Blog Herbal No. 1 Indonesia

9 Manfaat Susu Kambing bagi Kesehatan, Tidak Kalah dari Susu Sapi


By Cindy Wijaya

Susu kambing adalah jenis susu yang paling umum dikonsumsi di dunia. Faktanya, 65 – 72 persen dari semua produk susu yang dikonsumsi di dunia adalah susu kambing. Sebagian ini karena kemudahan memelihara kambing dibandingkan sapi di sebagian negeri. Dan di banyak negeri, orang-orang lebih menyukai susu kambing daripada susu sapi.

Tekstur susu kambing lebih kental dan lebih lembut daripada susu sapi, serta memiliki lebih banyak zat gizi yang dapat memberikan manfaat susu kambing bagi kesehatan. Contohnya: lebih mudah dicerna, lebih sedikit risiko alergi susu, dan menyehatkan jantung. Jika Anda ingin mulai minum susu kambing, sebaiknya ketahui apa saja manfaat susu kambing yang bisa Anda peroleh.

Kandungan Gizi dalam Susu Kambing

Satu gelas susu kambing utuh memiliki kandungan sebagai berikut:

  • Kalori: 168
  • Protein: 9 gram
  • Lemak: 10 gram
  • Karbohidrat: 11 gram
  • Gula: 11 gram
  • Kalsium: 330 gram

Susu kambing merupakan sumber yang baik untuk memperoleh: protein, kalsium, kalium, fosfor, dan magnesium.

Susu kambing juga sumber yang bagus untuk vitamin A. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi cukup vitamin A bisa mengurangi risiko dari katarak, beberapa jenis kanker, dan membantu anak-anak melawan campak.

9 Manfaat Susu Kambing

Terdapat beragam manfaat susu kambing untuk kesehatan, mulai dari memperkuat tulang, meningkatkan kekebalan, dan banyak lagi. Mari kita lihat secara mendetail manfaat-manfaat yang paling umumnya.

Membantu Membangun Tulang yang Kuat

Sama seperti susu sapi, susu kambing kaya akan kalsium. Selain itu, susu kambing bisa memberikan asupan kalsium yang sebanding dengan susu sapi tapi tanpa efek samping, memastikan simpanan kalsium dalam tubuh Anda tetap kaya dan stabil sambil membantu mencegah osteoporosis.

Dapat Meningkatkan Efisiensi Penyerapan Gizi

Salah satu manfaat susu kambing yang utama adalah komposisi kimianya yang jauh lebih mendekati ASI manusia dibandingkan susu sapi. ASI mirip dengan susu kambing, sehingga tubuh kita bisa mendapatkan lebih banyak gizi dari susu ketika susu masuk ke dalam sistem kita dan menimbulkan lebih sedikit stres pada pencernaan kita.

Membantu Menjaga Kesehatan Jantung

Ada hampir dua kali lebih banyak asam lemak bermanfaat dalam susu kambing daripada dalam susu sapi, yang berarti bahwa keseimbangan kolesterol kita aman jika mengonsumsinya. Dengan menyeimbangkan asam lemak esensial dalam tubuh, kita bisa mencegah aterosklerosis, stroke, serangan jantung, dan komplikasi koroner lain.

Kadar kalium yang tinggi dalam susu kambing juga membantu mengurangi tekanan darah, karena kalium adalah vasodilator yang melemaskan pembuluh darah dan mengurangi ketegangan pada sistem kardiovaskular.

Membantu Meningkatkan Kekebalan

Susu sapi mungkin hanya sedikit mengandung selenium, tapi ada sejumlah besar selenium dalam susu kambing. Mineral langka ini adalah komponen kunci dalam fungsi sistem kekebalan tubuh, melindungi kita dari penyakit dan menangkis infeksi.

Membantu Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat susu kambing ini berkaitan dengan kandungan zinc yang dimilikinya. Zinc adalah mineral penting untuk pemeliharaan kulit yang sehat, penyembuhan luka, serta secara langsung terkait dengan kekebalan bawaan dan adaptif.

Membantu Meningkatkan Metabolisme

Susu kambing diketahui lebih padat gizi daripada susu sapi, yang berarti Anda tidak membutuhkannya sebanyak susu sapi untuk mendapat asupan gizi yang sama. Satu gelas dapat menyediakan hampir 40% kebutuhan kalsium harian kita, 20% asupan vitamin B, serta sejumlah besar kalium dan fosfor.

Selain itu penelitian menunjukkan bahwa susu kambing dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi dan tembaga di saluran pencernaan kita, yang penting bagi orang yang memiliki anemia atau kekurangan lainnya.

Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan

Manfaat susu kambing bagi pertumbuhan dan perkembangan tubuh berasal dari kandungan proteinnya yang kaya. Protein penting bagi tumbuh-kembang karena merupakan bahan penyusun sel, jaringan, otot, dan tulang. Dengan memastikan asupan protein yang stabil, kita melindungi proses metabolisme tubuh kita dan merangsang pertumbuhan dan kesehatan secara keseluruhan.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Meskipun susu kambing punya lebih banyak asam lemak daripada susu sapi, tetapi susu ini punya lebih sedikit lemak jahat. Berarti dapat membantu untuk menurunkan berat badan, tanpa mengorbankan kebutuhan gizi.

Lebih Sedikit Risiko Alergi Susu

Beberapa orang dengan alergi terhadap susu sapi mendapati bahwa susu kambing tidak memicu alergi mereka. Suatu penelitian mendapati sekitar 1 dari 4 bayi yang alergi susu sapi tidak mengalami alergi terhadap susu kambing.

Jika Anda alergi terhadap susu, Anda bisa meminta dokter untuk menguji apakah Anda dapat mentoleransi susu kambing dengan aman. Anda sebaiknya tidak mengonsumsi susu kambing tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

Ilustrasi Manfaat Susu Kambing
Credit Photo: Anastasiia Malinich/Shutterstock

Susu Kambing vs. Susu Sapi

Susu kambing punya kandungan protein dan kalsium yang lebih tinggi dari susu sapi. Dalam setiap gelas (237 ml) susu kambing terdapat 9 g protein dan 330 g kalsium, sedangkan segelas susu sapi memiliki 8 g protein dan 275-300 g kalsium.

Penelitian juga menunjukkan bahwa susu kambing dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat gizi penting dari makanan lain. Sebaliknya, susu sapi diketahui mengganggu penyerapan mineral utama seperti zat besi dan tembaga dari makanan lain saat dikonsumsi bersamaan.

Alasan lain beberapa orang memilih susu kambing daripada susu sapi berkaitan dengan pencernaan mereka. Semua susu yang berasal dari hewan mengandung sejumlah laktosa (gula susu alami), yang pada sebagian orang, seiring bertambahnya usia, kehilangan kemampuan untuk mencernanya sepenuhnya.

Tapi susu kambing punya sedikit lebih rendah laktosa daripada susu sapi—sekitar 12 persen lebih sedikit per gelasnya—dan menjadi lebih rendah lagi jika diolah menjadi yogurt. Orang yang punya intoleransi laktosa ringan mungkin pencernaannya lebih mampu minum susu kambing daripada susu sapi.

Dalam hal kesehatan pencernaan, ada manfaat susu kambing lain yang mengungguli susu sapi: Kandungan karbohidrat “prebiotik” yang lebih tinggi, yang membantu menyehatkan bakteri baik yang hidup di ekosistem usus kita.

Karbohidrat ini disebut oligosakarida. Mereka adalah jenis karbohidrat yang sama yang ada dalam ASI manusia dan bertanggung jawab untuk membantu mendukung bakteri baik di saluran pencernaan bayi.

Sebagai pengingat: Karena komposisi gizi susu kambing berbeda dengan susu sapi, tidak disarankan untuk segera memberikan susu kambing kepada anak-anak setelah mereka berhenti menyusui. Untuk perkembangan yang baik, sebaiknya dimulai dulu dengan susu sapi.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang manfaat susu kambing. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

WebMD. Goat Milk: Are There Health Benefits?. https://www.webmd.com/diet/goat-milk-are-there-health-benefits

Organic Facts. 9 Surprising Goat Milk Health Benefits. https://www.organicfacts.net/health-benefits/animal-product/goat-milk.html

Healthline. Goat’s Milk: Is This the Right Milk for You?. https://www.healthline.com/health/benefits-of-goat-milk

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review ★★★★★

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}