Penyakit Kelamin: Variasi dan Pengobatannya

520

Diedit:

Penyakit kelamin—apa saja variasinya dan temukan juga metode pengobatannya. Memang jika sudah berhubungan dengan alat kelamin, orang-orang masih banyak yang menganggap itu “tabu” dan takut memeriksakan diri ke dokter karena malu. Padahal itu semua merupakan pola pikir yang salah.

Sesungguhnya penyakit kelamin harus disembuhkan sesegera mungkin, karena jika tidak akan sangat mengganggu dan membahayakan kesehatan. Ada banyak gejala yang disebabkan oleh penyakit ini. Berbeda penyakit maka akan berbeda juga gejala yang dirasakan oleh pasien. Tetapi memang sebelum masuk ke pengobatan, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa jenis penyakit kelamin yang diderita. Mari baca selengkapnya di artikel ini.

Gatal pada Kelamin

Terkadang penyakit kelamin gatal dapat menyerang. Penyakit yang satu ini termasuk yang cukup mengganggu, Anda tidak akan bisa berkonsentrasi. Apa yang dapat menyebabkan penyakit kelamin yang satu ini? Salah satu yang seringkali menjadi faktor penyebab munculnya rasa gatal pada alat kelamin adalah jamur.

Infeksi jamur dapat terjadi jika Anda kurang menjaga kebersihan, khususnya di sekitar alat kelamin yang notabene lembab. Oleh karena itu, sangatlah penting bagi Anda untuk selalu menjaga daerah di sekitar alat kelamin senantiasa kering, agar tak mudah terinfeksi oleh jamur penyebab rasa gatal. Jika sudah terkena penyakit kelamin karena infeksi jamur, rasa gatalnya tak tertahankan.

Risiko Infeksi Jamur

Daerah yang seringkali terkena penyakit kelamin gatal karena infeksi jamur adalah daerah yang sulit dijangkau, sehingga kebersihan pada daerah tersebut menjadi kurang terjaga. Daerah tersebut tidak lain adalah di lipatan dalam area kelamin dan selangkangan seseorang. Anda harus lebih teliti ketika membersihkan tubuh. Dan memastikan jika daerah-daerah yang sulit terjangkau juga dibersihkan dengan rutin, jangan sampai terlewatkan. Sebenarnya ini sama saja dengan daerah kulit yang lain, di mana daerah kulit yang lain juga bisa terkena infeksi jamur, hanya yang kali ini bedanya merupakan penyakit kelamin.

Gonorrhea dan Chlamydia

Penyakit kelamin yang lainnya selain infeksi jamur cukup banyak. Gonorrhea dan Chlamydia juga termasuk di antaranya. Penyakit ini diakibatkan oleh infeksi bakteri. Infeksi dapat dimulai untuk jangka waktu beberapa hari hingga beberapa minggu, khususnya sesudah seseorang melakukan hubungan badan dengan orang yang memang sudah terinfeksi oleh penyakit kelamin Gonorrhea dan Chlamydia tersebut. Ciri dari seorang pria yang terinfeksi oleh bakteri penyebab penyakit yaitu munculnya cairan dari dalam alat kelamin pria tersebut. Ketika buang air kecil maka akan terasa sakit, tidak seperti biasanya. Penyakit kelamin ini juga dapat menyerang wanita.

Baca juga:  Apa Kaitan Antara Aktivitas Seksual Dengan Kesehatan Anda Secara Keseluruhan?

Vaginistis

Penyakit kelamin berikutnya adalah vaginistis. Penyakit ini diakibatkan karena infeksi yang terjadi pada vagina seorang wanita, yang umumnya akan mengakibatkan cairan berbau keluar dari dalam vagina, selain itu juga akan menyebabkan ketidaknyamanan pada wanita yang bersangkutan. Bakteri yang menyebabkan terjadinya vaginistis adalah bakteri Chlamydia, Gonorrhea, dan bisa juga diakibatkan oleh infeksi jamur.

Tak hanya itu, penyakit kelamin vaginistis ini juga bisa diakibatkan karena macam-macam bakteri tak berbahaya yang menetap di vagina. Cara memeriksanya adalah dengan memeriksa cairan vagina menggunakan mikroskop. Walaupun begitu, penyakit kelamin vaginistis ini dapat diobati dengan menggunakan obat yang sesuai, untuk lebih pastinya lebih baik berkonsultasi ke dokter spesialis kelamin.

Kutu Kelamin

Kutu kelamin juga merupakan salah satu penyebab penyakit kelamin terjadi. Jadi kutu itu tak hanya ada pada hewan saja, namun juga bisa pada manusia, dan parahnya bisa tinggal di daerah kelamin. Karena tinggal di daerah kelamin dengan menjadi parasit, maka disebut sebagai kutu kelamin. Ukuran kutu kelamin ini benar-benar kecil, hanya 1/8 inchi saja.

Warna kutu penyebab penyakit kelamin ini adalah kelabu agak kecoklatan, dan hidupnya secara parasit pada rambut kemaluan. Kutu kelamin ini benar-benar mengganggu dan dapat menular, jika kutu berpindah tempat ke kelamin orang lain. Penyakit kelamin karena kutu ini dapat disembuhkan menggunakan obat cair khusus dengan cara digosokkan pada rambut kelamin pasien.

Kutu Bawah Kulit

Penyakit yang berikutnya juga dapat disebabkan oleh kutu bawah kulit. Secara garis besar, memang sama-sama kutu, namun yang membedakan kutu bawah kulit dengan kutu kelamin adalah tempat hidupnya. Karena memiliki ukuran yang lebih kecil, kutu ini dapat hidup pada bagian bawah kulit. Juga termasuk kulit alat kelamin, karena itu dapat mengakibatkan penyakit kelamin juga. Rasa gatal merupakan salah satu ciri yang paling jelas apabila terinfeksi oleh kutu bawah kulit ini. Cara mengobati penyakit kelamin karena kutu bawah kulit ini adalah dengan mengusapkan obat cair pada permukaan tubuh.

Kista Ovarium pada Wanita

Kista ovarium merupakan jaringan yang seharusnya terdapat pada bagian dalam rahim, namun tumbuh pada tempat yang lain, yang tidak seharusnya. Contohnya pada ovarium dan saluran telur wanita. Kista ini termasuk tumor jinak dengan rupa kantong abnormal yang isinya cairan yang akan tumbuh pada ovarium (indung telur).

Baca juga:  Gangguan Seksual pada Wanita

Penyakit kelamin ini dapat mengganggu siklus haid seorang wanita, mengakibatkan rasa sakit yang amat sangat dan juga mengganggu tingkat kesuburan seorang wanita. Walaupun begitu, penyakit kista ovarium ini tak mempunyai sifat kanker. Tak sedikit wanita yang terserang oleh kista ovarium, termasuk di negara Indonesia juga. Sekian artikel tentang penyakit kelamin, variasi dan pengobatannya, semoga bermanfaat.

Advertisement
Alinesia