• Home
  • Blog
  • Kunyit
  • 7 Cara Mendapatkan Manfaat Kunyit untuk Mengatasi Alergi

7 Cara Mendapatkan Manfaat Kunyit untuk Mengatasi Alergi


By Nurul Kuntarti

Kebanyakan kasus alergi memang tidak mematikan, tetapi akan menjadi sangat mengganggu keleluasaan kita saat beraktivitas. Pasti tidak nyaman terus menggaruk atau terusik oleh bersin tak berkesudahan. Apa yang bisa kita lakukan untuk mengatasi alergi menggangu ini?

Ada banyak cara sebenarnya untuk mengatasi alergi. Pilihan populer tentu saja dengan mengonsumsi anti-histamin, karena dianggap cepat dan ampuh. Tetapi sebenarnya, anti-histamin pada umumnya hanya bekerja pada gejala dan tidak mengatasi alergi sesungguhnya. Bila kita terpapar kembali pemicu alergi, maka keluhan akan kembali muncul.

Di samping obat anti-histamin, ada juga cara yang lebih alami yaitu menggunakan manfaat kunyit untuk mengatasi alergi. Rempah obat tradisional ini dapat membantu Anda mengatasi keluhan alergi dalam jangka pendek maupun panjang.

Amankah Mengatasi Alergi dengan Obat Anti-Histamin Paten?

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, bahwa salah satu cara praktis untuk mengobati alergi adalah dengan mengonsumsi obat anti histamin. Ini akan bekerja cepat menekan produksi histamin yang pada akhirnya menurunkan reaksi alergi pada tubuh. Ini yang menjadi alasan kenapa ada manfaat kunyit untuk kesehatan pasien alergi.

Meski demikian, sebenarnya ada sejumlah efek samping dari obat-obatan anti histamin yang perlu Anda pahami dulu. Kebanyakan produk medis anti histamin memberi efek sampiang  pada pasien, baik untuk jangka pendek maupun untuk jangka panjang.

Untuk risiko jangka pendek, beberapa produk anti histamin dapat menyisakan beberapa efek samping seperti keluhan mengantuk, sakit kepala, kehilangan konsentrasi, mual,  dan lain sebagainya.

Sedangkan untuk jangka panjang, beberapa pakar melihat adanya kemungkinan pengaruh obat anti histamin terhadap kinerja sistem saraf. Dikhawatirkan efek kantuk dan kehilangan konsentrasi ini mempengaruhi sistem kerja saraf setelah konsumsi berkepanjangan.

Sementara mereka dengan masalah alergi yang cukup serius akan relatif bergantung pada obat alergi. Ini menyebabkan mereka harus beraktivitas sehari-hari dengan mengonsumsi anti histamin. Dalam jangka panjang dikhawatirkan ini dapat menyisakan masalah pada pasien.

Benarkah Ada Manfaat Kunyit untuk Mengatasi Alergi?

Alih-alih membiasakan diri mengonsumsi obat antihistamin, Anda mungkin dapat menggunakan manfaat kunyit untuk mengatasi alergi.

Sejumlah pakar herbal dan uji empiris menyetujui pandangan bahwa kunyit baik untuk membantu meredakan gejala yang muncul, tetapi terutama membantu menurunkan intensitas alergi yang terjadi di jangka panjang. Ada cukup banyak alasan yang dapat diyakini, mengenai manfaat kunyit untuk mengatasi alergi.

Menurut salah satu riset di tahun 2008 pada Molecular Nutrition and Food Research, dijelaskan bahwa ada manfaat kunyit sebagai immunomodulatory. Ini artinya kunyit dapat berperan meregulasi keluhan autoimun dan menormalkan produksi histamin berlebihan dan hipersensitif dari kelenjar histamin.

Hipersensitif dari kelenjar histamin dan masalah autoimun lain adalah faktor penyebab seseorang mengalami alergi. Sehingga berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa kunyit akan meregulasi fungsi imunitas tubuh.

Dalam Biomolecules and Therapeutics tahun 2014, dijelaskan adanya manfaat kunyit untuk menghambat pembentukan immunoglobulin yang menjadi mediator pembentukan histamin. Ini memberi kesimpulan bahwa kunyit dapat bekerja sebagai anti-histamin alami.

Dengan kemampuan anti inflamasi dari kunyit semakin menguatkan manfaat kunyit untuk mengatasi alergi. Karena sebagian alergi dapat terjadi karena efek peradangan, atau justru menjadi penyebab terjadinya reaksi peradangan.

Mengonsumsi racikan berbahan kunyit pada penderita alergi akan memberi efek positif pada tubuh pasien. Keluhan akan menurun atau hilang dengan sistem daya tahan tubuh lebih baik dari sebelumnya. Manfaat kunyit bekerja pada beragam keluhan alergi seperti rhinithis, biduran, alergi susu, asma, dan lain sebagainya.

7 Cara Mengolah Kunyit untuk Obat Alergi

Untuk dapat memperoleh manfaat kunyit untuk mengatasi alergi, Anda bisa menggunakan beberapa cara. Baik itu dengan mengonsumsi kunyit tersebut atau dengan menggunakannya langsung secara topikal atau oles pada area dimana alergi muncul.

Pilihan kedua acapkali digunakan untuk kasus penyakit alergi yang muncul pada kulit. Adapun beberapa cara mengolah kunyit untuk obat alergi yaitu:

1. Ditambahkan pada Masakan

Cara paling mudah dan sederhana untuk mengonsumsi kunyit adalah dengan mencampurkannya dalam hidangan Anda sehari-hari. Anda bisa memilih aneka hidangan seperti soto, kari, tumisan dan lain sebagainya.

Kunyit memiliki rasa yang cukup khas dan ini justru kerap kali membantu Anda memperoleh rasa yang lebih kaya. Perpaduan yang tepat dengan bumbu lain akan menghasilkan makanan yang lezat. Menambahkan kunyit akan membantu Anda mendapatkan manfaat kunyit dengan cara yang menyenangkan.

Dan lagi elemen utama dari kunyit, termasuk curcumin, turmerik, quercetin dan beberapa komponen sterol di dalamnya tidak mudah rusak oleh paparan panas. Jadi meski dimasak dan diolah manfaat kunyit tidak akan banyak berubah.

2. Dicampurkan dengan Susu

Dalam beberapa terapi ayurveda (pengobatan tradisional India) dikenal campuran susu dan kunyit yang dikenal dengan sebutan golden milk. Pemberian nama ini tak sekedar karena warnanya yang kekuningan cerah, tetapi karena memang khasiat dari susu kunyit ini juga cukup banyak. Demikian banyak sehingga membuatnya bernilai.

Secara tradisional golden milk dibuat dari susu sapi dan potongan kunyit dan sedikit gula. Tetapi belakangan golden milk dibuat pula dari susu almond dan santan. Ini menjadi pilihan yang dianggap lebih sehat mengingat susu sapi cenderung terlalu kaya lemak.

Ilustrasi Cara Mengolah Kunyit untuk Obat Alergi
Golden Milk, Campuran Kunyit dan Susu (Credit Photo: Katrinshine – Shutterstock)

Untuk membantu memberi rasa lebih kuat kadang susu ditambahkan pula dengan sejumput ada hitam, sepotong kecil jahe dan bubuk cabe paprika. Diklaim bahwa ketiga unsur ini akan membantu tubuh menyerap manfaat kunyit ke dalam tubuh.

Jahe, cabe dan biji lada sendiri memiliki efek membantu saluran pernafasan dan sistem nasal. Hal tersebut akan membantu menambah manfaat kunyit untuk mengatasi alergi.

3. Direbus dan Dijadikan Teh

Air rebusan kunyit atau lazim disebut dengan konsep teh kunyit rupanya menjadi salah satu cara mudah mendapatkan manfaat kunyit. Teh sendiri diperoleh dari proses perebusan batang rizhoma kunyit dalam air.  Air teh siap dikonsumsi ketika air rebusan sudah berwarna kuning jingga tua.

Cara ini termasuk sebagai cara yang paling populer dipilih. Kadang minuman dibuat hanya dengan  mencampur air rebusan kunyit dengan madu. Tetapi beberapa orang lebih suka menambahkan beberapa rempah lain sekedar untuk menambah rasa dan menetralkan rasa getir dari kunyit.

Penambahan madu tidak hanya membantu menambah rasa manis, tetapi juga bermanfaat meringankan rasa gatal di tenggorokan. Selain itu, madu juga kaya akan unsur anti inflamasi dan astringent yang menyamankan.  Penambahan rempah lain seperti jahe, cengkeh hingga asam jawa juga memberi manfaat tambahan untuk mengatasi alergi.

Anda yang dinyatakan memiliki masalah alergi karena serbuk sari, mungkin untuk mengalami kesembuhan pasca mengonsumsi madu. Madu mengandung sedikit komponen serbuk sari, yang ketika dipaparkan pada pasien yang alergi justru akan bertahap mendorong tubuh membentuk sistem imun yang lebih baik terhadap serbuk sari.

Untuk Anda dengan masalah rhinitis juga disarankan untuk menambahkan minuman kunyit dengan perasan jeruk lemon. Jeruk lemon memiliki manfaat memblokir histamin pada area mukus atau komponen berlendir. Sehingga adonan ini akan lebih efektif mengatasi alergi pada pernafasan dan hidung.

4. Dicampurkan dengan Cuka Apel

Dalam dunia pengobatan tradisional di Eropa, cuka apel adalah salah satu obat serba bisa. Kaya akan manfaat termasuk pula untuk terapi mengatasi alergi. Yang perlu dilakukan adalah mencampur 2 sendok makan cuka apel, 1 sendok makan kunyit bubuk atau kunyit halus, 1 sendok makan madu, sejumput lada hitam dan sedikit air hangat.

Campuran ini harus segera Anda minum dan diulang setidaknya 2 kali di saat alergi sedang kambuh. Kemudian rutinkan mengonsumsi adonan ini setidaknya beberapa pekan 1 kali sehari. Seluruh komponen bahan dalam adonan ini akan bekerja memperbaiki kinerja imun, menghambat pembentukan histamin dan membantu mendorong tubuh membentuk ketahanan terhadap alergen.

5. Dijadikan Obat Oles dengan Minyak Zaitun

Begini cara mengolah kunyit untuk obat alergi oles: Campur bubuk kunyit atau parutan halus kunyit sekitar 1 sendok makan dicampurkan dengan minyak zaitun 1,5 sendok makan. Campur adonan sampai merata dan oleskan adonan tipis-tipis pada area kulit dimana alergi berkembang.

Diamkan setidaknya ½ jam pada kulit hingga olesan tampak mengering, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan terapi sederhana ini acapkali tubuh kembali merasakan gatal-gatal dan bentol-bentol.

Akan lebih baik hindari pemakaian di suhu panas supaya olesan tidak bercampur dengan keringat. Karena keringat akan menyebabkan olesan ini tidak bekerja optimal. perpaduan minyak zaitun dan manfaat kunyit sangat baik membantu merawat inflamasi dan rasa gatal panas yang muncul akibat penyakit alergi.

6. Dijadikan Obat Oles dengan Susu

Sebelumnya sudah dijelaskan bawah golden milk adalah minuman sehat yang sangat disarankan untuk membantu terapi penyakit alergi. Diketahui perpaduan dari kedua komponen ini baik mengatasi alergi.

Dan rupanya bahan yang sama juga bisa bekerja baik dengan dioleskan. Golden milk, terutama dari jenis yang original yakni campuran susu biasa dengan kunyit bubuk, akan membantu meredakan rasa gatal dan panas pada permukaan kulit mengecilkan ukuran bentol, mengatasi inflamasi dan membantu meringankan kemerahan.

7. Dijadikan Obat Oles dengan Minyak Kelapa

Selain minyak zaitun, minyak kelapa juga terbukti ampuh sebagai astringent yang menenangkan kulit yang meradang. Juga baik untuk membantu meringankan rasa gatal dan mencegah persebaran bentolan.

Memadukan kunyit dengan minyak kelapa akan bersinergi mengatasi alergi. Membantu dengan cepat meredakan gejala alergi yang muncul. Dan tentu saja minyak kelapa akan jauh lebih mudah ditemukan di masyarakat kita dibandingkan minyak zaitun.

Pengingat Penting Seputar Penggunaan Kunyit

Meskipun ada manfaat kunyit untuk mengatasi alergi, ada beberapa pengingat penting seputar penggunaan kunyit. Ini akan membantu Anda memperoleh manfaat kesehatannya dengan tepat tanpa risiko dan efek samping.

  • Pastikan untuk mengoleskannya tipis pada permukaan kulit. Hindari pula pemakaian yang terlalu lama. Karena warna kuning dari kunyit termasuk kuat dan dapat melekat pada kulit sekalipun olesan sudah dihilangkan.
  • Mengonsumsi kunyit dengan berlebihan dapat memicu keluhan tidak nyaman pada pencernaan. Beberapa orang dapat mengalami masalah mual, kembung, sebah dan bahkan diare akibat mengonsumsi kunyit lebih dari sewajarnya.
  • Mereka yang tengah hamil tidak disarankan mengonsumsi kunyit. Kunyit memiliki efek menstimulasi otot rahim untuk berkontraksi. Ini sebabnya kunyit baik untuk melancarkan haid. Namun, ketika dikonsumsi oleh wanita hamil, akan meningkatkan risiko keguguran.
  • Mengonsumsi kunyit juga dapat bekerja sebagai antikoagulan atau anti pembekuan darah. Apabila Anda sudah mengonsumsi obat-obatan yang bersifat blood thinner atau antikoagulan, kunyit dapat menggandakan fungsi terapi ini dan memicu Anda mengalami perdarahan serius.
  • Hindari mengonsumsi kunyit bersamaan dengan obat-obatan atau terapi medis lain. Pastikan untuk menjaga jarak sekitar 1 – 2 jam sebelum mengonsumsi kunyit. Karena kunyit dapat bekerja menetralkan komponen kimia dalam obat medis. Hal tersebut dapat menyebabkan obat tidak lagi bekerja optimal sebagaimana seharusnya.
  • Dalam kunyit juga terkandung komponen oxalat yang tinggi. mengonsumsi kunyit dengan berlebihan dapat berisiko mengganggu fungsi ginjal dan sistem saluran kencing. Salah satunya adalah memicu gangguan batu ginjal.

Mengalami keluhan penyakit alergi dapat sangat menganggu keseharian Anda. Dan mengatasinya dengan sekedar terapi anti-histamin bisa saja menyisakan risiko yang perlu pula Anda pertimbangkan.

Karenanya, mencoba terapi penyakit alergi dengan herbal bisa menjadi pilihan. Seperti dengan menggunakan manfaat kunyit untuk mengatasi alergi. Tentu saja pastikan Anda memahami cara mengolah kunyit untuk obat alergi yang tepat agar memperoleh manfaatnya secara optimal.

Sumber

Ishani Karmakar. Stylecraze. How To Use Turmeric To Treat Allergies. https://www.stylecraze.com/articles/how-to-use-turmeric-to-treat-allergies/

Kurup, V. P., & Barrios, C. S. (2008). Immunomodulatory effects of curcumin in allergy. Molecular nutrition & food research, 52(9), 1031–1039. https://doi.org/10.1002/mnfr.200700293

Nikki Hawkes. Nikki Hawkes.com. Could turmeric reduce allergic rhinitis symptoms?. https://www.nikkihawkes.com/turmeric-reduce-hayfever-symptoms/

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>