Pilihan Obat Kuat Tahan Lama di Apotik dan Harganya


By Fery Irawan

Artikel ini akan membantu Anda untuk mengetahui apa jenis obat kuat tahan lama di apotik dan harganya yang bisa Anda pilih baik di apotik Kimia Farma, apotik K24, ataupun apotik umum lainnya.

Bahkan kini Anda dapat membeli obat kuat secara online, yang rekomendasinya ada di bagian penutup artikel ini. Hemat uang Anda dengan tidak salah pilih obat kuat kuat di apotik.

Mengapa ada begitu banyak merek obat kuat?

Dari data Asian Journal of Andrology yang diterbitkan tahun 2011, sebanyak 15,1 persen anak-anak muda dalam rentang usia 20 hingga 29 tahun mengalami impotensi.

Sedangkan untuk pria usia 40 hingga 49 tahun, presentasenya mencapai 40,6 persen. Dan untuk pria berusia 60 hingga 69 tahun kenaikannya lebih tinggi lagi yakni 70 persen yang terkena impotensi.

Buat pria yang masih muda masalah gangguan seksual muncul terutama karena pengaruh kelelahan, stres, dan kurang olah raga.

Sedangkan bagi mereka yang berusia di atas 30 tahun, timbul akibat berkurangnya kadar testosteron karena usia yang bertambah atau karena penyakit yang diderita seperti diabetes dan hipertensi.

Jelas saja hal ini membuat sejumlah perusahaan farmasi menaruh perhatian untuk menemukan formula terbaik obat kuat.

Karena itulah Anda akan menemukan banyak pilihan obat kuat di apotik dengan beragam merek, yang akan membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan.

Bagi kaum pria yang ingin membeli obat kuat, proses memilih-milih, membanding-bandingkan obat kuat di sebuah apotik sama sekali bukan hal yang menyenangkan, bukan?

Maka artikel ini akan membantu Anda mencari tahu apa saja obat kuat tahan lama di apotik dan harganya sebelum Anda pergi ke apotik.

Sehingga Anda tidak perlu berlama-lama berada di apotik untuk memilih-milih obat kuat, yang pasti sangat tidak nyaman.

Obat Kuat Pria di Apotik dengan Resep Dokter

Salah satu obat kuat yang populer adalah PDE5 inhibitor yang berfungsi meningkatkan aliran darah ke penis sehingga memicu ereksi. Beberapa jenis obat PDE5 inhibitor yang dijual di pasaran diantaranya sildenafil (Viagra, Pfizer), vardenafil (Levitra, Staxyn), tadalafil (Cialis, Eli Lilly), dan avanafil (Stendra, Vivus).

Keempat jenis obat PDE5 inhibitor ini telah disetujui oleh badan pengawas obat berwenang di banyak negara. Obat ini sering menjadi pilihan pertama dokter untuk mengobati disfungsi ereksi karena penggunaannya mudah, efeknya cepat, dan efek sampingnya dapat ditoleransi.

Akan tetapi penggunaan obat kuat PDE5 inhibitor haruslah dengan resep dokter. Agar penggunaanya tidak melebihi batas aman, sehingga dapat membahayakan si pengguna. Karena itu jika Anda ingin mencoba obat kuat pria jenis ini, silakan hubungi dokter Anda.

PENGINGAT PENTING:

Obat PDE5 inhibitor harus dibeli dan dikonsumsi sesuai dengan resep dokter. Dosis dan cara konsumsi obat ini dapat berbeda-beda pada setiap orang.

Kelebihan atau kesalahan dalam konsumsi dapat mengakibatkan efek samping, mulai dari yang ringan hingga yang membahayakan nyawa.

Di samping itu, setiap orang punya kondisi kesehatan yang berbeda dan penyebab gangguan ereksi mereka juga tidak sama. Jadi dosis maupun jenis pengobatan tidak bisa disamaratakan.

Obat kuat juga memiliki efek samping yang perlu diperhatikan, khususnya bila diminum tidak sesuai resep. Misalnya sakit kepala, pilek, sakit perut, gangguan pencernaan, ereksi yang berkepanjangan atau menyakitkan, dan masalah penglihatan.

Selain efek samping, setiap obat juga memiliki kontra-indikasi yang dapat bereaksi buruk jika dikonsumsi oleh penderita penyakit tertentu.

Misalnya penderita darah rendah disarankan tidak mengonsumsi obat kuat yang mengandung PDE5 inhibitor, karena bisa menyebabkan pelebaran pembuluh darah yang akan semakin menurunkan tekanan darah.

Dokter spesialis andrologi dari RS Fatmawati Jakarta, Nugroho Setiawan, menegaskan, “Kebanyakan obat punya efek samping dan kontra-indikasi kalau dikonsumsi dengan sembarangan atau dikonsumsi bersama obat lain.

Jadi pasien harus selalu konsultasi dengan dokter untuk memastikan pengobatan yang tepat.”

Obat Kuat Pria di Apotik Tanpa Resep Dokter

Nah ini kabar baiknya bagi Anda yang tidak ingin ke dokter, terdapat sejumlah jenis obat kuat pria di apotik K24, Kimia Farma, dan apotik lainnya yang mengusung bahan-bahan alami dari herbal sebagai komponen utama, sehingga tidak diperkukan resep dari dokter untuk membelinya, bahkan dengan harga yang jauh lebih murah dari obat kuat kimia.

Ada beberapa produk herbal diklaim cespleng untuk stamina dan vitalitas, bisa membuat Anda langsung bangun dalam beberapa jam saja, tetapi ternyata setelah ditunggu-tunggu Anda tidak merasakan semua itu!

Oleh karena itulah Anda perlu riset dahulu dalam memilih produk obat kuat, terutama bila klaim yang disebutkan berlebihan (over claim).

Ada juga merek obat kuat yang menggunakan formula yang tidak tepat sehingga tidak ada dampak berarti buat si pengguna.

Misalnya ada produk yang membuat formula dengan memadukan beberapa jenis herbal yang dikenal masyarakat dapat meningkatkan vitalitas pria, dengan tujuan bisa menonjolkan manfaat dari masing-masing herbal tersebut, untuk membentuk opini bila berbagai herbal peningkat vitalitas digabungkan maka hasilnya akan lebih hebat.

Padahal tidak setiap herbal sifatnya sinergis dengan herbal lain, sehingga bukannya memperkuat formula tersebut, tapi malah mengurangi manfaat kandungan dari masing-masing herbal dalam formula tersebut.

Tapi buat si produsen hal itu tidak terlalu penting, yang penting produk mereka tampak hebat dan bisa laku dijual. Tidak masalah juga buat mereka, kalau seseorang kecewa dan hanya membeli satu kali saja, karena akan selalu ada orang-orang baru yang mencari obat kuat.

Buat mereka menjual obat kuat sama seperti menjual pakaian, tidak cocok ya tidak usah dipakai, jual lepas. Salah satu ciri utama produk yang buruk adalah mereka tidak menyediakan support bagi si pengguna selama menggunakan produk mereka.

Karena si produsen/penjual sendiri sudah tidak yakin sama produknya, lalu apa yang mau dibicarakan lagi, lebih baik jual lepas saja lalu menghilang.

Ada juga produk lain mencampur herbal dengan bahan kimia tertentu untuk meningkatkan manfaat dengan risiko yang besar, alias tidak aman bagi si pengguna dan ini ilegal, sangat berbahaya untuk Anda konsumsi, obat kuat jenis ini sering kali tidak berizin atau izinnya paslu.

Pilihan Obat Kuat Tahan Lama Herbal di Apotik

Di antara banyak jenis pilihan obat kuat di apotik Kimia Farma, apotik K24, atau apotik lainnya, obat kuat herbal dengan bahan ekstrak Tongkat Ali bisa menjadi pilihan yang patut dipertimbangkan.

Mengonsumsi Tongkat Ali terbukti secara ilmiah memiliki pengaruh baik untuk meningkatkan produksi testosteron, memperbaiki fungsi prostat, meningkatkan efisiensi produksi energi, memperbaiki kepekaan saraf, melancarkan sirkulasi darah, serta memperbaiki kinerja hormon dalam memperbaiki libido.

Berbagai riset sudah dilakukan untuk menggali lebih dalam bagaimana reaksi tubuh terhadap Tongkat Ali, berapa dosis aman dan optimalnya.

Bukan hanya itu, riset juga dilakukan untuk menjelaskan bagaimana interaksi Tongkat Ali terhadap sejumlah komponen kimia tertentu. Dan hasilnya menunjukkan bahwa Tongkat Ali sangat aman bila digunakan dalam dosis yang tepat dan berkelanjutan.

Dan hebatnya lagi menurut sebuah penelitian, Tongkat Ali tidak hanya membantu soal masalah disfungsi ereksi, tapi juga membuat ereksi si pengguna bertahan lebih lama (Dr. Ismail Tambi, The Singapore Straits Times, Feb 2003).

Hal ini yang menjadi kelebihan Tongkat Ali dibandingkan obat kuat kimia yang hanya berfokus pada masalah disfungsi ereksi. Kandungan dalam Tongkat Ali adalah paket lengkap bagi setiap pria untuk mengatasi masalah kesehatan seksual pria.

Mengonsumsi Tongkat Ali dalam jangka panjang juga aman, Anda bisa mendapatkan manfaat maksimal tanpa harus khawatir dengan pengaruh buruk yang timbul seketika seperti serangan jantung, atau efek buruk kemudian hari seperti impotensi yang parah dan ketergantungan pada obat kuat, yang sering ditemukan pada mereka yang menggunakan produk obat kuat kimia dalam jangka panjang.

Perubahan Apa yang Bisa Anda Harapkan Setelah Menggunakan Tongkat Ali?

Berikut ini adalah tahapan perubahan minggu demi minggu yang bisa Anda harapkan setelah menggunakan Tongkat Ali. Namun perlu diingat bahwa ini bukanlah klaim khasiat dan efek yang dirasakan bisa berbeda satu pengguna dengan pengguna lainnya.

Minggu 1 : Anda tidak akan melihat perubahan besar dalam tubuh Anda karena tingkat testosteron Anda sedang diperbaiki, namun dorongan seksual bisa jadi akan lebih terlihat. Banyak pria melaporkan peningkatan hasrat dan gairah selama minggu pertama menggunakan Tongkat Ali. Bagi sebagian pria butuh waktu lebih lama (sekitar dua minggu), jadi jangan berpikir ada yang salah jika libido Anda tidak meningkat secara signifikan di minggu pertama.

Minggu 2 : Pada minggu ini, kadar testosteron Anda akan sedikit meningkat. Peningkatan gairah seks akan terasa: Anda akan mudah terangsang dan libido Anda akan lebih kuat dari biasanya. Jika Anda menggunakan Tongkat Ali untuk tujuan kebugaran (fitnes), Anda mungkin sudah mengalami peningkatan massa otot. Pria yang suka membangun tubuh akan mengalami hasil yang lebih baik daripada yang lain.

Minggu 3: Kadar testosteron terus meningkat dan Anda mungkin mulai merasakan efek yang sebenarnya dan libido Anda akan semakin meningkat. Jika Anda menggunakannya untuk membangun tubuh (fitness), kekuatan Anda akan meningkat lebih jauh dan Anda akan merasa lebih energik lagi.

Minggu 4-6: Dan sekarang Tongkat Ali akan benar-benar mulai menunjukkan efeknya. Level testosteron Anda akan naik lagi, yang akan menyebabkan beberapa perubahan nyata. Libido Anda akan meningkat lebih dari sebelumnya dan Anda ingin melakukan hubungan seks lebih sering. Pria yang berurusan dengan disfungsi ereksi akan melihat perubahan positif sehubungan kemampuan mereka untuk mencapai dan mempertahankan ereksi. Hasil yang didapat akan bergantung pada keseriusan masalah, tetapi Anda akan mengalami ereksi yang lebih kuat dan akan lebih mampu untuk mempertahankan ereksi.

Minggu 7-9: Performa seksual secara signifikan meningkat. Anda akan dapat mencapai dan mempertahankan ereksi yang dibutuhkan untuk hubungan seksual yang sehat. Libido Anda akan tetap tinggi.

Minggu 10 dan seterusnya : Saat inilah Anda akan mencapai peningkatan testosteron maksimal, yang akan membawa ereksi yang kuat dan berkepanjangan, serta peningkatan seksualitas. Anda akan dapat mengalami semua manfaat yang dibawa Tongkat Ali. Anda juga akan melihat peningkatan metabolisme dasar, tingkat energi tinggi dan kepuasan menyeluruh pada tubuh Anda.

Sekali lagi informasi di atas bukanlah klaim khasiat dari Tongkat Ali atau produk tertentu, karena hasilnya bisa berbeda-beda untuk setiap orang. Tapi informasi di atas adalah sebagai gambaran bagi Anda yang ingin menggunakan Tongkat Ali secara rutin sebagai solusi untuk masalah sekual pria.

Tips Menggunakan Tongkat Ali sebagai Obat Kuat Pria Alami

Anda harus sedikit bersabar untuk merasakan khasiat dari Tongkat Ali, jangan berharap setelah Anda meminumnya akan langsung terasa khasiatnya jam itu juga.

Efek “GRENG” Tongkat Ali dirasakan setelah penggunaan rutin, jadi sekali lagi Anda perlu bersabar. Pada umumnya si pengguna akan mulai “GRENG” setelah menggunakan selama dua minggu, dan efeknya akan semakin meningkat seraya waktu konsumsi bertambah.

Tapi positifnya setelah penggunaan rutin Tongkat Ali, tubuh Anda akan lebih siap untuk setiap aktivitas seksual tanpa ketergantungan pada obat kuat pria tertentu, karena Tongkat Ali sudah meningkatkan kadar hormon testosterone dalam tubuh yang berperan penting untuk kesehatan seksual pria.

Jika kandungan hormon testosterone dalam tubuh tinggi, maka Anda akan selalu bisa memuaskan istri Anda hampir setiap malam, jika memang diperlukan.

Bila Anda melakukan pencarian di Google dengan kata kunci “Tongkat Ali” maka akan ada bermacam-macam merek produk Tongkat Ali yang muncul baik merek lokal maupun dari luar negeri, karena memang Tongkat Ali sudah booming duluan di luar negeri baru belakangan di Indonesia, padahal tanaman ini berasal dari pedalaman hutan Kalimantan.

EKSTRAK TONGKAT ALI TIDAK PERLU RESEP DOKTER

Tidak seperti kebanyakan obat kuat yang dijual di apotik, Tongkat Ali adalah herbal. Jadi cara konsumsinya mirip seperti suplemen yang tidak membutuhkan resep dokter. Konsumsi herbal ini dapat disesuaikan dengan kondisi masing-masing dan bisa dihentikan apabila keluhannya dirasa sudah membaik.

Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan sewaktu ingin membeli produk Tongkat Ali? Pertama, perhatikan komposisi produk tersebut karena ada produk yang di labelnya menonjolkan Tongkat Ali, padahal dibuat dengan campuran herbal lainnya yang lebih murah untuk memangkas biaya produksi, sehingga Anda tidak mendapat manfaat maksimal dari Tongkat Ali.

Kemudian perhatikan bentuk sajiannya. Apabila Anda melihat harga dari setiap produk Tongkat Ali yang ada di pasaran, ini pasti akan membuat Anda bingung karena harganya berbeda-beda, ada yang murah dan mahal.

Produk dengan harga murah sudah hampir pasti berupa serbuk bukan ekstrak. Yang terbaik adalah memilih produk dengan 100% ekstrak Tongkat Ali, bukan hanya sekedar serbuk (tepung), karena yang serbuk efeknya sangat kecil. Harap pastikan ini dengan pihak penjual.

Lalu, patut diperhatikan bahwa ada juga produk Tongkat Ali yang mengaku dibuat dari ekstrak tapi harganya lebih murah. Ini wajar karena ekstrak sendiri tingkatannya beda-beda. Jangan terbuai dengan produk yang menggunakan perbandingan 1:100, 1:200, atau bahkan 1:500, yang adalah bahasa pemasaran belaka. Perbandingan seperti itu tidak jelas klaimnya berdasarkan apa, dan tidak bisa dihitung dengan pasti dalam skala lab.

Dari mana kita bisa tahu seberapa tinggi level ekstraksinya? Perhatikan persentase native extra content produk tersebut. Inilah standar tolak ukur seberapa tinggi kadar ekstrak suatu produk, yang biasanya berkisar dari 5%-25%. Jika mungkin, selalu pilih produk dengan native extra content tinggi, mulai dari 25% untuk hasil terbaik.

Kalau begitu, berapa kisaran harga produk Tongkat Ali yang asli dengan kandungan ekstrak yang tinggi? Harganya sangat relatif ya, berkisar antara tujuh ratus ribu sampai satu jutaan untuk konsumsi sekitar tiga puluh hari.

PS: Dibagian penutup artikel ini Anda bisa membaca produk ekstrak Tongkat Ali yang kami rekomendasikan beserta alasannya.

Obat Kuat Apa yang Akan Anda Pilih?

Pada intinya Anda bisa mendapatkan obat kuat tertentu, yang tidak dijual bebas dan harus dengan resep dokter, seperti jenis obat PDE5 inhibitor dengan merek sildenafil (Viagra, Pfizer), vardenafil (Levitra, Staxyn), tadalafil (Cialis, Eli Lilly), dan avanafil (Stendra, Vivus).

Proses mendapatkan obat kuat jenis kimia di atas lebih panjang karena harus lewat pemeriksaan dan resep dokter, selain itu harga obat-obat kuat kimia ini juga sangat mahal.

Pilihan lain adalah membeli obat kuat dengan bahan alami sehingga tidak memerlukan resep dokter. Salah satu hebal obat kuat yang powerfull adalah ekstrak Tongkat Ali.

Anda tinggal datang ke apotik tanya apakah ada ekstrak Tongkat Ali, maka petugas apotik akan sebutkan beberapa merek. Pastikan Anda cek komposisinya apakah sudah sesuai dengan panduan yang sudah kami berikan di atas.

Apabila Anda tidak nyaman dengan cara itu, Anda dapat membelinya secara online, sekarang sudah ada beberapa merek ekstrak Tongkat Ali yang dijual secara online di Indonesia.

Tips Memilih Tongkat Ali Sebagai Obat Kuat Tahan Lama dan Harganya

Perlu Anda ketahui, bagian penutup ini adalah bagian yang ditambahkan belakangan, bukan bagian yang sudah ditulis sejak awal.

Bagian ini ditulis untuk membantu para pembaca blog ini yang kesulitan memilih produk ekstrak Tongkat Ali yang tepat karena terlalu banyak pilihan, padahal ini adalah bagian yang sangat penting.

Mengapa sangat penting memilih produk Tongkat Ali yang tepat? Jawabannya karena Anda tidak akan langsung merasakan manfaat herbal ini langsung seketika, seperti disebutkan di atas diperlukan waktu sekitar satu-dua minggu untuk mulai merasakan dampak dari ekstrak Tongkat Ali.

Karena itu diperlukan keyanikan yang kuat dari si pengguna bahwa dia akan mendapatkan hasil yang setimpal dengan usaha yang dilakukan, karena dalam tahap awal si pengguna perlu meminum herbal setiap hari dengan rutin untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Sayangnya beberapa berhenti di tengah jalan, karena merasa produknya tidak bermanfaat, atau malah bisa jadi karena memang produk Tongkat Ali-nya tidak bagus (kadar ekstrak rendah).

Lalu apa kriteria yang perlu Anda perhatikan sewaktu memilih produk ekstrak Tongkat Ali? Berikut ini adalah beberapa hal penting yang perlu Anda pastikan sewaktu akan membeli produk Tongkat Ali.

  1. Pastikan produk dibuat dari ekstrak akar Tongkat Ali asli (Eurycoma longifolia), tidak dicampur ekstrak lainnya. Beberapa produk Tongkat Ali mencampur ekstrak tanaman lain untuk mengurangi biaya produksi.
  2. Pilih produk yang yang sudah lama beredar. Kalau sebuah produk herbal dapat terus bertahan selama bertahun-tahun, berarti produk tersebut dipercaya, aman, dan bekerja sesuai dengan harapan pengguna.
  3. Berizin edar dari BPOM RI sebagai obat tradisional dan memiliki Sertifikat Halal dari MUI.
  4. Pastikan apakah Anda akan mendapat dukungan konsultasi selama menggunakan produk tersebut? Hal ini penting, karena menunjukkan apakah produsen yakin akan produk mereka dan peduli pada keberhasilan Anda sewaktu menggunakan produk.

Apakah ada produk Tongkat Ali yang memenuhi semua kriteria di atas? Ada beberapa, dua diantaranya  Alinesia® (terus diproduksi sejak 2012) dan Tongkat Ali Herbolab (terus diproduksi sejak 2013)

Alinesia® sendiri adalah produksi asli Indonesia yang digunakan sebagai obat herbal untuk membantu meningkatkan produksi testosteron dalam tubuh dan membantu mengatasi disfungsi seksual (sumber: Klikdokter.com).

Harga Alinesia® juga sangat terjangkau bila dibandingkan dengan Tongkat Ali Herbolab yang di jual per botol seharga USD 69.99 (setara dengan Rp. 979.860) berisi 80 kapsul @300mg.

Sedangkan untuk harga kapsul Alinesia yang berisi 50 kapsul @450 mg, untuk satu minggu penggunaanya harganya Rp. 210.000,-. Apabila Anda ingin mendapatkan produk ekstrak Tongkat Ali asli ini bukan harga yang sama sekali mahal.

Mengapa harga Alinesia® lebih terjangkau? Bukan karena mutunya tidak sebanding, tapi karena bahan baku Tongkat Ali ada di hutan Kalimantan, Indonesia. Sehingga biaya produksi Alinesia® sebagai produk asli Indonesia bisa lebih murah.

Sementara produsen Tongkat Ali Herbolab, harus mengimpor bahan baku Tongkat Ali baik dari Indonesia atau Malaysia, akibatnya ongkos produksi mereka jauh lebih tinggi.

Kalau ingin membeli Alinesia®, Anda bisa mendapatkannya di Tokopedia. Kalau ingin membeli Tongkat Ali Herbolab, Anda bisa mendapatkanya di Amazon.

Walaupun demikian, silakan gunakan merek Tongkat Ali lain sepanjang memenuhi kriteria yang kami sampaikan di atas.

Tapi Anda pasti setuju, kalau ada harga yang lebih murah dengan kualitas mutu yang baik, kenapa harus membayar harga yang lebih mahal.

Yang terpenting, pastikan produk Tongkat Ali yang Anda konsumsi terpercaya, sehingga dapat membuang keraguan apapun yang bisa muncul sewaktu menggunakannya, baik dari segi keaslian, kadar ekstrak, dan keamanan. Sehingga Anda dapat berfokus pada hasil-hasil yang diharapkan.

Akhir kata, terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca seluruh artikel ini, kami berharap artikel ini bisa benar-benar memberikan solusi bagi setiap pria yang ingin mecari tahu apa pilihan untuk obat kuat tahan lama di apotik dan harganya.

Sumber

Referensi Obat Kuat Pria di Apotik:

Huang, Sharon A, dkk. (2013). Phosphodiesterase-5 (PDE5) Inhibitors In the Management of Erectile Dysfunction. P & T : A Peer-Reviewed Journal for Formulary Management. 38(7): 407–419

Ogbru, Omudhome. Erectile Dysfunction Medications. URL: https://www.emedicinehealth.com/understanding_erectile_dysfunction_medications/article_em.htm. Accessed: 2019-07-10

KumparanSAINS. Beli Obat Kuat Tanpa Resep Dokter Tidak Disarankan, Ini Alasannya. Published: 2018-08-30. URL: https://kumparan.com/@kumparansains/beli-obat-kuat-tanpa-resep-dokter-tidak-disarankan-ini-alasannya-1535605033211060772. Accessed: 2019-07-10

Tongkathealth.com: A week by week breakdown of the effects of
Tongkat Ali on your body.

 

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}