Share:

Terakhir Diedit:

Manfaat jeruk dikenal bagus untuk menambah daya tahan tubuh, mencegah sakit, menghaluskan kulit, bahkan menjaga kesehatan jantung. Masing-masing jenis jeruk juga terkenal dengan khasiatnya sendiri. Bukan hanya buahnya atau jusnya, kita pun bisa menggunakan bagian kulitnya, karena ada manfaat kulit jeruk bagi kesehatan kita.

Apa saja manfaat jeruk untuk kesehatan? Bagaimana dengan manfaat jus jeruk, apakah sama? Apa manfaat kulit jeruk untuk kita? Apa jenis-jenis jeruk terbaik untuk kesehatan kita? Mari kita perhatikan penjelasannya dalam artikel ini.

Manfaat Jeruk

Di dalam jeruk terdapat berbagai kandungan senyawa fitokimia yang bermanfaat bagi kesehatan. Jadi tidak heran bila jeruk menawarkan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Berikut adalah beberapa manfaat jeruk dalam kehidupan sehari-hari:

Menyediakan Antioksidan & Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat jeruk ini dihasilkan oleh vitamin C di dalamnya. Vitamin C merupakan antioksidan utama di dalam tubuh yang larut dalam air. Antioksidan bertugas mengatasi radikal bebas dan mencegah kerusakan pada lingkungan berair di dalam & luar sel-sel tubuh.

Di dalam sel, dampak yang bisa dipicu kerusakan DNA akibat radikal bebas ialah kanker. Jika kita mencegah kerusakan DNA sama saja kita mencegah kanker. Ini sebabnya asupan vitamin C harian bisa menurunkan risiko kita menderita kanker usus.

Kerusakan pada struktur sel dan molekul lain bisa mengakibatkan peradangan serius.. Vitamin C, yang mencegah kerusakan pemicu peradangan, juga dapat mengurangi dampak dari penyakit peradangan, misalnya asma, osteoartritis (pengapuran tulang & sendi), dan artritis reumatoid (radang sendi).

Vitamin C juga vital untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita. Jadi teratur makan jeruk berarti kita akan lebih tahan terhadap penyakit seperti pilek, flu, dan beragam jenis infeksi.

Mencegah Penyakit Kanker

Laporan berjudul “The Health Benefits of Citrus Fruits” oleh CSIRO Health Sciences & Nutrition mengulas berbagai penelitian berbeda yang menunjukkan manfaat jeruk untuk mencegah kanker jenis tertentu.

Diperlihatkan bahwa jeruk paling besar manfaatnya untuk mencegah kanker esofagus, kanker tenggorokan, kanker kerongkongan, kanker mulut, dan kanker lambung. Pada kanker-kanker itu, penelitian memperlihatkan bahwa manfaat jeruk mampu menurunkan risikonya hingga 40 – 50%.

Mencegah Penyakit Jantung & Pembuluh Darah

Laporan dari lembaga The World Health Organization berjudul “Diet, Nutrition and the Prevention of Chronic Disease” menyimpulkan bahwa teratur makan aneka jenis jeruk dapat mencegah penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular adalah penyakit yang berhubungan dengan jantung & pembuluh darah.

Kandungan buah jeruk yang berperan antara lain folat, kalium, vitamin C, carotenoid, dan flavonoid. Folat untuk menurunkan kadar homosistein dalam darah, yang memicu penyakit kardiovaskular. Kalium untuk menurunkan tekanan darah, sehingga mencegah stroke dan aritmia jantung. Vitamin C, carotenoid, dan flavonoid juga berguna untuk melindungi kardiovaskular.

Penelitian besar yang diulas oleh laporan CSIRO juga menunjukkan bahwa satu porsi tambahan buah & sayuran setiap hari dapat mengurangi risiko stroke sebesar 4%. Dan persentase itu meningkat 5 – 6 kali jika buah yang dipilih adalah dari aneka jenis jeruk. Risikonya berkurang hingga 19% jika mengonsumsi satu porsi aneka jenis jeruk setiap hari.

Menurunkan Kadar Kolesterol

Para ilmuwan dari US Agricultural Research Service sedang menyelidiki potensi manfaat dari kandungan jeruk, limonin, untuk menurunkan kolesterol. Pengujian di laboratorium menunjukkan bahwa sel-sel hati manusia menghasilkan lebih sedikit apo B jika terkena limonin.

Apo B adalah protein struktural yang merupakan bagian dari molekul kolesterol ‘jahat’ LDL. Protein ini penting untuk menghasilkan, mengangkut, dan mengikat kolesterol LDL. Jadi bila kadar protein apo B dapat diturunkan, kadar kolesterol LDL juga kemungkinan akan turun.

Manfaat Jeruk untuk Penyakit-Penyakit Lain

Laporan dari CSIRO juga memberikan bukti manfaat jeruk untuk artritis, asma, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, degenerasi makular, diabetes, batu empedu, multiple sclerosis, kolera, radang gusi, fungsi paru-paru, katarak, kolitis ulseratif, dan penyakit Crohn.

Baca juga  Inilah Manfaat Buah Jeruk yang Bikin Anda Sehat Tiap Hari!

Laporan itu juga menyebutkan bahwa aneka jenis jeruk dapat mencegah kegemukan dan obesitas, karena jeruk kaya nutrisi tetapi punya lemak & indeks glikemik yang rendah. Diketahui bahwa kegemukan & obesitas memperbesar risiko kita untuk menderita sakit jantung, kanker, diabetes, darah tinggi, stroke, dan memperparah gejala-gejala artritis.

Kandungan polyphenol pada aneka jenis jeruk terbukti bersifat sebagai antioksidan, anti-virus, anti-alergi, anti-inflamasi, anti-proliferatif, dan anti-kanker. Meskipun sebagian besar penelitian tentang polyphenol berpusat pada perannya untuk kanker & penyakit jantung, tetapi sekarang ini peneliti mulai tertarik dengan perannya pada fungsi otak seperti kemampuan belajar dan daya ingat.

Kandungan Buah Jeruk


Menurut Lembaga The World’s Healthiest Foods, kandungan vitamin C dalam sebuah jeruk ukuran sedang dapat memenuhi hingga 93% dari total vitamin C yang kita butuhkan dalam sehari. Kandungan buah jeruk yang lain yaitu serat (memenuhi 13% kebutuhan harian kita), folat (10%), vitamin B1 (9%), asam pantotenik (7%), tembaga (7%), kalium (7%), dan kalsium (5%).

Penelitian juga menunjukkan bahwa jeruk mengandung senyawa-senyawa fitokimia. Senyawa fitokimia tersebut antara lain citrus flavanone (jenis flavonoid yang termasuk molekul-molekul hesperedin dan naringenin), anthocyanin, hydroxycinnamic acid, dan aneka ragam polyphenol.

Molekul herperidin dianggap salah satu citrus flavanone paling penting pada jeruk. Herperidin paling banyak ada di bagian kulit dan pulp putih bagian dalam jeruk. Kemungkinan kandungan inilah yang menghasilkan manfaat kulit jeruk bagi kesehatan kita.

Ada lebih dari 170 fitokimia dan lebih dari 60 flavonoid dalam jeruk. Banyak di antara kandungan buah jeruk itu terbukti bersifat sebagai antioksidan, anti-inflamasi, anti-tumor, dan anti-koagulan.

Manfaat Jus Jeruk

Jus jeruk segar tanpa tambahan gula adalah sumber dari aneka nutrisi, sebut saja mineral, vitamin, flavonoid, juga fitokimia. Nutrisi-nutrisi tersebut menghasilkan manfaat jus jeruk yang penting bagi kesehatan tubuh kita. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari jus jeruk murni bila diminum setiap hari.

manfaat jeruk - manfaat jus jeruk - manfaat kulit jeruk - jenis jeruk

Mencegah Penyakit Kanker

Senyawa-senyawa dalam beragam jenis jeruk, yaitu limonoid, dibuktikan sanggup membantu pencegahan kanker di mulut, kulit, payudara, lambung, dan usus. Para ilmuwan dari US Agricultural Research Service (ARS) membuktikan bahwa tubuh kita bisa dengan mudah menyerap & memanfaatkan jenis limonoid yang ada dalam buah-buahan jeruk, yaitu limonin.

Di dalam buah jeruk, limonin ada dalam bentuk limonin glucoside, yaitu limonin yang melekat pada molekul gula (glucose). Tubuh kita dengan mudah mencerna senyawa ini, memecah molekul gulanya, dan melepaskan limonin.

Dalam penelitian oleh ARS, 16 relawan diberi limonin glucoside yang dosisnya sebanding dengan yang ada pada 1 – 7 gelas jus jeruk. Hasil tes darah mereka menunjukkan bahwa limonin ada di dalam plasma darah mereka, kecuali satu orang, dalam konsentrasi tinggi. Jejak limonin juga masih ditemukan pada 5 orang itu bahkan setelah 24 jam.

Anti-Kanker Alami untuk Pengobatan Kanker


Meski penelitian menunjukkan manfaat buah jeruk untuk mencegah kanker, namun buah ini tidak efektif untuk membantu pengobatan kanker. Tetapi penderita kanker tetap dianjurkan mengonsumsi aneka buah-buahan untuk menjaga kondisi tubuh. Dan ada beberapa penderita kanker yang menambahkan asupan anti-kanker alami untuk menambah kemampuan tubuh mereka dalam mengatasi sel-sel kanker.

Salah satu asupan anti-kanker alami yang banyak dikonsumsi yaitu herbal Sarang Semut Papua. Herbal ini semakin populer karena ada banyak laporan-laporan dari para penggunanya yang mengaku sudah mulai merasakan pemulihan dalam waktu 1 – 3 bulan. Pemulihan tersebut misalnya berkurangnya rasa nyeri, bergerak lebih leluasa, nafsu makan membaik, dan benjolan kanker/tumor mulai mengecil.

Dari segi ilmiah, Sarang Semut juga telah diteliti oleh sejumlah ilmuwan. Salah satu penelitian tersebut adalah yang dilakukan Pusat Bioteknologi LIPI. Diungkapkan bahwa herbal ini memiliki senyawa-senyawa aktif yang memang bermanfaat untuk pengobatan kanker. Jadi bukan hal aneh kalau herbal ini benar-benar efektif untuk anti-kanker.

Mencegah Batu Ginjal

Jika kita ingin mencegah batu ginjal, cobalah minum jus jeruk secara teratur. Sebuah penelitian yang dirilis pada British Journal of Nutrition menemukan manfaat jus jeruk untuk mengurangi risiko terbentuknya batu di ginjal karena pengendapan kalsium oksalat. Yang menjadi subjek penelitian adalah para wanita yang meminum ½ – 1 liter jus jeruk, limau gedang, dan apel setiap hari. Kadar pH urin dan ekskresi asam sitrat mereka meningkat, sehingga mencegah pengendapan kalsium oksalat di dalam ginjal.

Baca juga  Badan Sering Lelah? Coba Resep Herbal Sederhana Ini

Mencegah Sakit Maag

Sebuah penelitian yang dirilis di Journal of the American College of Nutrition mencermati manfaat vitamin C untuk pencegahan sakit maag. Para partisipan dalam penelitian ini yang memiliki kadar vitamin C tertinggi dalam darah mereka diketahui menurun risikonya terinfeksi bakteri Helicobacter pylori sebesar 25%. Bakteri itu adalah penyebab utama sakit maag.

Dari hasil penelitian tersebut disimpulkan bahwa makan buah jeruk atau minum jus jeruk setiap hari dapat membantu mencegah sakit maag. Pemimpin penelitian ini, Dr. Joel A. Simon, mendesak orang-orang yang telah terinfeksi Helicobacter pylori agar memperbanyak konsumsi vitamin C dari makanan.

Manfaat Jus Jeruk untuk Kulit

Sudah disebutkan bahwa vitamin C bertindak sebagai antioksidan. Antioksidan membantu melawan kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh matahari dan polusi, mengurangi kerutan, dan memperbaiki tekstur kulit. Vitamin C berperan penting dalam pembentukan kolagen yang mendukung sistem kulit kita. Dapatkan manfaat ini dengan secara teratur minum jus jeruk murni.

Manfaat Jus Jeruk untuk Ibu Hamil

Jus jeruk bukan hanya mengandung vitamin C dan folat yang bagus bagi ibu hamil, tetapi juga kalium. Penelitian menunjukkan bahwa kalium dapat membantu menurunkan darah tinggi. Dan tekanan darah tinggi adalah salah satu masalah kesehatan umum pada ibu hamil.

Manfaat Jus Jeruk Lebih dari Suplemen Vitamin C


Manfaat suplemen vitamin C tidak sebanding dengan manfaat jus jeruk murni. Penelitian di Italia oleh Division of Human Nutrition di University of Milan menunjukkan bahwa manfaat jus jeruk untuk melindungi tubuh dari kerusakan radikal bebas pada DNA jauh lebih besar daripada manfaat suplemen vitamin C 150 miligram.

Pemimpin penelitian itu, Serena Guarnieri, menyatakan; “Tampaknya vitamin C bukanlah satu-satunya zat kimia yang bertanggung jawab untuk perlindungan antioksidan.” Dalam jeruk, vitamin C bekerja sama dengan senyawa fitokimia lain, misalnya cyanidin-3-glucoside, flavanone, dan carotenoid. Serena menambahkan, “Tetapi bagaimana kerja sama mereka masih belum jelas.”

Meski belum jelas seperti apa kerja sama vitamin C & senyawa fitokimia, kita tetap bisa mendapatkan khasiatnya untuk melindungi DNA kita. Tipsnya: Jangan hanya andalkan suplemen vitamin C, karena ada lebih banyak manfaat jus jeruk murni (tanpa gula) untuk perlindungan DNA kita.

Manfaat Kulit Jeruk

Kulit jeruk mengandung kalsium, tembaga, magnesium, vitamin A, folat dan jenis vitamin B lain, juga serat. Memang kulit jeruk punya rasa yang kuat dan pahit, tetapi sebenarnya itu sebanding dengan manfaat kulit jeruk yang dihasilkannya. Rasa pahit tersebut disebabkan oleh banyaknya kandungan flavonoid di dalamnya. Berikut adalah beberapa manfaat utama kulit jeruk:

manfaat jeruk - manfaat jus jeruk - manfaat kulit jeruk - jenis jeruk

Menurunkan Tekanan Darah & Kolesterol

Manfaat kulit jeruk ini dihasilkan oleh flavonoid hesperidin di dalamnya. Pada berbagai penelitian, flavonoid ini diperlihatkan mampu menurunkan tekanan darah dan kolesterol. Hesperidin juga memiliki sifat anti-inflamasi.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kandungan polymethoxylated flavone (PMF) pada kulit jeruk lebih efektif menurunkan kolesterol daripada obat medis. Manfaat kulit jeruk ini dihasilkan tanpa efek samping seperti yang biasa ditimbulkan oleh obat medis.

Mencegah Penyakit Kanker

Flavonoid pada kulit jeruk berpotensi menghambat protein RLIP76, yang dikaitkan dengan kanker. Para ahli sedang meneliti manfaat kulit jeruk ekstrak dalam menghambat atau mengurangi aktivitas RLIP76.

Profesor Sanjay Awasthi dari Division of Molecular Diabetes Research di rumah sakit City of Hope mengungkapkan, “Jika Anda bisa menghilangkan gen [RLIP76] ini pada tikus percobaan, tampaknya tikus itu tidak akan obesitas, diabetes, kolesterolnya tidak tinggi, dan tidak akan terkena kanker.”

Manfaat Kulit Jeruk untuk Rambut

Gilinglah kulit jeruk, campur dengan air, dan biarkan semalaman. Besok harinya oleskan campuran ini ke rambut untuk mengatasi ketombe. Campuran kulit jeruk ini juga bermanfaat sebagai kondisioner alami, membersihkan rambut, serta membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Manfaat Kulit Jeruk untuk Wajah

Kulit jeruk bermanfaat untuk menghilangkan komedo, membersihkan sel-sel kulit mati, merapatkan pori-pori, memudarkan lingkaran hitam mata, melembapkan kulit kering, dan mencerahkan wajah.

Ada manfaat kulit jeruk untuk jerawat. Jerawatan bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, terutama bakteri Propionibacterium acnes. Kita bisa menggunakan kulit jeruk untuk mengatasi infeksi bakteri tersebut, karena kandungan anti-bakteri yang dimiliknya.

Selain itu, ada juga manfaat kulit jeruk untuk wajah berminyak. Kadang kelenjar minyak di kulit kita menghasilkan minyak berlebihan. Ini bisa menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawatan. Jika kulit kita cenderung berminyak, cobalah manfaatkan kulit jeruk.

Penelitian menunjukkan bahwa nobiletin, salah satu flavonoid yang ada di kulit jeruk, dapat mengurangi produksi minyak atau sebum berlebih. Berikut adalah cara menggunakan kulit jeruk untuk wajah:

  • Cara pertama:

    Peras irisan kulit jeruk yang masih segar sampai keluar sari-sarinya. Gosokkan sari-sari itu ke kulit wajah yang bermasalah.

  • Cara kedua:

    Blender kulit jeruk dengan sedikit susu hingga mengental seperti salep. Oleskan campuran ini ke bagian wajah yang bermasalah dan diamkan 5 – 10 menit atau sampai mengering. Lalu cuci wajah seperti biasa.

  • Cara ketiga:

    Jemur kulit jeruk di bawah matahari selama beberapa hari, dan tumbuk menjadi bubuk. Saring bubuk itu dan campur dengan susu hingga mengental seperti salep. Oleskan salep ke bagian kulit yang bermasalah, diamkan 10 – 15 menit, lalu cuci wajah seperti biasa.

Sebelum menggunakan kulit jeruk, cuci dulu wajah dan kulit jeruk sampai bersih. Ingatlah bahwa kulit jeruk bisa menimbulkan sedikit kesemutan di kulit, dan ini normal. Sebaiknya jangan ada di dekat sumber cahaya yang terang setelah mengoleskan kulit jeruk ke wajah.

Jenis-Jenis Jeruk Terbaik untuk Kesehatan


Di seuruh dunia, ada aneka ragam jenis-jenis jeruk dan ciri-cirinya yang berbeda. Jeruk adalah semua tanaman yang dalam klasifikasi ilmiah digolongkan pada genus Citrus dan famili Rutaceae. Semua jenis jeruk mengandung nutrisi-nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kita.

manfaat jeruk - manfaat jus jeruk - manfaat kulit jeruk - jenis jeruk

Meski begitu, ada enam jenis jeruk terbaik yang memiliki lebih banyak nutrisi dibandingkan jenis lainnya. Enam jenis jeruk tersebut yaitu jeruk manis biasa, jeruk lemon, jeruk nipis, jeruk keprok (jeruk mandarin), limau gedang (grapefruit), dan buah kumkuat.

Mengingat banyaknya manfaat jeruk untuk kesehatan kita, tidak heran kalau buah ini merupakan salah satu buah terpopuler di seluruh dunia. Banyak orang di Indonesia tahu manfaat jus jeruk jika diminum setiap hari, sehingga banyak keluarga di sini yang selalu minum jus sehat ini. Bahkan manfaat kulit jeruk pun tak boleh dilupakan, karena ada juga kandungan berkhasiat di dalamnya.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat jeruk bagi kesehatan kita. Semoga informasi di artikel ini semakin memotivasi kita untuk menjaga kebugaran tubuh dengan cara-cara yang alami. Nantikan juga ulasan menarik lain seputar info kesehatan, tips kesehatan, dan pengobatan alami hanya di Deherba.com.

Cindy Wijaya

Penulis beragam artikel kesehatan berpengalaman. Senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Saat ini bekerja sebagai penulis dan editor untuk Deherba.com. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.


Artikel di-posting oleh Cindy Wijaya dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.