Manfaat Daun Meniran dan Efek Sampingnya untuk Kesehatan


By Cindy Wijaya

Meniran adalah tanaman yang sangat mudah berkembang biak di Indonesia yang beriklim tropis, jadi Anda kemungkinan bisa dengan mudah menemukannya di lingkungan sekitar. Dengan stok yang berlimpah di alam tentunya kita tidak usah repot mencarinya saat ingin membuat rebusan daun meniran untuk manfaat kesehatan. Namun selain manfaat, daun meniran juga punya efek sampingnya yang perlu diketahui dan dihindari. Apa saja manfaat dan efek samping daun meniran bagi kesehatan?

Artikel ini akan mengulas berbagai manfaat dan efek samping daun meniran bagi kesehatan. Informasi dalam artikel ini dirangkum dari sumber-sumber yang dapat dipercaya, silakan lihat “sumber referensi” di bagian akhir artikel untuk mengetahuinya. Sekarang mari kita cari tahu apa saja manfaat daun meniran untuk kesehatan?

Apa Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan?

Tanaman meniran (nama ilmiahnya Phyllanthus niruri) paling dikenal manfaatnya untuk melindungi organ hati. Selain itu meniran juga dipercaya dapat membantu meluruhkan batu ginjal. Namun daun meniran menyimpan beragam manfaat lain bagi kesehatan, apa sajakah itu?

Berperan sebagai Antioksidan

Menurut sebuah penelitian in vitro di tahun 2014, ekstrak yang terbuat dari daun meniran diperlihatkan memiliki kemampuan antioksidan yang kuat. Antioksidan bermanfaat untuk melawan radikal-radikal bebas di dalam tubuh dapat menyebabkan kerusakan sel dan penyakit.

Memiliki Anti-Mikroba

Menurut penelitian di tahun 2012, ekstrak meniran mempunyai kemampuan anti-mikroba terhadap bakteri H. pylori. Bakteri ini biasa ada dalam saluran pencernaan dan biasanya tidak berbahaya. Tetapi kadang mereka bisa menyebabkan tukak lambung, sakit perut, dan mual. Para peneliti juga mendapati bahwa ekstrak itu tidak membunuh bakteri-bakteri asam laktak yang berguna bagi tubuh.

Memiliki Anti-Inflamasi

Inflamasi dapat mengakibatkan banyak masalah di seluruh tubuh, termasuk penyakit kulit seperti psoriasis dan nyeri kronis. Menurut penelitian di tahun 2017 dengan hewan percobaan, meniran dapat membantu mengurangi inflamasi.

Untuk penelitian itu, para peneliti menginjeksi carrageenan ke telapak kaki belakang kiri tikus-tikus percobaan untuk memicu inflamasi. Tikus-tikus itu kemudian diobati menggunakan ekstrak meniran, yang hasilnya terlihat inflamasi mereka jauh berkurang.

Membantu Mencegah Tukak Lambung

Temuan dari sebuah penelitian di tahun 2017 mengungkapkan bahwa ekstrak meniran dapat membantu mencegah tukak lambung. Diperkirakan bahwa meniran mampu mengurangi sekresi asam lambung dan melindungi lambung. Juga meniran ditunjukkan memiliki efek anti-inflamasi yang kuat terhadap tukak lambung.

Membantu Menurunkan Gula Darah

Daun meniran juga punya manfaat kesehatan untuk menjadi anti-diabetes. Berdasarkan penelitian di tahun 2012, diketahui bahwa daun meniran dapat membantu mencegah penyerapan gula darah dan memperbaiki penyimpanan gula darah. Hal ini berguna untuk menjaga kadar gula darah tetap dalam batas normal.

Membantu Mencegah Batu Ginjal

Rebusan daun meniran sudah sangat dikenal punya manfaat sebagai penghancur batu ginjal. Berdasarkan ulasan ilmiah di tahun 2010, banyak penelitian telah membuktikan manfaat ampuh meniran untuk menangkis penyakit batu ginjal.

Meniran dapat membantu mengendurkan ureter setelah seorang pasien menjalani perawatan lithotripsy, sehingga membantu peluruhan batu ginjal. Lithotripsy adalah prosedur perawatan untuk menghancurkan batu-batu yang terbentuk di dalam saluran pembuangan urin. Meniran juga mampu mencegah pembentukan batu dengan cara mengehentikan pengkristalan batu tersebut.

Membantu Memperbaiki Kesehatan Hati

Menurut sebuah penelitian di tahun 2017 pada tikus percobaan, meniran dapat membantu mengobati penyakit hati non-alkoholik dan aterosklerosis. Kedua penyakit tersebut dapat menyebabkan resistensi insulin. Penelitian itu mendapati bahwa meniran bisa mengurangi resistensi insulin serta menurunkan kadar asam lemak di dalam hati.

Sebuah penelitian di tahun 2006 pada tikus percobaan juga mendapati bahwa antioksidan milik meniran sanggup membantu melindungi hati dari toksisitas asetaminofen.

Membantu Mengobati Hepatitis B Akut

Meniran bisa membantu mengobati infeksi hepatitis B yang akut berkat kemampuan anti-virus dan pelindung hati yang dimilikinya. Pada penelitian di tahun 2010, 60 orang penderita hepatitis B akut diberikan plasebo atau produk yang terbuat dari gabungan 7 herbal, termasuk 100 mg meniran.

Kelompok yang diberi produk herbal mengalami kesembuhan lebih cepat daripada yang diberi plasebo. Akan tetapi, ada efek samping yang dilaporkan mereka alami seperti sakit perut bagian atas dan diare.

Meski ada kemungkinan meniran dapat membantu mengobati hepatitis B akut, namun herbal ini mungkin tidak dapat membantu hepatitis B yang kronis. Sebuah ulasan ilmiah di tahun 2011 mengungkapkan bahwa para penderita hepatitis B kronis tidak mengalami perubahan yang signifikan setelah menjalani perawatan dengan meniran.

Mungkin Bersifat Anti-Kanker

Meniran diketahui sanggup membantu mencegah metastasis (penyebaran) dari sejumlah kanker paru-paru dan payudara. Sebuah penelitian di tahun 2010 memperlihatkan bahwa kandungan polifenol dalam herbal ini membantu mencegah invasi, migrasi, dan adhesi dari sel-sel kanker. Penelitian lain di tahun 2012 pada sel kanker kolorektal dan hati juga mendapati bahwa meniran membantu memperlambat perkembangan sel-sel kanker sekaligus memicu kematian mereka.

Apa Efek Samping Daun Meniran bagi Kesehatan?

Di samping limpahnya manfaat rebusan daun meniran untuk kesehatan, ada juga efek sampingnya yang perlu diketahui dan dihindari. Terdapat sedikit efek samping negatif yang terlihat dari penelitian pada manusia dan hewan, sehingga kita perlu tetap berhati-hati saat menggunakan herbal ini bagi keperluan kesehatan.

Salah satu efek samping yang dapat ditimbulkan oleh konsumsi daun meniran bagi kesehatan ialah keluhan sakit perut atau diare. Selain itu penggunaan meniran bagi anak-anak belum diteliti keamanannya, jadi belum diketahui dosis yang aman bagi anak-anak. Dan herbal ini tidak direkomendasikan untuk digunakan oleh ibu hamil atau yang sedang menyusui.

Di samping beberapa pengingat di atas, kita juga perlu berhati-hati dalam mengonsumsi meniran dan berkonsultasi dulu dengan dokter jika:

  • Mengidap diabetes: Meniran kemungkinan dapat memengaruhi kadar gula darah, misalnya dapat membuat kadarnya menjadi terlalu rendah (hipoglikemia).
  • Memiliki kelainan pembekuan darah: Daun meniran dapat memperlambat pembekuan darah, sehingga dikhawatirkan akan mengakibatkan efek samping pendarahan pada orang yang memiliki kelainan pembekuan darah.
  • Sedang minum obat pengencer darah: Meniran dapat memperlambat pembekuan darah, sehingga dikhawatirkan dapat meningkatkan risiko pendarahan pada orang yang sedang mengonsumsi obat pengencer darah.
  • Memiliki jadwal operasi dalam waktu dua minggu: Meniran dapat menurunkan kadar gula darah, sehingga dikhawatirkan dapat memengaruhi kontrol gula darah selama dan sesudah operasi. Selain itu dikhawatirkan meniran juga dapat meningkatkan risiko pendarahan.
  • Sedang minum obat tertentu: Meniran dapat memengaruhi kinerja beberapa jenis obat tertentu, sehingga membuatnya jadi kurang efektif.

Untuk dapat memperoleh manfaat daun meniran dan tanpa efek sampingnya yang merugikan untuk kesehatan, kita perlu mengetahui apakah herbal ini tepat bagi kita. Untuk itu kita dianjurkan untuk berkonsultasi dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi meniran, terutama jika mengidap penyakit tertentu atau sedang mengonsumsi obat tertentu.

Kesimpulan tentang Manfaat Daun Meniran untuk Kesehatan

Apa saja manfaat rebusan daun meniran untuk kesehatan? Berbagai penelitian menunjukkan bahwa meniran dapat berguna untuk antioksidan, anti-mikroba, anti-inflamasi, membantu mencegah tukak lambung, menurunkan gula darah, mencegah batu ginjal, memperbaiki kesehatan hati, mengobati hepatitis B yang akut, dan menghambat kanker.

Apa saja efek samping daun meniran bagi kesehatan? Penelitian menunjukkan bahwa meniran punya sedikit efek samping negatif bagi kesehatan, misalnya dapat menimbulkan sakit perut atau mual. Selain itu meniran juga tidak aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Orang-orang yang mengidap penyakit tertentu atau sedang mengonsumsi obat tertentu juga ada baiknya menghindari konsumsi herbal ini.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang manfaat daun meniran dan efek sampingnya bagi kesehatan. Semoga informasi ini membantu Anda untuk dapat menikmati manfaat daun meniran tanpa risiko yang merugikan. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar penggunaan herbal khas Indonesia hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

McDermott, Annette. What Is Phyllanthus Niruri and How Is It Used?. Reviewed: 2017-10-05. URL: https://www.healthline.com/health/food-nutrition/phyllanthus-niruri. Accessed: 2019-12-31

Xia, Yun, dkk. (2011). Phyllanthus species for chronic hepatitis B virus infection. Cochrane Database of Systematic Reviews. DOI: 14651858.CD008960.pub2

RxList. Chanca Piedra. URL: https://www.rxlist.com/chanca_piedra/supplements.htm. Accessed: 2019-12-31

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}