Mengenal Ihwal Kateterisasi Jantung


By Fery Irawan

Mungkin Anda dan sebagian besar masyarakat lainnya belum begitu paham apa itu kateterisasi jantung? Apa manfaatnya untuk kesehatan jantung? Kateterisasi jantung ini merupakan tindakan medis untuk mendiagnosa kondisi jantung seseorang. Alat yang digunakan untuk melakukan keteterisasi ini disebut dengan kateter. Karena itulah prosesnya disebut dengan kateterisasi jantung.

Kateterisasi jantung ini memiliki resiko yang cenderung rendah sehingga Anda tak perlu risau ketika melakukan proses ini. Lalu, apa maksud dan tujuan dilakukannya kateterisasi jantung ini?

Tentu saja ada alasan medisnya. Proses kateterisasi jantung dilakukan untuk melihat apakah ada masalah pada jantung si pasien. Hasil dari kateterisasi juga dapat dijadikan sebagai diagnosa pembanding antara satu rumah sakit dengan rumah sakit yang lain. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari dilakukannya kateterisasi jantung ini antara lain:

  • Mengetahui adanya penyumbatan pada pembuluh darah yang akan berdampak pada keluhan nyeri dada.
  • Mengetahui berapa tekanan di dalam jantung pasien untuk menentukan apakah tekanan yang terjadi aman atau tidak.
  • Mengetahui kadar jumlah oksigen di dalam jantung (hemodinamik).
  • Melakukan biopsi alias mengambil sampel jaringan dari jantung pasien.
  • Mengetahui ada atau tidaknya masalah pada bagian katup jantung pasien.
  • Mengetahui ada atau tidaknya kelainan jantung sejak lahir.

Itulah beberapa hal yang dapat diperoleh ketika pasien melakukan kateterisasi jantung. Sedangkan fungsi lain dari kateterisasi jantung yang tak kalah vitalnya ialah dapat digunakan menjadi bagian dari tindakan untuk mengobati penyakit jantung, seperti:

  • Penutup lubang jantung
    Sebagaimana diketahui bahwa dalam beberapa kasus, kelainan jantung bawaan biasanya melibatkan lubang pada jantung. Lubang pada jantung tersebut kemudian bisa ditutup dengan kateter yang sejatinya lebih aman dibandingkan dengan melakukan operasi dada terbuka.
  • Mengganti atau memperbaiki bocornya katup jantung
    Pada penderita yang mengalami bocor pada katup jantung, salah satu cara mengobatinya ialah dengan melakukan kateterisasi jantung. Proses kateterisasi jantung ini dapat digunakan untuk memperbaiki atau mengganti katup jantung yang sudah bocor.
  • Balloon volvuloplasty
    Kateterisasi jantung dalam penyakit ini ialah dengan cara menjahit kateter pada bagian katup jantung yang sempit dan kemudian memperluasnya.
  • Penyumbatan darah
    Kateter tersebut dipasang di pembuluh arteri yang kemudian akan dibawanya ke sumbatan darah. Setelah sampai di pembuluh darah yang tersumbat tersebut maka kateter akan melepaskan sumbatan darahnya.
Baca Juga:  Wanita dan Penyakit Jantung

Meskipun dikatakan bahwa kateterisasi jantung ini minim resikonya namun bukan berarti si pasien yang melakukannya tidak memiliki resiko apapun (not zero rizk). Komplikasi mayor memang bisa dikatakan sangat jarang terjadi. Adapun resiko dari proses kateterisasi jantung ini antara lain:

  • Mengalami perdarahan ringan.
  • Mengalami memar-memar/kebiruan.
  • Dapat menyebabkan ritme jantung yang tidak beraturan.
  • Dapat menimbulkan robekan pada jantung atau bagian arteri.
  • Memungkinkan terjadinya kerusakan pada ginjal.
  • Terjadinya infeksi.
  • Kemungkinan dapat mengalami bekuan darah.
  • Kemungkinan alergi dari obat yang dikonsumsi sebagai bagian dari kateterisasi jantung.

Itulah beberapa hal mengenai apa itu kateterisasi jantung, manfaat, dan resiko yang akan ditimbulkannya. Sebagai tindakan pencegahan dan pengobatan penyakit jantung yang sudah diderita sebaiknya Anda melakukan tindakan kateterisasi jantung ini.

Selain manfaat yang akan diperoleh, kateterisasi jantung juga termasuk minim resikonya terlebih kalau dilakukan oleh tim dokter yang sudah berpengalaman. Makanya, sebelum Anda memastikan akan melakukan tindakan kateterisasi jantung ini, sebaiknya dipastikan dulu siapa dokter yang akan terlibat karena cukup menentukan keberhasilan kateterisasinya sendiri.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}