Manfaat Minum Susu bagi Kesehatan Kita


By Cindy Wijaya

Susu sapi adalah minuman yang sangat populer, bukan hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Sedari kecil seorang anak sudah dibiasakan untuk meminum susu sapi, orang tuanya bilang supaya anak itu tumbuh dengan sehat. Saat sudah dewasa, banyak dari kita juga rutin meminumnya untuk mendapatkan manfaat susu sapi. Sebenarnya apa saja manfaat minum susu dan apa kandungan susu yang bermanfaat?

Dalam artikel ini akan diulas secara garis besar mengenai susu sapi, mulai dari manfaat susu sapi bagi kesehatan, kandungan susu sapi, dan pengingat penting soal minum susu.

Manfaat Minum Susu bagi Kesehatan

Berbagai sumber yang dapat dipercaya, misalny Dietary Guidelines for American 2015-2020, merekomendasikan orang dewasa untuk mengonsumsi sekitar 3 cangkir susu rendah lemak atau bebas lemak setiap hari sebagia bagian dari diet sehat. Jumlah tersebut bisa termasuk susu cair, yogurt, dan keju. Mengapa susu direkomendasikan? Apa saja manfaat susu sapi?

Manfaat Minum Susu untuk Kesehatan Tulang

Kalsium adalah nutrisi penting untuk tulang dan gigi yang kuat, pergerakan otot, dan pengiriman sinyal saraf. Lembaga kesehatan merekomendasikan mendapatkan cukup kalsium untuk mencegah retak tulang dan osteoporosis.

Susu merupakan sumber kalsium yang kaya. Banyak produsen juga memperkaya susu sapi dengan vitamin D, yaitu nutrisi penting lain bagi kesehatan tulang.

Manfaat Minum Susu bagi Kesehatan Jantung

Kalium juga termasuk kandungan susu, yang dapat membantu melebarkan pembuluh darah serta menurunkan tekanan darah.

Mengasup lebih banyak kalium, disertai mengurangi asupan sodium (garam), bisa menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit jantung, dan stroke.

Manfaat Minum Susu bagi Kanker

Susu mengandung kalsium dan vitamin D, dua nutrisi yang membantu melindungi dari kanker. Kalisum bisa melindungi lapisan usus guna mengurangi risiko kanker usus besar atau kanker rektum. Namun perlu diperhatikan bahwa penelitian telah mengaitkan antara terlalu banyak kalsium dengan kanker prostat.

Vitamin D mungkin berperan dalam menghambat pertumbuhan sel. Ini dapat membantu melindungi dari kanker usus besar, dan mungkin kanker prostat serta payudara. Namun, penelitian juga mengaitkan asupan vitamin D yang besar dengan peningkatan risiko kanker pankreas.

Banyak faktor dapat memengaruhi risiko kanker kita. Karena itu masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menetapkan fakta-fakta dengan pasti.

Manfaat Minum Susu bagi Depresi

Asupan vitamin D yang memadai bisa mendukung produksi serotonin, hormon yang dikaitkan dengan mood, selera makan, dan tidur.

Penelitian, termasuk penelitian terbaru pada tahun 2020, sudah mengaitkan antara kekurangan vitamin D dengan depresi klinis.

Selain itu, banyak produsen susu memperkaya produk susu sapi mereka dengan vitamin D sehingga menambah manfaatnya.

Manfaat Susu Sapi bagi Pembentukan Otot

Susu sapi membantu anak sapi bertumbuh cepat, jadi masuk akal jika susu juga bisa membantu pertumbuhan otot. Kandungan susu sapi kaya akan protein berkualitas, yang mengandung semua asam amino yang penting.

Susu utuh juga merupakan sumber energi yang kaya yang bisa mencegah massa otot digunakan sebagai energi. Susu rendah lemak bisa memberikan manfaat ini sekaligus memberikan lebih sedikit lemak.

Manfaat Susu Sapi bagi Osteoartritis

Osteoartritis (pengapuran) di lutut dapat dibantu dihambat perkembangannya dengan meminum susu setiap hari. Penelitian mengenai hal ini telah dipublikasikan pada jurnal American College of Rheumatology, Arthritis Care & Research.

Apa Saja Kandungan Susu Sapi?

Menurut keterangan dari Dietary Guidelines for Americans 2015-2020, susu sapi mengandung nutrisi-nutrisi berikut ini:

  • Kalsium
  • Fosfor
  • Vitamin A
  • Vitamin D (dalam produk yang diperkaya)
  • Riboflavin
  • Vitamin B-12
  • Protein
  • Kalium (potasium)
  • Zink
  • Kolin
  • Magnesium
  • Selenium

Kalsium

Produk olahan susu, termasuk susu cair, merupakan salah satu sumber kalsium yang paling baik. Kalsium penting bagi kesehatan tulang dan gigi, pembekuan darah, dan tekanan darah.

Susu juga mengandung magnesium dan vitamin D yang membuatnya semakin bermanfaat. Vitamin D mendukung penyerapan kalsium di usus kecil, dan magnesium membantu tubuh memasukkan kalsium ke dalam tulang.

Kolin

Kolin adalah nutrisi yang penting untuk tidur, pergerakan otot, kemampuan belajar, dan daya ingat. Nutrisi ini juga membantu pengiriman sinyal saraf, penyerapan lemak, dan peradangan.

Kalium

Kalium penting untuk kesehatan jantung, yang membuat manfaat minum susu untuk mengurangi risiko stroke, penyakit jantung, dan tekanan darah tinggi.

Vitamin dan Mineral yang Diperkaya

Banyak produsen susu memperkaya susu sapi dengan vitamin dan mineral tambahan yang sebenarnya tidak dimiliki susu. Nutrisi tambahan ini misalnya vitamin A, riboflavin, vitamin B-12, dan piridoksin.

Pengingat Soal Minum Susu Sapi

Berikut adalah sejumlah pengingat yang perlu diperhatikan jika kita ingin rutin minum susu sapi.

Lemak Jenuh

Susu sapi banyak mengandung lemak jenuh. Lembaga American Heart Association menunjukkan bahwa konsumsi terlalu banyak lemak jenuh bisa meningkatkan kadar kolesterol, yang akan memicu penyakit jantung dan stroke.

Lembaga tersebut juga merekomendasikan kita untuk membatasi konsumsi lemak jenuh tidak lebih dari 5 – 6 persen dari total asupan kalori.

Intoleransi Laktosa

Intoleransi laktosa adalah kondisi dimana tubuh tidak memproduksi laktosa, enzim yang diperlukan untuk memecah gula laktosa yang ada dalam susu.

Sektiar 65 persen orang mengalami penurunan kemampuan mencerna laktosa setelah melewati masa bayi. Ini paling umum dialami oleh orang-orang keturunan Asia Timur, memengaruhi sekitar 70 – 100 % populasi.

Alergi Susu

Alergi susu, atau hipersensitif, beda dengan intoleransi laktosa. Jika alergi, tubuh akan menunjukkan reaksi terhadap protein dalam susu, bukan gula laktosanya.

Alergi susu bisa menimbulkan gejala-gejala seperti bengek dan asma, diare, muntah-muntah, dan gangguan pencernaan. Alergi yang parah bahkan bisa menyebabkan anafilaksis, reaksi alergi yang bisa berakibat fatal.

Kebanyakan Kalium atau Fosfor

Kedua kandungan susu ini jika diasup kebanyakan akan berbahaya. Kelebihan asupan kandungan ini memang jarang, tetapi obat atau masalah kesehatan tertentu bisa membuatnya lebih mungkin terjadi.

Jika seseorang punya masalah ginjal, maka kebanyakan kalium atau fosfor bisa membahayakan. Kebanyakan kalium disebut juga dengan kondisi hiperkalemia.

Kebanyakan Kalsium

Kebanyakan kalsium, disebut kondisi hiperkalsemia, bisa menyebabkan sembelit, batu ginjal, atau gagal ginjal. Kondisi ini jarang terjadi hanya dari makan biasa, tetapi bisa lebih berisiko terjadi jika seseorang mengonsumsi suplemen kalsium.

Hormon dan Antibiotik

Susu sapi mungkin mengandung residu dari hormon dan antibiotik, serta dioksin dan polychlorinated biphenyls (PCBs).

Residu tersebut bisa berdampak buruk bagi kesehatan manusia, termasuk efek samping pada sistem saraf, sistem reproduksi, dan sistem imun. Mereka juga berpotensi memicu kanker-kanker tertentu.

Meski ada manfaat minum susu bagi kesehatna tulang, tetapi ada juga sejumlah bukti bahwa protein dari binatang (termasuk dari susu sapi) bisa memiliki efek pengasaman.

Menurut peneliti Harvard, hal ini dapat membahayakan kesehatan tulang dengan mengakibatkan tubuh menarik kalsium dari tulang untuk mengembalikan kadar pH darah yang optimal. Namun, tidak semua setuju dengan hal tersebut.

Susu Sapi untuk Bayi

Lembaga Centers for Disease Control and Protection (CDC) menyebutkan bahwa bayi tidak boleh minum susu sapi sebelum usia 12 bulan. Ini karena susu sapi memiliki terlalu banyak protein dan mineral untuk ditangani oleh ginjal bayi dan dapat menyebabkan risiko pendarahan usus.

Kandungan susu seperti kalsium, protein, dan banyak nutrisi penting lain dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan. Mengonsumsi susu sapi setiap hari merupakan cara yang mudah untuk memperoleh dan mencukupi kebutuhan kita akan nutrisi-nutrisi penting tersebut.

Namun kita juga perlu memperhatikan pengingat-pengingat soal minum susu sapi, sebab jika kondisi tubuh kita tidak memungkinkan, bisa jadi bukan manfaat yang diperoleh tetapi dampak buruk.

Demikianlah artikel ini yang mengupas secara garis besar tentang manfaat minum susu, kandungan susu, dan pengingat soal minum susu. Nantikan juga ulasan menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Medical News Today. What to know about milk. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/273451

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.