Manfaat Daun Murbei untuk Aneka Ragam Keluhan

870

Diedit:

Selama ini daun murbei atau mullberry lebih banyak dikenal orang sebagai pakan bagi ulat sutera. Itu sebabnya di beberapa daerah tanaman dengan buah menyerupai blackberry, merah kehitaman, dan rasa masam segar ini biasa dikembangbiakkan sebagai tanaman pakan. Namun bukan berarti manusia tidak bisa mengonsumsinya, justru tersimpan banyak manfaat kesehatan daun murbei yang bisa didapatkan dengan rutin mengonsumsinya.

Di beberapa negara kawasan Afrika dan Asia Timur, dimana tanaman murbei lebih banyak ditemukan, daun murbei ini lazim dimanfaatkan sebagai tanaman pakan ternak. Tidak hanya untuk ulat sutra, tetapi juga untuk pakan sapi, kerbau hingga unggas. Ini karena terbukti pemberian pakan dengan daun murbei memberikan manfaat terhada stamina, ketahanan tubuh dan pembentukan massa otot dari hewan ternak.

Dan rupanya sejumlah manfaat juga bisa Anda dapatkan bila daun murbei dikonsumsi oleh manusia. Untuk itu pada kesempatan ini kami menghimpun sejumlah manfaat kesehatan daun murbei dari berbagai sumber.

  • Menurunkan level kadar glukosa darah

    Menurut sumber The American Journal of Chinese Medicine pada 2012 daun murbei mengandung sejumlah gallic acid atau asam galik yang dapat bekerja menurunkan kadar glukosa dalam darah.

    Dalam riset lain yang dijurnalkan dalam Diabetic Care 2007 disampaikan hasil riset terhadap pasien diabetes tipe 2 yang terbukti bisa mengatasi kecenderungan tubuh untuk menambah kadar glukosa darah pasca mengkonsumsi sukrosa murni. Dalam jurnal yang sama juga disimpulkan bahwa rutin minum secangkir kecil teh daun murbei setiap hari dapat mencegah seseorang mengalami kenaikan kadar glukosa yang memicu diabetes.

  • Mengatasi kolesterol tinggi

    Manfaat kesehatan daun murbei lain adalah kemampuannya dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini dijurnalkan dalam BioMed Research International tahun 2013. Dalam riset ditemukan bahwa pemberikan asupan 280 gram bubuk daun murbei kering untuk 3 kali sehari selama 3 bulan, terbukti menurunkan kadar trigliserida dan LDL hingga lebih dari rata-rata 60%.

    Hal senada juga pernah dijurnal dalam The Journal of Clinical Biochemistry and Nutrition tahun 2010. Dalam jurnal ini juga diungkap pencegahan kenaikan kadar kolesterol darah dengan mengasup 24 miligram bubuk daun mulberry tiap harinya atau mengasupnya sebagai teh.

  • Mencegah dan mengatasi peradangan

    Menurut The Journal of Functional Foods tahun 2013, terbukti bahwa dalam daun mulberi atau murbei memang memiliki kandungan anti inflamasi. Terbukti mengasup teh daun murbei akan mencegah iritasi kecil berkembang menjadi peradangan. Juga terbukti daun murbei akan membantu mengatasi peradangan pada jaringan, mempercepat perbaikan jaringan dan regenerasi sel. Kandungan flavonoid dan antosianinnya sangat efektif menstimulasi regenerasi sel.

  • Memperbaiki sirkulasi darah

    Selain karena memiliki khasiat mengatasi kolesterol, terbukti bahwa dalam daun dan buah murbei ditemukan kandungan resveratrol yang bekerja mestimulasi aliran darah sehingga sirkulasi darah akan kembali lancar. Tubuh akan menghantarkan nutrisi dan oksigen dengan lebih optimal, sehingga membantu mengaktifkan kembali sel-sel yang mengalami penurunan fungsi, memperbaiki fungsi organ dan memperbaiki kondisi kulit.

  • Sebagai anti kanker

    Dalam riset yang dijurnalkan dalam Evidence Based Complement Alternat Medicine tahun 2013 diungkap bahwa daun murbei memiliki kandungan anti oksidan memadai untuk bekerja sebagai anti kanker. Kandungan antosianin, quercetin, polifenol, kaemferol dan methanolic acid terbukti bekerja dengan fungsi menghambat terjadinya kerusakan DNA dan kerusakan fungsi regenerasi sel yang bisa memicu terbentuknya sel kanker.

  • Mengendalikan tekanan darah

    Kandungan potasium dalam daun murbei cenderung cukup tinggi. Potasium sangat efektif dalam membantu memperbaiki komposisi darah dan mengembalikan tekanan darah kembali normal.

  • Meningkatkan daya tahan tubuh

    Kandungan zat besi, vitamin C dan sejumlah anti oksidan yang dapat Anda jumpai dalam daun murbei akan bekerja membantu membersihkan tubuh dari radikal bebas, menghantarkan cukup oksigen ke sistem imunitas serta membantu menstimulasi fungsi imunitas dalam melawan serangan virus dan bakteri.

    Menurut pengobatan cina kuno, teh daun murbei telah lama dikenal sebagai herbal berkhasiat. Daun murbei akan bekerja sebagai tonik anti flu, tonik untuk memperbaiki kondisi tubuh, meningkatkan metabolisme dan menjaga stamina.

  • Mengatasi anemia

    Kandungan vitamin B dan zat besi dalam daun murbei cukup tinggi. Ini menyebabkan daun murbei dikenal secara umum sebagai salah satu terapi untuk mengatasi anemia. Manfaat kesehatan daun murbei lain adalah membantu meningkatkan kosentrasi dan menjaga stamina tubuh, karena kandungan vitamin B ternyata juga berperan besar dalam proses pembentukan energi.

  • Menjaga kesehatan mata

    Kandungan vitamin A dan betakaroten dalam daun murbei sangat tinggi. Dan karenanya daun murbei sangat berkhasiat untuk kesehatan mata, mencegah kerusakan dan mengatasi kerusakan ringan pada retina, lensa dan sistem saraf mata.

  • Membantu kerja ginjal

    Meski dalam daun murbei ditemukan sejumlah kandungan potasium yang kerap menyebabkan terjadinya pembentukan endapan dalam ginjal, terbukti pula mengasup daun murbei juga bekerja mengurangi kadar residu protein dalam ginjal dan membantu menetralisir kadar racun dalam tubuh hingga meringankan tugas hati dan ginjal. Setidaknya demikian fakta yang diungkapkan dalam BioMed Research International tahun 2012.

Demikian tadi, sejumlah manfaat kesehatan daun murbei yang menjadi alasan mengapa daun murbei atau teh daun murbei layak masuk ke dalam menu harian Anda. Meski memang diakui, tak mudah menemukan daun murbei di sekitar Anda.

Untuk itu, Anda bisa gunakan alternatif lain dari daun murbei dengan khasiat yang hampir serupa dengan manfaat kesehatan daun murbei, bahkan lebih baik. Herbal tersebut adalah Noni Juice yang sering disebut sebagai herbal ajaib dengan multi-khasiat.

Noni memiliki bentuk yang sekilas serupa dengan murbei, dengan aroma khas yang menjadikannya berkali lipat lebih kaya manfaat dengan kandungan nutrisi serta senyawa essensial yang berlimpah. Anda bisa menjadikan Noni Juice sebagai pilihan herbal kesehatan untuk Anda dan keluarga, mencegah dan membantu Anda dalam mengatasi beragam penyakit infeksi dan degeneratif.

Advertisement
Alinesia