Share:

Terakhir Diedit:

Bagaimana jika gejala batuk tak kunjung usai? Bila ini yang Anda rasakan, cobalah untuk meneliti pola makan atau minum yang Anda jalani. Kebanyakan orang mungkin sadar untuk berpantang makanan tertentu saat sedang batuk. Namun, tidak semua orang menyadari pentingnya melakukan pantangan minum saat batuk. Lalu, apa saja minuman yang harus dihindari saat batuk? Mari selidiki lebih jauh larangan minum saat batuk dalam artikel berikut ini.

Dalam artikel ini, Anda akan memperoleh keterangan penting sehubungan dengan beragam jenis minuman yang perlu dihindari saat batuk. Anda juga akan melihat alasan mengapa minuman yang disebutkan perlu dihindari. Juga kaitan antara minuman yang Anda konsumsi dengan gejala batuk.

5 Minuman Yang Harus Dihindari Saat Batuk


Sebenarnya batuk adalah reaksi normal guna mengeluarkan sesuatu dari saluran pernapasan dan tenggorokan. Namun Anda perlu mewaspadainya, pada saat batuk terjadi terus-menerus dan tak kunjung sembuh bisa jadi ada sesuatu yang perlu diselidiki lebih jauh.

Maka pemeriksaan lebih lanjut perlu dilakukan oleh dokter, cobalah untuk menjaga pantangan makan dan minum setelah pengobatan dilakukan atau selama Anda masih mengalami gejala batuk tersebut.

Tak hanya makanan saja yang perlu diperhatikan, konsumsi minuman juga perlu diwaspadai. Kebanyakan orang mudah untuk melakukan pantangan makan, namun bagaimana dengan larangan minum saat batuk? Nah, tentu tidak mudah untuk menghindarinya terutama saat “dahaga” mulai terasa.

Rasa haus disertai dengan ketidaknyamanan di tenggorokan, sering menggoda penderita batuk untuk mengonsumsi minuman yang harus dihindari saat batuk. Pantangan minum saat batuk perlu diperhatikan jika ingin pulih dari gejala batuk yang tentunya disertai dengan pengobatan. Lalu, 5 minuman apa yang perlu dihindari saat batuk?

1. Es Krim — Pantangan Minum Saat Batuk

Sebenarnya minuman apapun yang memiliki suhu dingin berpotensi untuk meningkatkan frekuensi batuk, sehingga batuk terjadi secara terus-menerus. Terlebih lagi es krim cenderung dihasilkan dari produksi protein olahan susu yang juga dapat meningkatkan produksi lendir atau mukus.

Maka dari itu, konsumsi es krim sebaiknya dihentikan karena termasuk dalam minuman yang harus dihindari saat batuk. Walaupun tampaknya minuman dingin atau es dapat melegakan tenggorokan, kenyataannya Anda hanya akan semakin haus setelah mengonsumsi minuman dingin. Agar gejala batuk tidak berkepanjangan dan semakin menjadi patuhilah larangan minum saat batuk.

2. Kopi — Pantangan Minum Saat Batuk

Penggemar kopi perlu menghadapi tantangan saat mengalami batuk, mengingat kopi termasuk dalam minuman yang harus dihindari saat batuk. Alasannya sama seperti Anda mengonsumsi cokelat, karena kandungan kafein pada kopi dapat meningkatkan produksi lendir.

Sekalipun Anda seringkali menemukan merek dagang tertentu yang mempromosikan adanya “kopi bebas kafein”, cobalah untuk tidak langsung memercayainya. Faktanya, kopi tersebut masih mengandung kafein sekitar 2 hingga 12 mg. Hal ini juga berlaku pada konsumsi makanan yang harus dihindari saat batuk berbahan “kopi bebas kafein”.

3. Susu — Pantangan Minum Saat Batuk

Minum susu merupakan hal yang baik, namun ini tidak berlaku saat Anda sedang batuk. Terutama jika batuk yang terjadi dikarenakan oleh alergi ataupun keberadaan virus maupun bakteri. Karena susu mengandung protein yang mampu meningkatkan produksi lendir, sehingga susu dikategorikan sebagai minuman yang harus di hindari saat batuk.

Maka tak heran jika Anda pernah melihat orang yang batuk hingga “muntah-muntah” setelah mengonsumsi susu ketika tidak mematuhi larangan minum saat batuk. Hal ini terjadi dikarenakan tubuh menghasilkan produksi lendir saat mengonsumsi produk olahan susu. Sehingga, susu tergolong sebagai salah satu minuman yang harus dihindari saat batuk.

4. Teh — Pantangan Minum Saat Batuk

Selain itu, penggemar teh juga perlu memerhatikan keberadaan kafein dalam teh yang Anda konsumsi. Memang menyeruput teh hangat tanpa gula saat tenggorokan gatal tampaknya menyegarkan. Namun, jika Anda sulit mengeluarkan “dahak”. Konsumsi teh hendaknya tidak dilakukan, karena teh mengandung kafein yang memicu produksi lendir. Itulah alasan mengalapa larangan minum saat batuk ini perlu dijalani.

Dalam “teh hijau” yang disebut memiliki kadar kafein lebih rendah dibandingkan dengan jenis teh lainnya, ternyata memiliki kadar kafein sebesar 24 sampai 45 mg. Maka tak heran jika Anda mungkin merasa ingin berdahak dan merasa ada lendir di dalam tenggorokan Anda. Sehingga tepat jika teh merupakan minuman yang harus dihindari saat batuk.

5. Yoghurt — Pantangan Minum Saat Batuk

Hasil produk olahan susu ini tampaknya perlu dihindari saat sedang batuk, terlebih jika yoghurt yang dikonsumsi mengandung pemanis buatan. Jika Anda memiliki gangguan asam refluks, kandungan asam pada yoghurt bisa jadi memicu terjadinya kenaikan asam lambung. Hal ini tidak baik bagi gejala batuk, maka larangan minum saat batuk perlu Ada patuhi.

Sedangkan protein dalam yoghurt mampu meningkatkan produksi lendir, belum lagi penambahan bakteri baik dalam produk olahan yoghurt tertentu. Memang penelitian masih perlu dilakukan untuk memahami mengapa yoghurt tergolong minuman yang harus dihindari saat batuk. Namun pada beberapa pengalaman, konsumsi yoghurt pada saat mengalami batuk dapat memperburuk kondisi kesehatan yang mereka alami.

Itulah 5 minuman yang harus dihindari saat batuk, ingatlah pepatah yang mengatakan “berakit-rakit ke hulu, berenang-renang kemudian”. Lebih baik Anda merasa sedikit tidak nyaman waktu melakukan pantangan minum saat sedang batuk dan menikmati kondisi kesehatan yang prima setelahnya. Waspadalah terhadap zat makanan pemicu batuk tersebut.

Baca juga  Batuk Anda Tak Kunjung Sembuh? Mungkin Karena 7 Alasan Ini

Dibandingkan harus menahan rasa sakit yang tidak nyaman dalam periode waktu lama. Yakinlah bahwa Anda dapat menjalani larangan minum saat batuk. Jangan lupa, lakukan pengobatan yang tepat sehingga tubuh dapat benar-benar pulih. Khususnya jika gejala batuk berlangsung lebih dari 2 minggu.

Demikianlah informasi mengenai bermacam-macam makanan dan minuman yang perlu dihindari saat sedang batuk. Cobalah untuk selalu memerhatikan konsumsi minuman yang harus dihindari saat batuk. Juga, cobalah untuk menahan keinginan melanggar pantangan terkait dengan konsumsi minuman yang harus dihindari saat batuk. Apabila Anda melakukannya, kemungkinan terbebas dari batuk merupakan hal yang bisa Anda rasakan.

Ingatlah bahwa pantangan minum saat batuk yang ada dalam artikel ini, tidak dibuat sebagai pengganti saran medis yang seharusnya diberikan oleh tenaga medis profesional. Mengenai informasi yang disediakan dalam artikel ini diperoleh dari beragam sumber terpercaya yang dapat diperiksa dan terlampir pada kolom daftar pustaka berikut ini.

Daftar Pustaka:

Arinda Veratamala. Perbandingan Jumlah Kafein dalam Kopi, Teh, dan Cokelat. 2017-09-06. URL: https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/kafein-dalam-kopi-teh-dan-cokelat/. Diakses 2018-09-07.

Claudia Hammond. Apakah Anda harus menjauhi produk susu saat batuk pilek? 2017-05-03. URL: https://www.bbc.com/indonesia/vert-fut-39762900. Diakses 2018-09-07.

dr. Devika Y. Hubungan Batuk Dengan Makan Kacang. 2016-11-05. URL: https://www.alodokter.com/komunitas/topic/mitos-atw-fakta-2. Diakses 2018-09-07.

dr. Dina Kusumawardhani. Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Saat Batuk. 2016-12-30. URL: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/2698782/makanan-dan-minuman-yang-harus-dihindari-saat-batuk. Diakses 2018-09-07.

Elsa. 11 Makanan yang Dilarang Saat Batuk Berdahak dan Kering. 2017-09-02. URL: https://batukflu.com/makanan-yang-dilarang-saat-batuk. Diakses 2018-09-07.

KlikDokter. 3 Kebiasaan yang Bisa Bikin Batuk Tak Kunjung Reda. 2017-07-13. URL: https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3021471/3-kebiasaan-yang-bisa-bikin-batuk-tak-kunjung-reda. Diakses 2018-09-07.

Liputan6. Makanan yang Harus Dihindari Saat Batuk. 2018-04-26. URL: https://www.liputan6.com/health/read/3491341/makanan-yang-harus-dihindari-saat-batuk. Diakses 2018-09-07.

Risky Candaswari. Punya Penyakit Asam Lambung, Boleh Makan Cokelat Tidak? 2017-10-16. URL: https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/maag-asam-lambung/efek-samping-makan-cokelat-bagi-lambung. Diakses 2018-09-07.

Sares. 19 Makanan Yang Menyebabkan Batuk Yang Harus di Hindari. 2017-09-15. URL: https://batukflu.com/makanan-yang-menyebabkan-batuk.  Diakses 2018-09-07.

Tri Astuti. 9 Makanan yang Dilarang Saat Batuk Supaya Sembuh. 2018-09-07. URL: https://halosehat.com/penyakit/batuk/makanan-yang-dilarang-saat-batuk. Diakses 2018-09-07.

Fery Irawan

Editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.


Artikel di-posting oleh Fery Irawan dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.