5 Herbal untuk Dampak Polusi Udara bagi Kesehatan


By Cindy Wijaya

Pencemaran udara semakin menjadi-jadi di beberapa wilayah Indonesia. Banyak orang terancam mengalami dampak polusi udara bagi kesehatan, seperti penyakit pernapasan, gangguan jantung dan pembuluh darah, bahkan hingga kanker. Penyakit-penyakit yang serius bisa saja terjadi jika zat-zat berbahaya dari udara tercemar terus-menerus dihirup dan menumpuk pada aliran darah dan sistem-sistem lain di tubuh kita.

Apakah ada herbal untuk dampak polusi udara bagi kesehatan? Supaya dengan mengonsumsinya kita bisa setidaknya mengurangi penumpukan zat-zat berbahaya dari dalam sistem tubuh kita. Kabar baiknya ada cukup banyak pilihan herbal yang dapat membantu.

Herbal untuk Dampak Polusi Udara bagi Kesehatan

Berikut adalah sejumlah herbal untuk dampak polusi udara bagi kesehatan yang dapat dengan mudah diperoleh di sekitar kita.

Kunyit

Kunyit sudah lama diketahui mengandung kurkumin yang punya manfaat anti-peradangan dan antioksidan—keduanya dapat digunakan dalam menghambat peradangan dalam tubuh akibat polusi udara, terutama peradangan pada sistem pernapasan.

Contohnya suatu penelitian mendapati adanya efek perlindungan dari kurkumin pada peradangan paru-paru. Didapati bahwa kurkumin menekan aktivai peradangan pada makrofagus, terutama produksi mediator pro-peradangan, melalui regulasi pensinyalan MAPK/NF-κB.

Kurkumin juga tampaknya melemahkan pembentukan spesi oksigen reaktif (ROS) oleh aksis Nrf2/HO. Hasil ini menunjukkan bahwa kurkumin mencegah stres oksidatif dan peradangan paru-paru yang disebabkan oleh polusi udara. (Sumber: International Journal of Molecular Sciences, Vol. 24 No. 3)

Cara Konsumsi Kunyit:

Siapkan 1-2 sendok teh bubuk atau parutan kunyit. Rebus 4 gelas air matang sampai mendidih lalu masukkan kunyit tersebut, biarkan mendidih selama sekitar 10 menit. Saring air rebusannya ke dalam gelas dan tunggu sampai hangat sebelum diminum.

Jahe

Jahe mengandung anti-inflamasi yang kuat sehingga dapat berperan sebagai adaptogen alami yang membantu menjaga sistem-sistem tubuh tetap sehat dan baik. Adaptogen meningkatkan kemampuan Anda dalam menoleransi dan menekan berbagai penyebab stres dalam tubuh, termasuk polusi udara.

Sebuah penelitian mendapati bahwa kandungan gingerol dan shogaol dalam jahe memiliki efek bronkorelaksan untuk merelaksasi (melebarkan) saluran pernapasan. Ini dapat digunakan untuk membantu mengatasi gejala-gejala asma dan penyakit saluran pernapasan lainnya, yang bisa dipicu oleh polusi udara. (Sumber: American Journal of Respiratory Cell and Molecular Biology, Vol. 48 No. 2)

Cara Konsumsi Jahe:

Parut 1,5 sendok teh jahe yang masih segar. Rebus 4 gelas air sampai mendidih lalu masukkan parutan jahe tadi. Biarkan mendidih selama sekitar 5 – 10 menit. Saring air rebussannya dan tunggu sampai hangat sebelum diminum.

Noni Juice

Salah satu penyumbang polusi udara adalah asap rokok, yang menyebabkan perokok dan orang-orang di sekitarnya menghirup ribuan zat karsinogen dan radikal bebas. Ini bisa memperbesar risiko untuk mengalami penyakit-penyakit seperti kanker, gangguan pernapasan, hingga penyakit jantung.

Buah Noni, Herbal Solusi Dampak Polusi Udara
Buah Noni, Herbal Solusi Dampak Polusi Udara (Image by Alongkorn Tengsamut from Pixabay)

Noni juice menjadi salah satu herbal solusi dampak polusi udara bagi kesehatan ini. Penelitian yang dimuat dalam jurnal Food Science & Nutrition, Vol. 1 No. 2 menunjukkan bahwa Noni juice mampu mengurangi kerusakan oksidatif DNA akibat asap rokok, yang terkait dengan kandungan iridoid di dalamnya.

Cara Konsumsi Noni Juice:

Noni juice adalah minuman herbal yang sudah siap minum. Aturan minumnya yang dianjurkan untuk memelihara kesehatan adalah 50 ml diminum 2 – 3 kali sehari. Ukuran 50 ml kira-kira setara dengan ¼ gelas belimbing.

Minyak Zaitun

Zat-zat berbahaya dari polusi udara bisa berdampak pada fungsi sel-sel di dinding pembuluh darah, yang bisa memicu masalah kesehatan kardiovaskular. Penelitian yang dirilis dalam jurnal Environmental Health Perspectives Vol. 123 No. 11 menunjukkan bahwa konsumsi suplemen minyak zaitun dapat melawan dampak polusi udara bagi kesehatan ini.

Para peneliti berpendapat bahwa yang berperan adalah kandungan asam oleat dalam minyak zaitun. Mereka menjelaskan bahwa asam oleat punya manfaat antioksidan dan anti-peradangan, dan suplementasi minyak zaitun diperlihatkan dapat memperbaiki fungsi sel-sel di dinding pembuluh darah dan profil lipid serta menurunkan risiko penyakit jantung koroner.

Cara Konsumsi Minyak Zaitun:

Selain digunakan untuk keperluan memasak, minyak zaitun juga bisa diminum langsung. Jenis minyak zaitun yang bisa langsung diminum adalah minyak zaitun extra virgin (extra virgin olive oil). Takaran minumnya adalah 1 – 2 sendok makan per hari.

Bawang Putih

Bawang putih sudah lama digunakan sebagai herbal untuk membantu mengatasi gangguan pernapasan. Penelitian juga telah mendapati bahwa bawang putih mampu memberi efek perlindungan terhadap kanker paru-paru. Salah satu faktor risiko utama untuk kanker paru-paru adalah polusi udara yang berasal dari asap rokok dan pembakaran bahan bakar.

Bawang putih kaya kandungan organo-sulfur yang memiliki manfaat anti-kanker. Beberapa mekanisme kerjanya yaitu dengan menghambat inisiasi kanker, menekan perkembangan kanker, dan mencegah kerusakan oksidatif. Penelitian yang dimuat dalam jurnal Cancer Epidemiol Biomarkers Prev, Vol. 25 No. 4 menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih mentah dikaitkan dengan berkurangnya risiko kanker paru-paru.

Cara Konsumsi Bawang Putih:

Selain digunakan untuk keperluan memasak, bawang putih juga bisa dimakan langsung. Siapkan 1 siung bawang putih yang sudah dicuci bersih, iris tipis-tipis dan gumpalkan menjadi bulatan-bulatan. Bawang putih ini bisa dimakan langsung atau dimakan bersamaan dengan makan nasi.

Kesimpulan tentang Herbal Solusi Dampak Polusi Udara

Apa saja herbal untuk dampak polusi udara bagi kesehatan? Beberapa diantaranya adalah kunyit, jahe, Noni juice, minyak zaitun, dan bawang putih Mereka dapat dikonsumsi untuk membantu mengurangi dampak zat-zat berbahaya dari udara pada sistem-sistem dalam tubuh kita, seperti sistem pernapasan dan kardiovaskular.

Bahkan herbal seperti bawang putih dan Noni juice dapat membantu mencegah kanker yang dipicu polusi udara dengan cara menghambat perkembangan sel-sel kanker dan mengurangi kerusakan oksidatif DNA.

Manfaat herbal-herbal ini akan semakin dirasakan jika Anda juga mengupayakan langkah-langkah lain untuk melindungi diri dari pencemaran udara. Misalnya dengan tidak merokok, menggunakan produk ramah lingkungan, tidak membakar sampah, memasang alat penyaring udara, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, memakai masker saat berada di luar ruangan, dan menjaga gaya hidup sehat.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang berbagai herbal solusi dampak polusi udara bagi kesehatan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar tanaman obat hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}