Obat Batuk Tradisional Andalan Kita Semua!

1082

Batuk adalah salah satu keluhan kesehatan yang paling sering dialami. Siapapun, tidak soal jenis kelamin, latar belakang sosial, dan usianya, bisa sewaktu-waktu menderita batuk-batuk. Apapun jenis batuknya, entah itu batuk berdahak atau batuk kering, semuanya pasti mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Tentu semua orang pasti ingin cepat-cepat mengobatinya, dan salah satu cara terbaik ialah memanfaatkan obat batuk tradisional.

Pada umumnya batuk diakibatkan oleh benda asing (debu atau kuman) yang menempel di tenggorokan sehingga merangsang produksi selaput lendir. Tenggorokan kemudian jadi terasa gatal dan tubuh akan refleks batuk supaya benda asing tedorong keluar. Untuk mengobati batuk, banyak yang menyarankan untuk mencoba cara alami karena lebih aman tanpa efek samping negatif bagi tubuh.

  • Jeruk nipis
    Kalau Anda sedang menderita batuk berdahak, manfaatkanlah persediaan jeruk nipis di rumah. Campurkan beberapa tetes perasan jeruk nipis dengan sesendok kecap manis. Kecap manis bisa juga diganti dengan madu. Minumlah campuran perasan jeruk nipis dengan kecap/madu sebanyak 2-3 kali sehari.
  • Jahe
    Jahe mengandung senyawa anti-bakteri yang bisa membantu mengobati batuk. Disamping manfaatnya untuk menghangatkan tubuh, jahe yang diolah menjadi wedang jahe diyakini bisa menyembuhkan batuk berdahak. Cara membuat wedang jahe cukup mudah, hanya dengan merebus irisan jahe lalu dicampurkan dengan gula secukupnya. Anda juga bisa mencampurkan beberapa irisan jahe yang telah dikupas lalu ke dalam secangkir teh hangat untuk membantu meringankan batuk.
  • Kencur
    Obat batuk tradisional perpaduan dari kencur dan jahe bisa sangat manjur meredakan batuk membandel. Caranya cukup dengan memarut jahe dan kencur sampai halus kemudian rebus parutan jahe kencur dengan segelas air. Saring lalu minum air rebusan jahe kencur tersebut selagi hangat dua kali sehari.
  • Kunyit
    Tanaman ini sejak lama diyakini mampu mengatasi masalah peradangan saluran pernapasan yang menyebabkan batuk kering. Anda bisa mencampurkan sesendok bubuk kunyit dengan setengah sendok teh bubuk merica ke dalam air dan rebus hingga mendidih. Minumlah ramuan itu selagi hangat sehari dua kali.
  • Belimbing wuluh
    Cuci bersih 10 buah belimbing wuluh kemudian parut sampai halus. Campurkan parutan belimbing wuluh ke dalam segelas air, tambahkan garam secukupnya, lalu aduk sampai tercampur semua. Kemudian saring air belimbing wuluh dan buang ampasnya, minumlah air saringan tersebut dua kali sehari di pagi dan sore hari.
  • Asam jawa dan gula merah
    Perpaduan antara asam jawa dengan gula merah bisa menjadi obat batuk tradisional yang efektif. Seduh kurang lebih 10 daging buah asam jawa dengan segelas air panas lalu tambahkan gula merah secukupnya. Aduk-aduk sampai merata lalu diminum selagi masih hangat untuk meredakan batuk yang menyiksa.

Demikianlah sejumlah obat batuk tradisional yang bisa Anda manfaatkan untuk mengobati batuk membandel. Dengan menggunakan bahan alami sebagai obat, Anda bukan cuman tidak perlu keluar biaya mahal, tetapi juga terhindar dari efek samping negatif dari obat-obat kimia.

Bagaimana jika sudah Anda sudah mencoba berbagai macam cara untuk mengobati batuk, entah secara medis maupun tradisional, tetapi tetap saja batuk tak kunjung sembuh? Jika ini yang sekarang Anda alami, sebaiknya cari tahu apa penyebabnya dengan membaca artikel berikut: Batuk Tak Kunjung Sembuh—Penyebab dan Cara Mengatasinya.