Menyingkap Manfaat Buah Markisa untuk Kesehatan

527

Diedit:

Siapa tidak kenal dengan buah segar yang selama ini kerap diidentikan sebagai tanaman khas dari kawasan Makasar dan Sumatera Utara ini? Buah yang dikenal dengan rasa asam dan aroma segarnya ini memang digemari sebagai bahan minuman atau tambahan dalam sajian dingin. Dan ternyata dibalik rasa asam segarnya tersimpan sederet manfaat buah markisa yang tak boleh Anda lewatkan.

Kali ini kita akan mencoba untuk meningkap manfaat buah markisa untuk kesehatan. Meski memang bukan jenis buah yang mudah Anda temukan karena buah ini cukup jarang ditanam. Dan berikut ini sejumlah manfaat buah markisa yang bisa Anda dapatkan dari kandungan nutrisi dan fitokimia yang tersimpan didalam buah unik berbulir bening ini.

  • Membantu program diet Anda

    Sejumlah riset telah dikembangkan terkait dengan buah markisa. Dan salah satunya dirlis dalam jurnal National Institutes of Health tahun 2016 dengan tajuk Passiflora edulis peel intake improves insulin sensitivity, increasing incretins and hypothalamic satietogenic neuropeptide in rats on a high-fat diet.

    Dalam jurnal tersebut diungkap adanya kemampuan buah markisa dalam membantu meningkatkan pembakaran, mencegah pembentukan gliserin pada area perut dan sekitar hati, mendorong produksi enzim yang bekerja memecah lemak sehingga juga berperan mengatasi kelebihan lemak pada area perut.

  • Membantu mengatasi diabetes

    Masih merujuk pada jurnal yang sama, ditemukan sejumlah fakta bahwa pemberian asupan buah markisa pada pasien penderita diabetes tipe 2 akan menunjukan progres positif terhadap penurunan kadar glukosa darah.

    Kinerja manfaat buah markisa akan mendorong daya serap sel terhadap glukosa dan meningkatkan sensitivitas sel terhadap hormon insulin. Kadar vitamin C yang sangat tinggi akan sangat efektif mendorong tubuh lebih efektif mengatasi kelebihan glukosa darah.

  • Sebagai anti-kanker

    Buah markisa dikenal dengan daging buahnya yang bening berbulir dimana didalamnya berada biji buah berwarna hitam kecil serupa dengan ukuran wijen kecil. Ternyata dalam biji buah markisa yang pada umumnya juga turut dikonsumsi ketika Anda mengkonsumsi buah markisa, ditemukan sejumlah kandungan vitamin B17 yang merupakan salah satu komponen pengobatan kanker modern.

    Selain itu, menurut Journal of Agriculture And Food Chemistry ditemukan kandungan piceatanol yang bekerja menghambat pembentukan sejumlah jenis sel kanker dan mendorong produksi kolagen.

    Kandungan sejumlah senyawa fitokimia lain seperti isovitexin, polifenol dan karetinoid juga memberi Anda manfaat anti radikal bebas yang membantu membersihkan tubuh dari oksidan, mencegah oksidasi sel dan mengatasi kerusakan DNA. Demikian yang diungkap dalam riset oleh University of Florida.

  • Memberi efek sedatif atau menenangkan

    Dalam buah markisa, ditemukan kandungan passiflorine yang menjadi senyawa kimia khas dari jenis tanaman markisa. Senyawa ini bekerja sebagai penenang, memberi efek sedatif atau membantu Anda merasa relaks dan mudah mengantuk.

    Sifat sedatif ini akan sangat baik untuk membantu Anda yang bermasalah dengan insomnia. Juga baik untuk menurunkan intensitas stress yang menyebabkan ketegangan otot dan tekanan darah tinggi.

    Meski belum sepenuhnya dibuktikan, sejumlah pandangan medis memasukan buah markisa dalam diet khusus bagi anak hiperaktif dengan pandangan buah ini memberi efek menenangkan.

  • Mengurangi masalah asma

    Terapi buah markisa untuk penderita asma dibuktikan efektivitasnya oleh Arizona College of Public Health, Tucson, US tahun 2008. Dalam studi tersebut diungkap adanya kandungan anti histamin dan anti inflamasi dalam buah markisa seperti flavonoid, theobromine, harmol, dan asam askorbat atau vitamin C yang menjadi terapi alami untuk sistem imunitas tubuh.

    Dalam riset terbukti bahwa terapi dengan buah markisa akan efektif membantu mengatasi keluhan asma hingga kisaran 75%. Buah markisa akan membantu menurunkan gejala gatal secara signifikan.

  • Membantu mengatasi osteoartritis

    Keluhan osteoertritis erat kaitannya dengan kerusakan sel pada area tulang dan sendi akibat efek autoimun, efek sejumlah kasus penurunan komposisi tulang dan masalah peradangan pada sendi.

    Rupanya kandungan sejumlah anti inflamasi dalam buah markisa, senyawa asam yang terdapat di dalamnya dan kandungan scolopetin akan membantu mempercepat proses perbaikan sel dalam tulang dan sendi.

    Riset yang dirilis dalam National Institutes of Health tahun 2010 dengan tajuk Oral intake of purple passion fruit peel extract reduces pain and stiffness and improves physical function in adult patients with knee osteoarthritis menjadi bukti manfaat buah markisa untuk mengatasi keluhan sendi dan tulang.

  • Menjaga kesehatan mata

    Kadar vitamin A dan karetonoid dalam buah markisa terbilang sangat tinggi. Sehingga sangat efektif membantu memperbaiki kerusakan sel pada mata, sistem neurotransmitter pada sistem penglihatan dan membantu memperbaiki struktur lensa dan retina mata.

  • Melancarkan sirkulasi darah

    Dalam buah markisa ditemukan kandungan scolopetin yang sanat efektif membantu memperbaiki sirkulasi darah. Kandungan kalium di dalamnya akan memperbaiki komposisi darah dan mengatasi tekanan darah tinggi. Dalam buah markisa juga ditemukan kandungan zat besi yang membentuk sel darah merah.

  • Sebagai anti-inflamasi

    Buah markisa mengandung vitamin C yang melebihi kebutuhan tubuh. Dalam kondisi normal tidak disarankan mengkonsumsi buah markisa berlebihan karena bisa membebani hati dan ginjal, karena kelebihan vitamin C perlu dinetralkan oleh mekanisme liver.

    Namun kandungan vitamin C yang sangat tinggi ini akan bekerja memaksimalkan fungsi imunitas dalam melawan sejumlah bakteri dan virus, mengatasi inflamasi, mempercepat proses regenerasi sel dan perbaikan sel akibat efek peradangan.

  • Membantu mencegah cacat bayi

    Dalam buah markisa ditemukan sejumlah besar asam folat yang penting untuk mencegah kerusakan DNA, mencegah kerusakan dan kegagalan pertumbuhan janin dalam rahim sehingga baik untuk ibu hamil dalam mempertahankan kesehatan pertumbuhan janin.

  • Baik untuk kesehatan kulit

    Anda yang gemar mengkonsumsi buah markisa akan mendapatkan manfaat percepatan perbaikan sel wajah. Ini karena vitamin C dan fitosterol dalam buah markisa akan menstimulasi produksi kolagen dan glutathione. Keduanya penting untuk mengatasi kelebihan produksi minyak pada wajah dan membantu mencegah serta mengatasi kerutan pada wajah.

Demikian sejumlah manfaat buah markisa yang bisa Anda peroleh. Akan tetapi perlu diingat bahwa sejumlah kandungan di dalam buah markisa berada pada kadar relatif tinggi yang justru bisa membahayakan tubuh Anda.

Agar mendapat manfaat buah markisa yang sangat baik bagi tubuh, konsumsilah secara teratur dan berimbang atau secukupnya. Dan mulailah mengonsumsi beragam jenis buah lain juga untuk memperoleh manfaatnya bagi tubuh.

Advertisement
Alinesia