Manfaat Buah Naga Berdasarkan Kandungannya

164

Diedit:

Artikel ini akan membahas mengenai manfaat buah naga berdasarkan kandungannya. Mungkin sudah banyak masyarakat Indonesia yang cukup familiar dengan buah yang satu ini. Ya, meskipun begitu masih banyak orang yang kurang paham tentang manfaat dan kandungan gizi yang ada pada buah satu ini.

Dan bagi Anda yang penasaran atau ingin mengetahui manfaat apa saja yang ada pada buah naga ini, tidak ada salahnya jika menyimak rangkuman artikel yang ada dibawah ini.

Sebelum membahas tentang manfaat dan kandungan nutrisi buah naga, mari kita bahas tentang buah naga itu sendiri. Buah naga adalah buah dari berbagai jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Buah naga pertama kali ditemukan di Meksiko atau bisa dibilang meksiko merupakan tanah kelahiran dari buah naga ini.

Sekarang, untuk menemukan buah naga di Indonesia saat ini sangatlah mudah. Anda cukup pergi ke pasar atau toko buah pasti akan menemukan buah yang lahir di meksiko ini. Dari informasi yang saya terima bahwa 100 gram buah naga memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat bagi kesehatan manusia,diantaranya 9,4 mg vitamin C,60 kkal kalori, 0,71 gram serat, 11,5 gram karbohidrat dan masih banyak yang lainnya. Untuk mengetahui penjelasan manfaat dan kandungan buah naga, simak informasi yang ada dibawah ini

Memiliki Beragam Vitamin

Salah satu kandungan yang tersimpan di buah naga yaitu berbagai macam jenis vitamin, berikut ini jenis jenis vitamin yang ada di dalam buah naga beserta manfaatnya.

  • Vitamin B1

    Salah satu jenis vitamin yang ada di buah naga yaitu vitamin B1, sebagaimana yang kita ketahui vitamin B1 dapat merubah karbohidrat menjadi energi yang siap digunakan untuk bekerja.

  • Vitamin C

    Selain vitamin B1, jenis vitamin yang ada pada buah naga yaitu vitamin C, mungkin anda semua juga sudah tahu manfaat apa saja dari vitamin C untuk kesehatan tubuh.

  • Vitamin B12

    Kandungan vitamin B12 yang ada pada buah naga dapat menjaga istem saraf tetap sehat dan melancarkan proses pembentukan DNA.

  • Serat

    Selain kaya dengan jenis vitamin, buah naga juga mengandung banyak serat. Serat sendiri untuk tubuh berfungsi sebagai sistem pencernaan manusia jadi lebih lancar. Adapun manfaat lain serat yang ada di buah naga diantaranya:

Menjaga Kesehatan Usus

Sebagaimana yang sudah kita ketahui,mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dapat menjaga kesehatan usus secara keseluruhan. Berarti jika anda ingin mempunyai usus yang sehat, salah satunya dengan mengkonsumsi buah naga.

Memperpanjang Usia

Sebuah penelitian mengungkapkan jika seorang rutin memenuhi kebutuhan serat harian akan memiliki kesempatan hidup 9 tahun lebih lama dibanding mereka yang tidak memenuhinya.

Setelah mengetahui buah naga memiliki manfaat dan khasiat yang baik untuk kesehatan, penyebaran buah naga pun hampir merata di seluruh penjuru dunia salah satunya ke Indonesia. Bahkan ada beberapa negara yang menganggap bahwa buah naga ini memiliki keistimewaan yang lebih, salah satu negara yang menganggap buah naga memiliki keistimewaan lebih yaitu Tiongkok. Di negara tirai bambu itu, buah naga dianggap sebagai buah pembawa berkah sehingga di setiap ritual adatnya selalu diletakkan buah naga di antara dua ekor patung naga warna hijau yang berada di atas meja altar.

Baca juga:  Buah Naga: Eksotis, Kaya Gizi, dan Sangat Bermanfaat bagi Kesehatan!