Langkah Praktis Hindari Disfungsi Ereksi

541
Langkah Praktis Hindari Disfungsi Ereksi
Sumber Gambar: Shutterstock

Diedit:

Adakah langkah praktis untuk menghindari disfungsi ereksi? Jika ada, apa sajakah itu? Mudahkah untuk dijalani? Seberapa efektif penerapannya bagi kehidupan Anda?

Temukan selengkapnya dalam info berikut ini! Namun, jika Anda mengalami disfungsi ereksi. Ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter sebelum mengambil tindakan apapun. Mari kita simak informasi seputar disfungsi ereksi.

10 Langkah Praktis Hindari Disfungsi Ereksi

Ketika Anda terlalu lelah atau tengah menghadapi masalah di kantor sehingga menghambat Anda untuk beraktivitas seksual secara normal, tampaknya cara cepat seperti mengonsumsi obat kuat dapat membantu. Namun, perlu berhati-hati menggunakannya.

Alangkah baiknya untuk redakan stress Anda atau beristirahat lebih banyak untuk memulihkan kondisi dan emosi Anda. Namun bila memang perlu, pilih suplemen yang sifatnya merawat organ genital bukan merangsangnya. Karena stimulan yang bersifat adiktif dapat merusak fungsi normal organ genital Anda.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa kaum pria lakukan demi mencegah disfungsi ereksi terjadi. Anda hanya perlu melindungi kemampuan ereksi dan kesehatan organ genital Anda dengan lebih optimal. Berikut merupakan beberapa saran terbaik terkait cara melindungi kemampuan ereksi Anda dan tentu saja menghindari disfungsi ereksi.

Hindari Kondisi Stress

Tidak dapat dipungkiri, stress justru akan menyebabkan banyak masalah dalam tubuh termasuk pula terhadap fungsi ereksi. Stress akan menurunkan fungsi sirkulasi darah, menyebabkan tekanan pada otak sehingga membuat otak tidak merespon stimulan.

Juga membuat otak mengeluarkan berbagai jenis hormon yang bekerja negatif terhadap mood. Dan mood buruk akan membuat seseorang secara emosi enggan beraktivitas seksual.

Hindari Konsumsi Alkohol

Alkohol dalam kadar yang ringan bisa membantu meningkatkan kepekaan saraf bahkan bisa bekerja sebagai afrodisiak. Tetapi ketika Anda menjadi seorang alkoholik, jelas akan ada banyak masalah yang mungkin mengancam Anda.

Ira Sharlip, MD, profesor urologi dari the University of California San Francisco School of Medicine, mengatakan bahwa kerusakan sistem liver akibat racun dari alkohol akan memberi pengaruh sangat buruk terhadap kesehatan fungsi produksi hormonal pria yang akan memberi efek negatif terhadap kemampuan seksual dan kesuburan mereka.

Hindari Konsumsi Rokok

Rokok sebenarnya sumber toksin yang sangat berbahaya, dan toksin ini bisa saja mengendap dimanapun mereka inginkan. Termasuk pada area sirkulasi darah menuju dan dari area penis.

Baca juga:  Tongkat Ali sebagai Herbal Disfungsi Ereksi

Rokok juga kerap memicu fungsi saraf menjadi kehilangan sensitifitasnya akibat toksin yang mengendap pada sistem aliran sinyal. Jadi ingin bebas dari disfungsi ereksi, jelas Anda harus melupakan batang rokok Anda.

Hindari Penggunaan Steroid

Beberapa jenis obat pembentuk otot yang biasa digunakan oleh atlit dan binaragawan untuk membantu memaksimalkan bentuk dan massa otot mereka, ternyata memiliki pengaruh besar terhadap testosteron.

Obat ini menarik fungsi testosteron untuk membantu pembentukan massa otot, sehingga tubuh kehilangan testosteron dalam jumlah besar untuk memenuhi kebutuhan fungsi genital dan seksual mereka.

Jaga Aktivitas Seksual

Mereka dengan keluhan disfungsi ereksi kadang berawal dari kegiatan seksual mereka sendiri. Bisa karena aktivitas seks bebas membuat mereka tertular beberapa penyakit yang beresiko menurunkan fungsi sistem saraf dan pembuluh darah di area penis.

Atau beberapa kasus justru terjadi karena terjadinya cidera pada ligamen di area penis dan area penyangganya yang kadang bisa menyebabkan disfungsi ereksi sementara hingga permanen.

Jaga Berat Badan

Masih berkaitan dengan poin pertama, mereka dengan keluhan obesitas cenderung akan mengalami masalah dengan beberapa kondisi kesehatan. Bukan hanya keluhan jantung, diabetes atau hipertensi, tetapi juga keluhan dengan fungsi ereksi mereka.

Lemak dan gula akan menyebabkan penurunan fungsi sistem saraf tepi, menghambat aliran sinyal dari saraf tepi menuju saraf pusat dan mengganggu aliran darah yang jelas akan menjadi pemicu disfungsi ereksi.

Jaga Pola Makan

Segala jenis makanan yang membawa dampak negatif untuk kesehatan jantung Anda akan bekerja sama buruknya untuk kesehatan seksual pria. Hal tersebut juga diamini oleh Andrew McCullough, MD, associate professor of clinical urology and director of the male sexual health program, New York University Langone Medical Center.

Beberapa makanan yang dipastikan bisa menyebabkan terjadinya penyumbatan pada arteri koroner juga bisa menyebabkan sumbatan dan mengganggu sirkulasi darah dan dan menuju penis. Masalah kolesterol bisa menyebabkan sumbatan di setiap bagian aliran darah, termasuk di area vital.

Alih-alih mengkonsumsi makanan kaya lemak dan kolesterol, beberapa pakar melihat diet dengan menu kaya akan sayuran, buah dan jenis karbohidrat kompleks serta protein akan sangat efektif membantu meningkatkan kesehatan sistem genital pria dan pembentukan stamina yang lebih baik.

Baca juga:  Disfungsi Ereksi: Gangguan Seksual Pria

Jaga Tekanan Darah

Tekanan darah tinggi kerap menyebabkan aliran darah mengalami masalah. Intensitas sirkulasi darah menurun, kerja jantung menjadi lebih keras dan kadang bisa menyebabkan kerusakan fungsi sirkulasi yang menyebabkan kematian fungsi atau penurunan fungsi organ. Dan ancaman ini juga bisa terjadi pada fungsi genital pria.

Latihan Fisik

Olahraga berlebihan di satu waktu dan meninggalkannya di waktu lain bisa menyebabkan tubuh Anda mengalami penurunan stamina. Stamina yang turun juga bisa menjadi penyebab disfungsi ereksi.

Tetapi beberapa olahraga yang dianggap memberi efek tekanan berlebihan pada area antara scrotum dan anus atau area perineum akan memberi efek negatif terhadap fungsi seksual. Karena tekanan ini bisa menyebabkan aliran darah di area ini terhambat dan menurunkan fungsi saraf, sistem sirkulasi darah serta otot di area ini.

Bagi Anda pecinta sepeda atau pecinta tour motor, penting untuk Anda memastikan kendaraan Anda memiliki jok nyaman dan cukup empuk untuk menahan efek tekanan berlebihan di area ini. Hindari berkendara berlebihan secara rutin karena bisa menyebabkan efek yang lebih serius.

Latihan Kegel

Dalam beberapa ulasan memang dikatakan kegel akan membantu mengatasi disfungsi ereksi. Tetapi sebenarnya bukan mengatasi, hanya membantu mencegah dan tidak sepenuhnya bisa dikatakan efektif.

Kegel hanya bekerja melatih kekuatan otot dari area genital, sedang urusan kemampuan saraf membaca stimulan, sistem sirkulasi darah bahkan faktor produksi sperma dan semen, kegel sama sekali tidak akan banyak membantu.

Masalah disfungsi ereksi selalu menjadi hot issue di kalangan pria. Bagi pria bisa dikatakan masalah satu ini adalah salah satu kekhawatiran terbesar mereka terkait kesehatan.

Bahkan tak jarang kaum adam ini rela melakukan serangkaian pengobatan, termasuk mengasup berbagai obat kuat berbahaya dan bersifat adiktif untuk membantu mereka terlepas dari keluhan disfungsi ereksi.

Itulah 10 cara untuk Anda bisa menghindari masalah disfungsi ereksi. Sebuah kesimpulan sederhana bisa kami ambil di sini—pola hidup sehat dan seimbang selalu menjadi kunci hidup yang sehat, termasuk pula sehat secara seksual.


David T. Derrer, MD. Protect Your Erection: 11 Tips. October 18, 2013. URL: https://www.webmd.com/erectile-dysfunction/features/protect-your-erection-11-tips#1


Advertisement
Alinesia