Manfaat Lobak Putih Untuk Kesehatan

182

Diedit:

Bagian dari tanaman lobak yang paling sering dimanfaatkan adalah umbinya. Umbi lobak putih biasa digunakan sebagai campuran kuah soto, tetapi lobak juga dapat dimakan mentah-mentah atau dijadikan acar. Namun tidak banyak yang tahu soal manfaat lobak putih untuk kesehatan. Bahkan lobak putih bisa menurunkan darah tinggi.

Lobak mengandung sejumlah nutrisi bermanfaat, yaitu diantaranya: vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C, vitamin E, minyak atsiri, beta karoten, niasin, mangan, asam folat, mangan, kalsium, kolin, fosfor, serat, asam oksalat, dan zat besi.

Berkat kandungan nutrisi nya yang limpah, lobak putih memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan Anda. Berikut ini adalah beberapa manfaat lobak putih untuk pengobatan atau pencegahan penyakit tertentu sebagaimana dilansir oleh Organicfacts.net.

Penyakit kuning: Lobak sangat bagus untuk kesehatan liver dan lambung, serta bertindak sebagai penetral racun (detoksifikasi) dalam tubuh. Ini berarti lobak membantu menjernihkan darah serta menghilangkan racun dan limbah tubuh. Khasiat lobak ini sangat berguna untuk mengobati penyakit kuning karena fungsi detoksifikasi dibutuhkan untuk menyingkirkan bilirubin berlebih penyebab sakit kuning dan menjaga produksi bilirubin tetap stabil.

Lobak juga membantu mengurangi kerusakan sel-sel darah merah yang dialami oleh penderita sakit kuning dengan cara meningkatkan suplai oksigen ke darah. Meskipun jenis lobak yang lebih berkhasiat untuk penyakit kuning adalah lobak hitam, namun lobak putih juga tetap bisa membantu pemulihannya.

Gangguan saluran kemih: Lobak adalah obat diuretik alami yang meningkatkan produksi urin. Jus lobak putih juga membantu menyembuhkan peradangan dan rasa sakit saat buang air kecil. Lobak putih membersihkan ginjal dan infeksi yang menghambat sistem ginjal dan kemih, sehingga dapat membantu pengobatan berbagai gangguan saluran kemih yang diperburuk akibat kelebihan racun.

Kelebihan berat badan: Lobak sangat mengenyangkan sehingga Anda bisa makan sedikit tetapi tetap merasa kenyang. Lobak juga adalah makananan yang rendah karbohidrat, tinggi serat, mengandung banyak air, sehingga menjadikannya pilihan makanan yang sangat baik bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Disamping tinggi serat, lobak juga memiliki indeks glikemik yang rendah yang berarti lobak dapat meningkatkan pergerakan usus yang membantu menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan efisiensi metabolisme untuk semua proses tubuh.

Penyakit kardiovaskular: Lobak putih adalah sumber anthocyanin—sejenis flavonoid—yang turut memberikan manfaat lobak putih untuk kesehatan. Anthocyanin telah menjadi subyek dari banyak penelitian medis dan diduga memiliki khasiat pencegahan penyakit kardiovaskular. Dan flavonoid ini juga diyakini memiliki fungsi anti-kanker serta anti-inflamasi.

Kanker: Karena manfaat lobak putih sebagai penetral racun alami dan kaya akan vitamin C, asam folat, dan anthocyanins, sayuran ini diyakini berkhasiat dalam pengobatan berbagai jenis kanker, terutama kanker usus, ginjal, lambung, serta kanker mulut. Lobak adalah bagian dari famili Brassica, sehingga seperti anggota lain dari klasifikasi taksonimi ini, lobak dilengkapi dengan antioksidan. Selain itu, lobak mengandung isthiocyanate yang memiliki dampak besar pada jalur genetik sel-sel kanker. Isthiocyanate mengubah begitu banyak jalur genetik sehingga mereka dapat memicu apoptosis (kematian sel-sel kanker) serta mengeliminasi sel-sel kanker yang berkembang biak.

Sembelit: Lobak putih tinggi serat yang berarti lobak membantu mendorong pergerakan usus sehingga memiliki pola ekskresi yang teratur dan meredakan gejala sembelit. Lobak juga dapat membantu mengatasi diare. Selain itu, lobak dikenal sebagai salah satu pendongkrak produksi cairan empedu. Cairan empedui adalah salah satu bagian paling penting dari pencernaan yang baik, serta membantu menjaga kesehatan liver dan kantong empedu.

Gangguan pernapasan, bronkitis, dan asma: Manfaat lobak putih yang lain adalah sebagai anti-kongestif, yang berarti bahwa lobak mengurangi masalah pernapasan termasuk masalah iritasi hidung, tenggorokan, dan paru-paru yang dapat disebabkan oleh pilek, infeksi, alergi, maupun penyebab lainnya. Lobak adalah disinfektan alami yang kaya akan vitamin sehingga semakin melengkapi perlindungan atas sistem pernapasan dari infeksi.

Tekanan darah tinggi: Lobak adalah sumber kalium yang sangat baik, yang memberikan manfaat bagi sebagian besar masalah kesehatan. Kalium diyakini sanggup menurunkan darah tinggi, karena ketika kalium berinteraksi dengan arteri di vaskular, kalium dapat mengendurkan pembuluh darah sehingga melancarkan peredaran darah. Hal tersebut kemudian mengurangi tekanan darah dengan melebarkan aliran darah.

Diabetes: Lobak telah lama diketahui memiliki indeks glikemik yang rendah sehingga tidak memengaruhi kadar gula darah. Indeks glikemik yang rendah juga membantu mengatur penyerapan gula ke dalam aliran darah, jadi penderita diabetes tidak perlu khawatir dengan lonjakan gula darah pada saat memakan makanan, atau ketika tidak makan dalam waktu yang lama.

Gangguan kulit: Vitamin C, fosfor, zink, dan beberapa jenis vitamin B kompleks menjadikan manfaat lobak putih untuk kesehatan kulit. Kandungan air dalam lobak juga membantu menjaga tingkat kelembapan alami kulit Anda. Masker yang terbuat dari lobak mentah adalah pembersih wajah yang baik dan efektif. Karena sifat desinfektan alami yang dimiliki lobak, masker tersebut juga membantu mengatasi gangguan kulit seperti kulit kering, ruam, dan pecah-pecah.

Demam: Lobak putih sanggup menurunkan suhu tubuh yang tinggi serta meredakan peradangan akibat demam. Cara yang baik untuk memanfaatkan lobak untuk demam adalah dengan meminum jus lobak yang dicampur dengan garam hitam, karena mereka berdua memiliki sifat desinfektan alami dilengkapi dengan khasiat lobak untuk melawan infeksi penyebab demam.

Gangguan ginjal: Manfaat lobak putih sebagai diuretik, pembersih, dan disinfektan alami menjadikannya berkhasiat dalam pengobatan berbagai gangguan ginjal. Sifat diuretik lobak membantu membersihkan racun yang terkumpul dalam ginjal, serta menurunkan akumulasi racun dalam darah sehingga mengurangi tingkat racun di ginjal. Sifat disinfektan ini juga melindungi ginjal dari setiap jenis infeksi.

Dari berbagai manfaat lobak putih untuk kesehatan yang dijelaskan di atas, yang manakah yang menarik bagi Anda? Sebenarnya manfaat lobak putih tidak terbatas pada daftar diatas, masih banyak manfaat yang tidak dapat dibahas di artikel ini.

Misalnya saja manfaatnya untuk mengatasi dehidrasi, mengatasi gigitan serangga, meredakan sakit tenggorokan, dan lain sebagainya. Kandungan vitamin C dalam lobak juga cukup tinggi sehingga lobak putih sanggup meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda secara alami.

Apakah Anda masih belum bisa memercayai manfaat-manfaat lobak putih yang dibahas di artikel ini? Jika demikian, sebaiknya Anda mencoba mengonsumsi beberapa potong lobak putih selama beberapa hari dan lihatlah sendiri bagaimana hasilnya.