Nutrisi Diet untuk Pria: Penuhi Kebutuhan Anda!

442
Nutrisi Diet untuk Pria
Sumber Gambar: Shutterstock

Diedit:

Nutrisi diet untuk pria — Bagaimana Anda dapat memenuhi kebutuhan tubuh? Apa saja yang tercakup didalamnya? Manfaat apa yang bisa Anda rasakan?

Dalam artikel ini, Anda akan memperoleh informasi nutrisi yang diperlukan tubuh pria. Namun, jika Anda mengalami gangguan nutrisi, atau memiliki kebutuhan khusus. Ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum menerapkan program diet apapun.

Nutrisi Diet untuk Pria — Sudahkah Anda Memenuhinya?

Kesehatan pria adalah hal yang penting, baik untuk pria yang masih hidup sendiri ataupun yang sudah berkeluarga. Apalagi seorang pria memiliki tanggung jawab yang tinggi, untuk memenuhi semua itu, maka kesehatan nutrisi diet untuk pria adalah nomor satu.

Salah satu yang mempengaruhi kesehatan pria adalah makanan yang dikonsumsi. Karena itu, mengonsumsi makanan jangan sampai salah, pilihlah makanan yang memang direkomendasikan.

Memang pada dasarnya semua makanan memiliki kandungan gizi, namun ada juga beberapa makanan yang tidak boleh sering dikonsumsi, misalnya karena kandungan lemak terlalu tinggi dan faktor negatif lain yang terkait dengan kesehatan nutrisi diet untuk pria. Mari baca selengkapnya.

Asupan Makanan untuk Seksualitas Pria Dewasa

Kesehatan nutrisi diet untuk pria dewasa juga tergantung pada makanan yang dikonsumsi, sama seperti pria yang masih dalam masa remaja. Khususnya untuk yang menginginkan kemampuan seks yang lebih baik, beberapa makanan yang direkomendasikan ialah:

  • Bayam — Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan oleh para peneliti dari Jepang, menyebutkan jika sayur bayam termasuk sayur yang memiliki kandungan magnesium tinggi dan bisa membantu dalam melebarkan pembuluh darah. Hal ini akan membantu alat kelamin untuk menciptakan gairah lebih besar pula.
  • Oatmeal — Merupakan makanan yang mampu meningkatkan testosteron. Testosteron berkaitan erat dengan kesehatan pria dewasa dalam berhubungan seksual. Karena testosteron sendiri merupakan hormon pria yang memegang peranan vital di dalam kekuatan orgasme dan gairah seks seorang pria, serta gangguan disfungsi ereksi.
  • Telur — Kesehatan pria dewasa juga bergantung pada vitamin B5 dan vitamin B6, keduanya bisa diperoleh dari konsumsi telur. Kedua vitamin tersebut bisa membantu dalam menyeimbangkan hormon, dan juga mengurangi stress yang merupakan faktor vital untuk kesehatan libido.
  • Teh — Memiliki kandungan antioksidan catechin. Kandungan ini bisa membantu dalam meningkatkan aliran darah menuju seluruh tubuh, meningkatkan kemampuan otak, meningkatkan daya ingat, fokus, dan suasana hati yang lebih baik. Teh tawar juga aman dikonsumsi oleh pria yang terserang penyakit diabetes.
  • Tiram — Bagi penggemar seafood ini merupakan kabar gembira, karena kerang dan tiram telah dikenal lama sebagai obat alami untuk fungsi seksual yang lebih baik. Kandungan seng serta mineral tersebut dipercaya bisa membantu meningkatkan libido. Sehingga produksi testosteron meningkat dan hubungan seksual pun akan lebih baik.
Baca juga:  Tes Kesehatan untuk Pria: Bantu Vitalitas Anda!

Selain meningkatkan nutrisi diet untuk pria dewasa dari sisi seksual, Anda juga harus menjaga kebugaran tubuh selalu. Dengan tubuh yang bugar, maka fisik pun akan lebih kuat. Ini juga akan mempengaruhi kualitas hidup Anda menuju ke yang lebih baik.

Asupan Makanan untuk Kesehatan Pria Dewasa

Jika tubuh tidak bugar, bagaimana nutrisi diet untuk pria akan terjaga? Jadi jangan anggap sepele masalah kebugaran ini. ada banyak metode yang dapat Anda lakukan, agar tubuh senantiasa bugar dan kesehatan pun akan ikut terjaga. Tubuh yang bugar itu adalah tubuh yang memiliki berat ideal.

Konsumsi Kalori

Menurut David Heber, MD, direktur Pusat Nutrisi Manusia UCLA di Los Angeles, menyatakan bahwa kebutuhan kalori pria lebih besar dibandingkan wanita. Kebutuhan nutrisi diet untuk pria itu tergantung pada jumlah massa tubuh tanpa lemak, kalori, waktu istirahat, dan olahraga.

Sebagai contoh, seorang pria dengan berat 81 kg yang memiliki 17% lemak tubuh akan memiliki 68 kg otot tanpa lemak dan membutuhkan 2.100 kalori per hari saat istirahat. Anda dapat menambahkan 300 hingga 500 kalori per hari jika melakukan aktivitas fisik.

Pada pria, testosteron bertanggung jawab atas perbedaan massa otot dan hormon ini merupakan penunjang pembentukan otot yang diperoleh dari protein dan kalori ekstra. Selain itu, tingkat normal sel darah merah pada pria bersirkulasi sangat tinggi. Pria juga tidak mentolerir kadar glukosa plasma yang rendah, atau hipoglikemia.

Konsumsi Protein

Dalam menjaga kesehatan pria dari sisi kebugaran, konsumsi protein harus diimbangi dengan berolahraga rutin dan cukup. Namun jangan sampai tubuh kelebihan protein, khususnya dari nutrisi diet untuk pria yang Anda konsumsi.

Baca juga:  Tes Kesehatan untuk Pria Usia 60 Tahun

Karena, bukannya mendukung kesehatan pria, kelebihan protein dapat membebani kerja organ ginjal. Karena ginjal harus bekerja keras untuk melenyapkan zat protein berlebih dari dalam tubuh dan merupakan kondisi buruk yang harus dihindari.

Kebiasaan konsumsi protein kocok, putih telur serta daging steak, harus diimbangi dengan konsumsi makanan lain. Anda juga sebaiknya melatih otot kaki, pilihlah olahraga yang bertujuan untuk itu, contohnya; leg presses, leg curls, dan leg extension.

Dengan begitu otot kaki dan otot paha pun akan terlatih dengan baik. Tubuh bugar seimbang yang berarti akan mendukung kesehatan nutrisi diet untuk pria. Serta lakukan tes kesehatan untuk pria usia 20 tahun hingga 60 tahun.


John Casey and Cynthia Dennison Haines, MD. Men Have Special Nutritional Needs, Too. October 18, 2004. URL: https://www.webmd.com/food-recipes/features/men-have-special-nutritional-needs#1


Advertisement
Alinesia