Manfaat Melon bagi Kesehatan Tubuh

546

Diedit:

Mungkin hampir semua orang menyukai buah yang satu ini. Ya, melon atau dalam istilah latin Curcumis Melo ini merupakan buah yang berasal dari negara Timur Tengah. Melon memiliki rasa yang manis dan banyak mengandung air sehingga banyak orang yang menyukai buah ini. Biasanya melon kerap digunakan untuk membuat jus atau campuran sop buah yang dapat menyegarkan tubuh. Dibalik rasanya yang enak, ada juga beberapa kandungan dan manfaat melon yang baik untuk kesehatan tubuh.

Salah satu kandungan yang terdapat pada buah melon yaitu kandungan vitamin A. Vitamin A sangat penting bagi tubuh terutama untuk menjaga kesehatan mata, gigi, kulit tulang dan selaput lendir. Didalam satu buah melon memnyediakan 25% kandungan vitamin A untuk mencukupi kebutuhan harian. Selain vitamin A, buah ini juga memiliki kandungan lain seperti vitamin C, kalium, likopen dan beberapa nutrisi lain yang bermanfaat bagi tubuh.

Buah melon memiliki bentuk hampir sama seperti buah labu karena kedua buah ini tergolong dalam satu suku yaitu Cucurbitaceae, hanya saja labu merupakan jenis sayur dan melon masuk dalam kategori buah. Rutin mengkonsumsi melon tentunya dapat memberikan hal positif bagi kesehatan dan berikut ini ada beberapa informasi tentang manfaat buah melon bagi kesehatan yang wajib anda ketahui.

Manfaat Buah Melon

  • Sebagai Anti Kanker – Secara ilmiah buah melon memiliki kandungan senyawa karatenoid dalam jumlah tinggi. Kandungan tersebut dapat dimanfaatkan untuk mencegah sel kanker didalam tubuh. Melon yang kita konsumsi dapat melepas bibit-bibit yang berpotensi mengundang penyakit kanker paru-paru.
  • Sebagai Anti Stroke – Stroke merupakan salah satu penyakit yang masuk dalam kategori penyakit berat didunia. Penyakit tersebut akan menyerang sistem syaraf sehingga akan menggangu kerja otak kita. Berbagai cara dapat anda lakukan untuk mencegah penyakit tersebut menyerang anda salah satunya dengan mengkonsumsi buah melon. Melon memiliki unsur senyawa yang bersifat anti koagulan atau yang dikenal dengan adenosine. Senyawa tersebut mampu menghentikan penggumpalan yang terjadi pada sel darah penyebab serangan jantung dan stroke.
  • Melancarkan Buang Air Besar – Jika anda tengah mengidap penyakit sembelit atau susah buang air besar, buah melon bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Melon mengandung banyak serat alamiah yang mampu membantu proses pembuangan kotoran. Selain melon untuk mengatasi sembelit anda juga bisa memanfaatkan buah pepaya. Konsumsi secara teratur kedua buah ini agar masalah sembelit yang menyerang anda dapat segera teratasi.
  • Mempercantik Kulit – Memiliki kulit yang cantik, sehat, lembab, putih dan halus tentunya sudah menjadi impian setiap orang. Melon memiliki kandungan vitamin yang sangat tinggi sehingga cocok untuk memberikan nutrisi pada kulit sehingga kulit tetap sehat sepanjang waktu. Selain itu, kandungan senyawa kolagen yang terdapat pada buah melon juga mampu mempertahankan elastisitas pada kulit sehingga anda akan terhindar dari penuaan dini.
  • Meredakan Panas Dalam – Sekitar 95% kandungan dalam buah melon adalah air. Air mampu memberikan efek sejuk bagi mereka yang mengkonsumsinya. Selain itu didalam melon terkandung beberapa vitamin seperti vitamin A, B dan vitamin C yang dapat mengatasi masalah panas dalam. Konsumsi buah ini secara rutin untuk mencegah padas dalam dan sariawan yang sewaktu-waktu dapat menyerang anda.
  • Menjaga Kesehatan Mata – Manfaat yang sama seperti wortel dapat kita jumpai pada buah melon. Melon bisa menjadi sumber betakaroten dan vitamin A yang dapat menjaga kesehatan mata. Untuk itu, agar anda terhindar dari mata rabun dan katarak, anda dapat mengkonsumsi buah ini untuk memperbaiki fungsi mata.

Berbagai manfaat melon dapat kita ketahui dan setelah anda mengetahuinya semoga bagi yang tidak menyukai buah ini bisa menjadi suka dan mau mengkonsumsi melon karena melon memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita.