Nitrit Oksida: Bagaimana Fungsinya untuk Melawan Virus Corona?


By Cindy Wijaya

Di tengah wabah corona, para peneliti berlomba-lomba menemukan obat dan suplemen yang berguna untuk mengatasi infeksi virus. Salah satu yang belakangan ini trending ialah nitrit oksida yang diklaim bermanfaat untuk suplemen anti-virus corona. Nitrit oksida dikabarkan dapat meningkatkan kekebalan saat virus masuk ke dalam tubuh.

Apa sebenarnya nitrit oksida itu? Bagaimana fungsinya untuk melawan infeksi virus corona? Bagaimana caranya kita bisa mendapat manfaat dari nitrit oksida? Apa herbal yang disarankan untuk mendapatkan manfaat dari nitrit oksida?

Artikel ini akan membahas jawaban dari pertanyaan-pertanyaan itu. Semua informasi di artikel ini didasarkan atas bahan-bahan yang telah diriset dengan baik. Silakan lihat bahan-bahannya pada bagian “sumber referensi” di akhir artikel ini.

Apa Itu Nitrit Oksida?

Nitrit oksida, atau nitric oxide, adalah molekul yang diproduksi secara alami oleh tubuh kita, dan molekul ini dibutuhkan untuk berbagai aspek kesehatan kita. Salah satu fungsi nitrit oksida yang paling penting ialah sebagai vasodilator, yaitu untuk melenturkan otot-otot bagian dalam pembuluh darah, sehingga mereka melebar dan peredaran darahnya lebih lancar.

Produksi nitrit oksida sangat penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan karena molekul ini membuat darah, nutrisi, dan oksigen dapat diantarkan ke setiap bagian tubuh kita secara efektif dan efisien. Dan kekurangan produksi nitrit oksida dikaitkan dengan penyakit jantung, diabetes, dan disfungsi ereksi.

Selain fungsinya sebagai vasodilator, nitrit oksida juga mempunyai peran-peran penting lain di dalam tubuh kita, antara lain:

  • Mengatur pengikatan dan pelepasan oksigen ke hemoglobin.
  • Mengontrol asupan oksigen ke mitokondria (pusat produksi energi sel).
  • Merangsang produksi mitokondria yang baru.
  • Membunuh mikroba yang menginfeksi tubuh, seperti virus dan bakteri.

Sebagaimana terlihat pada beberapa peran di atas, salah satu fungsi molekul ini ialah untuk membunuh virus yang menginfeksi tubuh. Nah, fungsi inilah yang akan disorot dalam artikel ini. Apakah nitrit oksida bisa membantu melawan infeksi virus corona?

Nitrit Oksida untuk Membantu Melawan Infeksi Virus Corona

Penelitian telah membuktikan bahwa nitrit oksida memiliki fungsi dan efek yang beragam untuk sistem kekebalan tubuh. Molekul ini bekerja pada tingkat seluler yang mengatur aktivitas dan koordinasi antar sel. Dengan begitu nitrit oksida dapat membentuk respons imun dan mempertahankan homeostasis (keseimbangan) tubuh.

Sehubungan dengan efeknya terhadap infeksi virus, nitrit oksida membantu sistem kekebalan dengan bertindak sebagai anti-virus dan memberikan banyak efek perlindungan yang sangat dibutuhkan selama terjadinya serangan infeksi virus tersebut.

Berdasarkan fungsi tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa nitrit oksida dapat membantu sistem kekebalan tubuh kita untuk melawan infeksi virus corona.

Karena nitrit oksida secara alami diproduksi oleh tubuh, jadi yang perlu kita lakukan adalah berusaha meningkatkan atau mempertahankan kadar nitrit oksida yang optimal di dalam tubuh kita. Bagaimana caranya?

Cara Meningkatkan Kadar Nitrit Oksida dalam Tubuh

Seperti banyak molekul dan senyawa penting lain di dalam tubuh kita, nitrit oksida bisa menjadi “pedang bermata dua”. Tubuh kita memproduksinya dalam jumlah secukupnya, dan itu berguna untuk membantu menjaga kesehatan. Tetapi jika jumlahnya terlalu banyak, itu bisa berbahaya dan merusak sel-sel tubuh.

Jadi cara yang paling baik untuk mempertahankan kadar nitrit oksida yang pas ialah dengan membantu tubuh memproduksinya sendiri secara alami. Kita bisa mengupayakannya dengan mengonsumsi beragam jenis makanan yang mengandung nitrat. Di dalam tubuh kita nitrat akan diubah menjadi nitrit oksida.

Nitrat bisa diperoleh dari sayur-sayuran, terutama seledri, selada, akar bit, dan bayam. Jenis-jenis makanan lainnya, termasuk buah-buahan, cokelat murni, bawang putih, dan anggur merah, juga mengandung polifenol dan senyawa-senyawa lain yang dapat meningkatkan produksi nitrit oksida di dalam tubuh kita.

Photo by FOODISM360 on Unsplash

Sel-sel tubuh kita menggunakan asam amino arginin (arginine), untuk membuat nitrit oksida. Makanan berprotein tinggi seperti daging-dagingan, seafood, susu, kacang-kacangan, dan biji-bijian dapat menjadi sumber arginin. Lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung arginin dapat menaikkan kadar nitrit dan nitrat dalam darah, yang kemudian akan meningkatkan produksi nitrit oksida.

Cara lain untuk menjaga kadar nitrit oksida yang pas adalah dengan mengonsumsi suplemen yang membantu tubuh memproduksinya sendiri secara alami. Dan agar tambah bermanfaat untuk melawan virus corona, suplemen tersebut juga perlu dilengkapi fungsi lain untuk memperkuat kekebalan tubuh.

Apa suplemen yang bisa dengan optimal membantu tubuh memproduksi nitrit oksida sekaligus memperkuat kekebalan tubuh? Yang kami rekomendasikan ialah minuman herbal Noni juice. Simaklah penjelasannya berikut ini.

Noni Juice Meningkatkan Produksi Nitrit Oksida dan Memperkuat Sistem Kekebalan

Penelitian menunjukkan bahwa Noni juice sanggup menyebabkan peningkatan produksi nitrit oksida pada makrofag yang telah terinfeksi patogen maupun pada makrofag yang tidak terinfeksi patogen.

Makrofag adalah jenis sel yang bertanggung jawab untuk mendeteksi, menelan, dan menghancurkan patogen.

Patogen adalah agen biologis yang menyebabkan penyakit pada inangnya. Sebutan lain dari patogen ialah mikroba parasit, dan contohnya yaitu virus, bakteri, dan fungi (jamur). Jadi virus corona merupakan salah satu patogen.

Pada saat virus corona masuk ke dalam tubuh, makrofag akan diaktifkan. Makrofag akan mendeteksi, menelan, dan berusaha menghancurkan virus corona tersebut.

Di sini lah peran dari nitrit oksida pada makrofag. Nitrit oksida tersebut akan bertindak sebagai anti-virus untuk membantu menghancurkan virus corona yang telah ditelan oleh makrofag. Dengan begitu, tubuh kita terbantu untuk lebih efektif mengatasi infeksi virus ini.

Noni juice meningkatkan produksi nitrit oksida untuk melawan virus corona
Noni Juice (Credit Gambar Noni: Sommai Larkjit / 123rf)

Itu hanya salah satu kemampuan Noni juice dalam membantu melawan infeksi virus. Herbal ini juga memperkuat sistem kekebalan tubuh kita secara keseluruhan.

Berbagai penelitian memperlihatkan bahwa meminum Noni juice secara teratur akan meningkatkan imunitas tubuh kita. Peningkatan itu terlihat dari perbaikan pada tiga penanda (marker) utama dari sistem kekebalan:

  • 19% penurunan MDA dalam darah – sehingga tubuh pulih dari stres, baik secara fisik, mental, maupun emosional.
  • 32% peningkatan aktivitas sel NK – sel-sel ini berlaku sebagai sistem pertahanan pertama untuk menelan sel-sel yang terinfeksi virus maupun patogen lainnya.
  • 30% peningkatan protein IL2 – protein ini memicu sistem kekebalan tubuh untuk memproduksi sel-sel darah putih yang menjadi pertahanan terakhir untuk membunuh virus.

Angka-angka di atas bukanlah jumlah yang kecil. Dengan perbaikan sebesar itu, sistem kekebalan tubuh kita dapat bertindak lebih cepat untuk membersihkan virus-virus di dalam tubuh, sebelum virus itu jadi semakin banyak dan lebih merusak tubuh kita.

Inilah mengapa Noni juice sangat baik untuk dikonsumsi di kala merebaknya wabah corona di Indonesia. Kita tentu ingin sebisanya meningkatkan kekebalan tubuh untuk mengantisipasi virus-virus yang masuk ke dalam tubuh kita agar mereka bisa cepat dibersihkan dan tidak sampai menimbulkan penyakit berbahaya.

Kesimpulan tentang Nitrit Oksida untuk Melawan Virus Corona

Apa itu nitrit oksida? Nitrit oksida adalah molekul yang diproduksi secara alami oleh tubuh kita. Salah satu fungsi dari molekul ini ialah untuk membantu sistem kekebalan tubuh dengan cara membunuh mikroba yang menginfeksi tubuh, seperti virus dan bakteri. Oleh sebab itu nitrit oksida dapat bermanfaat untuk membantu membasmi virus corona yang masuk ke dalam tubuh.

Bagaimana cara meningkatkan kadar nitrit oksida dalam tubuh? Karena kadarnya di dalam tubuh harus pas, tidak kurang-tidak lebih, maka yang paling baik adalah dengan membantu tubuh memproduksinya sendiri secara alami. Kita bisa melakukannya dengan mengonsumsi makanan-makanan yang membantu tubuh memproduksi nitrit oksida. Contohnya adalah sayur seledri, selada, akar bit, bayam, dan makanan berprotein tinggi.

Adakah herbal yang bagus untuk membantu tubuh memproduksi nitrit oksida? Herbal yang kami rekomendasikan ialah Noni juice. Herbal ini terbukti menyebabkan peningkatan produksi nitrit oksida pada makrofag. Makrofag adalah jenis sel yang bertanggung jawab untuk mendeteksi, menelan, dan menghancurkan virus.

Selain itu, konsumsi Noni juice juga akan meningkatkan imunitas tubuh kita secara keseluruhan. Penelitian membuktikan bahwa rutin minum Noni juice akan membuat tubuh lebih sanggup mengatasi stres, lebih siap menghadapi virus yang masuk, dan lebih efektif membunuh virus-virus di dalam tubuh.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang nitrit oksida untuk melawan virus corona. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda untuk menjaga kesehatan Anda maupun keluarga.

Sumber

Sumber Referensi:

MedicineNet. Medical Definition of Nitric Oxide. Reviewed: 2017-01-25. URL: https://www.medicinenet.com/script/main/art.asp?articlekey=22508

Singh, A. K., dkk. (2011). Role of Nitric Oxide in Immunity. Wayamba Journal of Animal Science. ISSN :2012-578X; P97-P102

Health and Wellness Alerts. The Best Way to Maintain Heart-Healthy Nitric Oxide Levels. Published: 2018-10-16. URL: https://www.healthandwellnessalerts.berkeley.edu/topics/heart-health/the-best-way-to-maintain-heart-healthy-nitric-oxide-levels/

Souza-Almeida, Fernando, dkk. (2016). Morinda citrifolia Linn. fruit (Noni) juice induces an increase in NO production and death of Leishmania amazonensis amastigotes in peritoneal macrophages from BALB/c. Nitric Oxide. 58: 1-8. DOI: 10.1016/j.niox.2016.06.004

Ma DL, Jun Z, Jianhua G, dkk. (2008). The effect of Tahitian Noni Juice on antioxidation and immune function. Chinese Medical Research & Clinical. 6: 8-10

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}