Noni Juice untuk Disfungsi Seksual


By Cindy Wijaya

Tak dapat dipungkiri seksualitas merupakan salah satu bagian penting kehidupan suami-istri. Entah untuk mendapat keturunan ataupun untuk menyatakan kasih sayang. Jika terjadi disfungsi seksual tentu dapat berdampak pada hubungan Anda. Jika Anda sedang mengalaminya, bisa jadi Anda sedang mencari cara untuk memperbaiki seksualitas. Anda datang ke artikel yang tepat karena di sini kami akan membahas sebuah herbal asli Indonesia yang efektif untuk membantu memperbaiki disfungsi seksual, Noni juice.

Noni juice tidak sama dengan obat kuat yang diklaim bisa “membangkitkan” dalam waktu singkat tetapi kemudian “loyo” lagi, belum lagi banyak risiko kesehatan yang menyertainya. Noni merupakan herbal yang efektif untuk memperbaiki akar masalah di balik terjadinya penurunan fungsi dan gairah seksual, atau yang disebut “disfungsi seksual”.

Redupnya fungsi seksual biasanya tidak secara tiba-tiba, melainkan secara bertahap. Umumnya terjadi dalam jangka waktu beberapa bulan. Dan ada berbagai faktor yang dapat menjadi akar masalah dari disfungsi seksual ini.

Untuk dapat memperbaiki kembali seksualitas, cara yang terbaik adalah dengan mencari faktor penyebab dari disfungsi seksual dan berupaya mengatasinya. Itu jauh lebih efektif daripada mengandalkan obat kuat yang berisiko.

Apa saja faktor yang dapat menyebabkan disfungsi seksual pada pria dan wanita? Bagaimana Noni juice sanggup memperbaiki faktor penyebab tersebut? Mari kita perhatikan satu-persatu di bagian berikut ini.

Disfungsi Seksual Akibat Stres

Stres merupakan penyebab terganggunya gairah seksual dari segi psikologis. Stres dapat berdampak pada caranya otak mengirimkan sinyal untuk berbagai respons fisik tubuh.

Pada pria, stres bisa mengganggu caranya otak mengirimkan sinyal ke penis untuk memungkinkan pengaliran darah ekstra untuk ereksi. Akibatnya adalah kesulitan untuk mengalami dan mempertahankan ereksi. Stres juga bisa menurunkan gairah seksual dan memengaruhi performa seksual seorang wanita.

Bagaimana Noni Dapat Membantu?

Penelitian menunjukkan bahwa Noni dapat mengaktifkan fungsi GABA di dalam otak untuk menghasilkan efek relaksasi pada tubuh yang akan meredakan stres, menenangkan mood, dan membuat badan lebih rileks.

Noni juga didapati memiliki kandungan-kandungan senyawa yang bermanfaat untuk menenangkan stres yang berkepanjangan, atau kronis, dan untuk pencegah gejala-gejala depresi. Depresi juga dapat memicu disfungsi seksual.

Disfungsi Seksual Akibat Diabetes

Diperkirakan sekitar 35 – 75 persen pria penderita diabetes akan mengalami disfungsi ereksi (impotensi). Hal ini dikarenakan diabetes berdampak pada fungsi saraf dan pembuluh darah. Untuk dapat ereksi, pria membutuhkan pembuluh darah dan saraf yang sehat. Jadi jika saraf dan pembuluh darah yang mengendalikan ereksi terganggu akibat diabetes, otomatis ereksi pun terganggu.

Diabetes juga berdampak pada fungsi seksual seorang wanita. Disfungsi seksual yang paling umum pada wanita penderita diabetes adalah penurunan gairah seksual dan/atau lubrikasi yang tidak cukup. Mereka juga mungkin akan mengalami lebih banyak rasa sakit saat berhubungan seks.

Bagaimana Noni Dapat Membantu?

Dalam sebuah pengujian ilmiah selama 8 minggu pemberian sari buah Noni (Noni juice), didapati terjadi penurunan signifikan pada kadar gula darah dan nilai HbA1c pada 20 pasien diabetes tipe 2. Para peneliti menyebutkan bahwa efek tersebut kemungkinan berasal dari kemampuan Noni untuk meniru cara kerja insulin.

Selain itu didapati juga bahwa Noni mampu meningkatkan ekskresi insulin, memperbaiki kondisi kolesterol darah, dan mengurangi parameter inflamasi hs-CRP. Hasil penelitian ini meneguhkan bahwa Noni juice memang sanggup membantu mengatasi kadar gula darah tinggi sekaligus masalah-masalah lain yang kerap dialami seorang penderita diabetes.

Disfungsi Seksual Akibat Penyakit Jantung

Penyakit jantung meningkatkan risiko seseorang untuk mengembangkan disfungsi seksual. Penyakit ini mengubah caranya darah beredar ke seluruh tubuh dan dapat mengurangi jumlah darah yang dialirkan oleh jantung ke berbagai area tubuh, termasuk area alat genital.

Berkurangnya aliran darah dapat menyebabkan disfungsi ereksi pada pria dan menyebabkan berkurangnya gairah seksual pada wanita.

Bagaimana Noni Dapat Membantu?

Noni dapat membantu masalah kesehatan jantung dengan mengatasi penyakit-penyakit yang terkait, yaitu darah tinggi (hipertensi), kolesterol tinggi, dan diabetes.

Dalam hal mengatasi darah tinggi, Noni memiliki kandungan scopoletin yang bermanfaat untuk memperlebar dan melenturkan saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan atau penyumbatan. Di samping itu, scopoletin juga membersihkan endapan yang menjadi penyebab penyumbatan tersebut.

Apabila pembuluh darah sudah lentur dan bebas sumbatan, maka tekanan darah bisa dinormalkan kembali dan kerja jantung untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh jadi tidak begitu berat.

Dalam hal mengatasi kolesterol tinggi sebenarnya masih ada kaitannya dengan fungsi Noni untuk darah tinggi. Sebagaimana sudah disebutkan, kandungan dalam Noni dapat membersihkan endapan di pembuluh darah, termasuk endapan kolesterol.

Dan mengenai manfaat Noni untuk mengatasi diabetes sudah dibahas pada bagian sebelumnya. Noni diduga mampu meniru cara kerja insulin yang khususnya dibutuhkan oleh penderita diabetes, sebab mereka mengalami gangguan fungsi insulin.

Disfungsi Seksual Akibat Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi bisa merusak dinding pembuluh darah serta membuat pembuluh arteri mengeras dan menyempit (aterosklerosis), sehingga mengurangi aliran darah. Pada pria ini berarti berkurangnya aliran darah ke area penis. Akibatnya mereka bisa mengalami disfungsi ereksi atau impotensi. Tekanan darah tinggi juga dapat mengganggu ejakulasi dan mengurangi gairah seksual pada pria.

Tekanan darah tinggi juga bisa memengaruhi kehidupan seksual seorang wanita, sebab aliran darah ke area vagina berkurang. Pada beberapa wanita, ini menyebabkan menurunnya gairan seksual, masalah vagina kering, atau kesulitan mencapai orgasme.

Bagaimana Noni Dapat Membantu?

Sebagaimana telah dijelaskan dalam bagian sebelumnya, Noni memiliki kandungan scopoletin yang mampu melebarkan dan melenturkan pembuluh darah. Scopoletin juga membersihkan endapan yang menyumbat pembuluh darah. Dengan begitu aliran pembuluh darah dapat bebas hambatan dan tekanan darah bisa kembali normal.

Telah dilakukan sebuah pengujian ilmiah mengenai kemampuan Noni untuk menurunkan tekanan darah. Selama 1 bulan sebanyak 10 pasien hipertensi diberikan sari buah Noni (Noni juice). Rata-rata tekanan darah mereka sebelum mulai pengujian adalah 144/83. Setelah mengonsumsi Noni, tekanan darah mereka turun menjadi rata-rata 132/76.

Disfungsi Seksual Akibat Gangguan pada Saraf

Disfungsi seksual umum dialami oleh penderita gangguan pada saraf. Mereka mungkin mengalami penurunan gairah seksual, disfungsi ereksi (pada pria), berkurangnya lubrikasi (pada wanita), serta gangguan pada ejakulasi dan orgasme.

Disfungsi seksual mungkin disebabkan oleh kerusakan pada jaringan saraf yang secara khusus terlibat untuk respons seksual atau kerusakan pada struktur saraf lain yang secara umum terlibat dalam pengendalian perilaku.

Bagaimana Noni Dapat Membantu?

Noni memiliki khasiat untuk meregenerasi sel-sel yang rusak. Penyakit saraf dapat merusak sel-sel yang membentuk jaringan saraf. Dengan kemampuan untuk meregenerasi sel-sel yang rusak, Noni membantu tubuh untuk meregenerasi atau memulihkan bagian jaringan saraf yang rusak tersebut.

Bisa dikatakan bahwa herbal ini mampu bekerja langsung ke akar masalahnya dengan membantu tubuh untuk memperbaiki dirinya sendiri.

Kesimpulan tentang Noni Juice untuk Disfungsi Seksual

Cara kerja Noni juice untuk disfungsi seksual tidak sama seperti obat kuat pada umumnya. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir dengan risiko atau efek samping yang biasa ditimbulkan oleh obat-obatan tersebut. Sebagai herbal, Noni bekerja dengan cara mengatasi faktor-faktor yang menjadi akar masalah penyebab disfungsi seksual.

Faktor-faktor tersebut antara lain diabetes, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan gangguan pada saraf. Karena bekerja dari akar masalahnya, Noni memang tidak akan secara instan memberikan efek “membangkitkan” seperti obat kuat. Namun manfaatnya akan dirasakan tahap demi tahap dan lebih menyeluruh, biasanya dalam waktu kurang-lebih 1 bulan.

Misalnya pada seorang penderita tekanan darah tinggi, yang mereka alami kemungkinan bukan hanya masalah seksual, tetapi juga masalah pada pembuluh darah, jantung, hingga ginjal. Jika ia rutin minum Noni dan tekanan darahnya normal kembali, tentu bukan hanya disfungsi seksual yang dibantu teratasi, melainkan ia juga akan terbebas dari ancaman penyakit yang lebih serius pada organ-organ tersebut.

Hal yang sama juga akan dialami oleh penderita diabetes, penyakit jantung, dan gangguan pada saraf jika mereka rutin mengonsumsi Noni dan dibantu untuk mengatasi penyakit tersebut.

Dengan kata lain, Noni juice jauh lebih hebat daripada obat kuat karena sanggup membantu mengatasi disfungsi seksual serta masalah-masalah kesehatan yang terkait dengannya. Sehingga Anda dibantu untuk membangkitkan kembali kehidupan seksualitas Anda sekaligus menikmati kehidupan yang secara menyeluruh lebih sehat.

Sumber

Sumber Referensi:

Hormone Health Network. Female Sexual Dysfunction. URL: https://www.hormone.org/diseases-and-conditions/female-sexual-dysfunction

Hormone Health Network. Erectile Dysfunction. URL: https://www.hormone.org/diseases-and-conditions/erectile-dysfunction

WebMD. Erectile Dysfunction and Diabetes. URL: https://www.webmd.com/erectile-dysfunction/guide/ed-diabetes

American Diabetes Association. Sexual Dysfunction in Women With Type 1 Diabetes. URL: https://doi.org/10.2337/diacare.25.4.672

Circulation. Sexual Health Concerns in Patients With Cardiovascular Disease. URL: https://doi.org/10.1161/CIRCULATIONAHA.113.004846

Mayo Clinic. High blood pressure and sex: Overcome the challenges. URL: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/high-blood-pressure/in-depth/high-blood-pressure-and-sex/art-20044209

MedLink. Sexual dysfunction in neurologic disorders. URL: https://www.medlink.com/article/sexual_dysfunction_in_neurologic_disorders

Deng, Shixin & West, Brett. (2007). Noni as An Anxiolytic and Sedative: A Mechanism Involving Its Gamma-Aminobutyric Acidergic Effects. Phytomedicine: International Journal of Phytotherapy and Phytopharmacology. 14(7-8): 517-22. DOI: 10.1016/j.phymed.2007.04.005

Deng, Shixin & West, Brett J. (2011). Antidepressant Effects of Noni Fruit and its Active Principals. Asian Journal of Medical Sciences. 3(2): 79-83

Algenstaedt, Petra, dkk. (2018). The Effect of Morinda citrifolia L. Fruit Juice on the Blood Sugar Level and Other Serum Parameters in Patients with Diabetes Type 2. Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine. Volume 2018, Article ID 3565427. DOI: 10.1155/2018/3565427

Solomon, Neil. 1999. The Noni Phenomenon. Vineyard [US]: Direct Source Publishing

Palu, Afa Kehaati, dkk. (2008). The Effects of Morinda citrifolia L. Noni on High Blood Pressure: A Mechanistic Investigation and Case Study. Functional Food and Health. 39: 446-453. DOI: 10.1021/bk-2008-0993.ch039

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}