Blog Herbal No. 1 Indonesia

13 Penyebab Sakit di Pergelangan Kaki dan Cara Mengatasinya


By Cindy Wijaya

Nyeri di pergelangan kaki biasa terjadi setelah kita keseleo. Tapi bagaimana jika pergelangan terasa sakit padahal tidak keseleo? Memang itu bukan satu-satunya penyebab sakit di pergelangan kaki. Faktanya, ada banyak masalah kesehatan yang dapat menimbulkan rasa sakit di area kaki ini. Mulai dari yang ringan hingga yang parah dan membutuhkan operasi.

Dalam artikel ini akan dikupas 13 penyebab nyeri di pergelangan kaki dan cara mengatasinya. Masing-masing masalah ini memiliki gejala-gejala dan cara mengatasi yang bisa berbeda satu sama lain. Jadi ada baiknya mengenali apa yang kemungkinan menyebabkan nyeri di pergelangan kaki Anda untuk mendapatkan perawatan yang terbaik.

Pergelangan Kaki Terkilir

Terkilir atau keseleo bisa mengakibatkan robekan pada jaringan (yang disebut ligamen) yang menyatukan tulang-tulang pergelangan kaki Anda. Ini sering terjadi ketika kaki Anda oleng ke samping. Jika penyebab sakit di pergelangan kaki adalah keseleo, kemungkinan akan disertai memar dan bengkak. Anda juga mungkin tidak sanggup menggunakan kaki tersebut untuk menahan beban.

Salah satu cara terbaik untuk mengatasi cedera akibat terkilir adalah dengan teknik RICE:

  • Rest – Istirahat: Istirahatkan/jangan gunakan pergelangan kaki yang cedera untuk sementara.
  • Ice – Es: Kompres dengan es batu yang dibungkus handuk tipis selama 20 menit setiap kali.
  • Compress – Tekanan: Berikan tekanan dengan membungkusnya dengan perban elastis.
  • Elevate – Angkat: Angkat posisi kaki Anda lebih tinggi dari posisi jantung.

Cedera keseleo yang ringan akan membaik dalam beberapa hari. Jika cederanya cukup parah, dokter mungkin menyarankan memakai gips pendek atau walking boot, diikuti terapi fisik.

Artritis Reumatoid

Sistem kekebalan Anda seharusnya bertugas melawan kuman. Namun kadang sistem kekebalan justru secara keliru bisa melawan persendian Anda. Kondisi ini disebut artritis reumatoid. Biasanya terjadi pada sendi yang sama di kedua sisi tubuh.

Jika penyebab sakit di pergelangan kaki adalah artitis reumatoid, maka sakitnya cenderung terasa di kedua pergelangan kaki. Rasa sakit, bengkak, dan kaku sering kali mulai dari jari kaki dan bagian depan kaki, lalu bergerak perlahan ke pergelangan kaki.

Untuk membantu mengatasi artritis reumatoid, Anda bisa melakukan olahraga dan terapi fisik. Dokter juga mungkin akan memberi rekomendasi sepatu atau sisipan sepatu khusus untuk mengurangi rasa sakit, juga meresepkan obat untuk meredakan pembengkakan.

Penyakit Lupus

Lupus adalah jenis penyakit autoimun yang menyebabkan tubuh Anda menyerang jaringan sehat. Penderita lupus sering mengalami nyeri sendi, termasuk nyeri di pergelangan kaki. Gejala ini berasal dari lupus yang terkait artritis dan tendinopati. Selain itu lupus dapat menyebabkan masalah ginjal yang menimbulkan penumpukan cairan di persendian Anda.

Saat ini tidak ada obat untuk menyembuhkan lupus, tetapi dokter dapat memberikan resep obat untuk mengendalikan kondisi ini. Gejala-gejala lupus juga dapat diringankan dengan pola makan sehat dan olahraga teratur.

Osteoartritis atau Pengapuran

Sendi adalah tempat bertemunya dua tulang. Tulang rawan menutupi ujung setiap tulang untuk memberikan bantalan. Seiring waktu, bantalan itu bisa menipis. Ketika menipis sampai hilang, tulang-tulang akan bergesekan langsung satu sama lain. Hal ini dapat menimbulkan rasa sakit, kekakuan, dan ketidakmampuan untuk bergerak.

Untuk mengobati osteoartritis, dokter mungkin memberikan resep obat anti-inflamasi dan injeksi steroid untuk mengurangi pembengkakan, alat brace untuk menahan pergerakan pergelangan kaki, dan terapi fisik. Dokter juga mungkin menyarankan operasi.

Asam Urat

Meski lebih sering menyerang jempol kaki, tetapi asam urat juga bisa menjadi penyebab nyeri di pergelangan kaki. Itu terjadi ketika asam urat berubah menjadi kristal-kristal berbentuk jarum dan terkumpul di persendian Anda. Ini menimbulkan rasa sakit dan pembengkakan yang hebat.

Untuk mengatasi asam urat, dokter dapat meresepkan obat-obatan untuk meredakan gejala-gejalanya. Anda juga perlu istirahat. Selain itu upayakan mengubah pola makan dan teratur berolahraga untuk mencegah kekambuhan di masa depan.

Telapak Kaki Rata

Telapak kaki normal seharusnya punya bentuk yang melengkung, sehingga ada area berongga saat Anda berdiri. Jika telapak kaki Anda rata, itu bisa jadi karena cedera atau karena kelainan. Kaki rata juga dapat dipicu oleh kehamilan dan berat badan berlebih. Biasanya kondisi ini tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi pergelangan kaki Anda bisa terasa sakit atau bengkak jika tidak sejajar dengan lutut.

Untuk mengurangi rasa sakitnya, Anda bisa menggunakan penyangga lengkungan kaki dan sepatu khusus. Juga tersedia terapi fisik untuk membantu orang-orang yang memiliki kaki rata.

Retak Tulang Pergelangan Kaki

Ada tiga tulang yang membentuk pergelangan kaki—tibia (tulang kering), fibula, dan talus. Jika salah satu (atau beberapa) tulang itu retak atau pecah, Anda akan merasakan nyeri, memar, dan bengkak. Anda mungkin masih bisa berjalan, tetapi itu akan terasa sulit. Bahkan jika retaknya parah, Anda bisa melihat tulang yang terbuka.

Segeralah temui dokter dan lakukan teknik RICE (seperti yang dijelaskan di atas) sampai Anda dapat menemui dokter. Dokter akan menentukan metode perawatan yang terbaik. Dokter mungkin memberikan belat atau gips untuk menjaga tulang tetap di tempatnya. Dalam kondisi tertentu mungkin Anda disarankan menjalani operasi.

Ilustrasi Penyebab Nyeri di Pergelangan Kaki
Photo Credit: siam.pukkato/Shutterstock

Achilles Tendinitis

Ketegangan yang hebat atau tiba-tiba dapat menyebabkan robekan kecil pada tendon Achilles, yang menghubungkan otot betis ke tumit. Jika ini yang menjadi penyebab nyeri di pergelangan kaki Anda, rasa nyerinya mungkin disertai bengkak atau terasa hangat tepat di atas tumit. Anda mungkin paling merasakannya di pagi hari atau setelah berolahraga.

Untuk mengatasinya bisa dengan mengonsumsi obat anti-inflamasi, tetapi yang terbaik adalah mengistirahatkan kaki yang terkena. Latihan peregangan dan angkat tumit dapat membantu, tapi sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter atau ahli terapi fisik. Dan bila terbentuk jaringan parut di area itu, Anda mungkin membutuhkan pembedahan.

Achilles Tendinosis

Masalah ini akibat dari kerusakan jaringan karena terlalu sering digunakan. Biasanya mulai secara perhalan dan memburuk seiring waktu. Bila penyebab sakit di pergelangan kaki adalah achilles tendinosis, Anda mungkin mengalami rasa sakit atau benjolan dimana tendon di belakang kaki bertemu dengan tumit Anda. Kadang kondisi ini memengaruhi bagian tengah tendon, mungkin juga muncul benjolan di sana.

Untuk mengatasinya harus dengan mengistirahatkan kaki yang terkena dan mengonsumsi obat untuk meredakan pembengkakan dan nyeri. Ada juga sepatu dan sisipan sepatu khusus atau alat brace untuk mengurangi tekanan pada tendon. Terapi fisik juga dapat membantu.

Nyeri Pergelangan Kaki Lateral Kronis

Ada banyak kemungkinan penyebab nyeri di pergelangan kaki yang kronis (ada dalam waktu lama). Kemungkinan besar karena ligamen tidak sembuh dengan baik setelah keseleo sehingga kondisinya tetap lemah. Hal ini membuat seluruh sendi jadi kurang stabil dan menyebabkan lebih banyak cedera dan rasa sakit.

Cara mengatasi nyeri kronis ini harus disesuaikan dengan penyebabnya. Kemungkinan pengobatan akan melibatkan istirahat dan latihan fisik khusus untuk memperkuat jaringan yang lemah.

Bursitis

Pergelangan kaki Anda punya dua kantung berisi cairan, atau bursa, yang melindungi ruang antara tendon dan tulang. Mereka bisa meradang karena radang sendi, penggunaan berlebihan, sepatu hak tinggi, perubahan sepatu baru, atau mulai berolahraga lagi setelah lama istirahat. Pergelangan kaki Anda mungkin terasa kaku, nyeri, hangat, dan bengkak.

Perawatan terbaik untuk bursitis adalah teknik RICE (seperti dijelaskan di atas), yang terdiri dari istirahat, kompres es, perban, dan angkat posisi pergelangan kaki. Peregangan dan latihan khusus dapat mencegah masalah di kemudian hari.

Skleroderma

Skleroderma adalah sekelompok penyakit yang menyebabkan kulit dan jaringan ikat Anda menebal. Apabila skleroderma memengaruhi jaringan di sekitar sendi, Anda mungkin akan merasakan sakit dan kaku. Kondisi ini juga dapat melemahkan otot Anda dan menyebabkan masalah pencernaan, jantung, dan ginjal.

Perawatan untuk skleroderma tergantung pada gejala-gejala yang dialami, dan dapat bervariasi. Meskipun tidak ada obat untuk menyembuhkannya, namun dokter dapat membantu Anda mengobati masalah jantung, ginjal, kulit paru-paru, gigi, dan usus yang menyertai penyakit ini.

Infeksi

Apabila penyebab nyeri di pergelangan kaki adalah infeksi, maka Anda kemungkinan juga akan mengalami demam. Area sendi itu juga mungkin akan bengkak, memerah, dan terasa hangat.

Untuk mengatasi infeksi di area itu, dokter dapat menggunakan jarum untuk mengeluarkan cairan dari pergelangan kaki untuk mengeringkannya atau untuk memeriksa penyebab infeksinya. Anda juga akan mendapatkan resep obat antibiotik untuk membunuh bakteri. Dan meski jarang terjadi, virus atau jamur juga dapat menjadi penyebab infeksi di persendian Anda.

Demikianlah ulasan artikel ini mengenai 13 penyebab sakit di pergelangan kaki dan cara mengatasinya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Baca juga artikel-artikel menarik lain seputar solusi masalah kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

WebMD. Why Your Ankle Hurts. https://www.webmd.com/pain-management/ss/slideshow-ankle-problems-pain

Cleveland Clinic. Ankle Pain. https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/15295-ankle-pain

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review ★★★★★

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}