4 Obat Batuk Berdahak Alami yang Wajib untuk Dicoba


By Cindy Wijaya

Batuk berdahak hampir selalu merupakan tanda infeksi virus atau bakteri, terutama pada anak-anak. Jika Anda mengalami infeksi saluran pernapasan atas, misalnya pilek atau flu, tubuh akan menghasilkan lebih banyak lendir dari biasanya. Kalau lendirnya di hidung biasa disebut “ingus”, tapi kalau lendirnya di dada maka disebut “dahak”. Batuk berdahak dapat membaik sendiri, tapi Anda bisa meringankannya dengan obat batuk berdahak alami.

Bila dahak menumpuk di dada, batuk berdahak mungkin akan disertai kesulitan bernapas. Anda juga mungkin lebih sering batuk di malam hari, karena dahak menumpuk di bagian belakang tenggorokan saat berbaring. Meski bisa mengganggu tidur, batuk berdahak biasaya bukan masalah serius. Tubuh membutuhkan waktu untuk membersihkan infeksi penyebabnya, sehingga batuk dapat berlangsung hingga beberapa minggu.

Sebagian besar penyebab batuk berdahak adalah infeksi virus, seperti pada pilek atau flu, sehingga pengobatan hanya mampu meringankan gejala-gejalanya seraya tubuh menyembuhkan dirinya sendiri. Tetapi jika penyebabnya adalah infeksi bakteri, maka dibutuhkan obat antibiotik resep dokter.

Bagaimana dengan obat batuk berdahak alami? Apabila gejalanya tidak terlalu berat, Anda bisa memanfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda untuk meringankan batuk berdahak. Apa saja pilihannya?

Obat Batuk Berdahak Alami 1: Madu

Dari dulu kita sering diberitahu bahwa minum teh atau air jeruk nipis hangat dicampur madu dapat melegakan batuk dan sakit di tenggorokan. Namun sebenarnya madu sendiri saja sudah cukup untuk obat batuk berdahak.

Dalam sebuah penelitian, anak-anak usia 1 –  5 tahun dengan infeksi saluran pernapasan atas diberikan 1 – 2 sendok teh (10 ml) madu sebelum tidur malam. Madu tersebut tampaknya mengurangi batuk di malam hari dan memperbaiki tidur mereka.

Bahkan dalam penelitian itu madu kelihatannya sama efektifnya dengan obat pereda batuk biasa, dextromethorphan, yang banyak dijual di apotik. Karena madu murah dan mudah diperoleh, Anda bisa mencoba menggunakan obat batuk berdahak alami untuk anak dan dewasa ini.

Namun sebaiknya tidak diberikan pada bayi di bawah 1 tahun, sebab ada risiko botulisme pada bayi, yaitu suatu jenis keracunan yang jarang terjadi namun serius.

Obat Batuk Berdahak Alami 2: Jahe

Jahe punya efek melegakan dada dan mengurangi batuk. Dengan sifat anti-mikroba yang dikombinasikan dengan kemampuannya mengencerkan dahak, juga efek menghangatkannya, membuat jahe menjadi obat yang efektif untuk mengatasi pilek dan flu.

Selain itu jahe juga punya kandungan minyak atsiri yang merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi bakteri dan virus, yang turut bermanfaat untuk mengobati infeksi saluran pernapasan atas.

Anda bisa membuat teh jahe dengan mencampurkan 20 – 40 gram irisan jahe segar ke dalam secangkir air panas. Biarkan selama beberapa menit sebelum meminumnya. Anda juga bisa tambahkan madu atau air jeruk nipis untuk menambah rasa dan manfaat pereda batuknya.

Akan tetapi berhati-hati lah saat mengonsumsi teh jahe, karena kadang-kadang bisa menyebabkan sakit perut atau heartburn pada sebagian orang. Sebaiknya teh jahe digunakan sebagai obat batuk berdahak alami untuk dewasa, bukan untuk anak-anak.

Obat Batuk Berdahak Alami 3: Akar Putri Malu

Akar putri malu punya sifat anti-mikroba yang membantu membunuh virus ataupun bakteri penyebab infeksi saluran pernapasan. Bila infeksi teratasi maka gejala-gejala yang menyertai, seperti batuk berdahak, juga turut menghilang.

Manfaat akar putri malu ini diduga berasal dari kandungan-kandungan bioaktif miliknya antara lain terpenoid, flavonoid, alkaloid, glikosida, tannin, saponin, kuinina, dan kumarin. Berikut cara mengolah akar putri malu untuk memperoleh khasiatnya:

  • Siapkan 10 – 15 gram akar putri malu segar.
  • Cuci sampai bersih dan potong-potong seperlunya.
  • Rebus dengan 3 gelas air, tunggu sampai airnya tinggal setengahnya.
  • Angkat, dinginkan, dan sering airnya.

Anda bisa minum air rebusan akar putri malu ini sebanyak 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas. Minum setiap hari sampai gejala batuk berdahak membaik.

Obat Batuk Berdahak Alami 4: Peppermint

Peppermint mengandung senyawa bernama mentol yang dapat mengencerkan dahak dan memudahkannya untuk dikeluarkan.

Anda bisa meminum teh peppermint yang banyak tersedia di toko. Atau Anda juga bisa membuatnya sendiri dengan menyeduh beberapa daun peppermint segar dengan air panas. Teh peppermint tidak menimbulkan efek samping, kecuali Anda alergi terhadapnya.

Tips Lain untuk Meredakan Batuk Berdahak

Sembari menggunakan obat batu berdahak alami, Anda bisa mengupayakan tips-tips praktis berikut untuk semakin mengurangi gejala-gejala yang Anda rasakan.

Menghirup Uap Panas

Nayalakan pancuran shower air panas selama beberapa menit, lalu duduklah di dalam kamar mandi selama 5 – 10 menit untuk menghirup uap panasnya.

Cara lainnya adalah dengan menghirup uap panas dari semangkuk air panas. Untuk melakukan ini, isi mangkuk dengan air panas, lalu dekatkan wajah ke mangkuk dan letakkan handuk di atas kepala untuk menjebak uapnya. Hirup uap panas selama 5 menit, tapi segera hentikan jika uap terasa panas di kulit.

Berkumur Air Garam

Obat batuk berdahak alami ampuh yang lain adalah berkumur air garam untuk mengurangi dahak di bagain belakang tenggorokan, yang turut mengurangi batuk.

Untuk membuat air garam campurkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, aduk sampai rata. Berkumurlah dan biarkan air garam itu menempel di belakang tenggorokan selama beberapa saat sebelum dikeluarkan. Berkumurlah beberapa kali setiap hari sampai batuk membaik.

Tapi air garam tidak cocok dijadikan obat batuk berdahak alami untuk anak, karena mereka mungkin belum mengerti cara berkumur yang benar, ditakutkan mereka akan menelan air garamnya.

Vitamin C

Memperbanyak asupan vitamin C dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar lebih cepat melawan infeksi virus.

Cobalah makan jeruk atau minum jus jeruk asli sebanyak dua kali sehari sampai gejala-gejala Anda membaik. Anda juga bisa minum suplemen vitamin C untuk menambah asupannya.

Minum Banyak Air

Minum air yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi sangat penting bagi tubuh sewaktu mengatasi infeksi. Cairan yang cukup juga menjaga tenggorokan agar tidak sampai kering dan menjadi iritasi atau meradang. Minum lah sedikitnya 10 gelas air setiap hari selama Anda sakit.

Kapan Batuk Berdahak Harus Diperiksa ke Dokter?

Sebaiknya periksakan diri ke dokter jika batuk sudah berlangsung lebih dari 2 minggu. Anda juga mungkin membutuhkan perawatan medis segera jika batuk disertai sesak napas atau batuk berdarah, atau melihat kulit jadi kebiruan. Dahak yang berbau busuk juga bisa menjadi tanda infeksi yang serius.

Selain itu segera hubungi dokter jika anak Anda:

  • Berusia di bawah 3 bulan dan mengalami demam 38 derajat C atau lebih tinggi
  • Berusia di bawah 2 tahun dan mengalami demam di atas 38 derajat C selama lebih dari sehari
  • Berusia di atas 2 tahun dan mengalami demam 38 derajat C atau lebih tinggi selama lebih dari 3 hari
  • Mengalami demam 40 derajat C atau lebih tinggi
  • Mengalami mengi (bengek) tanpa riwayat asma
  • Terus-menerus menangis
  • Susah untuk dibangunkan
  • Mengalami kejang
  • Mengalami demam dan ruam kulit

Tanda-tanda di atas bisa jadi mengindikasikan adanya infeksi atau masalah lebih serius yang dialami anak Anda.

Batuk berdahak biasanya adalah gejala dari infeksi virus, yang sering kali dapat membaik sendiri. Anda bisa menggunakan obat batuk berdahak alami untuk meringankan gejala-gejalanya seraya tubuh memulihkan diri. Tetapi jika batuk terus ada hingga lebih dari 2 minggu, atau gejala-gejalanya cukup serius, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang obat batuk berdahak alami. Semoga informasi ini dapat berguna bagi Anda dan keluarga. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Healthline. Treating a Wet Cough at Home: 10 Natural Remedies. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-wet-cough

Medical News Today. What can I do to make my cough go away?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/322394

Mayo Clinic. Is it true that honey calms coughs better than cough medicine does?. https://www.mayoclinic.org/symptoms/cough/expert-answers/honey/faq-20058031

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>