Blog Herbal No. 1 Indonesia

Batuk di Pagi Hari, Apakah Itu Tanda Penyakit Berbahaya?


By Cindy Wijaya

Batuk adalah mekanisme pertahanan alami tubuh yang membantu mengeluarkan lendir, kuman, atau partikel asing dari sistem pernapasan. Batuk itu wajar dan tidak berbahaya, meski ada beberapa jenis batuk yang harus diwaspadai. Batuk bisa terjadi kapan saja, dan ada beberapa kondisi yang menyebabkan batuk di pagi hari.

Sebagian lendir (dahak) dan cairan bisa menumpuk di paru-paru pada malam hari saat Anda tidur. Sewaktu bangun dan aktif di pagi hari, dahak yang terkumpul mulai menjadi encer, yang kemudian memicu batuk di pagi hari. Batuk seperti ini bisa menjadi tanda dari berbagai kondisi yang berbeda; ada yang ringan dan ada juga yang cukup serius.

Mengetahui jenis batuk yang Anda alami juga bisa membantu menentukan kemungkinan penyebabnya. Batuk yang mengeluarkan lendir disebut sebagai batuk berdahak, sedangkan batuk yang tidak mengeluarkan lendir disebut batuk kering.

Berikut adalah sejumlah kondisi yang dapat menjadi penyebab Anda batuk-batuk di pagi hari.

Batuk-Pilek Biasa

Sering kali penyebab batuk berdahak di pagi hari adalah batuk-pilek biasa. Anak-anak biasanya lebih sering mengalaminya daripada orang dewasa. Batuk berdahak merupakan salah satu gejala utama dari penyakit ini.

Banyak penderitanya merasakan batuk berdahak di pagi hari yang lebih parah karena lendir yang menumpuk sepanjang tidur malam.

Jika penyebab batuk berdahak di pagi hari adalah sakit batuk-pilek biasa, Anda kemungkinan juga mengalami gejala-gejala lain seperti: sakit tenggorokan, sakit badan, kelelahan, sakit kepala, bersin-bersin, dan pilek. (Sumber: artikel “Common Cold” oleh NHS)

Cara Menghilangkan Batuk di Pagi Hari Akibat Sakit Batuk-Pilek

Berikut cara menghilangkan batuk di pagi hari akibat sakit batuk-pilek yang bisa Anda coba:

  • Minum teh hangat dicampur madu
  • Minum obat dekongestan atau anti-histamin
  • Minum obat pereda batuk (cough suppressant) atau obat pengencer dahak (expectorant)
  • Menghirup uap hangat untuk membersihkan lendir penyebab batuk berdahak

Sebelum mengonsumsi obat apapun, disarankan untuk konsultasi dulu dengan dokter, terutama apabila akan diberikan kepada anak kecil.

Infeksi Pernapasan Lainnya

Infeksi pernapasan adalah jenis-jenis infeksi yang terjadi pada saluran pernapasan bagian atas ataupun bawah.

Batuk-pilek biasa merupakan salah satu jenis infeksi saluran pernapasan. Tapi masih ada banyak jenis infeksi lain yang juga bisa menyebabkan batuk, seperti COVID-19, flu (influenza), dan pneumonia.

Bronkitis juga jenis lain dari infeksi pernapasan yang menyebabkan peradangan pada saluran bronkial di paru-paru. Bronkitis bisa bersifat akut atau kronis.

Bronkitis akut biasanya disebabkan oleh infeksi seperti batuk-pilek biasa. Infeksi pernapasan seperti bronkitis berpotensi memperbanyak penumpukan lendir sepanjang malam, yang menyebabkan batuk berdahak di pagi hari.

Di samping gejala-gejala mirip batuk-pilek biasa, infeksi pernapasan juga bisa menimbulkan gejala: demam, tidak enak badan, mengi (suara bengek saat bernapas), sesak dada, hidung tersumbat, masalah pencernaan.

Cara Menghilangkan Batuk di Pagi Hari Akibat Infeksi Pernapasan

Cara menghilangkan batuk di pagi hari bergantung pada jenis infeksi yang terjadi, dan apakah itu terjadi di saluran pernapasan bagian bawah atau atas.

Sering kali, Anda bisa menggunakan perawatan yang sama dengan sakit batuk-pilek biasa, karena gejalanya yang mirip.

Kalau Anda juga mengalami demam, bisa mengonsumsi obat anti-inflamasi non steroid (OAINS) seperti ibuprofen. Bicarakan dengan dokter sebelum memberi anak Anda obat OAINS atau acetaminophen.

Perawatan lainnya mungkin termasuk obat anti-virus atau antibiotik untuk mengatasi infeksi, yang harus diresepkan oleh dokter.

Alergi

Rinitis alergi adalah reaksi dari sistem imun terhadap alergen-alergen di udara seperti serbuk sari, bulu binatang, atau tungau debu. Reaksi alergi ini bisa menjadi penyebab batuk kering di pagi hari.

Selain batuk kering, gejala-gejala dari alergi antara lain: pilek, hidung tersumbat, sakit kepala, mata berair, mengi, dan sesak napas. (Sumber: Artikel “Hay Fever” oleh ACAAI)

Karena tungau debu cenderung hidup di tempat tidur, jadi orang yang alergi tungau debu biasanya mengalami gejala-gejala yang lebih buruk pada malam dan pagi hari.

Serbuk sari di udara paling banyak di pagi hari dan bisa memperburuk batuk kering di pagi hari kalau Anda memiliki alergi terhadapnya.

Cara Menghilangkan Batuk di Pagi Hari Akibat Alergi

Berikut adalah sejumlah tips untuk meredakan batuk kering di pagi hari yang disebabkan oleh alergi: Mengonsumsi obat antihistamin, obat kortikosteroid, atau dekongestan.

Postnasal Drip

Postnasal drip adalah kondisi ketika tubuh menghasilkan lendir berlebih yang menumpuk di belakang hidup dan menetes ke tenggorokan. Sering kali ini menjadi gejala dari sakit batuk-pilek, alergi, atau akibat mengonsumsi makanan pedas.

Berikut sejumlah gejala dari postnasal drip.

  • Merasa harus terus membersihkan tenggorokan dengan berdehem
  • Batuk berdahak yang memburuk di malam atau pagi hari
  • Merasa mual
  • Tenggorokan sakit atau gatal
  • Bau mulut

Postnasal drip biasanya lebih banyak menimbulkan ketidaknyamanan di malam hari saat tidur. Anda mungkin masih merasakan keinginan untuk berdehem saat bangun tidur.

Cara Menghilangkan Batuk di Pagi Hari Akibat Postnasal Drip

Anda bisa meredakan gejala-gejala postnasal drip dengan cara: Menggunakan saline spray atau netipot untuk membersihkan sinus, mengonsumsi obat dekongestan, mengonsumsi obat antihistamin, dan menjaga asupan cairan yang cukup untuk membantu mengencerkan lendir.

Jadi, apakah Anda sudah punya gambaran lebih jelas mengenai apa yang membuat Anda batuk-batuk di pagi hari? Bisa jadi Anda mengalami batuk-pilek, infeksi pernapasan, alergi, atau postnasal drip. Mungkin juga Anda mengalami kondisi lain yang tidak disebutkan di sini.

Apabila sudah cukup lama gejala ini tidak kunjung membaik, atau semakin parah, ada baiknya untuk periksa ke dokter. Dokter dapat membantu memeriksa apa sebenarnya penyebabnya dan memberikan saran pengobatan yang sesuai.

Demikianlah artikel ini tentang batuk di pagi hari. Semoga informasi di artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Temukan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}