Sudah Harus Masuk Kerja? Ingat Cara untuk Mencegah Virus Corona Ini!

64
Bagaimana Cara untuk Mencegah Virus Corona COVID-19?
Credit Photo: Weidong / Shutterstock

Seiring dengan mulai dilonggarkannya PSBB, sebagian masyarakat sudah harus masuk ke tempat kerja lagi. Meski begitu, perlu diingat bahwa pandemi belum reda. Virus corona masih menjadi ancaman di sekitar kita, apalagi selama di tempat kerja maupun di perjalanan kita akan berinteraksi dengan banyak orang. Untuk itu, kita perlu mengerti bagaimana cara untuk mencegah virus corona agar tidak sampai terkena penyakit COVID-19 saat mulai masuk kerja.

Dalam artikel ini akan diulas tips lengkap bagaimana cara untuk melindungi diri Anda agar tidak tertular dan menularkan virus corona. Supaya tidak memberikan informasi yang keliru, kami mengambil sumber dari situs web kesehatan yang bisa dipercaya. Silakan lihat sumber referensinya di akhir artikel ini.

Cara untuk Mencegah Virus Corona: Cuci Tangan

Gunakan air yang mengalir dan sabun, dan gosokkan tangan Anda selama setidaknya 20 detik. Gosokkan busa sabun sampai ke pergelangan tangan, sela-sela di antara jari-jari, dan di bawah kuku Anda. Anda juga dapat menggunakan sabun anti-bakteri dan anti-virus.

Gunakan hand sanitizer jika Anda sedang tidak bisa mendapat air dan sabun. Cuci tangan Anda berulang kali dalam sehari, terutama setelah menyentuh benda apapun, termasuk ponsel atau komputer Anda.

Cara untuk Mencegah COVID-19: Hindari Menyentuh Wajah

Virus corona bisa tetap hidup pada permukaan benda selama hingga 72 jam. Anda bisa terkena virus ini jika tangan Anda menyentuh permukaan seperti pegangan pintu, ponsel, keyboard, tombol lift, dsb.

Jadi hindarilah menyentuh bagian wajah atau kepala Anda dengan tangan yang belum dicuci bersih, termasuk mulut, hidung, dan mata Anda. Hindari juga kebiasaan menggigit kuku. Ini dapat memberi peluang bagi virus corona untuk berpindah dari tangan ke dalam tubuh Anda.

Cara untuk Mencegah Virus Corona: Tidak Bersalaman atau Berpelukan

Sama seperti Anda dianjurkan untuk tidak menyentuh permukaan-permukaan benda yang mungkin terkontaminasi, Anda juga disarankan tidak menyentuh orang lain. Kontak dari kulit ke kulit dapat menularkan virus corona dari satu orang ke orang lainnya.

Cara untuk Mencegah COVID-19: Jangan Berbagi Barang Pribadi

Jangan berbagi barang-barang pribadi seperti ponsel, peralatan make up, dan sisir. Juga penting untuk tidak berbagi peralatan makan dan sedotan.

Cara untuk Mencegah Virus Corona: Tutup Mulut & Hidung Saat Batuk atau Bersin

Virus corona ada banyak terdapat di dalam hidung dan mulut orang yang terinfeksi. Ini berarti virus tersebut dapat dibawa ke udara oleh cairan di dalam hidung dan mulut ketika batuk, bersin, atau berbicara. Virus juga bisa mendarat di permukaan yang keras dan tetap tinggal di sana hingga 3 hari.

Gunakanlah tisu untuk menutup mulut dan hidung atau tutupi dengan siku Anda untuk menjaga tangan Anda tetap bersih. Kemudian cuci tangan sampai benar-benar bersih setelah bersin atau batuk.

Cara untuk Mencegah COVID-19: Bersihkan & Disinfeksi Permukaan

Gunakanlah disinfektan berbahan dasar alkohol untuk membersihkan permukaan-permukaan keras seperti permukaan meja dan pegangan pintu. Juga bersihkan ponsel, laptop, komputer, dan permukaan benda-benda lain yang biasa Anda gunakan setiap hari.

Cara untuk Mencegah Virus Corona: Terus Lakukan Physical Distancing

Sejak dari awal pandemi, selalu diingatkan bagaimana cara untuk mencegah virus corona, yang salah satunya adalah physical distancing. Selama masa PSBB, banyak orang bekerja dari rumah sehingga lebih mudah untuk menerapkan physical distancing.

Namun kini jika Anda sudah harus masuk ke tempat kerja, Anda tetap perlu menerapkan physical distancing. Anda bisa tertular virus hanya dari berinteraksi dengan orang dari jarak dekat. Jadi jagalah jarak sekitar 2 meter dari orang lain.

Cara untuk Mencegah COVID-19: Jangan Berkumpul

Berkumpul dengan banyak orang lebih mudah membuat Anda tertular, jadi hindarilah untuk berkumpul. Ini termasuk tidak berkerumun di tempat umum seperti di taman, mall, pasar, dan tempat ibadah. Tetaplah terapkan physical distancing ketika berada di tempat-tempat umum.

Cara untuk Mencegah Virus Corona: Hindari Makan atau Minum di Tempat Umum

Ini termasuk menghindari makan di restoran, kafe, warteg, dan tempat-tempat makan lainnya. Virus corona dapat ditularkan melalui makanan, peralatan makan, piring, dan gelas. Mungkin juga diterbangkan dari orang lain yang ada di tempat itu.

Anda masih bisa membeli makanan dengan cara takeaway (dibungkus) atau melalui jasa pengiriman. Pilihlah makanan yang dimasak hingga matang dan bisa dipanaskan kembali. Panas suhu tinggi (setidaknya 56 derajat C) membantu untuk membunuh virus corona.

Ini berarti lebih baik menghindari makanan yang disajikan dingin dari restoran dan semua makanan dari prasmanan yang disajikan terbuka.

Cara untuk Mencegah Virus Corona: Pakai Masker

Lembaga Centers for Disease Control and Prevention menganjurkan untuk memakai masker kain saat berada di tempat-tempat umum. Karena sulit untuk terus melakukan physical distancing saat berada di tempat umum, misalnya di kendaraan umum.

Jika digunakan dengan benar, masker ini bisa membantu mencegah penularan virus corona. Untuk membuat masker kain sendiri, silakan baca langkah-langkahnya di artikel ini: “Masker Kain untuk Virus Corona: Cara Membuat dari Bahan yang Efektif & Aman

Cara untuk Mencegah COVID-19: Karantina Diri Jika Sakit

Hubungi dokter jika Anda memiliki gejala-gejala COVID-19. Tetaplah di rumah sampai Anda pulih. Jangna duduk, tidur, atau makan bersama seseorang, meski dia tinggal bersama Anda. Kenakanlah masker dan selalu cuci tangan sesering mungkin.

Jika Anda membutuhkan perawatan medis yang mendesak dan harus menemui dokter, kenakanlah masker dan beri tahu sebelumnya bahwa Anda kemungkinan terkena COVID-19. Ini memungkinkan dokter dan staf medis lainnya untuk melakukan langkah-langkah pencegahan agar tidak tertular.

Mengapa Penting untuk Melakukan Langkah Pencegahan?


Penting untuk mengikuti cara mencegah virus corona dengan saksama karena virus ini berbeda dengan virus-virus lainnya. Penelitian yang sudah dilakukan sampai saat ini menunjukkan bagaimana pentingnya untuk mencegah virus corona ini:

  • Orang yang terinfeksi bisa tidak mengalami gejala apapun
  • Orang tanpa gejala tetap bisa menularkan virus ke orang lain
  • Masa inkubasi (dari awal penularan sampai munculnya gejala) yang lebih lama, antara 2 – 14 hari
  • Orang yang terinfeksi bisa dengan cepat menjadi sakit, dan gejala-gejalanya bisa parah
  • Virusnya bisa tetap ada di udara
  • Orang yang terinfeksi bisa menjadi sangat menular
  • Virus corona bisa dengan cepat menjalar ke bagian-bagian tubuh lain

Kesimpulan tentang Cara untuk Mencegah COVID-19

Walaupun beberapa daerah mulai melonggarkan PSBB dan memperbolehkan para pekerja untuk bekerja di tempat, kita tidak boleh lengah. Pandemi masih belum berakhir, jadi melakukan cara mencegah virus corona sangat penting untuk membantu menghentikan penularan virus ini.

Teruslah praktikkan kebersihan diri yang baik, ikutilah panduan-panduan pencegahan yang disediakan oleh tempat kerja Anda, dan anjurkan rekan-rekan kerja Anda untuk melakukan hal yang sama. Semoga Anda dan keluarga tetap sehat selalu.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang bagaimana cara untuk mencegah virus corona. Nantikanlah ulasan-ulasan bermanfaat lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Healthline. Coronavirus (COVID-19) Prevention: 12 Tips and Strategies. Published: 2020-06-04. URL: https://www.healthline.com/health/coronavirus-prevention