• Home
  • Blog
  • Kista
  • Kista Ganglion: Ciri-Ciri, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Kista Ganglion: Ciri-Ciri, Penyebab, dan Cara Mengobatinya


By Cindy Wijaya

Mungkin belakangan ini Anda menyadari ada semacam benjolan yang tumbuh di tangan, pergelangan tangan, kaki, atau di pergelangan kaki. Benjolan itu bentuknya bulat atau oval, lunak, dan tidak bisa digerakkan. Ada kemungkinan itu adalah benjolan kista ganglion. Apakah benjolan kista ini berbahaya?

Dalam artikel ini akan dikupas tentang apa itu kista ganglion, bagaimana ciri-cirinya, apa penyebabnya, serta bagaimana cara mengobati kista ganglion. Semoga informasi dalam artikel ini dapat membantu mengurangi kekhawatiran Anda.

Apa Itu Kista Ganglion?

Kista ganglion adalah benjolan yang paling sering muncul di tendon atau persendian di tangan dan di pergelangan tangan. Tendon adalah urat keras yang menghubungkan otot dengan sendi atau yang menghubungkan otot dengan tulang.

Kista ganglion juga dapat muncul di pergelangan kaki dan di kaki. Biasanya benjolan kista ini berbentuk bulat atau oval dan berisi cairan seperti jeli. Benjolan kista yang kecil bisa seukuran kacang polong, sedangkan benjolan yang lebih besar bisa berdiameter sekitar 2,5 cm.

Dan bisa timbul rasa nyeri jika kista ini menekan saraf di dekatnya. Lokasi kemunculan mereka kadang juga dapat mengganggu pergerakan sendi.

Apabila kista ganglion menimbulkan gangguan atau masalah, Anda bisa meminta bantuan dokter untuk menghilangkannya. Cara mengobati kista ganglion yang biasa dilakukan dokter adalah melalui injeksi atau operasi.

Tapi bila tidak ada gejala yang mengganggu, biasanya Anda tidak harus mengobatinya. Bahkan sering kali benjolan kista bisa hilang sendiri setelah beberapa waktu.

Seperti Apa Ciri-Ciri Kista Ganglion?

Bila Anda penasaran apakah benjolan yang muncul di tangan atau di kaki saat ini adalah kista ganglion atau bukan, coba bandingkan ciri-cirinya dengan di bawah ini:

  • Lokasinya paling sering ada di tendon atau sendi pergelangan tangan atau tangan, juga di pergelangan kaki dan kaki. Tapi kista ini juga bisa muncul di dekat sendi-sendi lain.
  • Benjolan berbentuk bulat atau oval yang lunak dan ukurannya bisa berubah tapi tidak bisa digerakkan.
  • Bengkak yang muncul secara bertahap atau secara tiba-tiba.
  • Ukurannya bisa mengecil atau bahkan menghilang tapi muncul lagi.
  • Bisa muncul satu kista besar atau banyak kista yang lebih kecil, tapi biasanya mereka terhubung oleh jaringan yang lebih dalam.
  • Ada rasa nyeri sampai taraf tertentu, terutama setelah cedera atau cedera berulang, tapi seringnya tidak terasa sakit.
  • Rasa nyerinya mungkin terus ada dan menjadi lebih buruk seiring pergerakan sendi.
  • Jika kista terhubung ke tendon, mungkin akan merasakan kelemahan pada jari yang terkena.

Apakah Anda merasakan ciri-ciri yang mirip seperti di atas? Ada baiknya periksakan ke dokter untuk memastikan. Beliau bisa membantu mengetahui penyebabnya serta memberi saran cara mengobati kista ganglion yang tepat sesuai kondisi Anda.

Apa Penyebab Kista Ganglion?

Sayangnya sampai sekarang belum diketahui pasti apa penyebab kista ganglion bisa terbentuk. Yang diketahui hanyalah kista ini terbentuk dari sebuah sendi atau lapisan tendon, kelihatan seperti balon air kecil yang menempel di tangkai.

Ilustrasi Gambar Kista Ganglion di Pergelangan Tangan
Ilustrasi Gambar Kista Ganglion di Pergelangan Tangan (Credit: American Society for Surgery of the Hand)

Dan tampaknya kista ini terjadi ketika jaringan yang mengelilingi sendi atau tendon menonjol keluar dari tempatnya. Di dalam kista itu ada semacam cairan pelumas kental yang mirip dengan yang ada di persendian atau sekitar tendon.

Meski tidak diketahui apa penyebab kista ganglion, namun para pakar kesehatan memperkirakan ada beberapa faktor yang dapat membuat seseorang riskan mengalami kista ini. Beberapa faktor tersebut antara lain:

  • Jenis kelamin dan usia: Kista ini bisa dialami siapa saja, tapi lebih sering terjadi pada wanita berusia antara 20 sampai 40 tahun.
  • Osteoartritis: Orang yang menderita osteoartritis (dikenal awam sebagai pengapuran) di sendi jari yang paling dekat dengan kuku punya risiko lebih besar untuk mengembangkan kista ganglion di dekat sendi itu.
  • Cedera sendi atau tendon: Sendi atau tendon yang pernah cedera lebih mungkin untuk mengembangkan kista ganglion.

Jadi ada kemungkinan penyebab kista ganglion adalah cairan pelumas yang terkumpul pada persendian atau di sekitar tendon di tangan, pergelangan tangan, pergelangan kaki, atau kaki.

Cairan itu mungkin terkumpul akibat cedera atau pergerakan yang berlebihan, tapi seringnya tidak jelas apa pemicunya.

Bagaimana Cara Mengobati Kista Ganglion?

Seperti telah disinggung, kista ini sering kali dapat hilang sendiri meski tidak diobati. Bila kista tidak menimbulkan rasa nyeri atau rasa tidak nyaman, biasanya Anda tidak perlu pengobatan. Dalam kasus seperti itu dokter mungkin memberi saran untuk:

  • Menghindari pergerakan berulang pada tangan dan pergelangan tangan (atau pergelangan kaki dan kaki).
  • Memakai pelindung (brace) untuk pergelangan tangan atau kaki untuk meminimalkan pergerakan.
  • Memakai sepatu yang tidak menyentuh kista jika itu ada di kaki atau pergelangan kaki.

Tetapi jika kista menimbulkan rasa nyeri atau membatasi pergerakan Anda, Anda mungkin perlu mengobatinya. Cara mengobati kista ganglion yang biasanya disarankan dokter adalah dengan aspirasi, yaitu menyuntikkan jarum untuk mengeluarkan cairan dari kista.

Cara mengobati kista ganglion lain yang dapat dilakukan jika aspirasi tidak berhasil adalah dengan operasi kista ganglion. Ini adalah operasi pengangkatan kista untuk menghilangkannya sepenuhnya. Namun kista dapat muncul kembali meskipun sudah dilakukan operasi kista ganglion.

Menggunakan Obat Kista Ganglion di Apotik

Memang tidak ada obat khusus kista ganglion yang bisa diperoleh di apotik, tapi ada obat-obat yang bisa membantu mengurangi rasa nyeri yang mungkin timbul. Obat kista ganglion di apotik untuk meredakan nyeri itu misalnya ibuprofen atau naproxen sodium. Namun Anda dianjurkan untuk menggunakan obat-obatan ini sesuai petunjuk atau resep dokter.

Adakah alternatif obat kista ganglion di apotik tanpa resep dokter? Di samping obat kimiawi, di apotik juga tersedia pilihan produk herbal untuk membantu cara mengobati kista ganglion. Tidak seperti obat kimiawi, obat herbal umumnya tidak perlu resep sehingga bisa dibeli secara bebas di apotik-apotik umum baik secara offline maupun online.

Salah satu produk herbal yang paling direkomendasikan untuk obat kista ganglion di apotik adalah kapsul ekstrak Sarang Semut. Mengapa? Sebab herbal ini telah terbukti berkhasiat melalui pengalaman dari banyak penggunanya. Banyak penggunanya merupakan penderita benjolan abnormal pada tubuh mereka, termasuk akibat kista.

Dalam waktu rata-rata 1 bulan konsumsi, benjolan abnormal di tubuh mereka sudah menciut dan ada yang sudah hilang sepenuhnya. Dan hasil baik ini dapat diperoleh meski tanpa pengobatan medis apapun, ada juga yang sampai batal operasi karena benjolan sudah hilang sebelum jadwal operasi.

Semoga informasi mengenai herbal ini dapat membantu Anda menemukan obat kista ganglion di apotik yang tepat dan efektif.

Kesimpulan tentang Kista Ganglion

Kista ganglion adalah benjolan di tendon atau di persendian yang paling sering muncul di tangan atau di pergelangan tangan. Lokasi lain kista ganglion yang sering juga adalah di kaki dan di pergelangan kaki. Tapi kista ini bisa muncul di bagian tubuh lain.

Bagaimana ciri-ciri kista ganglion? Kista ini berbentuk bulat atau oval dan biasanya berdiameter kurang dari 2,5 cm, tapi bisa juga membesar lebih dari itu terutama jika ada di persendian yang sering digerakkan secara berulang. Umumnya tidak terasa sakit, tapi bisa muncul rasa sakit jika kistanya menekan saraf.

Apa penyebab kista ganglion? Penyebab pastinya tidak diketahui. Tapi ada kemungkinan penyebab kista ganglion adalah cairan pelumas yang terkumpul pada persendian atau di sekitar tendon di tangan, pergelangan tangan, pergelangan kaki, atau kaki.

Bagaimana cara mengobati kista ganglion? Bila tidak mengganggu, kista mungkin tidak perlu diobati. Tetapi jika sudah mengganggu, kista biasanya diobati dengan dua cara: aspirasi dan operasi kista ganglion.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang kista ganglion. Semoga informasi ini membantu Anda lebih memahami tentang gejala yang saat ini Anda rasakan. Temukan juga ulasan-ulasan informatif lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Mayo Clinic. Ganglion cyst. URL: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/ganglion-cyst/symptoms-causes/syc-20351156

Healthline. Ganglion Cysts. URL: https://www.healthline.com/health/ganglion-cysts

WebMD. Ganglion Cyst. URL: https://www.webmd.com/a-to-z-guides/ganglion-cyst

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>