Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Manfaat Daun Mint Manfaat Daun Mint Shutterstock

7 Manfaat Daun Mint yang Pasti Menyehatkan Kita

Daun mint adalah bumbu populer di banyak resep masakan dan minuman. Ternyata, terdapat banyak manfaat daun mint bagi kesehatan dan kesejahteraan kita, berkat kemampuan herbalnya.

Tanaman Mint

Mentha (mint) merupakan sebuah genus tanaman dalam famili Lamiaceae. Nama spesies dari daun mint adalah Mentha spicata.

Awalnya mint berasal dari Eropa, tetapi sekarang sudah tersedia di banyak negeri di seputar dunia. Banyak orang menanam sendiri tanaman ini di kebun atau halaman rumah mereka. Mint juga dapat tumbuh liar di dekat kali, sungai, atau tempat-tempat lembap lainnya.

Daun mint punya banyak khasiat positif yang dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan pada tubuh kita. Orang-orang sudah sangat kreatif dalam cara memanen daun-daun mint dan menemukan banyak cara untuk memanfaatkan herbal berkhasiat ini.

Entah digunakan sebagai tambahan untuk minuman, dikunyah daunnya, atau digunakan dalam bentuk atau cara lain, kita mungkin sudah sering memanfaatkan mint. Berikut ke-7 manfaat daun mint yang akan kita peroleh jika rutin menggunakannya.

1. Mengobati Masalah Pencernaan

Daun mint punya banyak manfaat jika dikonsumsi sebagai herbal. Herbal ini menyehatkan sistem pencernaan karena mampu meningkatkan kinerja kelenjar ludah, menenangkan lambung selama terjadi gangguan pencernaan, dan bisa meredakan gejala mual.

Daun mint bisa dikonsumsi dengan berbagai cara dan bentuk, misalnya dalam bentuk minyak mint untuk ditelan beberapa tetesnya. Atau dalam bentuk teh mint untuk cepat mendapatkan kelegaan dari keluhan pencernaan.

2. Meredakan Sakit Kepala

Banyak korban sakit kepala yang berhasil meredam keluhan mereka dengan mengoleskan salep mint ke dahi. Cara ini khususnya ampuh untuk mengatasi nyeri ‘cenat-cenut’ yang disertai sakit kepala akibat sinus.

Cobalah oleskan salep mint ke area sekitar hidung dan bagian pinggir dahi di dekat telinga. Kemampuan anti-inflamasi dan aroma dari daun mint dapat memberikan kelegaan dari sakit kepala.

3. Mengatasi Pilek & Flu

Walaupun tidak ada yang namanya obat ‘mujarab’ untuk menghentikan pilek dan flu, tetapi manfaat daun mint telah terbukti sanggup meredakan gejala hidung tersumbat maupun keluhan pernapasan lainnya.

Orang-orang yang mengalami gejala-gejala tak mengenakkan akibat bronkitis, flu, dan masalah pernapasan lain bisa terbantu oleh aroma mint yang kuat. Bahkan mint adalah bahan alternatif dalam produk-produk inhaler.

Itu karena mint telah terbukti memberikan efek mendinginkan dan menenangkan yang mengurangi peradangan pada saluran pernapasan. Herbal ini juga berguna bagi orang-orang yang menderita asma, karena bisa membantu mengendalikan kondisi mereka.

4. Meringankan Kelelahan dan Depresi

Sewaktu merasa lelah secara fisik maupun emosi, cobalah manfaatkan daun mint. Herbal ini bisa bekerja sebagai stimulan. Kita bisa menggunakannya dalam banyak cara, entah dalam bentuk salep dan minyak esensial untuk dioleskan ke kulit, atau dalam bentuk teh seduhan. Secangkir teh mint bisa membuat kita lebih menikmati waktu-waktu santai.

5. Menurunkan Berat Badan

Mint bertindak sebagai stimulan bagi sistem pencernaan, merangsang enzim-enzim di sana untuk bekerja serta mendorong fungsi metabolisme tubuh. Akan ada lebih sedikit lemak yang disimpan dan lebih banyak kalori yang dibakar dengan hanya menambahkan mint ke dalam diet kita.

Jika kita juga berupaya lebih rajin olahraga dan menjaga pola makan, maka akan lebih mudah untuk mencapai serta mempertahankan berat badan idaman kita.

6. Penguat Daya Ingat

Manfaat daun mint dikaitkan dengan fungsi kognitif yang lebih baik saat usia sudah tak lagi muda. Tampaknya kemampuannya ini ada hubungannya juga dengan fungsinya sebagai stimulan bagi proses mental kita.

Kemungkinan, dengan mengonsumsi mint secara rutin, seseorang bisa tetap menjaga kecermelangan mentalnya dan kekuatan daya ingatnya. Manfaat tersebut khususnya berguna bagi orang-orang yang sedang menghadapi penurunan daya ingat akibat penuaan.

7. Perawatan Kulit

Mint juga bermanfaat sebagai perawatan kulit. Minyak esensial mint dan sari daun mint bisa dioleskan ke kulit. Ini dapat digunakan sebagai bahan pembersih wajah, sekaligus juga ampuh untuk membersihkan jerawat dan bakteri yang memicunya.

Mint juga sanggup membantu mengatasi berbagai iritasi pada kulit yang disebabkan oleh ruam (bintik-bintik merah), sengatan serangga, atau goresan/luka di kulit.

Daun mint memang adalah bumbu tambahan berbagai macam makanan serta minuman yang melezatkan sekaligus menyehatkan. Meski tidak selalu gampang untuk menambahkannya ke dalam makanan, kita sebenarnya bisa mengonsumsinya dalam berbagai bentuk lain—misalnya dalam bentuk kapsul, teh, atau minyak esensial.

Manfaat daun mint yang akan kita peroleh cukup beragam—mulai dari meningkatkan daya ingat, meredakan gejala gangguan pencernaan, melegakan pilek & flu, dan bahkan sebagai obat sakit kepala instan. Jadi tidak ada ruginya untuk sedikit repot menambahkan daun mint ke dalam makanan sehari-hari kita.

Penting: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami »
FOLLOW DEHERBA.COM:
instagram