4 Minuman Penurun Darah Tinggi dan Kolesterol, Cara Segar Sehatkan Jantung


By Cindy Wijaya

Tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi adalah dua masalah kesehatan yang sering diderita bersamaan. Jika dibiarkan berlarut-larut, masalah ini bisa menimbulkan penyakit-penyakit lain yang lebih berbahaya, seperti penyakit jantung dan stroke. Karena itu Anda perlu berupaya menurunkan tekanan darah dan kolesterol.

Salah satu cara enak untuk menurunkannya adalah dengan mengonsumsi minuman dari buah-buahan. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai 4 minuman penurun darah tinggi dan kolesterol dari buah-buahan yang berkhasiat.

Jus Buah Delima

Bubah delima memiliki sejumlah besar folat, vitamin K, dan potasium, yang secara langsung memengaruhi elastisitas dinding arteri dan menjadikannya bermanfaat dalam mengendalikan tekanan darah.

Manfaat ini dijelaskan dalam ulasan ilmiah tahun 2017 dari delapan uji klinis yang diterbitkan dalam jurnal Pharmacological Research.

Berbagai temuan menunjukkan bahwa jus delima mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik dan efeknya tetap konsisten, terlepas dari kuantitas dan durasi konsumsi jus. Delima juga memiliki kemampuan untuk bertindak sebagai penghambat ACE untuk menurunkan tekanan darah.

Kemudian, penelitian yang diterbitkan dalam International Journal for Vitamin and Nutrition Research Vol. 76 No. 3 menunjukkan manfaat konsumsi jus delima untuk menurunkan total kolesterol dan kolesterol “jahat” LDL.

Jadi sudah jelas bahwa jus delima memang layak dijadikan minuman penurun darah tinggi dan kolesterol.

Minuman Penurun Darah Tinggi dan Kolesterol dari Delima

Cukup siapkan 1 buah delima, 200 ml air dingin (kira-kira 1 gelas), dan madu secukupnya. Kupas buah delima untuk diambil bagian dalamnya. Blender buah delima bersama dengan air dan madu. Saring dan jus buah delima siap untuk dinikmati.

Jus Bit

Penelitian mendapati bahwa orang-orang yang minum 250 ml jus bit setiap hari mengalami penurunan tekanan darah sistolik dan diastolik. (Sumber: Hypertension Vol. 65 No. 2)

Senyawa nitrat yang terdapat dalam jus bit yang diubah menjadi nitric oxide dalam darah dan membantu memperlebar dan mengendurkan pembuluh darah, diduga yang membuatnya mampu menurunkan tekanan darah.

Penelitian juga mendapati bahwa konsumsi ekstrak bit merah dapat menurunkan kadar kolesterol total, kadar kolesterol “jahat” LDL, serta trigliserida pada orang dengan penyakit jantung. (Sumber: Beet – Uses, Side Effects, and More)

Minuman Penurun Darah Tinggi dan Kolesterol dari Bit

Siapkan 2 buah bit, 1 lemon, dan air secukupnya. dan cuci bersih dengan air mengalir, lalu potong-potong. Lalu iris dan kupas lemon. Blender buah bit dan lemon dengan air secukupnya sampai halus. Saring dan jus penurun darah tinggi ini siap dinikmati.

Jus Buah Noni

Jus buah Noni atau yang umum disebut Noni Juice sudah sejak lama digunakan dalam pengobatan tradisional untuk darah tinggi dan kolesterol tinggi. Berbagai penelitian sudah dilakukan untuk menyelidiki kedua manfaat itu.

Mengenai manfaat Noni untuk darah tinggi, penelitian mendapati bahwa kandungan scopoletin dari Noni berfungsi dalam melebarkan dan melenturkan pembuluh darah yang menyempit atau tersumbat. Dengan begitu tekanan darah jadi dinormalkan kembali. (Sumber: Buku “The Noni Phenomenon” oleh Dr. Neil Solomon.

Penelitian juga telah mendapati bahwa Noni mampu menurunkan kadar kolesterol total dan LDL dalam darah. (Sumber: Tropical Journal of Pharmaceutical Research Vol. 13 No. 8) Dengan begitu, Noni Juice dapat dikonsumsi sebagai minuman penurun darah tinggi dan kolesterol.

Minuman Penurun Darah Tinggi dan Kolesterol dari Noni

Siapkan 3 buah Noni yang sudah matang, cuci bersih dengan air mengalir. Parut tanpa menghilangkan kulitnya. Peras dengan sepotong kain sampai cukup kering. Tampung air perasannya dalam gelas. Bagi air perasan menjadi 2 bagian untuk diminum 2 kali sehari setiap hari.

Jika tidak ingin repot mengolah sendiri Noni Juice, Anda juga bisa membeli produk Noni Juice yang sudah jadi. Namun pastikan produk ini terbuat dari 100% sari buah Noni asli, tanpa tambahan buah apapun, agar manfaatnya maksimal. Produk Noni Juice juga memiliki rasa yang jauh lebih enak daripada membuat sendiri dari perasan buah Noni.

Jus Apel

Apel merupakan sumber potasium yang bagus, dan potasium bermanfaat dalam mengendalikan tekanan darah. Apel juga kaya kandungan serat yang membantu mengendalikan berat badan. Jika berat badan terkendali, tekanan darah juga lebih terkontrol.

Apel mengandung pektin dan polifenol yang bermanfaat dalam menurunkan kadar kolesterol. Penelitian mendapati bahwa konsumsi pektin membantu menurunkan kadar kolesterol total dan meningkatkan kolesterol baik HDL. Sedangkan polifenol didapati mampu menurunkan oksidasi dari kolesterol jahat LDL.

Untuk memperoleh semua kandungan bermanfaat dari apel, Anda disarankan untuk memakan seluruh buah apel, termasuk kulitnya yang kaya akan kandungan pektin dan serat larut lainnya. (Sumber: Can an Apple a Day Keep High Cholesterol Levels at Bay? – Verywell Health)

Minuman Penurun Darah Tinggi dan Kolesterol dari Apel

Siapkan 2 buah apel, cuci bersih dengan air mengalir dan potong-potong. Blender apel dengan air secukupnya sampai halus dan tercampur rata. Tuangkan seluruhnya ke dalam gelas dan minumlah secara teratur setiap hari.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang minuman penurun darah tinggi dan kolesterol. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}