Obat Diare untuk Sembuhkan Diare Menyiksa

515

Diedit:

Diare merupakan penyakit yang cukup sering diderita oleh orang Indonesia, apalagi yang sering makan di luar rumah, potensi terkena diare semakin tinggi. Sebelum membahas tentang pengobatan diare, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu penyebab dari diare. Mari baca selengkapnya.

Penyebab Penyakit Diare

Diare dapat terjadi disebabkan oleh minuman atau makanan yang Anda konsumsi telah terkontaminasi. Penyebab diare pada anak-anak dan orang dewasa karena infeksi usus. Untuk diketahui bahwa infeksi usus sendiri itu terjadi dikarenakan minuman atau makanan kotor – Di mana di dalam makanan atau minuman tersebut terdapat bakteri, parasit, atau virus, contohnya rotavirus dan norovirus.

Itulah sebabnya jika orang sering jajan di luar dibandingkan di rumah lebih berisiko terjangkit penyakit diare, karena Anda tidak mengerti bagaimana tingkat kebersihan dari makanan yang dijual di luar, khususnya yang dijual di warung tepi jalan. Banyak penjaja makanan dan minuman yang menjual tanpa memperhatikan tingkat kebersihan, yang penting hanya menjual dengan harga yang murah dan mendapatkan pembeli yang banyak.

Untuk faktor-faktor penyebab diare yang lainnya adalah:

  • Gelisah
  • Efek samping beberapa jenis obat-obatan
  • Konsumsi kopi dan alkohol secara berlebihan

Tips Mencegah Terserang Diare

Setelah melihat beberapa faktor penyebab seseorang terjangkit penyakit diare, maka Anda dapat menjalankan beberapa tips yang akan kami bagikan sekarang, supaya mencegah terserang diare. Yang paling penting adalah Anda harus meningkatkan hygienitas atau menjaga kebersihan, dengan tujuan menjauhkan makanan dan minuman yang terkontaminasi oleh bakteri dan virus. Selain itu, Anda juga dapat melakukan beberapa tips pencegahan di bawah ini:

  • Mencuci sayur mayur dengan baik sebelum dimasak atau dimakan
  • Jika mau makan buah-buahan, kupas dulu kulitnya. Jika memang mau dimakan dengan kulitnya, maka bersihkan terlebih dahulu kulit buah tersebut, caranya sama seperti Anda mencuci sayur ketika hendak dimasak
  • Lebih baik jika mau jajan di luar, usahakan memilih penjaja atau penjual makanan yang menjaga kebersihan. Juga sebaiknya hanya minum air yang benar-benar sudah dimasak, jika ragu makan bisa membeli air mineral saja, dibandingkan Anda terserang diare
  • Membiasakan diri mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, jangan hanya dibilas menggunakan air saja, namun juga gunakan sabun cuci tangan cair
  • Simpan semua bahan makanan yang tidak dimasak menggunakan wadah tertutup, untuk menghindari bakteri dan virus masuk melalui serangga seperti lalat. Untuk daging mentah juga daging matang, sayuran, nasi, dan sup simpan di lemari es jika ingin disantap keesokan harinya
Baca juga:  Kenapa Makanan Pedas Menyebabkan Anda Diare?

Pengobatan Herbal untuk Menyembuhkan Diare

Jika Anda menggunakan pengobatan non herbal maka biasanya yang digunakan adalah oralit. Oralit diminum untuk menghindari dehidrasi, namun Anda juga bisa menggunakan bahan herbal. Inilah kumpulan daftar bahan herbal tersebut:

Membuat Oralit Herbal

Bahan-bahan:

  • Daun kesumba keling ½ genggam
  • Air 2 gelas

Langkah-langkah:

  • Bersihkan kotoran di kesumba keling – Melalui proses pencucian
  • Rebuslah daun kesumba dengan 2 gelas air sampai tersisa hanya 1 ½ gelas
  • Minum air rebusan tersebut 1 hari 2x, pembagiannya rata
  • Saat hendak diminum, tambah madu, jadi rasanya akan sedikit manis

Penyakit diare disebabkan makanan dan minuman yang kotor, dan berkaitan dengan gangguan pada usus. Biasanya orang yang terkena diare dianjurkan minum oralit, agar tubuh tidak dehidrasi.

Selain itu juga ada metode pengobatan herbal yang dapat Anda gunakan untuk menyembuhkan penyakit diare yang diderita. Sekian artikel tentang obat diare untuk sembuhkan diare menyiksa, semoga bermanfaat.