2 Pilihan Umum Obat Sakit Tumit Kaki di Apotik


By Cindy Wijaya

Apakah Anda sedang mengalami sakit tumit sehingga tidak bisa berjalan dengan nyaman? Mungkin Anda sedang mempertimbangkan untuk minum obat, tapi bingung mana yang efektif untuk mengatasi sakit di tumit Anda.

Apa saja pilihan obat sakit tumit kaki di apotik? Artikel ini akan menjelaskan dua jenis obat yang paling sering dipakai untuk mengobati nyeri tumit. Namun perlu diingat bahwa agar efektif mengatasi nyeri tumit perlu mengetahui dulu apa penyebab yang mendasarinya. Jadi sebaiknya temui dokter sebelum mengonsumsi obat apapun.

Pilihan Umum Obat Sakit Tumit Kaki di Apotik

Obat sakit tumit di apotik dapat berguna untuk mengurangi rasa nyeri taraf ringan hingga sedang. Sebaiknya hanya gunakan obat jika Anda sudah melakukan tips-tips perawatan lain untuk mengatasi nyeri tumit tetapi tidak cukup membantu.

Obat Analgesik:

Obat analgesik berfungsi untuk mengurangi rasa nyeri di tumit dan bermanfaat bagi Anda yang mengalami cedera. Contoh analgesik yang dapat digunakan untuk obat sakit tumit kaki di apotik ialah parasetamol (asetaminofen).

Parasetamol mungkin cocok bagi orang-orang yang punya riwayat sensitif terhadap obat aspirin atau OAINS, yang punya penyakit saluran pencernaan atas, atau yang sedang mengonsumsi obat antikoagulan.

Untuk parasetamol, contoh nama obat sakit tumit di apotik antara lain: biogesic, panadol biru, paracetamol (obat generik), dan sanmol.

Obat ini efektif dalam meredakan sakit tumit ringan hingga sedang yang bersifat akut (yang muncul tiba-tiba). Namun parasetamol tidak memiliki kemampuan anti-inflamasi, sehingga tidak sanggup mengatasi peradangan.

Obat pereda nyeri ini mungkin menjadi pilihan yang lebih baik untuk orang-orang yang sudah lanjut usia karena memiliki lebih sedikit efek samping bagi saluran pencernaan dan ginjal.

Obat Anti-Inflamasi Non Steroid

Obat anti-inflamasi non steroid (OAINS) berfungsi untuk mengatasi nyeri sekaligus peradangan di tumit. Inilah kelebihan dari OAINS dibandingkan obat analgesik yang tidak punya kemampuan anti-inflamasi. Contoh OAINS yang dapat digunakan untuk obat sakit tumit kaki di apotik yaitu ibuprofen, ketoprofen, dan naproxen.

Ibuprofen dapat meredakan nyeri tumit taraf ringan hingga sedang. Obat ini menghambat reaksi peradangan dan nyeri dengan cara menurunkan sintesis prostaglandin.

Untuk ibuprofen, contoh nama obat sakit tumit di apotik antara lain: bufect, ibuprofen (obat generik), farsifen, dan proris.

Ketoprofen dapat meredakan nyeri tumit ringan hingga sedang dan juga peradangan. Penggunaan ketoprofen harus secara hati-hati, terutama pada orang lanjut usia dan pada penderita penyakit ginjal atau hati. Ketoprofen termasuk dalam golongan obat keras sehingga harus diperoleh dan dikonsumsi sesuai resep dokter.

Naproxen juga dapat meredakan sakit tumit ringan hingga sedang dan peradangan. Cara kerjanya menghambat reaksi peradangan dan nyeri ialah dengan menurunkan aktivitas siklooksigenasi, yang bertanggung jawab untuk sintesis prostaglandin. Naproxen ada dalam golongan obat keras sehingga harus dibeli dan digunakan sesuai resep dokter.

Ilustrasi Obat Sakit Tumit di Apotik
Sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter sebelum minum obat apapun (Credit Photo: SpeedKingz – Shutterstock)
Dua jenis obat di atas adalah yang sering digunakan untuk menangani nyeri tumit, tetapi bisa jadi ada jenis obat lain yang lebih efektif. Namun penggunaan obat sakit tumit kaki di apotik sebaiknya disesuaikan dengan penyebab yang mendasari nyeri tumit Anda. Jadi disarankan untuk konsultasi dulu dengan dokter dan pastikan apa penyebab nyeri tumit Anda sebelum mengonsumsi obat apapun.

Perawatan Selain Obat Sakit Tumit Kaki di Apotik

Di samping mengonsumsi obat-obatan, ada tips-tips lain yang bisa diupayakan untuk meringankan rasa nyeri dan tidak nyaman di tumit. Cobalah lakukan dulu perawatan berikut ini sebelum beralih ke konsumsi obat sakit tumit di apotik.

Istirahat

Untuk sakit tumit yang tiba-tiba muncul, misalnya karena memar di tumit, hindari aktivitas yang memicu rasa sakit. Misalnya untuk sementara berhenti olahraga jogging atau berdiri/berjalan dalam waktu lama.

Kompres Es

Cobalah tempelkan kompres es ke tumit selama 10 – 15 menit dua kali sehari untuk mengurangi pembengkakan dan meredakan sakit tumit. Tapi jangan langsung tempelkan es batu ke kulit, bungkus dulu dengan plastik lalu dengan handuk.

Sesuaikan Alas Kaki

Pakailah sepatu atau alas kaki yang nyaman dan sesuai kaki Anda. Anda mungkin perlu menggunakan heel lift atau shoe insert untuk mengurangi rasa sakit. Untuk menjaga posisi kaki saat tidur di malam hari, Anda dapat menggunakan belat (splint) khusus.

Herbal Pereda Nyeri

Dua jenis obat sakit tumit kaki di apotik yang sering dipakai adalah analgesik dan anti-inflamasi. Ternyata ada herbal yang punya dua manfaat itu sekaligus, yang mampu meredakan rasa sakit dan mengatasi peradangan di tumit.

Nama herbal itu adalah Noni juice, yang menurut penelitian memiliki kemampuan setara dengan obat tramadol, yaitu obat keras untuk meredakan rasa sakit taraf sedang hingga keras. Selain itu manfaat anti-inflamasi dari Noni juice juga membantu mengatasi pembengkakan yang mungkin menyertai sakit tumit.

Apa Penyebab Sakit Tumit Kaki yang Paling Umum?

Dua kondisi yang paling sering menyebabkan nyeri tumit adalah plantar fasciitis dan tendinitis achilles. Dua penyebab sakit tumit kaki ini melibatkan jaringan ikat yang menghubungkan tumit ke pangkal kaki atau bagian bawah otot betis.

Plantar Fasciitis

Plantar fasciitis adalah peradangan pada plantar fascia, yaitu pita jaringan yang membentuk lengkungan kaki dan menghubungkan tulang tumit ke pangkal jari kaki.

Jika penyebab sakit tumit kaki adalah plantar fasciitis, maka rasa sakit yang menusuk atau berdenyut akan terasa di bagian bawah tumit dan muncul saat Anda meletakkan beban di tumit setelah istirahat. Misalnya, Anda mungkin merasakan nyeri tumit ini saat meletakkan kaki di lantai setelah bangun pagi atau saat berdiri setelah duduk lama.

Jika plantar fasciitis dibiarkan terus berlangsung lama, dapat terbentuk tonjolan tulang yang disebut taji tumit di tempat jaringan ikat terhubung ke tulang tumit.

Dalam kasus yang jarang terjadi, plantar fascia dapat robek, sehingga menimbulkan rasa sakit yang sangat parah, tajam, dan tiba-tiba, serta mungkin juga disertai pembengkakan dan memar.

Tendinitis Achilles

Tendinitis achilles adalah peradangan pada tendon achilles, yaitu pita jaringan besar seperti tali yang menghubungkan bagian belakang tulang tumit ke otot betis.

Jika penyebab sakit tumit kaki adalah tendinitis achilles, maka rasa sakit tegang atau terbakat muncul di bagian tendon yang berada sedikit di atas tulang tumit. Juga sering terjadi pembengkakan ringan di sekitar tendon serta kekakuan pada pagi hari di tumit dan betis.

Tendonitis achilles biasanya disebabkan oleh penggunaan yang berlebihan, misalnya karena terlalu banyak berlari, atau tidak melakukan pemanasan otot betis sebelum olahraga. Memakai sepatu yang tidak pas atau menderita radang sendi (artritis) juga dapat menyebabkan tendinitis achilles.

Dalam kasus yang jarang terjadi, tendon achilles dapat robek, sehingga menimbulkan rasa nyeri tumit yang parah, yang mungkin disertai suara meletup atau gertakan saat tendonnya robek. Ini biasanya terjadi saat aktivitas fisik yang keras ketika kaki tiba-tiba berputar, seperti pada olahraga basket atau tenis.

Kapan Harus Periksa ke Dokter?

Kalau Anda merasa bingung dengan apa penyebab sakit tumit Anda, atau jika obat sakit tumit kaki di apotik tidak cukup membantu, sebaiknya temui dokter.

Anda juga sebaiknya ke dokter apabila mengalami tanda-tanda bahaya ini:

  • Tidak mampu berjalan dengan nyaman di sisi yang sakit.
  • Nyeri tumit yang muncul pada malam hari atau saat istirahat.
  • Nyeri tumit yang berlangsung lebih dari beberapa hari.
  • Pembengkakan atau perubahan warna di bagian belakang kaki.
  • Tanda-tanda infeksi seperti demam, kemerahan, dan rasa hangat.
  • Gejala-gejala lain yang tidak biasa.

Dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik untuk mengetahui kondisinya. Jika dirasa perlu, dokter dapat meminta Anda menjalani pemeriksaan sinar-X (X-ray) untuk memastikan penyebab sakit tumit tersebut. Begitu dokter memastikan penyebabnya, ia bisa memberi saran perawatan yang sesuai.

Ada beberapa kondisi penyebab nyeri tumit merupakan kondisi yang cukup serius. Karena itu tidak cukup hanya ditangani dengan obat sakit tumit kaki di apotik. Anda perlu bekerja sama dengan dokter untuk menentukan terapi dan perawatan yang efektif.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang obat sakit tumit di apotik. Semoga informasi ini bermanfaat. Temukan juga artikel-artikel menarik lain mengenai solusi kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Medscape. Plantar Heel Pain Medication. https://emedicine.medscape.com/article/1233178-medication#showall

Verywell Health. Causes of Heel Pain and Treatment Options. https://www.verywellhealth.com/heel-pain-information-and-causes-2549378#toc-common-causes

Healthline. What Causes Heel Pain?. https://www.healthline.com/health/heel-pain#treatment

Basar, Simla, dkk. (2010). Analgesic and Antiinflammatory Activity of Morinda citrifolia L. (Noni) Fruit. Phytotherapy Research. 24(1): 38 – 42. https://doi.org/10.1002/ptr.2863

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>