Manfaat Kesehatan dari Sayuran Kecipir

351
menanam-tanaman.blogspot.com

Diedit:

Kecipir sekilas memang memiliki bentuk yang unik, Anda akan melihatnya seperti perpaduan antara sayuran oyong atau gambas dan buncis. Memiliki buah bersudut 4 namun dengan permukaan lunak dan bersirip tipis. Pohonnya sendiri serupa dengan tanaman buncis dengan bentuk menjalar.

Kecipir yang dalam bahasa internasional dikenal dengan nama winged beans ini ternyata memiliki manfaat kesehatan yang cukup luas. Manfaat kecipir berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya yang relatif tinggi, kaya akan vitamin dan mineral serta sejumlah fitokimia yang akan memberinya peran anti oksidan. Disempurnakan dengan kadar serat yang tinggi sehingga sayuran satu ini juga baik untuk pencernaan dan diet.

Biasa disajikan sebagai bagian dari sajian tumis, pecel, urap, dan salad, sajian satu ini biasanya diolah dengan di rebus atau dikukus secukupnya sebelum disajikan. Aroma khas dari sayuran ini dirasa lebih nyaman di lidah ketika dikonsumsi dalam keadaan setengah matang.

Kandungan serat dalam sayuran kecipir adalah salah satu esensi utama dari sayuran ini. Disempurnakan dengan kadar klorofil yang tinggi sayuran ini semakin baik untuk kesehatan pencernaan. Kecipir juga kaya akan folat sehingga baik untuk kesehatan ibu hamil.

Selain itu, dalam sayuran kecipir ditemukan komponen vitamin C, vitamin E dan vitamin B yang tinggi. Setidaknya terdapat vitamin B1 atau tiamin, vitamin B2 atau riboflavin, vitamin B3 atau niasin dan vitamin B5 atau asam pantotenat dalam kecipir.

Juga terdapat kandungan sejumlah mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, mangan, fosfor, zink dan masih banyak lagi. Sejumlah anti oksidan lain juga bisa Anda dapatkan seperti flavonoid, saponin, triptophan, isoleucin, lisin, methionine, fenillalanin, histidine, arginite, alanine, glycine, tirosin, aspartic acid, glutamic acid, tanin dan lain sebagainya.

Dan berdasar dari sejumlah kandungan nutrisi dalam kecipir inilah, berikut diulas sejumlah manfaat kecipir untuk kesehatan.

1. Membantu melancarkan pencernaan

Dalam kecipir terdapat kandungan serat yang sangat tinggi sehingga baik untuk membantu mengatasi konstipasi dan membantu membersihkan usus dari sejumlah endapan sisa kotoran yang tidak keluar.

Kecipir juga memiliki kandungan klorofil tinggi, yang terbukti menstimulasi kondisi feses menjadi lebih lunak dengan menarik air dari tubuh. Juga efektif mendorong produksi sejumlah enzim dalam usus yang bekerja memaksimalkan penyerapan nutrisi dan proses pembusukan sisa makanan menjadi feses.

2. Membantu menunda penuaan dini

Kandungan vitamin E dan vitamin C dalam kecipir memberikan stimulan terbaik dalam pembentukan kolagen. Juga bekerja menstimulasi produksi gluthathione yang menjadi anti gen terhadap oksidasi sel.

Oksidasi sel sendiri bukan hanya bisa berakibat kanker, tetapi juga menyebabkan kerusakan sel dini dan menghambat pembentukan sel baru. Gluthathione akan bekerja mencegah oksidasi sel terjadi dengan mengatasi radikal bebas sebelum menyerang tubuh.

Kandungan mangan dalam kecipir menstimulasi produksi enzim superoxide dismutase yang melindungi sel-sel tubuh dari oksidasi sel. Jadi kinerjanya akan bersinergi sekaligus mencegah oksidasi sel terjadi dan melindungi sel dari oksidasi sel.

3. Mengatasi sakit kepala dan migrain

Kandungan triptophan dalam kecipir terbukti efektif mengatasi sakit kepala dan migrain. Senyawa ini menurunkan intensitas ketegangan saraf sekaligus mendorong produksi serotonin yang membantu menyamankan pasien.

Sebuah riset yang dikembangkan Murdoch University School of Psychology di Australia membuktikan bahwa pasien migrain mengalami efek positif dengan terapi triptophan. Dan kecipir dikenal kaya akan triptophan.

4. Menjaga kesehatan kehamilan

Kadar folat dalam kecipir relatif tinggi dan akan sangat berperan dalam menjaga kesehatan janin dan mejaga janin dalam kandungan tumbuh dengan sempurna. Bukan hanya folat, ternyata kecipir juga kaya akan zat besi yang penting untuk mencegah anemia pada ibu hamil. Anemia akan menyebabkan ibu hamil lebih rentan sakit dan juga menghambat pertumbuhan janin.

Dengan perpaduan folat dan zat besi serta sejumlah nutrisi penting inilah kecipir kemudian dikenal baik untuk menjaga kesehatan kehamilan. Dalam database Cochrane dijelaskan bahwa asupan zat besi dan folat merupaka asupan yang penting bagi ibu hamil sampai bayi dilahirkan.

5. Mengatasi inflamasi

Sebagaimana sudah kami ungkap sebelumnya mengenai kandungan mangan daam kecipir yang menjadi salah satu komponen penting pembentukan superoxide dismutase yang bekerja mempercepat regenerasi sel yang rusak akibat inflamasi. Juga bekerja menyerap unsur toksin yang berkembang dari inflamasi dan hasil residu proses infeksi bakteri dan virus pada inflamasi.

Proses ini mempercepat penyembuhan inflamasi termasuk pada sejumlah inflamasi pada persendian seperti reumatik dan asam urat, juga inflamasi yang terbentuk pada usus seperti pada kasus wasir.

6. Membantu meringankan asma

Dalam riset yang dipublikasikan pada Official Publication the College of Family Physicians of Canada tahun 2009 dengan tajuk Magnesium for treatment of asthma in children dijelaskan bagaimana manfaat asupan magnesium untuk membantu meringankan kondidi asma seseorang. Mereka yang mengkonsumsi lebih banyak magnesium bisa mengurangi kecenderungan kambuhnya asma.

Dan dalam kecipir ditemukan jumlah magnesium yang mencukupi untuk memenuhi kebutuhan sistem imun tubuh dalam mengendalikan kondisi autoimun sebagaimana dalam kondisi asma.

7. Menstimulasi imunitas

Sebagaimana dijelaskan dalam ulasan poin 6, magnesium ternyata bekerja sangat baik untuk mengendalikan kondisi autoimun dan mengatasi imunitas yang bekerja tidak efektif. Selain itu dalam kecipir juga memiliki manfaat anti oksidan alami yang juga membantu mengatasi kondisi tubuh yang menurun akibat efek oksidasi sel. Ketika sel membaik dan kadar toksin dalam tubuh menurun, maka sistem imun akan turut terdongkrak.

8. Mendongkrak manfaat diet

Sebagai salah satu sayuran yang mengandung kadar lemak dan kalori yang rendah, kecipir juga baik untuk diet. Sayuran pada serat ini membantu Anda kenyang lebih lama, namun memberi Anda limpahan nutrisi untuk kesehatan tubuh. Bahkan biji dari kecipir kaya akan protein sehingga membantu meningkatkan metabolisme.

Jadi kalau Anda sedang berencana untuk menyajikan makan siang padat sayuran macam pecel atau urap, kenapa tidak Anda tambahkan dengan sayuran kecipir. Buahnya yang terasa segar dan dingin ini memberi Anda manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Tentu saja tak hanya manfaat kecipir yang menguatkan alasan Anda memilihnya sebagai bagian dari menu Anda hari ini, tetapi juga rasa lezatnya yang khas.

Advertisement
Alinesia