6 Manfaat Petroleum Jelly untuk Kulit, Kuku, Hingga Rambut


By Cindy Wijaya

Petroleum jelly adalah gel kental berlilin yang banyak dipakai untuk produk perawatan kulit dan untuk pengobatan luka. Banyak orang menyebut petroleum jelly sebagai petrolatum dan Vaseline (merek produk petroleum jelly yang paling dikenal).

Sebenarnya manfaat petroleum jelly bukan hanya untuk kulit dan luka, tapi juga untuk berbagai penggunaan lainnya. Dalam artikel ini akan dikupas mengenai beragam manfaat tersebut.

Apa Itu Petroleum Jelly?

Petroleum jelly (atau petrolatum) adalah campuran minyak mineral dan lilin, yang membentuk zat seperti jeli semi-padat. Produk ini tidak banyak berubah sejak pertama ditemukan oleh Robert Augustus Chesebrough pada tahun 1859.

Ia memperhatikan bahwa para pekerja minyak menggunakan semacam jeli yang lengket untuk menyembuhkan luka dan luka bakar mereka. Chesebrough akhirnya mengemas jeli ini sebagai produk Vaseline. Produk petroleum jelly kemudian dipasarkan oleh banyak produsen sebagai produk perawatan kulit.

Seberapa murni petroleum jelly tergantung pada proses pembuatannya. Petroleum jelly yang tidak dimurnikan dapat mengandung bahan berbahaya, tetapi petroleum jelly yang sudah diolah dan dimurnikan biasanya aman.

Apa Saja Manfaat Petroleum Jelly?

Banyak produsen dulu memasarkan petroleum jelly sebagai obat ajaib untuk segala hal,  mulai dari kerutan hingga luka bakar. Memang klaim itu berlebihan. Meski tidak bisa menyembuhkan setiap masalah kulit, tapi petrolatum tetap adalah produk perawatan kulit yang serbaguna dan terjangkau.

Manfaat petroleum jelly berasal dari bahan utamanya, yaitu petroleum (minyak bumi), yang membantu menutupi kulit Anda dengan penghalang pelindung air. Ini membantu kulit untuk sembuh dan mempertahankan kelembapannya. Bacalah terus untuk mengetahui apa lagi manfaat petrolatum untuk kesehatan Anda.

Manfaat Petroleum Jelly untuk Luka

Petrolatum sudah dipasarkan sejak hampir 150 tahun lalu. Sampai sekarang produk ini masih menjadi favorit para dokter kulit. Itu karena kemampuannya menyegel air di dalam kulit. Kemampuannya ini bagus untuk luka, karena luka membutuhkan tempat yang lembap untuk sembuh. Dibutuhkan waktu hingga dua kali lebih lama sampai kulit kering yang terluka menjadi lebih baik.

Manfaat petroleum jelly untuk luka lainnya adalah dengan mengurangi kemerahan pada bekas luka baru dan mengurangi risiko infeksi pada luka. Anda juga tidak merasa sakit atau perih saat mengoleskannya ke area luka.

Manfaat Petroleum Jelly untuk Eksem & Psoriasis

Ada beberapa masalah kulit, seperti eksem dan psoriasis, yang membuat kulit kesulitan untuk menahan air dan melindungi diri dari hal-hal buruk dari luar kulit. Jika kondisi kulit benar-benar kering, kulit bisa menjadi pecah-pecah dan memungkinkan bakteri untuk masuk.

Petroleum jelly dapat membantu meredakan peradangan dan menjaga kelembapan di kulit. Jeli ini juga membantu mengurangi rasa gatal dan mencegah Anda menggaruk kulit. Untuk mendapat hasil maksimal dari petroleum jelly, oleskan pada kulit sewaktu kulit masih lembap, misalnya setelah mandi.

Manfaat Petroleum Jelly untuk Ruam Popok Bayi

Petroleum jelly telah dibuktikan bermanfaat untuk mengurangi masalah ruam popok pada bayi. Anda perlu membersihkan dan mengeringkan kulit bayi dengan benar menggunakan handuk sebelum mengoleskan petroleum jelly.

Petroleum jelly akan membentuk penghalang pelindung yang akan membantu melindungi kulit bayi dari paparan kelembapan yang terus-menerus. Jeli ini juga dapat menenangkan kulit bayi dan meredakan ruam popok yang sudah terlanjur ada.

Manfaat Petroleum Jelly untuk Membersihkan Riasan Mata

Minyak adalah bahan yang efektif untuk menghilangkan riasan, dan petroleum jelly aman digunakan di area sekitar mata. Gunakanlah kapas atau cotton bud (untuk area yang sulit dijangkau), dan tekan dengan lembut tanpa menarik terlalu keras pada kulit. Pastikan untuk menutup mata saat Anda menyeka riasan mata dengan petroleum jelly.

Manfaat Petroleum Jelly untuk Rambut Bercabang

Paparan sinar matahari dan angin, dan juga air kolam renang, bisa membuat rambut jadi kering dan akhirnya menjadi bercabang di ujung-ujungnya. Ada manfaat petroleum jelly untuk rambut bercabang sekaligus menambah kilau pada rambut Anda. Gosokkan sedikit jeli ini di antara telapak tangan Anda lalu oleskan ke ujung-ujung rambut.

Manfaat Petroleum Jelly untuk Kuku

Anda tidak perlu krim mahal untuk menjaga kuku tetap dalam kondisi terawat. Ada manfaat petroleum jelly untuk kuku. Jika kuku Anda rapuh, jeli ini dapat membantu mengisi dan menghaluskan beberapa tonjolan dan bintik-bintik yang kasar.

Jika Anda sering melakukan manikur, Anda mungkin bisa mengoleskan petroleum jelly setelah sesi manikur berikutnya. Namun pastikan untuk mengoleskannya saat kuku masih sedikit lembap untuk menyegel kelembapannya pada kuku.

Adakah Bahaya dari Petroleum Jelly?

Memang ada beragam manfaat petroleum jelly, namun penggunaannya sebaiknya hanya untuk kulit luar saja. Jangan pernah memakan atau memasukkan petroleum jelly ke dalam tubuh.

Produk petroleum jelly atau petrolatum yang sudah dimurnikan tidak mengandung bahan berbahaya. Vaseline adalah salah satu produk komersial paling dikenal dari jeli ini, dan memiliki risiko yang rendah.

Namun petroleum jelly yang tidak dimurnikan dapat mengandung beberapa kontaminan yang berpotensi berbahaya. Contohnya sekelompok karsinogen yang disebut hidrokarbon aromatik polisiklik yang dapat menyebabkan kanker dan merusak organ reproduksi.

Jika Anda tertarik menggunakan petroleum jelly, sebaiknya pilih produk dari produsen yang memiliki reputasi baik. Produk buatan sendiri yang mengandung petroleum jelly dan produk yang dibuat oleh produsen yang tidak dikenal mungkin mengandung komponen berbahaya.

Perlu diketahui juga bahwa petrolatum dapat memperburuk sejumlah masalah kulit, terlepas dari manfaat petroleum jelly untuk kulit. Kulit secara alami membentuk lapisan pelindung setelah cedera, yang membantu mencegah kerusakan dan infeksi lebih lanjut. Penggunaan petrolatum dapat mengganggu pembentukan lapisan ini.

Petrolatum juga bisa menyumbat pori-pori kulit. Jeli ini membentuk penghalang yang dapat menyebabkan kulit berjerawat, terutama jika sering menggunakannya. Orang yang sering berjerawat atau yang punya kulit sensitif sebaiknya menghindari penggunaan petrolatum pada area yang rentan berjerawat, seperti di wajah.

Dan karena sifatnya yang mudah terbakar, Anda sebaiknya menghindari penggunaannya di dekat api atau sumber api. Simpan di lingkungan yang sejuk dan kering.

Petrolatum juga dapat mengiritasi paru-paru, terutama jika digunakan dalam jumlah besar. Dalam kasus yang sangat jarang terjadi, iritasi ini dapat menyebabkan pneumonia.

Beberapa orang menggunakan petroleum jelly untuk mengatasi masalah lubang hidung yang pecah-pecah dan kering, namun hal itu berpotensi menyebabkan kesulitan bernapas. Gunakanlah hanya pada bagian kulit luar, bukan di dalam tubuh. Siapa pun yang memiliki gangguan pernapasan seperti asma harus konsultasi dengan dokter sebelum menggunakan jeli ini di dekat hidung atau mulut.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang manfaat petroleum jelly dan bahaya penggunaannya yang perlu diwaspadai. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. Temukan juga informasi-informasi menarik lain seputar topik kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Healthline. Everything You Need to Know About Petroleum Jelly. URL: https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/petroleum-jelly

WebMD. Petroleum Jelly: Health Benefits and Uses. URL: https://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/ss/slideshow-petroleum-jelly-uses

Medical News Today. What are the benefits of petroleum jelly?. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/324039

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di Bogor “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}