Lenyapkan Bad Mood dengan 8 Mood Booster Alami Ini


By Cindy Wijaya

Berita buruk, kerja sampai malam, cuaca mendung, dan hari yang buruk—semuanya bisa memengaruhi suasana hati kita. Walaupun tampaknya sepele, tapi rupanya suasana hati yang buruk bisa berdampak negatif pada kesehatan emosi maupun fisik.

Merasa sedih atau galau bisa membuat Anda lebih rentan terserang penyakit serta depresi dan kecemasan. Karena itu banyak orang punya mood booster-nya sendiri yang mereka manfaatkan ketika sedang bad mood.

Mood booster adalah sesuatu yang bisa mendongkrak motivasi atau mendorong kita untuk lebih bersemangat, boleh dibilang ini adalah pengusir bad mood. Mood booster yang baik haruslah sanggup meningkatkan mood secepat mungkin dengan cara yang benar. Mari kita lihat beberapa mood booster alami yang akan sangat membantu dan layak untuk Anda coba.

Cokelat Hitam

Ketika sedang sedih, coba makan beberapa batang cokelat hitam. Tapi ingat, cokelat-nya harus yang hitam (dark chocolate), bukan produk cokelat yang lebih banyak kandungan gula, mentega, atau susuanya dibandingkan dengan cokelat itu sendiri.

Produk cokelat bisa dikatakan sehat jika mengandung setidaknya 70 persen kakao atau kokoa (kakao yang sudah dipanggang dan berbentuk bubuk).

Cokelat hitam dapat meningkatkan kadar serotonin, yakni suatu neurotransmiter di dalam otak yang memengaruhi mood. Dengan memakannya, tubuh juga akan berkurang kadar hormon stres-nya, termasuk hormon kortisol yang meningkat ketika Anda stres. Manfaat cokelat hitam ini terutama berkat kandungan antioksidan yang dimilikinya.

Jurnal tahun 2013 yang dimuat Nutrition Reviews menganalisa sejumlah penelitian mengenai potensi fraksi psikoaktif pada cokelat. Delapan penelitian mendapati bahwa cokelat atau komponen kandungan di dalamnya memang berpengaruh pada mood, sedangkan lima penelitian lain melihat pengaruh cokelat untuk perbaikan mood atau berkurangnya mood negatif.

Jadi, apakah Anda ingin melawan bad mood dengan mengemil cokelat? Untuk memperbaiki mood, coba makan 1 – 1 ½ ons cokelat hitam dalam sehari. Tapi jangan kelebihan, sebab cokelat punya banyak kalori.

Asam Lemak Omega-3

Bagi Anda yang sering galau, disarankan makan lebih banyak makanan yang mengandung banyak asam lemak omega-3. Dua jenis utama asam lemak omega-3—asam eicosapentaenoic (EPA) dan asam docosahexaenoic (DHA)—punya peranan penting demi keberlangsungan fungsi saraf dan pengaturan mood.

Asam lemak ini juga membantu mengembalikan integritas struktural ke sel-sel otak yang vital untuk menjalankan fungsi kognitif (berhubungan dengan kemampuan berpikir). Bahkan sebenarnya orang-orang yang makan banyak makanan yang mengandung asam lemak ini lebih jarang depresi atau biasanya hanya mengalami gejala-gejala yang ringan.

Sebuah jurnal penelitian tahun 2006 di American Journal of Psychiatry melaporkan bahwa kekurangan asupan asam lemak omega-3 rupanya adalah salah satu pemicu kekacauan mood.

Jadi kalau selama ini Anda kurang perhatian pada asupan sehari-hari, cobalah mulai sekarang masukkan lebih banyak makanan sumber asam lemak omega-3 ke dalam menu harian. Ini termasuk ikan-ikan air dingin seperti salmon, tuna, sarden, dan ikan teri. Selain itu kacang kedelai juga mengandung sejumlah omega-3.

Sebagai alternatif, ada orang-orang yang mengonsumsi suplemen untuk menambah asupan omega-3, namun disarankan Anda konsultasi dulu dengan dokter sebelum membeli suplemen.

Teh Hijau

Sesekali menyeruput teh hijau panas-hangat juga merupakan mood booster alami yang cukup bisa diandalkan. Teh hijau dipenuhi dengan antioksidan dan nutrisi yang mendorong pikiran Anda menjadi lebih terjaga. Asam amino theanine di dalamnya sanggup membantu meningkatkan kemampuan fokus dan konsentrasi Anda.

Jurnal tahun 2013 yang dimuat oleh Pakistan Journal of Pharmaceutical Sciences mengungkapkan bahwa mengonsumsi teh hijau akan meningkatkan kadar dopamin dan serotonin. Penelitian pada jurnal itu menyimpulkan bahwa manfaat tersebut kemungkinan disebabkan oleh perubahan metabolisme pada serotonin dan dopamin setelah minum teh hijau.

Jadi apakah Anda selama ini sering menyeduh teh hijau? Kalau belum, coba nikmati 2 – 4 cangkir teh hijau setiap hari untuk membantu mendongkrak mood sekaligus juga meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Apel

Apel kaya akan nutrisi bermanfaat yang membantu meningkatkan mood positif. Kandungan vitamin C yang dimilikinya juga ikut membantu menyingkirkan bad mood. Jadi tak heran kalau apel termasuk buah dengan predikat “mood booster”.

Kalau Anda sedang jalan-jalan ke pasar, swalayan, atau toko buah, jangan lupa beli jenis apel hijau yang biasanya berasa asam. Apel jenis ini khususnya paling berguna sebagai mood booster. Selain itu, apel juga kaya serat dan karbohidrat yang akan menambah energy level Anda.

Di kala galau tiba-tiba muncul, daripada meratapi kesedihan, coba makan 1 – 2 buah apel agar cepat merasa lebih baik. Bukan cuman itu, kalau makan apel setiap hari, maka kesehatan Anda secara keseluruhan pun menjadi lebih baik.

Sinar Matahari

Kalau poin-poin sebelumnya mengharuskan Anda untuk makan/minum sesuatu, berbeda dengan mood booster alami yang satu ini. Cukup dengan berjemur sebentar di bawah matahari saja sudah bisa meningkatkan kesehatan mental Anda.

Sinar matahari mendorong tubuh untuk memproduksi vitamin D yang penting dalam menjaga kestabilan mental—kekurangan vitamin ini dikaitkan dengan depresi. Juga, kurang kena sinar matahari adalah penyebab utama gangguan afektif musiman (SAD)—yang khususnya sering dialami orang-orang yang tinggal di negeri-negeri dimana hanya ada sedikit cahaya matahari selama musim dingin.

Jika mendapat cukup cahaya matahari dan vitamin D, otak Anda mampu menghasilkan lebih banyak zat kimia mood booster—serotonin. Serotonin membantu mengurangi tingkat stres serta meringankan gejala-gejala depresi.

Suatu penelitian tahun 2010 yang dipublikasikan oleh Mental Health Nursing mendapati bahwa mendeteksi dan mengobati kekurangan vitamin D pada penderita depresi serta gangguan mental bisa menjadi pilihan terapi pengobatan yang terjangkau dan efektif, sekaligus meningkatkan kualitas kesehatan serta kehidupan pasien dalam jangka panjang.

Berapa lama harus berjemur di bawah matahari? Cukup 10 menit saja setiap hari untuk memastikan tubuh Anda tidak kekurangan vitamin D. Anda juga boleh mengonsumsi suplemen vitamin D jika sudah konsultasi dengan dokter.

Tertawa

Ketika mood Anda hancur hari ini gara-gara kejadian-kejadian buruk, cobalah tertawa lepas. Gelak tawa bisa menjadi obat terbaik untuk membantu Anda merasa lebih baik dan membuat hati bersemi kembali.

Bukan hanya bermanfaat untuk mengurangi kadar hormon-hormon negatif semacam kortisol dan epinefrin, sewaktu tertawa tubuh juga akan meningkatkan kadar hormon-hormon pendongkrak kesehatan.

Tertawa lepas akan memicu otak untuk melepaskan lebih banyak endorfin, yang memainkan peran kunci dalam memperbaiki mood. Bahkan faktanya, orang-orang yang menderita SAD atau depresi berat juga merasa terbantu dengan tertawa.

Sebuah penelitian tahun 2002 yang dimuat Psychological Reports melaporkan bahwa tertawa maupun tersenyum memang bermanfaat sebagai mood booster.

Penelitian lain di tahun 2010 pada Alternative Therapies in Health and Medicine menyimpulkan bahwa tertawa memiliki manfaat-manfaat bagi kesehatan fisiologis, psikologis, sosial, spirtiual, dan menaikkan kualitas hidup seseorang.

Jadi lain kali Anda merasa butuh pendongkrak semangat karena mengalami hari yang buruk, coba lupakan keburukan-keburukan di hari itu dan tontonlah film atau video lucu yang bisa membuat Anda tertawa lepas.

Makanan Sumber Magnesium

Jika sering tiba-tiba merasa down tanpa sebab yang jelas, mungkin salah satu penyebabnya adalah tubuh Anda kekurangan magnesium. Tubuh membutuhkan magnesium agar bisa menjalankan fungsi saraf serta memproduksi serotonin. Karena itu jika kebutuhan magnesium dicukupi, maka mood Anda biasanya juga ikut membaik.

Sebuah penelitian tahun 2006 pada Medical Hypotheses menyatakan bahwa kekurangan magnesium dikaitkan dengan depresi, gangguan perilaku, juga mudah tersinggung, dan semua masalah ini dapat diperbaiki dengan memenuhi asupan magnesium.

Anda bisa memperoleh magnesium dari makanan-makanan seperti bayam, susu kedelai, tahu, alpukat, kentang, oatmeal, pisang, susu, dan almond. Kadang-kadang Anda juga boleh mengonsumsi suplemen magnesium, tetapi pastikan sudah konsultasi dulu dengan dokter.

Olahraga

Olahraga menawarkan paket lengkap untuk kesehatan—sebagai mood booster alami yang sanggup meningkatkan kesehatan mental, emosi, dan pastinya juga kesehatan fisik. Ketika olahraga, otak melepaskan endorfin—yaitu zat kimia yang mendorong perasaan segar dan euforia (sangat gembira).

Jurnal penelitian tahun 2006 di Primary Care Companion mengungkapkan bahwa olahraga memang mampu memperbaiki serta menjaga kesehatan mental dengan cara mengurangi kecemasan, depresi, dan mood negatif, juga dengan menaikkan rasa percaya diri serta kemampuan berpikir.

Oleh sebab itu, mereka yang memiliki perasaan rendah diri dan kurang percaya diri juga bisa mendapat manfaat dari kegiatan olahraga.

Jadi tunggu apa lagi? Sekaranglah saatnya untuk gerak tubuh! Olahraga aerobik seperti jogging, berenang, bersepeda, berjalan kaki, berkebun, dan menari adalah olahraga yang bagus sebagai mood booster alami.

Cukup mudah dilakukan ‘kan daftar mood booster di atas? Memang ada beberapa yang butuh upaya, tapi ingatlah bahwa manfaatnya demi Anda sendiri. Bukan hanya untuk memperbaiki mood hari ini, kalau Anda sudah terbiasa melakukannya selama suatu waktu maka manfaatnya juga untuk jangka panjang.

Jadi jangan lagi galau tidak berujung, itu tidak baik bagi kesehatan mental maupun fisik Anda. Pilihlah mood booster alami yang cocok atau sesuai dengan keadaan Anda agar hari ini, hari esok, dan seterusnya terasa lebih indah.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}