Share:

“Anda adalah apa yang Anda makan”. Ungkapan ini ada benarnya, karena makanan bukan sekadar pengisi perut. Makanan memberikan tubuh nutrisi dan vitamin yang dibutuhkannya agar bisa berfungsi serta dapat menentukan mood hari ini dan kesehatan tubuh di tahun-tahun mendatang. Apa saja jenis makanan kaya vitamin yang perlu Anda konsumsi?

Vitamin A

Vitamin A adalah nutrisi larut dalam lemak yang membantu pembentukan dan pemeliharaan gigi, tulang, jaringan lunak tubuh, dan kulit. Vitamin ini juga membantu menangkal infeksi bakteri serta virus, menjaga kesehatan mata, dan menguatkan rambut dan kuku.

Makanan yang kaya akan vitamin A antara lain yaitu ubi jalar, wortel, bayam hijau, kubis, buah blewah, aprikot, buah labu, paprika, dan cabai merah.


Vitamin B

Vitamin B6, B12, dan B9 (asam folat) membantu sintesis DNA, pembentukan sel darah merah, serta membantu kinerja saraf. Selain itu, vitamin B juga bermanfaat untuk mencegah anemia dan berperan penting dalam metabolisme.

Makanan yang kaya akan vitamin B antara lain yaitu daging ikan, seafood, telur, dan produk susu. Jenis makanan yang khususnya kaya asam folat adalah sayuran hijau, daging unggas, serta jus jeruk dan jeruk bali.


Vitamin C

Vitamin C (juga dikenal sebagai asam askorbat) adalah antioksidan yang ampuh guna melindungi sel tubuh dan mengoptimalkan penyerapan zat besi. Juga berperan penting dalam meningkatkan kesehatan gigi serta gusi, menyembuhkan luka, dan membantu memerangi infeksi.

Makanan yang kaya akan vitamin C antara lain yaitu pepaya, jeruk, stroberi, paprika, brokoli, kol, dan sayuran berdaun hijau gelap.


Vitamin D

Ini adalah jenis vitamin yang unik, karena vitamin D juga bisa didapatkan dengan berjemur di bawah sinar matahari. Manfaatnya sangat besar bagi kesehatan tulang, kekebalan tubuh, juga penyerapan kalsium.

Makanan yang kaya akan vitamin D antara lain termasuk ikan salmon, ikan herring, ikan lele, tiram, susu, telur, dan jamur shitake.


Vitamin E

Sama dengan vitamin C, vitamin E juga berperan sebagai antioksidan untuk melindungi sel tubuh. Vitamin ini pun membantu tubuh menggunakan vitamin K dan memperbaiki sel otot. Beberapa studi baru-baru ini menunjukkan bahwa vitamin E bisa mengurangi resiko kanker.

Beberapa makanan yang kaya akan vitamin E yaitu biji bunga matahari, almond, bayam, lobak hijau, paprika, juga asparagus.


Vitamin K

Vitamin K sangat penting untuk pembekuan darah. Tanpanya, Anda bisa perdarahan sampai mati bahkan hanya gara-gara luka sayat kecil! Berdasarkan National Institute of Health, beberapa studi menunjukkan bahwa nutrisi yang larut dalam lemak ini membantu mempertahankan kepadatan tulang pada orang tua.

Beberapa makanan yang banyak mengandungnya adalah sayur kale, bayam, kol, lobak hijau, sawi, kubis, asparagus, daun peterseli, juga brokoli.

Terkadang sulit untuk memenuhi semua vitamin yang dibutuhkan tubuh hanya melalui makanan. Karenanya, banyak orang mengonsumsi suplemen tambahan. Namun dianjurkan agar Anda tetap mengandalkan makanan yang kaya vitamin sebagai sumber utama.

Cindy Wijaya

Penulis beragam artikel kesehatan berpengalaman. Senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Saat ini bekerja sebagai penulis dan editor untuk Deherba.com. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.


Artikel di-posting oleh Cindy Wijaya dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.