Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Khasiat Kunyit yang Luar Biasa Khasiat Kunyit yang Luar Biasa

Khasiat Kunyit yang Luar Biasa

Banyak yang menganggap kunyitadalah salah satu suplemen alami yang paling bernutrisi dan berkhasiat.  Ini disebabkan adanya banyak hasil penelitian yang membuktikan khasiat kunyitbagi tubuh dan otak.

Berikut adalah sejumlah khasiat kunyit yang telah dibuktikan oleh penelitian.

Kunyit Punya Senyawa Bioaktif dengan Kemampuan Obat

Senyawa-senyawa ini dinamakan kurkuminoid, dan senyawa yang paling penting ialah kurkumin. Kurkumin merupakan bahan aktif utama dalam kunyit yang mempunyai kemampuan anti-inflamasiserta antioksidan yang sangat kuat. Kebanyakan penelitian menggunakan ekstrak kunyit yang sebagian besar hanya mengandung kurkumin.

Kurkumin Adalah Senyawa Anti-Inflamasi Alami

Inflamasisebenarnya sangat penting. Hal ini membantu tubuh menyingkirkan zat-zat asing dan berperan dalam memperbaiki kerusakan. Tanpa inflamasi, patogen semacam bakteri dapat mengambil alih tubuh dan membunuh Anda dengan mudah.

Meski inflamasi akut (jangka pendek) sangat dibutuhkan, tetapi ini bisa jadi masalah besar apabila terjadi inflamasi kronis (jangka panjang) sehingga secara keliru menyerang jaringan-jaringan dalam tubuh. Sekarang diyakini bahwa inflamasi kronis memegang peranan besar dalam hampir setiap penyakit kronis. Ini mencakup penyakit jantung, kanker, sindrom metabolik, Alzheimer, dan beragam penyakit degeneratif.

Disinilah peran kurkumin sebagai anti-inflamasi alami yang begitu kuat sehingga sanggup menandingi efektivitas beberapa obat anti-inflamasi, bahkan tanpa efek samping tambahan. Kurkumin merupakan senyawa bioaktif yang melawan inflamasi pada tingkat molekul.

Kunyit Meningkatkan Kapasitas Antioksidan Tubuh

Kerusakan oksidatif dianggap sebagai salah satu penyebab dibalik penuaan dan banyak penyakit. Ini melibatkan radikal-radikal bebas—molekul yang sangat reaktif terhadap elektron tak berpasangan. Radikal bebas cenderung bereaksi dengan substansi-substansi organik semacam asam lemak, protein, maupun DNA.

Alasan utama mengapa antioksidan begitu berkhasiat adalah karena itu melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Kurkumin merupakan antioksidan kuat yang dapat menetralisir radikal bebas sekaligus menguatkan enzim-enzim antioksidan alami milik tubuh.

Kurkumin Meningkatkan Fungsi Otak dan Menurunkan Risiko Penyakit Otak

Kurkumin meningkatkan kadar hormon otak BDNF (Brain-Derived Neurotrophic Factor)—sejenis hormon pertumbuhan yang berfungsi di otak. Banyak penyakit di otak dikaitkan dengan penurunan kadar hormon ini, termasuk penyakit mental depresidan penyakit Alzheimer. Ada juga kemungkinan khasiat kunyit dalam meningkatkan daya ingat dan membuat Anda lebih cerdas. 

Kunyit Dapat Mencegah Kanker

Para ahli telah meneliti kurkumin sehubungan dengan khasiatnya dalam pengobatan kanker. Ternyata kurkumin mampu menghambat pertumbuhan, perkembangan, dan penyebaran kanker pada tingkat molekul. Kurkumin bisa mengurangi angiogenesis, metastasis, dan juga berkontribusi menyebabkan kematian sel-sel kanker.

Ada sejumlah bukti juga yang menunjukkan kurkumin dapat mencegah kanker, khususnya kanker pada sistem pencernaan. Semua ini memberikan harapan bahwa suatu saat nanti kurkumin dapat digunakan untuk membantu pengobatan kanker konvensional.

Begitu luar biasanya khasiat kunyit yang dijabarkan di artikel ini berkat senyawa kurkumin yang dimiliki kunyit. Efek maksimal dari khasiat-khasiat tersebut didapatkan dari ekstrak kunyit yang sebagian besarnya terdiri dari kurkumin.

FOLLOW US:
instagramsms

Log In or Register