Penyebab Keputihan pada Wanita itu Sebenarnya Apa?

493

Diedit:

Penyebab keputihan penting diketahui oleh Anda sebagai seorang wanita. Di mana, permasalahan keputihan – Termasuk ke dalam salah satu masalah klasik yang tidak hanya dialami oleh Anda saja, melainkan juga banyak wanita lainnya. Namun kebanyakan walaupun masalah keputihan ini adalah masalah yang sering terjadi, banyak wanita masih tak mengerti penyebab keputihan tersebut, ini adalah sebuah kondisi yang cukup ironis.

Tak hanya itu, bahkan hingga sekarang ini masih banyak wanita yang menganggap jika gangguan keputihan ini adalah masalah sederhana yang dapat dibiarkan begitu saja. Fakta menunjukkan jika gangguan keputihan tak diberikan penanganan yang tepat dan cepat, keputihan dapat menjadi sesuatu yang fatal. Karena itu penyebab keputihan harus diketahui dengan baik.

Masalah Karena Keputihan

Dengan mengetahui penyebab keputihan, maka Anda dapat menghindarinya. Keputihan ini dapat menyebabkan kehamilan ektopik dan kemandulan pada seorang wanita – Kehamilan ektopik adalah kehamilan pada luar kandungan, kedua hal tersebut merupakan efek dari gangguan keputihan yang banyak wanita masih dianggap hal biasa.

Dari sini, mungkin Anda sudah lebih tertarik mengetahui penyebab keputihan? Jika masih belum, mungkin Anda juga perlu mengetahui bahwa gejala awal dari terjadinya kanker rahim itu umumnya ditandai gangguan keputihan juga. Penyebab keputihan jika tak diketahui dan diremehkan, bisa jadi penyakit kanker rahim yang berbahaya akhirnya menyerang.

Perubahan Hormon Penyebab Keputihan

Perubahan hormon salah satu penyebab keputihan pada seorang wanita, tidak sedikit wanita hamil yang mengalami kondisi kesehatan yang satu ini. Alasan mengapa hal tersebut dapat terjadi adalah karena perubahan hormonal pada tubuh wanita hamil, serta sebagai salah satu dari efek peningkatan hormon yaitu produksi cairan yang bertambah atau meningkat. Dan ada juga yang disebabkan karena penurunan keasaman pada vagina wanita hamil.

Penyebab keputihan karena kehamilan berikutnya karena pencernaan yang mengalami perubahan kala itu. Kondisi itu akan mengakibatkan resiko terjadinya keputihan semakin bertambah. Khususnya penyebab keputihan karena infeksi jamur.

Baca juga:  Kenali dan Hindari 6 Penyebab Keputihan yang Tidak Normal Ini!

Jenis-Jenis Keputihan

Selain mengetahui penyebab keputihan, Anda juga perlu mengetahui apa saja jenis-jenis keputihan yang dapat terjadi pada seorang wanita. Gangguan keputihan sendiri dibagi ke dalam 2 macam, yaitu gangguan keputihan yang bersifat patologis dan gangguan keputihan yang bersifat patologis. Sekarang mari membahas masing-masingnya:

  • Keputihan Fisiologis

    Penyebab keputihan fisiologis ketika wanita pada masa subur mereka, selain itu juga pada waktu sebelum dan setelah menstruasi. Umumnya ketika kondisi tersebut terjadi, akan terdapat lendir berlebih. Ini adalah kondisi yang normal.

    Umumnya tak akan mengakibatkan rasa gatal, selain itu juga tidak berbau. Wanita hamil yang mengalami keputihan fisiologis ini tak akan mempengaruhi janin yang tengah dikandung, sebab terdapat selaput ketuban, di mana selaput ketuban tersebut akan melindungi sang janin dalam kandungan.

  • Keputihan Patologis

    Yang kedua adalah keputihan patologis. Keputihan patologis penting untuk Anda ketahui sebelum membahas tentang penyebab keputihan lebih jauh. Kembali ke keputihan patologis, ini terjadi karena infeksi yang menyebabkan resiko bayi lahir dengan prematur semakin tinggi. Selain itu bayi yang lahir juga akan terkena infeksi.

    Bayi yang terlahir dengan infeksi virus dapat terkena gangguan pernafasan dan gangguan pencernaan, bayi pun terancam kematian jika kondisi ini terjadi. Penyebab keputihan patologis ini menjadikannya masuk ke dalam kategori penyakit, karena termasuk dalam jenis keputihan yang tak normal.

Berbagai Penyebab Keputihan

Sekarang mari lebih jauh membahas mengenai penyebab keputihan. Faktor pertama yang paling sering terjadi adalah kurangnya kebersihan dalam menjaga organ intim wanita. Kebersihan pada area vagina benar-benar penting, tak boleh diremehkan, harus dijaga dengan baik. Apabila daerah vagina kurang terjaga kebersihannya akan menyebabkan terjadi keputihan.

Baca juga:  Apa yang Sebenarnya Jadi Penyebab Keputihan?

Penyebab keputihan yang pertama ini harus Anda perhatikan. Vagina yang tak terjaga kebersihannya akan menjadi lembab, karena itu bakteri patogen akan semakin mudah menginfeksi. Selain itu, bakteri patogen yang menjadi penyebab keputihan juga akan semakin mudah menyebar. Sekarang ini sudah cukup banyak metode yang dapat Anda gunakan untuk menjaga kebersihan vagina.

Parasit, jamur, virus dan bakteri merupakan penyebab keputihan juga. Untuk jamur, contohnya jamur Candidas atau Monilia, memiliki ciri warna putih layaknya warna susu, cairan yang keluar sangat kental, benar-benar berbau tak sedap, selain itu di sekeliling vagina yang terinfeksi oleh jamur tersebut akan terasa gatal tak nyaman.

Kondisi ini dapat menyebabkan vagina nampak kemerahan. Umumnya jamur ini akan mudah menginfeksi jika seorang wanita terserang kencing manis, menggunakan pil KB, juga mempunyai daya tahan tubuh yang kurang. Misalnya saja karena wanita tersebut kurang istirahat, atau kurang mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran, kesemua itu dapat menurunkan daya tahan tubuh.

Bakteri Penyebab Keputihan Vaginitis

Penyebab keputihan yang berikutnya adalah infeksi bakteri normal. Keputihan karena infeksi bakteri normal ini disebut dengan vaginitis. Pertumbuhan bakteri tersebut melebihi batas normal. Jika seorang wanita terkena keputihan jenis ini maka gejala yang akan dialami yaitu cairan vagina encer, cairan vagina berwarna kuning kehijauan, berbau busuk dan berbusa. Vulva akan sedikit bengkak, gatal, kemerahan dan timbul rasa tak nyaman.

Selain itu, penyebab keputihan karena bakteri ini akan menyebabkan wanita tersebut merasa sakit saat berhubungan badan. Selain ketika berhubungan badan, daerah vagina akan terasa sakit juga ketika wanita tersebut kencing. Sekarang Anda sudah mengetahui penyebab keputihan, karena itu mulailah menjaga diri agar terhindar dari berbagai faktor penyebab tersebut.

Advertisement
Alinesia