Noni Juice sebagai Herbal Peningkat Mood


By Cindy Wijaya

Apakah Anda merasa tidak bersemangat atau tidak bergairah untuk melakukan sesuatu? Biasanya ini merupakan tanda penurunan mood dalam diri Anda, dan ini bisa jadi masalah jika dialami berulang kali atau dalam waktu lama. Jika ada herbal yang efektif untuk meningkatkan mood, apakah Anda ingin mencobanya? Noni juice terbukti sebagai herbal peningkat mood yang layak untuk Anda pertimbangkan. Artikel ini akan mengupas kemampuan herbal ini untuk tingkatkan mood.

Ada yang mungkin terpikir untuk mengonsumsi obat untuk meningkatkan mood. Sayangnya tidak semua obat kimiawi aman untuk dikonsumsi. Beberapa cara meningkatkan mood dengan obat memiliki potensi yang merugikan tubuh. Namun berbeda halnya dengan konsumsi herbal yang relatif aman untuk dikonsumsi. Maka tak heran jika beberapa orang menyebut herbal Noni juice sebagai obat peningkat mood terbaik.

Kemampuan Noni Juice sebagai Herbal Peningkat Mood

Anda mungkin pernah mendengar percakapan yang mengatakan “ah, dia itu oranggnya moody”. Atau pernah mendengar istilah “bad-mood” ataupun “good-mood”. Sebenarnya, apa yang dimaksud dengan mood?

Mood adalah istilah psikologi yang menggambarkan suasana hati atau emosional yang bersifat sementara. Namun, terkadang ada kondsi dimana seseorang mengalami perubahan mood dalam jangka waktu yang panjang. Jika Anda merasakan adanya perubahan mood yang tidak jelas, ada baiknya untuk melakukan konsultasi dokter.

Perubahan mood dapat mengarah pada hal yang positif ataupun negatif. Kondisi ini juga memengaruhi reaksi seseorang dalam menerima “rangsangan” — tak selalu berkaitan dengan seksualitas.

Sebagai contoh; Saat Anda merasakan situasi atau kondisi yang menekan, bisa jadi Anda merasakan mood yang buruk sehingga Anda merasa lebih sensitif. Saat Anda berada dalam kondisi menyenangkan, Anda merasakan mood yang baik, sehingga Anda merasa bahagia.

Tahukah Anda bahwa rendahnya kadar serotonin dalam tubuh dapat menyebabkan perubahan suasana hati, gangguan kecemasan, dan depresi? Sedangkan, keberadaan melatonin berperan penting untuk menjaga keseimbangan ritme sirkadian Anda. Perubahan apa pun yang memengaruhi level kedua hormon ini dapat membuat Anda mengalami gangguan tidur, perubahan suasana hati atau mood, dan stres.

Studi menunjukkan bahwa konsumsi Noni juice setiap hari dapat bermanfaat dalam mengurangi stres, mengurangi kecemasan, dan bahkan memberikan bantuan untuk terbebas dari depresi dan gangguan tidur. Penelitian memperlihatkan bahwa beberapa kandungan yang terdapat dalam Noni juice menjadikannya layak disebut sebagai herbal untuk tingkatkan mood.

Potensi meningkatkan mood dengan herbal telah dibuktikan oleh para ahli melalui beragam percobaan. Bahkan Dr. Neil Salomon telah melakukan pengujian terhadap para relawan yang mengalami gangguan mood. Setidaknya ada 7.879 orang yang mengalami gangguan mood, setelah mengonsumsi Noni juice ditemukan adanya perbaikan mood yang dirasakan oleh 80% penderitanya. Lalu, bagaimana cara kerja Noni juice sebagai herbal peningkat mood?

Baca Juga:  Penyakit di Musim Hujan: Cara Mencegah & Mengatasinya

Cara Kerja Noni Juice sebagai Herbal Peningkat Mood

Efektifitas Noni juice sebagai herbal peningkat mood bergantung pada hormon dalam tubuh Anda dan sinergisnya berbagai kandungan Noni. Ada begitu banyak kandungan dalam Noni juice yang dapat memelihara kesehatan Anda secara keseluruhan. Hanya saja, setiap kandungan dalam Noni Juice memiliki fungsi dan kinerja yang berbeda-beda.

Sebagai herbal untuk tingkatkan mood, kandungan yang lebih berperan penting ialah scapoletin, asam amino esensial tryptophan, dan histidine. Kandungan tersebut penting untuk membantu memperbaiki mood.

Dalam tubuh Anda ada 2 hormon yang berperan penting dalam memengaruhi mood yang Anda miliki. Kedua hormon ini ialah serotonin dan melatonin. Hormon serotonin dan melatonin bekerja maksimal saat senyawa scopoletin dan asam amino esensial tryptophan masuk dalam tubuh Anda. Bahkan beberapa penelitian telah menemukan fakta menarik, misalnya; konsumsi Noni juice dikaitkan dengan perbaikan mood pada wanita pasca-menopause (Langford et al., 2004).

Noni juice juga membantu meningkatkan mood dengan merangsang produksi serotonin dan mencegah kondisi kecemasan dan depresi. Ia bekerja sebagai penguat untuk seluruh sistem endokrin yang positif untuk kelangsungan kinerja kelenjar thymus, kelenjar pineal, kelenjar adrenal, dan organ seks baik untuk pria dan wanita. Di dalam otak, serotonin juga bertindak sebagai neuro-transmisor dan sebagai pendahulu hormon melatonin.

Kandungan Scopoletin

Scopoletin merupakan salah satu kandungan penting dalam Noni juice sebagai herbal peningkat mood. Jika Anda mencari herbal untuk memperbaiki mood, carilah yang mengandung scopoletin sehingga aktivitas serotonin dapat bekerja secara maksimal. Karena kandungan senyawa alami scopoletin dan serotonin berperan penting bagi peningkatan mood dalam tubuh Anda.

Serotonin memengaruhi setiap bagian tubuh Anda, mulai dari emosi hingga keterampilan motorik Anda. Serotonin dianggap sebagai senyawa untuk penstabilan mood. Maka tak heran jika meningkatkan mood dengan herbal merupakan hal yang mungkin untuk dilakukan.

Kandungan Tryptophan

Kandungan tryptophan merupakan salah satu dari senyawa asam amino esensial yang dibutuhkan dalam keseluruhan fungsi tubuh. Tryptophan merupakan asam amino pembentuk serotonin. Kekurangan tryptophan dapat menyebabkan kadar serotonin lebih rendah, sehingga timbul gangguan mood, seperti; kecemasan atau depresi.

Tryptophan pembentuk serotonin terdapat dalam makanan seperti; kacang, keju, daging merah, dan Noni juice sebagai herbal peningkat mood. Keberadaan tryptophan pada herbal untuk tingkatkan mood adalah suatu keharusan.

Baca Juga:  Noni Juice sebagai Herbal Peningkat Stabilitas

Karena hal ini berkaitan erat dengan fungsi serotonin dalam mengirimkan sinyal antar sel tubuh. Serotonin ditemukan dalam sistem pencernaan, trombosit darah dan seluruh sistem saraf pusat. Serotonin yang berada di otak dapat membantu mengatasi kecemasan, meningkatkan kebahagiaan, dan suasana hati yang baik.

Kandungan Histidine

Kandungan histidine pada Noni juice sebagai herbal peningkat mood bekerja dengan cara mengendalikan kelenjar pituari dalam memproduksi hormon. Kandungan herbal untuk tingkatkan mood ini, juga baik untuk sistem neurotransmitter otak. Meningkatkan mood dengan herbal dilakukan dengan menstimulasi sejumlah sistem jaringan saraf. Histidin juga memiliki kemampuan dalam menstimulasi sejumlah sistem jaringan saraf.

Bicara soal hormon, Noni Juice juga dapat memengaruhi hormon melatonin. Melatonin merupakan hormon yang mengatur ritme sirkadian dalam meningkatkan suasana hati. Melatonin juga berpengaruh penting bagi kebiasaan tidur yang Anda miliki.

Konsumsi Noni juice membantu mengaktifkan hormon melatonin tubuh yang dapat membuat Anda lebih mudah tidur nyenyak. Apabila kualitas tidur Anda terpenuhi dengan baik, maka suasana hati juga dapat terpengaruh. Kurang tidur membuat Anda lebih agresif dan mood Anda menjadi sangat buruk.

Tidak Perlu Ragu Mencoba Noni Juice sebagai Herbal Peningkat Mood

Melihat kandungan-kandungan Noni juice di atas, tidak perlu diragukan lagi kemampuannya untuk membantu tingkatkan mood Anda. Meningkatkan mood dengan herbal sebenarnya adalah pilihan yang bijaksana, dibandingkan dengan menggunakan obat kimiawi.

Tahukah Anda bahwa meningkatkan mood dengan obat bukanlah cara yang dianjurkan, mengingat ada risiko yang harus ditanggung. Pada beberapa produk obat untuk tingkatkan mood, terdapat efek samping seperti; kehilangan hasrat seksual atau penurunan libido. Tentu saja, ini bukanlah hal yang Anda inginkan bukan?

Konsumsi Noni juice sebagai peningkat mood tidak sama dengan obat kimiawi, mengingat cara kerjanya berpusat pada fungsi alamiah kandungan dari herbal itu sendiri dan mudah diolah tubuh.

Di samping itu ingat juga fakta ini: Noni juice adalah herbal yang kegunaannya telah teruji oleh waktu dalam mengobati beragam jenis gangguan kesehatan, baik yang ringan maupun berat. Dan sudah didukung oleh banyak penelitian ilmiah yang lengkap serta melibatkan banyak ahli dari beragam bidang kesehatan.

Sumber
Shixin Deng dan Brett J. West. 2011. Antidepressant Effects of Noni Fruit and its Active Principals. Asian Journal of Medical Sciences 3(2): 79-83, 2011. ISSN: 2040-8773. URL: https://www.researchgate.net/publication/268415355.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}