Penyebab Kanker Paru-Paru yang Harus Anda Ketahui


By Cindy Wijaya

Kanker paru-paru adalah penyakit yang memiliki ciri khas terdapat pertumbuhan sel tak terkontrol di dalam jaringan paru-paru seseorang. Apabila tak dirawat dengan benar, maka pertumbuhan sel inipun akan semakin parah dan bisa menyebar hingga bagian luar dari organ paru-paru – Prosesnya disebut dengan metastasis menuju jaringan terdekat maupun bagian tubuh penderita yang lainnya.

Untuk penyakit kanker yang dimulai dari organ paru-paru diberi sebutan kanker primer, merupakan karsinoma yang asalnya dari sel epithelium. Itulah sekilas tentang kanker paru-paru yang perlu Anda ketahui, detailnya mari baca di bawah ini.

Penyebab Kanker Paru-Paru Bisa Menyerang

Penyebab paling utama dari seseorang yang terserang kanker paru-paru adalah kebiasaan merokok. Kebiasaan merokok ini berlaku baik bagi perokok aktif dan juga perokok pasif. Disebut-sebut juga bahwa perokok pasif justru memiliki resiko lebih tinggi terkena kanker paru-paru.

Asap rokok yang dihisap oleh para perokok aktif itu memiliki kandungan 50 zat yang bisa menjadi pemicu kanker, yang dapat memberikan dampak langsung pada jaringan organ paru-paru manusia. Contohnya saja zat nikotin – Zat ini biasa dipakai pada pembuatan insektisida dan tar yang dipakai untuk pembuatan aspal jalanan. Anda dapat melihat bahwa zat tersebut merupakan zat yang bukan untuk digunakan pada manusia.

Tentu saja efek negatif akan muncul jika tubuh menghirup zat nikotin tersebut, dalam hal ini munculnya kanker. Di negara Indonesia sendiri yang merupakan negara berkembang, jumlah perokok aktif juga ikut bertambah, apalagi banyaknya perusahaan rokok di negara Indonesia yang gencar mempromosikan produk mereka, baik menggunakan iklan atau menjadi sponsor acara tertentu.

Perokok pasif juga beresiko terkena kanker paru-paru. Karena asap rokok yang dibuang oleh perokok aktif terkadang mau tidak mau ikut terhirup oleh perokok pasif juga. Dan zat berbahaya yang ikut di asap rokok tersebut akhirnya masuk menuju paru-paru perokok pasif.

Polusi Udara

Semua yang terhirup namun memiliki kandungan tertentu bisa memicu munculnya kanker paru-paru, termasuk polusi udara – Khususnya Anda yang tinggal di kota besar. Dampak yang ditimbulkan dari menghirup polusi udara (Asap pabrik, asap kendaraan bermotor) itu memiliki dampak negatif yang sama dengan perokok pasif. Jadi sama-sama berbahaya dan beresiko menimbulkan kanker paru-paru.

Lakukan Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Kanker Paru-Paru

Gaya hidup yang baik bisa membantu tubuh untuk mencegah serangan kanker paru-paru. Adapun contoh dari gaya hidup tersebut yaitu kebiasaan berolahraga. Dengan berolahraga, suplai oksigen menuju paru-paru akan terpenuhi hingga batasan maksimal. Selain olahraga rutin dan disiplin, Anda juga dapat memanfaatkan herbal tertentu terkait masalah kanker paru-paru, bisa Anda baca di bawah ini:

Obat Herbal Mujarab Kanker Paru-Paru

Sekarang sudah ditemukan obat herbal mujarab untuk menyembuhkan kanker paru-paru. Herbal tersebut tak lain adalah herbal Sarang Semut. Sarang Semut memang sudah dikenal luas dalam fungsinya untuk menyembuhkan penyakit kanker, bahkan kanker paru-paru juga. Sekarang sudah ada obat yang mengambil ekstrak alami dari Sarang Semut tersebut, sehingga Anda tak perlu susah-susah lagi jika memang ingin mengkonsumsi herbal ini, bahkan sudah ada kapsulnya juga.

Herbal Sarang Semut yang berguna untuk kesehatan adalah Myrmecodia pendans, jenis Sarang Semut ini cuman terdapat di dalam hutan Papua, dan bertumbuh secara liar, karena memang tak dibudidayakan, sehingga khasiatnya akan lebih terasa. Sekian artikel tentang penyebab kanker paru-paru yang harus Anda ketahui, semoga bermanfaat.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}

Artikel Terkait