Minuman Penambah Stamina Alami yang Ampuh & Aman


By Cindy Wijaya

Kalau punya stamina yang bagus, kita sanggup menjalani berbagai kegiatan sepanjang hari, tanpa merasa terlalu letih. Memang yang terutama membutuhkan stamina tubuh yang tinggi adalah orang yang sering olahraga, misalnya para atlet. Tapi kita semua pasti akan lebih mudah menjalani aktivitas sehari-hari jika punya stamina yang baik. Dalam artikel ini akan dikupas mengenai minuman penambah stamina yang ampuh membantu badan tidak cepat lelah.

Minuman penambah stamina tubuh tersebut namanya adalah Noni juice, yang terbuat dari sari buah Noni. Mungkin banyak dari kita lebih akrab dengan Mengkudu, yang adalah nama lain dari Noni.

Buah Noni ini rupanya sudah sejak zaman dulu, lebih dari 1.600 tahun lalu, digunakan sebagai obat tradisional di daerah asalnya, Tahiti. Bahkan di sana Noni dahulu dianggap sebagai buah ajaib karena banyaknya khasiat yang dimilikinya. Sampai saat ini Noni tetap dikenal sebagai salah satu herbal multi-khasiat di Tahiti maupun di seputar dunia.

Dan di zaman modern juga sudah dilakukan beragam penelitian yang mengungkapkan “keajaiban” yang dimiliki buah Noni. Itu tidak lain berasal dari kandungan-kandungan berkhasiat di dalamnya. Berbagai kandungan tersebut juga dimiliki oleh Noni juice, yang merupakan sari buah Noni, sehingga menjadikannya minuman kesehatan yang sangat baik.

Minuman sari buah Noni ini telah membantu begitu banyak orang di seluruh dunia untuk terbebas dari masalah kesehatan mereka. Bisa dikatakan Noni juice merupakan minuman kesehatan terbaik di dunia! Bahkan menurut salah satu penelitian modern, diketahui sedikitnya ada 30 gangguan kesehatan yang dapat dibantu oleh sari buah Noni. (Sumber: Penelitian oleh Dr. Solomon yang ditulis di bukunya “NONI JUICE, How Much, How Often, For What”.)

Salah satu manfaat yang paling dirasakan setelah minum Noni juice ialah bertambahnya stamina dan energi tubuh yang tadinya mengalami kelelahan. Dan manfaat itu sepenuhnya alami dan tidak disertai efek samping, seperti yang biasa ditimbulkan energy drink (minuman peningkat energi).

Mari kita lihat bagaimana khasiat Noni juice sangat baik dan aman sebagai minuman penambah stamina agar tidak cepat lelah.

Bagaimana Khasiat Noni Juice sebagai Minuman Penambah Stamina?

Noni juice bekerja dengan cara mengisi ulang stamina dan energi yang kita butuhkan untuk sepanjang hari selama 1 minggu penuh melalui 4 cara utama berikut:

Memperbaiki Metabolisme Tubuh:

Dengan minum sari buah Noni setiap hari, metabolisme tubuh akan berfungsi dengan baik sebab Noni menutrisi tubuh dengan kandungan antioksidan yang dibutuhkan oleh metabolisme tubuh.

Bila metabolisme tubuh sanggup berjalan dengan baik, maka tubuh kita tidak akan gampang kehabisan energi dan cenderung selalu punya stamina untuk mengerjakan aktivitas dari pagi hingga malam.

Kemampuan ini juga yang menjadikan Noni bagus untuk minuman penambah stamina olahraga. Kita butuh metabolisme yang optimal agar bisa berolahraga dan mendapat manfaat maksimal dari olahraga.

Sebuah penelitian telah membuktikannya, yang diadakan oleh Tahitian Noni International Research Center dan Moscow Scientific and Practical Center of Sports Medicine. Yang diikutsertakan adalah para atlet olahraga berat seperti sepak bola, rugby, hoki es, dan basket.

Para atlet minum 100 ml sari buah Noni dua kali sehari, dan mengalami peningkatan daya tahan (endurance) sebesar 21%. Hasil ini diperoleh karena kemampuan Noni yang memberikan efek antioksidan yang kuat.

Memperbaiki Kualitas Tidur:

Kurang tidur atau kualitas tidur malam yang buruk merupakan salah satu penyebab utama menurunnya stamina tubuh kita. Noni juice bisa sangat membantu memperbaiki kualitas tidur kita dan manfaat ini sudah dibuktikan oleh penelitian.

Penelitian itu dilakukan oleh Dr. Neil Solomon, yang menunjukkan bahwa 1519 orang berhasil terbantu terlepas dari insomnia (susah tidur) setelah minum Noni. Ini kemungkinan karena cara kerja Noni yang mendorong tubuh untuk menghasilkan hormon-hormon seperti melatonin dan serotonin—dua hormon yang sangat berperan untuk memastikan tidur kita nyenyak di malam hari.

Memperkuat Daya Tahan Tubuh:

Daya tahan tubuh yang baik erat kaitannya dengan stamina yang bagus. Jika kita jarang terkena sakit, pastinya tubuh akan selalu punya energi dan stamina yang memadai. Dan dengan daya tahan yang baik, sistem imun tubuh akan membantu tubuh lebih cepat pulih dan mengisi ulang stamina lagi.

Sari buah Noni mengandung lebih dari 150 kandungan berbeda yang semuanya bermanfaat untuk kesehatan. Ini bisa membantu meningkatkan kesehatan tubuh kita secara keseluruhan sehingga tubuh kita punya daya tahan yang baik.

Selain itu bukti penelitian ilmiah menunjukkan bahwa Noni mampu meningkatkan sistem imun tubuh melalui tiga cara utama: menurunkan tingkat stres, memperkuat pertahanan alami tubuh terhadap penyebab penyakit, dan meningkatkan kemampuan sistem imun untuk memberantas penyebab penyakit.

Dengan kemampuannya ini, Noni juice juga baik untuk dikonsumsi sebagai minuman penambah stamina setelah sakit. Sebab Noni mampu mempercepat pemulihan melalui manfaatnya untuk memperkuat sistem imun alami tubuh kita.

Mendetoksifikasi Racun dalam Tubuh:

Manfaat Noni sebagai minuman penambah stamina tubuh juga tidak lepas dari manfaatnya untuk detoksifikasi racun. Racun (atau disebut juga toksin) dalam tubuh kita berdampak pada seberapa banyak energi yang kita punya.

Bila kita minum Noni juice setiap hari, racun-racun dalam tubuh akan secara berkala dinetralisir sehingga stok energi di tubuh kita selalu optimal. Dengan energi yang optimal, tentu kita punya stamina yang memadai untuk melakukan berbagai hal.

Noni Juice Lebih Baik daripada Minum Penambah Stamina Energy Drink

Sehubungan dengan konsumsi energy drink, banyak pakar kesehatan sudah memperingatkan bahayanya bagi kesehatan. Minuman penambah stamina instan ini mengandung banyak kafein yang memang bisa dengan cepat meningkatkan tingkat kewaspadaan dan fokus seseorang. Tapi kita perlu berhati-hati dengan efek samping yang ditimbulkannya.

Di balik efek instan dari kafein tingkat tinggi tersebut, ada masalah kesehatan yang dapat timbul akibat konsumsi energy drink. Itu antara lain overdosis kafein yang membuat jantung berdebar, tekanan darah naik, mual-muntah, ketergantungan, obesitas, hingga diabetes. Risiko tersebut tidak sebanding dengan manfaat energy drink yang cenderung sesaat.

Bagaimana dengan Noni juice? Apakah minuman penambah stamina tubuh ini aman untuk dikonsumsi? Ya aman, dan relatif bebas efek samping. Bahkan dari hasil penelitian oleh Dr. Neil Solomon didapati bahwa selain meningkatkan stamina, Noni juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan jantung, darah tinggi, obesitas, dan diabetes.

Jadi efeknya sangat positif, bertolak belakang dengan efek dari energy drink yang negatif bagi jantung, tekanan darah, berat badan, dan gula darah.

Selain itu karena murni terbuat dari bahan alami, sari buah Noni tidak menyebabkan ketergantungan. Kita bisa kapan saja menyetop minum Noni bila dirasa stamina sudah cukup membaik.

Jadi jelaslah bahwa Noni juice adalah pilihan yang jauh lebih baik untuk minuman penambah stamina agar tidak cepat lelah.

Resep Minuman Penambah Stamina

Kita bisa coba membuat sendiri minuman penambah stamina tubuh ini. Memang butuh kesabaran sebab prosesnya tidak sebentar. Tetapi jika berhasil maka kita bisa menikmati sari buah Noni yang menyegarkan dan enak rasanya hasil tangan sendiri. Berikut resep minuman penambah stamina ini.

Bahan-Bahan:

  • 5 buah Noni yang sudah matang.
  • Toples besar dari beling yang ada tutupnya.

Cara Meramu:

  • Sterilkan toples beling dengan mencucinya memakai sabun dan air panas.
  • Cuci buah Noni sampai bersih, dan keringkan dengan kain bersih.
  • Masukkan semua buah Noni ke dalam toples yang telah disterilkan.
  • Tutup rapat-rapat toplesnya, jika perlu pakai isolasi untuk menambah kerapatannya.
  • Taruh toples di tempat yang terkena sinar matahari.
  • Tunggu buah Noni berfermentasi dalam toples selama kurang-lebih 2 bulan.
  • Kita bisa melihat sarinya keluar dari buah Noni, dan lama-lama warnanya menjadi makin gelap.
  • Jika dirasa sudah cukup berfermentasi, saring pelan-pelan sarinya memakai saringan halus ke dalam mangkuk besar.
  • Bisa juga pakai saringan dari kain tipis supaya hasil saringannya lebih bersih.
  • Untuk mem-pasteurisasi sari buah Noni, masukkan sari ke toples beling lain yang sudah disterilkan, lalu masukkan ke dalam panci berisi air yang sedang dimasak mendidih. Biarkan selama 1 menit.
  • Noni juice buatan sendiri sekarang siap dinikmati. Noni juice ini bisa tahan hingga 1 bulan kalau disimpan dalam toples beling dan ditaruh di kulkas.

Aturan Minum:

  • Setiap kali ingin minum, tuangkan Noni juice ke gelas belimbing hingga terisi seperempatnya, kira-kira 50 ml.
  • Minumlah sebanyak 2 kali sehari agar stamina terjaga dan badan tidak cepat lelah.
Noni Juice sebagai Minuman Penambah Stamina Tubuh Agar Tidak Cepat Lelah
Credit Photo: Bigbubblebee99 / Shuterstock

Jika merasa resep minuman penambah stamina tubuh ini terlalu merepotkan, tenang saja. Produk Noni juice yang sudah jadi dan siap minum banyak tersedia di apotik atau toko khusus produk kesehatan.

Noni juice juga bisa dipesan secara online. Namun ada baiknya untuk membeli yang dijamin sepenuhnya (100%) terbuat dari sari buah Noni, tanpa bahan tambahan apapun. Sebab jika kandungannya murni, itu berarti kita akan memperoleh manfaat Noni sepenuhnya sebagai minuman penambah stamina agar tidak cepat lelah.

Minum Noni Juice Agar Tidak Cepat Lelah

Apakah Anda tertarik ingin mencoba Noni juice sebagai minuman penambah stamina tubuh? Tidak perlu ragu lagi, sebab herbal ini punya manfaat lengkap untuk tingkatkan stamina dan aman tanpa efek samping berbahaya.

Manfaat penambah staminanya terutama dimungkinkan oleh 4 cara ini: memperbaiki metabolisme tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, memperbaiki kualitas tidur, dan mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Keempatnya saling melengkapi satu sama lain sehingga kita akan punya stamina yang memadai sepanjang hari selama 1 minggu penuh.

Selain untuk menjaga tubuh agar tidak cepat lelah, Noni juga bisa dimanfaatkan sebagai minuman penambah stamina olahraga dan minuman penambah stamina setelah sakit.

Dan yang perlu diingat juga, sebagai herbal multi-khasiat, Noni mampu memberikan manfaat-manfaat “bonus” bagi kesehatan kita. Faktanya, Noni juice mampu mengatasi sedikitnya 30 masalah kesehatan, mulai dari yang ringan sampai yang berat.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang Noni juice, salah satu minuman penambah stamina terbaik. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

West BJ, Deng S, Isami F, Uwaya A, Jensen CJ. The Potential Health Benefits of Noni Juice: A Review of Human Intervention Studies. Foods. 2018;7(4):58. Published 2018 Apr 11. doi:10.3390/foods7040058. URL: https://dx.doi.org/10.3390%2Ffoods7040058

Palu, Afa & Seifulla, R. & Brett, J & West, Brett. (2008). Morinda citrifolia L.(noni) improves athlete endurance: Its mechanisms of action. Journal of Medicinal Plants Research. 2. 154-158. URL: https://www.researchgate.net/publication/228639276_Morinda_citrifolia_Lnoni_improves_athlete_endurance_Its_mechanisms_of_action

Solomon, Neil. 2000. Noni Juice: How Much, How Often, For What. Orem [US]: Direct Source Publishing

The University of Hawai’i. Noni Processing: Juice and Juice Products. URL: https://www.ctahr.hawaii.edu/noni/fruit_juices.asp

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>