Melawan Kanker: Apa Perawatan yang Tepat untuk Saya?

107
Melawan Kanker
(Credit: Kiyoshi Takahase Segundo / Alamy Stock Photo)

Langkah pertama dalam perjuangan melawan kanker adalah memperlengkapi diri kita dengan pengetahuan yang benar. Memang awalnya pasti sangat sulit ketika mendengar diagnosis dokter. Kita bisa jadi merasa sangat cemas, takut, dan bingung bagaimana bisa menghadapinya. Itu wajar, tapi diagnosis kanker bukanlah akhir segalanya. Ada baiknya kita segera mencari tahu bagaimana cara berjuang melawan kanker yang benar.

Dalam artikel ini akan dibahas sejumlah informasi penting yang terutama dibutuhkan oleh para penderita kanker untuk memutuskan tentang perawatan yang akan dijalani. Juga akan diberikan daftar pertanyaan penting yang perlu ditanyakan pada dokter sebelum menjalani suatu jenis perawatan medis tertentu.

Melawan Kanker: Apa yang Harus Kita Ketahui tentang Perawatan Kanker?

Ketika dokter sudah mendapatkan diagnosis yang pasti tentang penyakit kanker kita, biasanya beliau juga sudah punya informasi tentang jenis, letak, dan stadium kanker kita. Berbekal informasi tersebut, beliau dapat memberikan saran perawatan yang secara medis dianggap tepat untuk kondisi kita.

Pada umumnya perawatan atau pengobatan kanker terdiri dari operasi, terapi radiasi, kemoterapi, konsumsi obat, dan terapi-terapi lainnya. Tujuan dari perawatan kanker ialah untuk menyembuhkan penyakit kanker, mengecilkan ukuran kanker, atau menghentikan perkembangan kanker.

Saat ini sudah ada banyak pilihan pengobatan. Bergantung pada kondisi Anda, Anda mungkin disarankan untuk menjalani satu jenis perawatan saja atau mungkin kombinasi dari beberapa perawatan. Mengetahui dan mempelajari cara perawatan yang disarankan oleh dokter merupakan langkah penting untuk berjuang melawan kanker.

Melawan Kanker: Mengapa Kita Membutuhkan Perawatan?

Tujuan dari perawatan kanker adalah untuk sebisa mungkin menyembuhkan kanker, sehingga kita bisa hidup normal. Mencapai tujuan ini bisa jadi “mungkin atau tidak mungkin”, tergantung pada situasi khusus yang kita hadapi.

Kalau situasinya “tidak mungkin” mengalami kesembuhan, maka tujuan perawatan disesuaikan menjadi untuk mengecilkan ukuran kanker atau memperlambat perkembangan kanker supaya kita bisa hidup lebih lama tanpa mengalami gejala yang menyakitkan.

Tiga Kegunaan Umum dari Perawatan Kanker


Perawatan Utama: Tujuan dari perawatan utama adalah untuk sepenuhnya menghilangkan kanker dari tubuh atau untuk membunuh semua sel-sel kanker. Setiap jenis perawatan kanker dapat digunakan untuk perawatan utama, tapi umumnya adalah operasi.

Jika kanker yang kita miliki sangat sensitif terhadap terapi radiasi atau kemoterapi, mungkin kita akan menerima salah satu dari terapi tersebut sebagai perawatan utama.

Baca juga:  Sudah Terbukti! Pola Makan Sehat Terbaik untuk Penderita Kanker

Perawatan Adjuvan (Tambahan): Tujuan dari perawatan adjuvan adalah untuk membunuh sisa sel-sel kanker yang tertinggal setelah perawatan utama supaya mengurangi kemungkinan kanker kambuh kembali. Setiap jenis perawatan kanker dapat digunakan sebagai perawatan adjuvan. Pada umumnya yang digunakan adalah terapi radiasi, kemoterapi, dan terapi hormon.

Perawatan neoadjuvan mirip dengan perawatan adjuvan, tetapi neoadjuvan digunakan sebelum perawatan utama untuk mempermudah atau menambah keefektifan dari perawatan utama.

Perawatan Paliatif: Tujuan dari perawatan paliatif adalah untuk meringankan efek-efek samping dari perawatan lainnya atau untuk mengurangi gejala-gejala yang disebabkan oleh kanker itu sendiri. Operasi, radiasi, kemotarapi, dan terapi hormon dapat digunakan untuk perawatan paliatif. Konsumsi obat tertentu juga dapat meringankan gejala-gejala seperti rasa sakit dan sesak napas.

Perawatan paliatif dapat digunakan dalam waktu bersamaan dengan perawatan lainnya yang digunakan untuk menyembuhkan kanker.

Melawan Kanker: Apa Perawatan yang Bisa Kita Harapkan?

Ada banyak jenis perawatan yang tersedia untuk membantu perjuangan kita melawan kanker. Perawatan kanker kita haruslah disesuaikan dengan beberapa faktor, misalnya jenis dan stadium kanker, kondisi kesehatan kita, dan pilihan pribadi kita. Kita perlu bekerja sama dengan dokter untuk menimbang baik-buruknya setiap jenis perawatan yang disarankan supaya bisa menentukan yang terbaik bagi diri kita.

Pilihan Perawatan Umum untuk Melawan Kanker


Operasi: Tujuan operasi adalah untuk mengangkat sebanyak mungkin kanker di tubuh.

Kemoterapi: Terapi ini menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel-sel kanker.

Terapi radiasi: Menggunakan sinar energi berdaya tinggi, seperti sinar-X atau proton, untuk membunuh sel-sel kanker. Sumber radiasi dapat berasal dari mesin di luar tubuh (radioterapi eksternal), atau dapat diletakkan di dalam tubuh (brachytherapy).

Imunoterapi: Disebut juga terapi biologis; melawan kanker dengan cara menggunakan sistem kekebalan tubuh kita sendiri. Kanker dapat bertahan di dalam tubuh karena sistem kekebalan tidak mengenalinya sebagai “penyusup”. Imunoterapi dapat membantu sistem kekebalan tubuh kita untuk “melihat” kanker lalu menyerangnya.

Terapi hormon: Beberapa jenis kanker dipicu oleh hormon tubuh kita. Contohnya kanker payudara dan kanker prostat. Jadi kita perlu berjuang melawan kanker itu dengan cara menghilangkan hormon-hormon pemicu dari dalam tubuh atau menghalangi efek-efek dari hormon-hormon itu supaya sel-sel kanker berhenti tumbuh.

Baca juga:  Makanan Kanker: Apa yang Benar-Benar Harus Dihindari?

Memang masih ada banyak jenis perawatan lainnya yang dapat kita gunakan dalam perjuangan melawan kanker. Contohnya adalah terapi obat tertarget, cryoablation, dan radiofrequency ablation. Namun pada umumnya 5 jenis perawatan di atas lah yang disarankan oleh dokter kepada sebagian besar pasien mereka. Kita perlu berkonsultasi dengan dokter ahli jika ingin mencoba jenis perawatan tertentu yang tidak umum.

Melawan Kanker - Bekerja Sama dengan Dokter
Bekerja Sama lah dengan Dokter (Credit: DragonImages / Adobe Stock)

Melawan Kanker: Apa Saja yang Harus Ditanyakan pada Dokter?

Memperoleh informasi yang tepat akan membuat kita lebih siap tempur dalam perjuangan melawan kanker. Aturan nomor satu untuk memperoleh informasi yang tepat adalah “Jangan takut dengan dokter!” Kita perlu membiasakan diri meminta dokter untuk menjelaskan apapun yang belum kita mengerti.

Siapkan di muka pertanyaan-pertanyaan sebelum bertemu dengannya, agar kita tidak terlalu takut atau tidak lupa. Catatlah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dan bawalah buku catatan untuk menuliskan jawaban-jawaban dari dokter.

10 Pertanyaan tentang Kemoterapi, Terapi Hormon, & Imunoterapi


  • Kenapa Anda menyarankan jenis perawatan ini untuk saya? Kenapa orang lain memilih perawatan ini?
  • Apa yang sebenarnya akan dilakukan oleh perawatan ini? Seberapa baik biasanya efek dari perawatan ini?
  • Apa saja risiko dan efek samping dari perawatan ini?
  • Berapa lama saya akan membutuhkan perawatan ini untuk melawan kanker?
  • Dimana saya bisa mendapatkan perawatan ini?
  • Apa yang bisa saya harapkan dari perawatan itu sendiri? Perawatannya akan makan waktu berapa lama?
  • Haruskah saya membawa keluarga atau teman untuk menemani saya?
  • Setelah perawatan, apakah saya harus beristirahat? Apakah saya bisa pulang sendiri ke rumah? Apakah saya harus izin tidak masuk kerja?
  • Haruskah saya membuat perubahan pada pola makan atau gaya hidup selama atau sesudah perawatan?
  • Bagaimana saya bisa menghubungi Anda kalau ada masalah atau pertanyaan lebih lanjut?

10 Pertanyaan tentang Operasi


  • Kenapa Anda menyarankan operasi ini kepada saya? Kenapa orang lain memilih perawatan ini?
  • Apa yang sebenarnya akan dilakukan oleh operasi ini? Seberapa baik biasanya efek dari perawatan ini?
  • Apa saja risiko dari operasi ini?
  • Bagaimana saya bisa mempersiapkan diri untuk operasi ini?
  • Apa yang akan terjadi selama proses operasi ini?
  • Berapa lama saya harus dirawat di rumah sakit?
  • Bagaimana pemulihan saya nantinya?
  • Komplikasi apa saja yang harus saya antisipasi?
  • Kapan saya bisa kembali bekerja?
  • Bagaimana saya bisa menghubungi Anda jika ada masalah atau pertanyaan lebih lanjut?

10 Pertanyaan tentang Terapi Radiasi


  • Kenapa Anda menyarankan perawatan ini kepada saya? Kenapa orang lain memilih perawatan ini?
  • Apa yang sebenarnya akan dilakukan oleh terapi radiasi? Seberapa baik biasanya efek dari perawatan ini?
  • Apa saja risiko dan efek samping dari terapi radiasi?
  • Berapa minggu saya akan membutuhkan perawatan ini untuk melawan kanker?
  • Dimana saya bisa mendapatkan perawatan ini?
  • Apa yang harus saya harapkan dari perawatan itu sendiri? Apa yang akan terjadi? Perawatan ini akan makan waktu berapa lama?
  • Haruskah saya membawa keluarga atau teman untuk menemani saya?
  • Sesudah perawatan, apakah saya harus beristirahat? Apakah saya harus izin tidak masuk kerja?
  • Haruskah saya membuat perubahan pada pola makan atau gaya hidup selama atau sesudah perawatan?
  • Bagaimana saya bisa menghubungi Anda kalau ada masalah atau pertanyaan lebih lanjut?

Jangan Menyerah dalam Perjuangan Melawan Kanker!

Agar lebih siap dan yakin untuk berjuang melawan kanker, kita perlu mencamkan dalam pikiran bahwa diagnosis kanker bukanlah akhir dari segalanya. Ada banyak hal yang bisa kita upayakan untuk menghadapinya dengan sukses. Pelajarilah lebih banyak mengenai perawatan yang terbaik untuk jenis kanker Anda, baik dari dokter ahli maupun dari sumber informasi terpercaya lainnya.

Tetap Semangat Melawan Kanker
Dapatkan Dukungan Agar Tetap Semangat Berjuang Melawan Kanker (Credit: FatCamera / iStock)

Terimalah dukungan dari keluarga dan teman yang peduli. Selama menjalani perawatan kita akan lebih membutuhkan dukungan mereka, secara fisik ataupun emosi. Kita bisa meminta mereka untuk membantu mengerjakan tugas-tugas di rumah saat sedang tidak sanggup mengerjakannya. Dan utarakanlah perasaan kita pada orang terdekat yang peduli dengan kita, kita mungkin bisa disemangati olehnya.

Demikianlah artikel ini yang membahas informasi penting tentang cara perawatan medis yang digunakan untuk melawan kanker. Semoga informasi ini berguna bagi Anda maupun keluarga. Baca juga artikel menarik yang membahas tips-tips praktis untuk penderita kanker: “Penderita Kanker: Tips Praktis yang Perlu Anda Upayakan


Referensi Melawan Kanker:

Mayo Clinic. Cancer Treatment. Published: 2019-04-05. URL: https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/cancer-treatment/about/pac-20393344. Accessed: 2019-08-05

WebMD. Cancer Questions: Questions to Ask About Your Cancer Treatment. Reviewed: 2018-07-07. URL: https://www.webmd.com/cancer/cancer-questions-questions-to-ask-about-your-cancer-treatment. Accessed: 2019-08-05


Advertisement
Alinesia