Share:

Tahukah Anda jika serangan Asma dapat terjadi sewaktu-waktu karena adanya pemicu yang menyebabkan hal tersebut? Maka dari itu, tak heran jika penderitanya harus siap sedia obat untuk asma. Namun, sebagai pencegahan agar tidak mudah kambuh pernahkah terpikir untuk mencoba Noni Juice sebagai herbal asma? Bagaimana kinerja herbal anti asma ini? Amankah mengonsumsi herbal untuk asma tersebut?

Memang cara bijak untuk melakukan pertolongan pertama ialah menyediakan obat asma yang direkomendasikan oleh dokter. Namun selain obat untuk asma, Anda juga perlu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Apa yang Anda butuhkan selain obat anti asma? Mari kita perhatikan bagaimana penggunaan Noni Juice sebagai obat asma.

Noni Juice Sebagai Herbal Asma Terbaik, Benarkah?


Saluran pernafasan merupakan salah satu saluran yang penting peranannya dalam tubuh. Sayangnya banyak diabaikan orang, misalnya; dengan mengembangkan kebiasaan merokok yang sangat buruk. Ibarat saluran air, saluran pernafasan dalam tubuh pun dapat ‘mampet’ dan terganggu fungsinya akibat berbagai gangguan kesehatan, misalnya; serangan asma.

Serangan asma dapat muncul ketika penderitanya mengalami kontak dengan alergen tertentu (asap, debu, serbuk sari bunga, bulu binatang), mengalami perubahan suhu ekstrem, pasca berolahraga, atau sebagai reaksi akibat konsumsi beberapa jenis makanan tertentu.

Sewaktu serangan muncul, beberapa orang boleh jadi mengira bahwa ini berkaitan dengan paru-paru. Namun, perlu diketahui bahwa yang bermasalah bukanlah paru-paru Anda. Masalahnya justru terletak pada saluran pernafasan (bronkiolus) yang berfungsi sebagai jalan masuk udara menuju paru-paru.

Ketika serangan asma muncul, otot polos bronki mengejang. Akibatnya, saluran udara membengkak karena peradangan. Sehingga jalur pernafasan menyempit dan udara menuju paru-paru terhambat. Dampaknya, penderita harus berupaya sekuat tenaga untuk dapat menghirup nafas.

Bila ini terjadi, bukan hanya paru-paru Anda. Berbagai sel, jaringan, dan organ Anda pun terganggu akibat kurangnya oksigen. Dalam tahap yang lebih serius, bukan tidak mungkin seseorang mengalami kematian mendadak akibat penyakit ini. Maka sebagai tindakan perawatan diri, Noni Juice sebagai herbal asma bisa dipertimbangkan. Sebelum mengulas herbal untuk asma, mari kita perhatikan kinerja obat anti asma berikut.

Baca juga  Tongkat Ali sebagai Herbal Impotensi

Mengintip Obat untuk Asma yang Sering Diberikan Dokter!

Sayangnya, pengobatan penyakit asma terbatas pada pengurangan intensitas kambuh atau penyelamatan saat serangan muncul. Selain itu, karena ada beragam karakteristik dan pola yang berbeda pada masing-masing penderita. Efektifitas pengobatan jelas akan berbeda pada setiap individu.

Dengan kata lain, pengobatan herbal anti asma yang memberikan hasil baik pada seorang penderita asma belum tentu memberikan hasil yang sama baik. Dalam banyak kasus, efektifitas pengobatan herbal untuk asma sangat dipengaruhi oleh faktor pencetus asma dan sistem pertahanan tubuh seseorang.

Karena itu, bentuk sediaan obat asma pun sangat beragam; ada yang diberikan oral, dihirup, ataupun diinfus. Masing-masing diberikan berdasarkan pertimbangan yang baik tentang tingkat keparahan dan seberapa darurat situasi ketika serangan muncul. Jika Anda beresiko atau merupakan penderita aktif, lakukanlah pemeriksaan menyeluruh untuk mengetahui pemicunya.

Pengingat penting lainnya, selalu sediakan obat dan catatan berisi instruksi spesifik yang diperlukan. Kemanapun Anda pergi agar ketika serangan muncul, orang-orang di sekitar dapat memberikan pertolongan darurat yang tepat.

Satu hal yang harus disadari penderita asma, sekalipun Noni Juice bisa membantu. Pada kasus darurat, dimana serangan asma sudah muncul, obat-obatan medis dengan reaksi seketika tetap diperlukan guna menanggulangi serangan secara cepat (pengobatan segera/darurat).

Berbeda halnya bila serangan belum muncul. Dalam kondisi tersebut, penggunaan Noni Juice sebagai herbal asma dengan efek farmakologis serupa dengan obat-obatan medis. Seperti; antiinflamasi (anti-peradangan) dan antihistamin (anti alergi) dapat digunakan untuk mencegah serangan asma (pengobatan rutin).

Ini Dia Perbedaan Noni Juice Sebagai Herbal Asma!

Lalu, apa bedanya antara mengonsumsi Noni Juice dengan mengonsumsi obat-obatan sintetis yang umum? Memang, sifat pengobatan herbal untuk asma tak berbeda dengan pengobatan konvensional, yakni mengendalikan intensitas kekambuhan dan mencegah serangan datang kembali.

Baca juga  Tongkat Ali Sebagai Herbal Infertilitas

Meski begitu, cara alami ini setidaknya menghindarkan Anda dari efek samping akibat penggunaan jangka panjang dari obat sintetis. Perbedaan lainnya tentu dapat terlihat dari segi sumber daya yang harus Anda keluarkan. Jika memang ada alternatif obat asma dengan biaya terjangkau, mengapa tidak?

Nah, bagi Anda yang berminat mengonsumsi herbal anti asma, Noni juice merupakan alternatif pengobatan terbaik yang dapat menekan reaksi sensitivitas tubuh terhadap alergen yang memicu serangan asma.

Jika ada peradangan pada saluran pernafasan, zat aktif antrakuinon dan scopoletin di dalamnya akan menekan reaksi ini. Tentu saja, konsumsi Noni juice sebagai pengusir asma harus diimbangi dengan menghindari berbagai zat pemicu asma. Baik pemicu yang ada di udara, maupun makanan yang dikonsumsi. Ini wajib dilakukan, tak peduli metode pengobatan yang Anda jalani.

“Xeronine” Terdapat Pada Herbal Anti Asma

Xeronine merupakan gugus alkaloid kecil yang telah dipatenkan pada salah satu senyawa bioaktif Noni Juice sebagai herbal asma. Komponen herbal untuk asma ini diyakini mampu memodifikasi struktur molekul protein tidak aktif tertentu, sehingga mengatur pelipatan yang tepat pada enzim aktif.

Meskipun terdapat laporan potensi Xeronine sebagai agen terapeutik seperti herbal anti asma, struktur Xeronine belum dipecahkan sampai sekarang. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hal tersebut mungkin terjadi secara alami. Xeronine pada Noni Juice, telah memperlihatkan bahwa sintesis organiknya secara praktis mungkin dapat digunakan untuk perawatan gangguan neurologis.

“Scopoletin” Penunjang Herbal untuk Asma

Scopoletin pada herbal untuk asma memiliki aktivitas anti-inflamasi yang dapat digunakan untuk mengobati penyakit asma. Scopoletin pada herbal anti asma mengatur hormon serotonin untuk membantu mengurangi kecemasan dan depresi.

Scopoletin merupakan coumarin pada Noni Juice sebagai herbal asma yang diisolasi pada tahun 1993 di Universitas Hawaii dan memiliki sifat analgesik. Serta kemampuan yang signifikan dalam mengontrol kadar serotonin tubuh. Peneliti lain telah menunjukkan bahwa scopoletin pada Noni Juice mungkin juga memiliki anti-mikroba (Duncan et al., 1998).

“Antrakuinon” Pelengkap Herbal Asma

Antrakuinon merupakan senyawa organik aromatik alami yang dapat ditemukan di beberapa tanaman, termasuk pada Noni Juice. Antrakuinon yang digunakan untuk tujuan medis ditemukan secara alami dan tidak dihasilkan dari reaksi kimia. Antrakuinon telah digunakan sejak berabad-abad untuk aplikasi medis pada Noni Juice sebagai herbal asma, ataupun sebagai agen antimikroba, dan antiinflamasi.

Asma berat dikaitkan dengan aktivasi sel T-helper (TH) 2 dan 17, yaitu aktivasi fosfoinositida-3-kinase (PI3K) dan neutrofilia saluran napas. Eksaserbasi asma umumnya disebabkan oleh rhinovirus (RV) dan juga terkait dengan peradangan yang dipicu oleh PI3K. Antrakuinon pada herbal untuk asma telah terbukti mengurangi fosforilasi AKT yang dimediasi PI3K secara in-vitro.

Hipoksia-faktor yang diinduksi-1α dan ekspresi faktor pertumbuhan endotel vaskular, dan ameliorasi alergen dan induksi hiperaktivitas RV, neutrofilik dan eosinofilik inflamasi, ekspresi sitokin / kemokin, hipersekresi lendir, dan ekspresi protein TH2 dalam saluran udara. Anthrakuinon herbal anti asma dapat meningkatkan respons interferon tipe 1 dan replikasi RV terbatas di paru-paru.

“Lalu, bagaimana dengan tingkat keberhasilannya? Dapatkah saya disembuhkan?” Ingatlah, bahwa sejauh ini, tidak ada metode pengobatan apapun di dunia yang dapat menyembuhkan asma secara permanen.

Namun, dalam kebanyakan kasus, pengobatan asma yang ada saat ini dinilai cukup efektif dalam mengendalikan dampak penyakit ini. Khusus untuk pengguna Noni juice, dilaporkan bahwa ada 70% kasus perbaikan yang dialami oleh para penderita asma dari sekitar lima ribu kasus yang diteliti oleh Dr. Neil Solomon bersama 75 dokter profesional lainnya pada tahun 2006 (Majalah Farmacia Edisi Mei 2006). Tentu saja, kita semua berharap bahwa kedepannya, akan ditemukan kemajuan lain yang signifikan dalam dunia pengobatan asma, baik medis maupun alternatif.

Daftar Pustaka:

Murata K, Abe Y, Shinohara K, Futamura-Masuda M, Uwaya A, Isami F, Matsuda H. 2014. Anti-allergic activity of the Morinda citrifolia extract and its constituents. Pharmacognosy Res. 2014 Jul;6(3):260-5. doi: 10.4103/0974-8490.132608. Diakses 2018-10-12.