Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Tubuh Anda


By Cindy Wijaya

Manfaat minum air putih, mungkin sehari-hari Anda yang terbiasa minum air putih tidak menyadari bahwa air putih itu ternyata menyimpan banyak efek positif bagi kesehatan. Manfaat air putih memang sangatlah banyak, padahal bentuknya sangat sederhana.

Dimana-mana sekarang ini cukup banyak minuman yang kurang menyehatkan, contohnya minuman bersoda, minuman beralkohol, dan aneka bubuk minuman kemasan. Dibandingkan Anda meminum itu semua, akan lebih baik apabila Anda minum air putih. Air putih selain harganya lebih murah, juga khasiatnya benar-benar bagus. Bahkan beberapa penyakit dapat disembuhkan dengan rajin minum air putih. Mari baca selengkapnya.

Tubuh Terdiri dari 70% Cairan

Anda harus mengerti bahwa tubuh seorang manusia itu terdiri atas 70% lebih cairan, jadi kebutuhan tubuh terhadap cairan benar-benar tinggi. Manfaat dari air putih bagi tubuh tentu tak bisa digantikan dengan yang lainnya, apapun itu. Cairan ini dapat tercukupi asalkan Anda minum air putih dengan jumlah yang cukup, jangan malas minum air putih.

Air putih adalah minuman paling sehat serta netral dan tidak berbahaya, bahkan tubuh seseorang membutuhkan asupan air putih yang cukup supaya kesehatan senantiasa terjaga. Selain untuk menghilangkan haus, air putih juga memiliki beragam manfaat lainnya, yang dapat Anda temukan di bawah ini.

Aneka Manfaat Air Putih

Manfaat air putih bagi tubuh manusia sudah tak perlu Anda ragukan, beberapa diantaranya yakni:

Penghilang Haus dan Dehidrasi

Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa air putih berguna untuk menghilangkan haus. Selain itu juga untuk menjaga agar tubuh terhindari dari dehidrasi. Ini adalah manfaat primer dari konsumsi air putih, Anda dapat membayangkan apabila Anda sedang haus dan tidak menemukan air minum. Memang air jenis yang lain juga dapat menghilangkan haus, namun yang terbaik tetaplah air putih.

Tubuh yang mengalami dehidrasi karena kekurangan minuman akan menjadi lemas. Rasa haus itu muncul karena tubuh Anda sudah mulai mengalami dehidrasi, jadi tubuh memberikan tanda. Anda jangan menyepelekan rasa haus ini demi kebaikan Anda sendiri.

Kesehtan Ginjal

Air putih juga dapat membantu menjaga fungsi organ ginjal, agar selalu dapat bekerja dengan baik. Jika Anda pernah mendengar mengenai penyakit gagal ginjal maupun batu ginjal sebelumnya, penyakit tersebut dapat dihindari apabila Anda selalu cukup minum air putih sehari-harinya.

Kesehatan Kulit

Dengan minum satu liter air putih per hari, aktivitas ini akan membantu kulit Anda supaya lebih sehat. Kulit pun akan menjadi lebih terawat dan nampak cantik. Air putih juga dapat menghilangkan kotoran pada kulit serta tubuh Anda. Kondisi kulit yang mengalami kekurangan air bisa menjadi kering.

Kesehatan Sistem Pencernaan

Manfaat berikutnya dari air putih yaitu untuk memperlancar pencernaan di tubuh Anda. Air putih terbukti bisa menjadikan pencernaan lebih lancar dan juga lebih sehat. Apabila Anda rutin minum air putih per hari maka gangguan pencernaan pun akan bisa dihindari, termasuk masalah sembelit yang sering menyerang.

Melancarkan Metabolisme Tubuh

Masih dalam manfaat air putih, yang berikutnya air putih dapat menjaga metabolisme tubuh. Proses metabolisme akan lancar.

Otak yang Lebih Sehat

Otak memegang peranan penting dalam kehidupan manusia. Dengan meminum air putih rutin dan tercukupi setiap harinya, Anda sudah menjaga kesehatan otak Anda. Otak seseorang dapat terganggu apabila kebutuhan air putih kurang. Contohnya saja, jika Anda dehidrasi atau kehausan, maka Anda akan sulit berkonsentrasi, begitu pula jika Anda sudah merasa pikiran jenuh dan stress, dengan minum air putih maka otak pun akan menjadi fresh dan rileks lagi seperti sedia kala.

Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Dengan minum air putih, selain kesehatan kulit terjaga, penuaan dini pun tak akan terjadi. Itu karena dengan konsumsi air putih yang cukup, racun dalam tubuh akan dikeluarkan, kulit pun akan semakin kencang. Pori-pori kulit akan mengecil, penuaan dini akan terhindari. Tak mengherankan apabila banyak orang yang terlihat awet muda itu karena cukup minum air putih.

Meskipun kelihatannya sangat sederhana, ternyata air putih punya banyak sekali manfaatnya bagi tubuh kita. Oleh karena itu, jangan sia-siakan lah manfaat air putih. Ini adalah sarana kesehatan yang paling gampang dan paling murah didapatkan, rutinlah minum air putih mulai dari sekarang.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}