras daripada struktur alami gigi”. Maka dari itu penggunaan dalam jumlah kecil adalah cara paling aman untuk membersihkan sekaligus melindungi gigi, perhatikan langkah berikut:

Posisikan sikat gigi Anda dalam keadaan melintang atau segaris dengan gusi, dengan sudut kira-kira 45 derajat. Lalu, sikat dengan lembut dengan gerakan pendek memutar dari bagian luar ke dalam.

Saat hendak membersihkan bagian dalam gigi depan, sebaiknya Anda memegang sikat dalam posisi hampir vertikal. Jangan lupa untuk menyikat lidah, maupun langit-langit rongga mulut Anda dengan gerakan menyapu yang lembut. Saat perawatan kebersihan gigi dengan sikat gigi.

Cara Menggunakan Benang Gigi

Jika dokter gigi menyarankan untuk perawatan kebersihan gigi dengan benang setiap hari dan menyikat gigi setelah makan, namun bingung cara menggunakannya, perhatikan langkah berikut:

Lilitkan selembar benang di kedua jari tengah dan sisakan jarak di antaranya, lalu dengan bantuan jempol satu tangan dan telunjuk tangan satunya, genggamlah benang itu dengan kuat. Kemudian tarik benang dengan gerakan maju-mundur untuk memasukkan benang di antara sela-sela gigi.

Anda dapat melengkungkan benang sehingga membentuk huruf C dan gesek benang dengan posisi naik-turun dari sisi samping setiap gigi. Saat mencapai garis gusi, geserlah benang dengan lembut dan jangan menekan benang terlalu kuat atau membuat gerakan maju-mundur, karena dapat merusak gusi. Benang gigi sebaiknya digunakan setelah menyikat gigi.

Demikianlah cara menyikat gigi ataupun menggunakan benang gigi yang dapat Anda coba. Ingatlah agar selalu menjaga pola makan Anda terutama jika makanan yang dikonsumsi banyak mengandung gula, terlalu dingin, atau panas. Sudahkah Anda mengetahui alasan, “Mengapa Penting untuk Merawat Gigi?”. Itulah perawatan kebersihan gigi yang tepat.

Sumber

Alfred D. Wyatt Jr., DMD. Caring for Your Teeth and Gums. November 13, 2018. URL: https://www.webmd.com/oral-health/teeth-and-gum-care#1.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}