Penurunan Libido Pria: Cara Mengatasinya?

465
Penurunan Libido Pria
Sumber Gambar: Shutterstock

Diedit:

Penurunan libido pria — Bagaimana jika ini yang Anda alami? Adakah cara untuk mengembalikan gairah seksual yang hilang? Apa dampak menurunnya gairah seks terhadap hubungan Anda dan pasangan?

Temukan info selengkapnya dalam artikel berikut, agar Anda dapat kembali pulih dan menikmati keintiman yang harmonis dengan pasangan.

Penurunan Libido — Gangguan Seksual Pria

Anda juga dapat kehilangan gairah seksual atau disebut juga penurunan libido pria akibat berbagai penyebab. Salah satu di antaranya adalah akibat rendahnya atau kurangnya hormon testosteron dalam darah.

Penelitian menunjukkan bahwa sejak memasuki usia 30 tahun, produksi testosteron pria menurun satu hingga dua persen tiap tahun yang berdampak pada menurunnya fungsi seksual.

Dalam istilah medis, rendahnya kadar testosteron disebut Testosteron Deficiency Syndrome (TDS). Kadar testosteron yang rendah merupakan salah satu faktor resiko terkena kanker prostat dan gangguan seksual, salah satunya penurunan libido pria.

Testosteron sendiri adalah hormon yang memengaruhi libido (gairah seksual) dan ciri-ciri kelamin sekunder pria. Testosteron juga memiliki peran non seksual lain yaitu memenuhi fungsi penting dalam biosintesa protein untuk mempercepat pembentukan otot, meningkatkan pembentukan sel darah merah, serta mempercepat masa regenerasi dan pemulihan sehabis sakit atau setelah terluka.

Testosteron juga memicu seluruh aktivitas metabolisme khususnya pada jalur metabolisme dan pembakaran lemak. Ya, testosteron memainkan peranan penting dalam meningkatkan keseluruhan performa pria baik secara fisik maupun secara seksual.

Tips Mengatasi Penurunan Libido!

Cara mengatasi penurunan libido pria bergantung pada penyebabnya. Dokter Anda dapat merekomendasikan terapi jika masalahnya adalah psikologis.

Dalam banyak kasus, kondisi libido rendah menunjukkan keinginan untuk hubungan yang lebih dekat dan intim dengan pasangan Anda, tak hanya hubungan seksual semata.

Baca juga:  Gangguan Seksual Pada Pria: Kenali Jenisnya!

Jika ini mengganggu Anda, cobalah untuk membicarakan masalah ini dengan terapis. Baik sendiri atau bersama pasangan Anda. Jika masalahnya adalah depresi, penggunaan antidepresan justru tidak membantu, karena dapat menurunkan gairah seks.

Bagaimana dengan obat-obatan yang mungkin Anda lihat di iklan TV dan majalah? Ini tidak meningkatkan libido. Obat-obatan tersebut hanya membantu Anda mendapatkan dan mempertahankan ereksi. Adakah pilihan lain untuk atasi penurunan libido pria?

  • Pilihan gaya hidup yang lebih sehat. Tingkatkan pola makan, olahraga teratur dan tidur yang cukup, kurangi alkohol, dan kurangi stres.
  • Ganti dengan obat baru, jika obat yang Anda pakai tidak memengaruhi kondisi libido Anda
  • Terapi penggantian testosteron
  • Konseling

Intinya: Kenali tubuh Anda dan beri tahu dokter apa yang Anda rasakan. Jangan menahan diri. Itu satu-satunya cara dia akan tahu apakah akar masalahnya adalah fisik, psikologis, atau keduanya. Dan semakin cepat Anda tahu adanya penurunan libido pria, semakin cepat Anda bisa kembali merasa percaya diri.

Cara Lain Tingkatkan Gairah Seksual Pria!

Tongkat Ali dapat mewujudkan impian Anda untuk mendapatkan performa yang baik di ranjang. Sebagai obat kuat, Tongkat Ali terutama bekerja dengan meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan organ reproduksi pria dan bermanfaat untuk meningkatkan gairah atau mengatasi penurunan libido pria.

Tongkat Ali merupakan satu-satunya herbal pria terlengkap yang yang dikenal di seluruh dunia sebagai afrodisiak yang ampuh. Tongkat Ali dapat membantu mengatasi berbagai disfungsi seksual sekaligus meningkatkan fungsi seksual pada pria, membantu membesarkan otot, dan meningkatkan stamina serta energi.

Dengan demikian, meningkatkan performa pria secara keseluruhan. Sebagai obat kuat alami, Tongkat Ali tidak memiliki efek samping yang didapati pada obat kuat lain yang mengandung bahan kimia.

Baca juga:  Sperma Bau: Cara Mengatasinya?

Sejumlah penelitian yang dilakukan untuk menguji ketoksikan menunjukkan bahwa Tongkat Ali aman untuk dikonsumsi bahkan dalam dosis tinggi. Ini menjadikan Tongkat Ali obat herbal yang bisa dipertimbangkan untuk atasi penurunan libido pria ataupun penurunan kuantitas testosteron.


Emma Alvarez Gibson and Melinda Ratini, DO, MS. Rev Up a Low Libido. December 13, 2015. URL: https://www.webmd.com/men/features/revving-up-low-libido.


Advertisement
Alinesia