Menyiasati Sakit Gigi Pada Bayi di Tahun Pertama


By Fery Irawan

Orang tua mana yang tega melihat bayi mungil mereka menjerit dan menangis kesakitan! Setiap orang tua pasti berupaya untuk menenangkan mereka, namun bagaimana jika jeritan ini berawal dari gusi lantaran tumbuhnya gigi pertama mereka? Bagaimana menyiasatinya?

Pahamilah bahwa akar permasalahannya ada pada gusi bukan buah hati Anda, jadi tahap awal yang paling efektif adalah menenangkan diri Anda sendiri. Pada dasarnya secara reflek buah hati Anda telah mengisyaratkan hal apa yang seharusnya Anda lakukan.

Coba Anda perhatikan, pada saat pertumbuhan awal giginya ia tentu mengepalkan tangan dan berupaya mengunyah–nya padahal giginya belum tumbuh. Tindakan ini mereka lakukan guna meringankan penderitaan yang disebabkan oleh pertumbuhan gigi.

Tidak hanya kepalan tangan, apapun yang Anda berikan kepadanya tentu akan segera menjadi korban bagi gusi sang Buah Hati. Anda juga perlu berhati-hati apakah barang–barang yang dimasukan kedalam mulut itu terjamin kebersihannya? Bagaimana dengan tekstur bahan tersebut? Adakah cara yang dapat meringankan sakit gigi pada bayi?

Mainan Karet

Inilah alasan mengapa peranan mainan karet untuk di gigit penting guna membantu meringankan rasa nyeri dan sensasi menggelitik pada gusi mereka. Sekedar informasi, sewaktu memilih mainan karet untuk di gigit, pilihlah yang berukuran agak besar sehingga tidak mudah tertelan dan memiliki tekstur kenyal dengan permukaan yang lembut.

Pastikan juga, bahan mainan ini memungkinkan Anda untuk mensterilisasinya—sehingga kesehatan bayi Anda tetap terjaga. Mainan karet untuk digigit tidak hanya berfungsi untuk meringankan rasa nyeri yang timbul, tetapi juga berfungsi untuk menguatkan rahang dan merangsang pertumbuhan giginya agar dapat mencoba makanan lainnya.

Biskuit Bayi

Bicara soal makanan—Anda dapat memberikan biskuit bayi, tak perlu khawatir terhadap teksturnya. Biskuit Bayi lebih aman diberikan dan memang dirancang khusus, namun jangan samakan dengan biskuit yang biasa di konsumsi orang dewasa. Mengapa?

Baca Juga:  Menentukan Jenis Kelamin Bayi: Apa Bisa?

Beberapa biskuit atau bahkan krakers memiliki tekstur yang cukup keras, tak mudah larut walau terkena air liur dan hindari variasi topping yang dapat melukai gusi sang Buah Hati. Makanan yang sedikit padat dari biasanya dapat diberikan sehingga ia dapat berlatih mengunyah makanan dengan baik.

Acetaminophen

Selain itu, pemberian zat cair berupa Acetaminophen juga dikenal dapat mengatasi rasa nyeri. Acetaminophen merupakan obat–obatan sejenis analgesik atau pereda rasa sakit dan hanya digunakan berdasarkan resep dan konsultasi dokter untuk mendapatkan dosis yang sesuai.

Bagaimana dengan efek samping yang bisa timbul? Ini jarang terjadi pada penggunaan yang sesuai dengan dosis, namun penggunaan yang berlebihan atau tidak sesuai dengan dosis dapat menyebabkan kerusakan fungsi hati. Jadi, waspadalah sewaktu memilih alternatif ini!

Sajian Dingin

Bagi yang ingin mencoba cara tradisional dan sederhana, Anda dapat memasukan mainan gigit kedalam lemari pendingin namun tidak membekukannya sebelum diberikan kepada sang Buah Hati. Atau, hidangkan sajian dingin.

Sensasi dingin yang menyentuh gusi dipercaya dapat meringankan rasa nyeri, namun sekali lagi Anda perlu waspada agar lemari pendingin Anda bersih dan tidak terkontaminasi dengan bahan makanan lainnya yang justru dapat membuat buah hati Anda sakit.

Nah jika pertumbuhan gigi sudah maksimal, Anda dapat mulai melakukan perawatan terhadap gigi mereka—bahkan selama proses pertumbuhan gigi tersebut.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}