Mau Berhenti Merokok? Coba Tips Unik Menggunakan Jahe Ini

416

Diedit:

Tak ada yang memungkiri bagaimana rokok berbahaya untuk tubuh Anda. Dalam daftar WHO sendiri, rokok jelas diklaim sebagai salah satu mesin pembunuh di dunia dan menyebabkan kematian dalam angka yang sangat tinggi. Sayangnya, sebagian orang memilih menafikan fakta ini dengan tetap merokok.

Memang harus diakui tak mudah berhenti merokok. Pasalnya dalam rokok terdapat kandungan zat adiktif yang bekerja memberi efek ketergantungan pada seseorang. Bahkan bila seseorang abai dengan fakta ini, dari hari ke hari mereka bisa menambah porsi batang rokok yang mereka hisap.

Anda mungkin pernah dengar selorohan dari satu batang jadi satu bungkus. Pasalnya semakin lama seseorang merokok, tubuh semakin resisten dan membutuhkan lebih banyak rokok untuk memuaskan kebutuhannya. Dan ini membuat seseorang semakin sulit melepaskan diri dari rokok, sementara semakin banyak rokok yang mereka hisap dan semakin lama mereka merokok semakin banyak toksin dalam tubuh yang bisa membahayakan kesehatan mereka.

Dalam kesempatan kami sebelumnya kami sempat mengulas secara garis besar bagaimana cara berhenti merokok dengan sejumlah solusi. Dan pada kesempatan kali ini kami akan mencoba membantu Anda dengan menggunakan satu cara menarik yang bisa Anda mulai dari dapur rumah Anda. Tak lain adalah dengan memanfaatkan jahe untuk mengalihkan ketergantungan Anda terhadap rokok.

Bagaimana cara berhenti merokok dengan menggunakan jahe? Menyadur dari livestrong, kami akan mencoba membantu Anda menemukan solusi terbaik mengatasi ketergantungan merokok Anda.

  • Awali dengan air rebusan jahe di pagi hari

    Hal pertama yang harus Anda lakukan di pagi hari adalah memulainya tanpa rokok sebatangpun. Berat dan sulit karena biasanya Anda akan mengawali hari dengan sebatang rokok, bahkan bisa jadi sebelum mengonsumsi makanan dan minuman apapun.

    Ganti dengan secangkir air rebusan jahe dengan rasa sedikit manis. Konsumsi minuman ini tepat di pagi hari. Anda bisa mengonsumsinya di saat baru bangun tidur untuk sesegera mungkin menghilangkan hasrat merokok. Dan sesuaikan waktunya setelahnya bila Anda mulai terbiasa tidak merokok di pagi hari.

    Jahe dikenal efektif mengatasi mual yang biasanya akan muncul pertama kali sebagai reaksi awal Anda mulai berhenti merokok. Jahe juga baik untuk sirkulasi darah, sehingga membantu Anda merasa lebih segar di pagi hari. Bila Anda merasa lebih nyaman berkonsentrasi dengan merokok, kabar baiknya jahe adalah salah satu herbal terbaik yang membantu menstimulasi kinerja otak tetap berkonsentrasi dan fokus.

  • Kantongi beberapa potong kecil jahe dalam kantung Anda

    Mendadak di tengah hari aktif, Anda merasa mulut Anda tidak nyaman dan seolah demikian darurat untuk merokok. Itu gejala wajar pada perokok, dan merupakan bentuk dari efek adiktif dari rokok.

    Atasi dengan mengunyah dan mengulum sepotong kecil jahe. Jahe akan membantu menetralkan rasa tidak nyaman di mulut Anda, memberi efek hangat yang menyamankan tubuh Anda dan membantu Anda menghilangkan rasa seolah urgensi sekali mengonsumsi rokok.

    Jahe juga bekerja mendorong tubuh Anda merasa panas dan berkeringat. Untuk Anda ketahui keringat adalah salah satu cara terbaik mengenyahkan kotoran dan racun dari dalam tubuh Anda, termasuk pula racun nikotin.

  • Bantu mendorong semangat Anda dengan secangkir air jahe lagi di siang dan sore hari

    Tampaknya memang selama Anda sedang dalam proses berhenti merokok Anda akan cukup akrab dengan jahe. Karena Anda juga disarankan untuk mengonsumsi air rebusan jahe. Cara ini akan membantu Anda menetralkan hasrat merokok yang biasanya akan muncul pasca makan siang.

    Jahe juga membantu Anda mengembalikan energi dengan mendorong metabolisme tubuh, sehingga Anda tidak merasa lemas di siang hari. Biasanya selama masa adaptasi ini, Anda memang mudah merasa lemas dan lesu karena tubuh Anda masih mengalami ketergantungan terhadap nikotin.

    Lakukan berulang di sore hari dan mungkin malam hari bila Anda membutuhkannya. Jahe akan memberi efek nyaman pada tubuh Anda dan membantu Anda mengatasi hasrat merokok yang datang sewaktu-waktu.

Baca juga:  Tujuh Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Bahaya Rokok

Dalam jurnal yang dicantumkan oleh University of Maryland Medical Center dikatakan bahwa dosis aman untuk mengonsumsi jahe tiap harinya berkisar pada angka 4 gram. Karena bagaimanapun jahe juga bisa memberi sejumlah efek samping ketika Anda konsumsi berlebihan.

Risiko yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi jahe berlebihan antara lain efek perut yang terasa terbakar, efek sulit tidur dan hiperaktif. Juga pada beberapa kasus diabetes, juga bisa menyebabkan menurunkan kadar glukosa darah.

Itu sebabnya disarankan untuk melakukan konsultasi bagi pengidap diabetes, sebelum memilih cara berhenti merokok dengan jahe. Karena dikhawatirkan efek jahe yang berpadu dengan terapi pengobatan Anda akan menyebabkan Anda mengalami hipoglikemia.

Peringatan lain juga dijelaskan dalam livestrong, bahwa jahe juga bukan terapi cara berhenti merokok yang sepenuhnya aman untuk pengidap jantung, karena efek dorongan sirkulasi darah yang terjadi bisa menjadi sangat berbahaya bagi pengidap jantung.

Diperkirakan dengan menjalankan cara berhenti merokok menggunakan jahe ini Anda bisa mendapatkan hasil setidaknya dalam 3 pekan sampai 2 bulan, meski hasil ini bisa bersifat sangat personal karena beberapa orang akan membutuhkan waktu lebih cepat atau lebih lama dari waktu normal. Semakin berat kadar ketergantungan seseorang akan rokok, bisa membuat mereka membutuhkan waktu lebih lama mengatasinya.

Sebaiknya, teruskan terapi jahe ini selama beberapa pekan dengan tujuan menghilangkan pengaruh nikotin dalam tubuh Anda sepenuhnya. Kadang sisa nikotin yang tidak tuntas hilang bisa menyebabkan efek adiktif yang sewaktu-waktu bisa muncul kembali. Inilah cara berhenti merokok dengan cara yang tuntas.

Advertisement
Alinesia