Khasiat Oregano untuk Kesehatan Anda

490

Diedit:

Kebanyakan orang mengenal oregano sebagai salah satu bumbu yang dikenal dengan aroma khasnya yang tajam. Aroma harumnya menjadi salah satu bumbu wajib dalam beragam hidangan khas dari kawasan Mediterania dan Eropa. Mungkin Anda sendiri sudah lazim menggunakan bumbu oregano untuk hidangan internasional macam steak, sup, pizza, atau pasta.

Namun, diluar manfaat oregano sebagai bumbu dapur dengan aroma khasnya, ternyata ada sederet khasiat oregano yang sangat baik untuk kesehatan. Rupanya di balik rempah khas ini tersimpa sederet kandungan senyawa dan beragam nutrisi yang penting baik untuk menaga kesehatan juga untuk mengatasi serta mencegah beragam penyakit.

Apa Saja Kandungan dan Khasiat Oregano?

Sesuai dengan informasi yang dilangsir oleh website livestrong.com, dikatakan terdapat beberapa kandungan dan khasiat oregano yang menjadikan oregano sebagai salah satu herbal terbaik dalam dunia kesehatan alamiah. Adapun kandungan dan khasiat oregano tersebut antara lain:

  • Antibiotik Alami

    Kandungan dari antibiotik alami oregano berasal dari senyawa asam kaprat khusus yang merupakan bagian terpenting dari pembentuk aroma khas dari oregano yang harum dan tajam. Juga berasal dari senyawa carvacrol dalam oregano. Antibiotik ini tergolong sangat aktif dan terbukti ampuh mengatasi beragam jenis serangan infeksi mulai dari fungi, mikroba, virus, bakteri dan masih banyak lagi.

  • Anti Peradangan

    Dalam oregano terdapat kandungan Quercertin yang bersifat sebagai anti inflamasi, anti histhamin dan anti peradangan. Anda bisa mengatasi peradangan dengan mengusapkan air rebusan oregano atau minyak oregano pada luka atau dengan mengonsumsinya langsung pada kasus infeksi bagian dalam.

  • Menyeimbangkan Kadar Hormonal Wanita

    Beberapa wanita memiliki masalah dengan ketidak seimbangan hormonal, dimana terjadi peningkatan produksi hormon androgen secara berlebihan. Mengonsumsi the oregano secara rutin akan membantu meningkatka produksi hormone progesteron yang berfungsi menyeimbangkan kondisi hormonal wanita dan mengatasi keluhan efek dari ketidak seimbangan hormonal seperti jerawat dewasa, kista dan kesuburan.

  • Detoksifikasi

    Terdapat khasiat oregano sebagai detoksifikasi melawan tumpukan toksin dan residu tubuh berkat senyawa caryophyllene. Senyawa ini termasuk salah satu anti oksidan terbaik yang efektif melakukan detoksifikasi, mengangkat racun dalam tubuh, membersihkan hati dan ginjal serta membantu membersihkan pencernaan dan pembuluh darah. Efektif melawan mutasi gen dan membantu mengatasi pengendapan pada pembuluh darah.

  • Anti Hiperglikemik

    Dalam oregano ditemukan sejumlah senyawa unik yang berfungsi mengaktifkan produksi insulin dan melawan peningkatan level gula dalam darah. Sangat baik mencegah dan mengatasi diabetes mellitus tipe II.

  • Mengendalikan Tekanan Darah

    Ada yang unik dari khasiat oregano terhadap tekanan darah. Karena oregano mengandung sejumlah nutrisi penambah darah seperti magnesium, zat besi dan kalium. Namun juga membantu mengatasi pengentalan darah dan mengatasi pengendapan dalam darah. Sehingga dalam takaran yang wajar sama baiknya untuk mengatasi keluhan tekanan darah rendah maupun tekanan darah tinggi.

  • Memberi Stimulasi terhadap Tubuh

    Mengonsumsi teh oregano secara rutin tiap hari akan membantu meningkatkan metabolisme dan meningkatkan kelancaran aliran darah. Memiliki efek yang mendekati stimulasi kafein terhadap tubuh, namun dengan cara yang lebih ringan sehingga tidak memberi pengaruh buruk terhadap tekanan darah dan jantung.

  • Mengandung Vitamin E

    Oregano kaya akan vitamin E dan beragam jenis senyawa lain yang baik untuk menjaga kesehatan kulit, maka mengonsumsi oregano secara rutin setidaknya 1 cangkir kecil setiap harinya akan membantu menjaga kesehatan kulit dan menjaga kondisi kulit tetap sehat, bugar dan awet muda.

Ada bisa lihat ada sederet manfaat dan khasiat oregano yang bisa Anda dapatkan. Mengonsumsi oregano secara rutin setiap hari dalam takaran yang sesuai akan memberi Anda begitu banyak manfaat untuk kesehatan Anda.

Advertisement
Alinesia