Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Khasiat Pisang Khasiat Pisang Shutterstock

Khasiat Pisang untuk Pengobatan Berbagai Penyakit

Sebagian besar masyarakat Indonesia tentu sudah tidak asing lagi dengan buah Pisangkarena mereka mengonsumsinya hampir setiap hari. Bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan, buah Pisangseringkali terdapat di samping atau belakang rumahnya sehingga kalau sudah masak bisa langsung dipetik dan dimakan.

Namun, ternyata belum banyak di antara masyarakat kita yang mengetahui bahwa bagian-bagian lain dari tanaman Pisang juga ternyata bermanfaat bagi kesehetan.

Sejumlah penyakit yang mengganggu kesehatan mayoritas masyarakat di negeri inipun dapat dikurangi dampaknya oleh tanaman Pisang yang memang mengandung banyak manfaat. Mari kita cermati beberapa penyakit yang bisa dibantu diatasi oleh tanaman Pisang.

Kanker Perut

Bagaimana kanker perut bisa dibantu diatasi dengan tanaman Pisang? Bukan buahnya yang diambil, melainkan anak batangnya yang dipadukan dengan tumbuhan benalu teh.

Cara membuatnya: anak batang Pisang tersebut kemudian diparut dan diambil airnya. Setelah itu, direbus berbarengan dengan Benalu teh sampai airnya mendidih. Setelah mendidih, tuangkan dalam gelas dan diminum sebanyak 2 kali dalam sehari pada pagi dan sore hari.

Sakit Kuning

Penyakit kuning sudah lazim diderita oleh masyarakat kita. Banyak metode pengobatan yang bisa dilakukan untuk menyembuhkannya, salah satunya dengan menggunakan buah Pisang emas.

Tidak sulit untuk menyembuhkan penyakit ini dengan menggunakan buah Pisang emas tersebut karena Anda hanya perlu mengonsumsinya secara teratur. Pengobatan yang enak dan tidak membutuhkan biaya mahal seperti pergi ke dokter, bukan?

Perdarahan pada Usus

Jika Anda atau kerabat mengalami perdarahan hebat pada usus besar, jangan panik karena dengan tunas atau anak Pisang, penyakit tersebut dapat segera teratasi.

Anda cukup menyiapkan anak Pisang dan juga potongan Benalu teh. Cara membuatnya tak berbeda jauh dengan cara untuk pengobatan kanker perut. Anak Pisang diparut untuk diambil airnya.

Jika air sudah didapat, rebus dengan bonggol Benalu teh sampai mendidih dan tersisa satu gelas. Setelah itu, Anda tinggal menyaring dan meminumnya sebanyak 2 kali sehari.

Cara pengobatan tersebut juga bisa dilakukan untuk mengatasi perdarahan pada rahim. Namun bedanya, jumlah air rebusan anak Pisang dan bonggol Benalu teh hanya ½ gelas saja sebanyak 2 kali dalam sehari.

Perdarahan Pasca Melahirkan

Bagi Anda yang baru saja melahirkan dan mengalami perdarahan hebat, juga jangan terlalu risau. Cobalah dulu cara pengobatan ini. Anda hanya perlu menyiapkan batang pohon Pisang untuk diparut dan kemudian diambil airnya. Air hasil parutan tersebut kemudian disaring, lalu diminum sebanyak 2 kali sehari sebanyak ½ gelas saja.

Mengatasi Ambeien/Wasir

Buah Pisang juga bisa digunakan untuk mengobati ambeien. Caranya dengan memarut Pisang Klutuk sampai keluar airnya. Kemudian, dicampurkan dengan Adas pulasari dan juga gula merah. Aduklah sampai merata. Setelah itu, minum sebanyak 2 kali sehari.

Merapatkan Vagina

Setiap perempuan pasti menginginkan vaginanya rapat lagi setelah melahirkan. Nah, untuk merapatkan vagina dan mencegah perdarahan pasca persalinan, Anda juga dapat menggunakan batang Pisang Batu.

Caranya, pohon Pisang tersebut dipancung untuk diambil airnya. Kemudian, gunakanlah air batang Pisang tersebut untuk mencuci vagina pasca melahirkan.

Cacar Air

Banyak yang menyebut bahwa setiap orang berpotensi menderita cacar air minimal sekali dalam hidupnya. Nah, bagi Anda yang sedang menderita cacar air, gunakanlah batang Pisang Klutuk untuk mengobatinya.

Caranya dengan memarut batang Pisang tersebut untuk diambil airnya. Setelah itu, campurkanlah dengan Adas pulosari dan aduklah sampai merata. Jika sudah, saringlah air campuran tersebut dan diminum.

Itulah beberapa penyakit yang bisa diusahakan kesembuhannya dengan menggunakan tanaman Pisang (baik buah maupun batangnya). Sebetulnya, masih banyak penyakit-penyakit lainnya yang bisa diatasi dengan batang atau buah Pisang yang tentunya tidak berbiaya mahal.

Asal ada kemauan maka Andapun dapat menyembuhkan penyakit yang diderita dengan biaya yang terjangkau. Cara-cara yang telah ditunjukkan di atas bisa Anda coba ketika menderita salah satu penyakit tersebut.

FOLLOW DEHERBA.COM:
instagram

Log In or Register