Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Cara Mengatasi Badan Lemas Cara Mengatasi Badan Lemas Shutterstock

6 Cara Mengatasi Kelelahan Agar Tetap Berenergi di Hari Sibuk

Liburan panjang usai sudah dan kini Anda harus kembali pada rutinitas harian Anda sebagaimana biasa. Kembali dengan kemacetan yang melelahkan, pekerjaan setumpuk di meja kerja dan banyak aktivitas harian lain yang tidak kalah menyita energi. Padahal bisa jadi Anda belum pulih dari efek lelah pasca berlibur panjang dengan keluarga.

Mau bagaimana lagi, bisa jadi pekerjaan yang tertunda selama masa liburan bahkan sudah menanti di hadapan Anda. Yang perlu Anda siasati hanya bagaimana cara mengatasi badan lemas agar tetap semangat di hari-hari sibuk Anda.

Sibuk dengan aktivitas harian Anda mungkin makanan sehari-hari yang harus Anda hadapi. Kadang ini cukup melelahkan sampai di akhir hari Anda merasa sangat kelelahan. Dan mungkin di akhir pekan Anda benar-benar kehabisan energi untuk menikmati waktu santai Anda.

Anda bisa membantu diri Anda untuk tetap berenergi dengan kesibukan Anda yang demikian padat, hanya dengan mengatur ulang gaya hidup Anda. Beberapa cara akan membantu Anda mendapatkan energi lebih efektif dan efisien. Termasuk dengan mengubah pola makan, melakukan beberapa aktivitas dan menjalankan gaya hidup yang lebih teratur.

Dan berikut adalah beberapa cara mengatasi kelelahan yang bisa membantu Anda merasa lebih berenergi meski di hari sibuk Anda.

Sarapan yang Benar

Nasehat lama mengatakan jangan hindari sarapan, dan itu sama sekali tidak salah. Rasanya sekarang kebanyakan orang sudah menyadari bagaimana pentingnya sarapan untuk memulai hari. Menjalankan hari yang sibuk tanpa sarapan akan membuat tubuh Anda lemas dan kelaparan.

Masalahnya, kadang Anda masih saja mudah lapar dan lemas sekalipun sudah sarapan. Bisa jadi letak kesalahannya adalah menu sarapan yang Anda pilih. Pastikan Anda memilih sarapan yang mengandung karbohidrat kompleks, kaya serat dan protein.

Ini akan membantu Anda menahan lapar lebih lama sekaligus membantu Anda untuk menghasilkan energi dengan lebih optimal. Hindari sarapan dengan hanya setangkap roti putih dan selai, atau sepiring nasi goreng. Ini pilihan kaya kalori yang hanya akan menambah berat badan Anda tanpa membantu Anda mendapatkan suplai energi cukup di pagi hari.

Alihkan menu sarapan Anda dengan roti gandum lengkap dengan selada, potongan tomat dan telur rebus. Atau coba sajikan semangkuk oatmeal bersama dengan beberapa buah kering dan susu almond.  

Anda juga perlu memastikan menu makan siang dan makan malam Anda tetap dalam komposisi yang sehat. Perbanyak porsi sayuran, buah dan protein. Kurangi asupan karbohidrat sederhana dan bila mungkin alihkan dengan karbohidrat kompleks.

Jangan Makan Terlalu Kenyang

Kebanyakan orang mengira makan dalam porsi banyak dan kenyang akan membantu Anda cukup berenergi. Faktanya menjadi terlalu kenyang membuat Anda lemas dan mudah mengantuk. Hasilnya Anda justru merasa tidak penuh energi sepanjang hari.

Menurut HUFFPOST, makan hingga kenyang dengan komposisi gula dan karbohidrat yang tinggi adalah penyebab utama Anda merasa mudah mengantuk sesudah makan. Pasalnya rasa kenyang, kenaikan kadar glukosa darah dan sejumlah komponen dalam makanan akan memicu naiknya hormon-hormon yang menyebabkan efek kantuk seperti melatonin, serotonin dan orexin.

Makan sekaligus banyak hanya akan menyebabkan gula darah Anda naik, kemudian memicu insulindiproduksi dalam jumlah besar. Ini memaksa sel-sel tubuh menarik banyak glukosa untuk membentuk energi yang kadang karena tidak terpakai hanya terbuang percuma menjadi keringat. Sedang sisa glukosa dalam darah akan ditarik oleh liver dan dibuang melalui urin. Jadi makanan Anda akan terbuang percuma begitu saja.

Anda justru disarankan dalam Health, untuk makan dalam porsi lebih kecil dan lebih sering. Ini membantu kadar gula tetap stabil sekaligus membantu tubuh mendapatkan suplai energi yang mencukupi sepanjang hari. 

Siapkan snack sehat di laci Anda untuk mengisi perut Anda disela-sela waktu makan utama. Bisa berupa buah, kacang almond, kismis, popcorn non lemak, granola, biskuit oatmeal dan lain sebagainya.

Hindari Makanan Manis

Sebagaimana dijelaskan masalah terbesar dari metabolisme justru terletak pada kadar gula darah. Ketika kadar gula naik, maka tubuh justru akan menyikapinya dengan negatif. Kenaikan gula darah yang cepat yang pada akhirnya mendorong sel memproduksi energi dengan cepat.

Energi yang dihasilkan dari proses ini mudah hilang dan akhirnya tak lama Anda akan kembali lemas, mudah mengantuk dan kadang juga kembali lapar. Ditambah dengan pengaruh kenaikan hormon-hormon penyebab kantuk yang terstimulasi akibat produksi gula, maka Anda akan semakin merasa lemas dan tak berenergi di akhir hari.

Dan masalah yang ditimbulkan dari makanan-makanan manis ini bukan hanya itu, Anda akan berhadapan dengan penurunan fungsi liver akibat terlalu banyak fruktosa yang perlu dinetralkan oleh liver.

Menurut AUTHORITY NUTRITION, ini akan menyebabkan semakin banyak cadangan lemak yang dibentuk oleh liver. Kinerja liver yang memburuk akan mempengaruhi kemampuan tubuh menghasilkan energi secara general.

Tetap Berolahraga

Anda boleh saja sibuk dengan aktivitas harian Anda, tetapi cobalah untuk meluangkan waktu Anda untuk berolahraga. Sama sekali tidak berolahraga justru akan menurunkan kemampuan metabolisme tubuh Anda dan menurunkan kemampuan tubuh Anda untuk memproduksi energi.

Latihan fisik kadang tidak selalu bicara soal kuantitas. Karena kualitas kadang justru lebih efektif dari pada kuantitas. Demikian menurut ulasan Prevention. Jadi tak perlu khawatir bila Anda merasa tak punya banyak waktu. Bahkan olahraga 20 menit dengan intensitas tinggi masih cukup bermanfaat untuk menjaga stabilitas metabolisme tubuh Anda.

Pada dasarnya tubuh Anda berjalan sesuai kebiasaan. Dan bila tidak ada aktivitas yang membutuhkan energi tinggi, maka otomatis metabolisme tubuh cenderung berjalan lambat. Olahraga adalah salah satu bentuk aktivitas yang  membutuhkan energi besar. Dan ini akan menstimulasi metabolisme bekerja lebih aktif.

Olahraga yang dijalankan rutin akan mendorong metabolisme secara rutin menghasilkan energi yang lebih besar. Demikian penjelasan dalam laman Men'sHealth, membuktikan ada manfaat olahraga sebagai cara mengatasi kelelahan.

Bahkan sekedar peregangan juga tetap diperlukan di sela-sela waktu sibuk Anda. Peregangan akan membantu mengurai ketegangan pada otot yang terus dipaksa berada dalam posisi yang sama selama berjam-jam. Juga membantu melancarkan kembali sirkulasi darah. Sirkulasi darah yang lancar juga baik untuk menjaga stabilitas metabolisme tubuh. 

Tidur Bila Mengantuk

Bila rasa lelah benar-benar menguasai Anda dan mata Anda terasa sangat lelah, mungkin memang jawaban paling tepat adalah tidur. Kadang tidur siang sesaat justru akan mengembalikan kinerja Anda.

Coba untuk meluangkan waktu setidaknya 20 menit, pastikan menemukan ruang yang cenderung sepi untuk memudahkan Anda merasa nyaman dan tenang. Pejamkan mata dan pilih posisi nyaman yang membantu Anda relaks, tidak harus posisi rebahan bila memang tidak memungkinkan, cukup pastikan Anda bisa menyandarkan kepala dan tubuh Anda.

Biarkan Anda tidur sesaat selama 20 menit ini, dan rasakan efeknya pasca Anda terbangun. Mata kantuk Anda akan kembali terasa segar dan tubuh Anda kembali berenergi. Sempatkan untuk mencuci muka setelah tidur sesaat untuk lebih menyegarkan diri.

Tidur membantu tubuh Anda mendapatkan lebih banyak asupan oksigen, sekaligus menurunkan suhu otak. Suplai oksigen dan penurunan suhu pada otak membantu otak Anda kembali bekerja optimal, mengembalikan keseimbangan hormonal dan menstimulasi fungsi neurotransmitter. Ini adalah cara mengatasi badan lemas yang membantu Anda kembali segar dan siap berkonsentrasi kembali.

Minum Air Putih

Metabolisme tubuh rupanya bergantung dengan sebaik apa tubuh Anda terhidrasi. Dan cara terbaik menghidrasi tubuh adalah dengan air putih. Ini pilihan lebih sehat ketimbang minuman lain, termasuk minuman energi, teh dan kopi.

Kopi memang baik untuk membantu mendorong produksi energi dan meningkatkan sirkulasi darah, demikian pula dengan teh. Minuman energi membantu tubuh menarik sumber energi lebih aktif dan menghasilkan energi dengan lebih optimal. Tetapi semua pendorong dan stimulan ini akan efektif untuk tubuh hanya bila tubuh terhidrasi dengan baik.

Dalam LIVESTRONG.COM, dijelaskan membantu sirkulasi darah berjalan dengan baik dan menjaga kondisi elektrolit tetap seimbang. Kondisi ini berperan penting untuk memastikan setiap sel mendapatkan suplai oksigen dan bahan baku energi yang mencukupi.

Menjadi tetap segar dan berenergi sepanjang hari di waktu sibuk Anda memang sangat penting. Anda tentu tidak ingin jatuh lemas di akhir hari akibat kesibukan Anda, dan akibat betapa tidak efisiennya metabolisme tubuh Anda berjalan. Karena itu penting menjalankan gaya hidup yang sehat untuk mendukung stabilitas metabolisme tubuh Anda.

Demikianlah 6 cara mengatasi badan lemas yang dapat Anda praktikkan sewaktu menghadapi hari-hari yang sibuk. Jangan biarkan kelelahan membatasi aktivitas Anda, sehingga ketika sampai rumah pun Anda tetap bisa menikmati waktu menyenangkan bersama keluarga.

FOLLOW DEHERBA.COM:
instagram

Log In or Register